News
Batal
KATEGORI
link has been copied
125
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e25485df4d69571bf764da1/kagetnya-warga-dieng-bikin-septic-tank-eh-nemu-bangunan-diduga-candi
Temuan struktur bangunan yang diduga candi di Dieng mengagetkan warga. Struktur bangunan ini ditemukan saat Alif Fauzi, warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara saat akan membuat septic tank.
Lapor Hansip
20-01-2020 13:27

Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi

Past Hot Thread
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
Temuan bangunan diduga candi di Dieng (Foto: Istimewa)

Banjarnegara - Temuan struktur bangunan yang diduga candi di Dieng mengagetkan warga. Struktur bangunan ini ditemukan saat Alif Fauzi, warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara saat akan membuat septic tank.

Alif mengatakan pihaknya berencana untuk membuat rumah budaya di Dieng. Struktur bangunan mirip candi itu ditemukan saat dia melakukan penggalian.

"Awalnya kami tengah membuat rumah budaya, dan pada saat membuat septic tank, kan ada penggalian tanah, saat itu menemukan batuan kecil. Saat digali lagi ternyata berbentuk struktur bangunan," terang Alif saat dihubungi detikcom, Senin (20/1/2020).

Alif menyebut lokasi penemuan tumpukan batuan diduga candi ini merupakan bekas kebun kentang. Namun, saat masih digarap untuk tanaman kentang, meski beberapa kali mencangkul tidak ditemukan tanda-tanda terdapat susunan batu.

"Dulu dicangkul beberapa kali tidak pernah nemu ada susunan batu seperti ini. Mungkin karena saat mencangkul paling sampai kedalaman 50 sentimeter. Kalau sekarang penggalian sampai 1 meter dan ditemukan susunan batu," ujar Ketua Pokdarwis Dieng ini.

Dia menuturkan warga Dieng kerap melihat potongan batu yang digunakan untuk bangunan candi, khususnya di lereng sebelah utara. Namun, baru kali ini menemukan susunan batu yang rapi dan rapat.

"Sebenarnya kalau potongan-potongan batu, warga di sini sering menemukan terutama di lereng utara. Bisa jadi dulu itu sisa potongan-potongan batu yang akan digunakan untuk membuat candi. Tetapi kalau yang baru ditemukan ini susunannya rapi dan rapat," jelasnya.

Dia kemudian menyerahkan temuan ini kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti. Termasuk apakah akan dipindah atau tetap berada di lokasi saat ini.

"Kami serahkan kepada BPCB untuk tindaklanjutinya seperti apa. Misalnya untuk penelitian apakah itu candi atau bukan, atau ke depannya mau seperti apa," ujarnya.

Dia berharap susunan batu tersebut bisa tetap berada di lokasi ini. Sehingga bangunan diduga candi itu bisa mendukung proyek rumah budaya Dieng yang sedang dibangun.

"Kalau harapan kami bisa tetap di sini untuk mendukung rumah budaya. Tetapi semuanya kami serahkan ke pihak BPCB," tuturnya.

Untuk keamanan, Alif menuturkan, pihaknya terus mengawasi lokasi tersebut. Apalagi, saat ini sudah ada yang menempati rumah budaya tersebut.

"Rumah budaya ini sudah ada yang menempati, jadi sekaligus untuk menjaga lokasi temuan susunan batu.
Sekarang memang sudah mulai ada yang datang untuk melihat, makanya perlu ada pengawasan," jelas Alif.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-t...diduga-candi/2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:06
Quote:Original Posted By music9000
di arab antropologi dilarang, penggalian dilarang
dulu pernah main disekitaran khobar
gali gali ketemu koin emas zaman khilafah
en btw rumah nabi aja dihancurin kok
arab emg spesialis ngancurin budaya, tradisi, dan peninggalan
bener tuh untung kafir belanda yg ketemu borobudur
coba arab, ya hancur emoticon-Ngakak


Jangankan budaya. Makamnya nabi pun mau di gusur waktu itu sm Arab. Yg mendukung biar gak di gusur ulama di mari. Parah emang itu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:12
wah nambah lagi nih koleksi candi di indonesia. kira-kira candi peninggalan mana ya
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan eja2112 memberi reputasi
2 0
2
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:14
Quote:Original Posted By music9000
dulu sih gue tanya arab sono
supaya ga syirik, langsung lari ke tuhan
siapa juga yg jadiiin itu materi syirik
arab bahlool emoticon-Ngakak
jadilah bangsa yg ga pny jati diri
dikit dikit bunuh ya ada kaitannya dgn itu
emoticon-Ngakak


Wahaby parah emang dah soal gusur2an. Nomer 1
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:15
mari kita bikin kerajaan dieng empire emoticon-army
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Jakban805 memberi reputasi
2 0
2
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:18
Semoga bakal ada penelitian lebih lanjut mengenai temuan itu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan raafirastania26 memberi reputasi
2 0
2
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:34
jreng... jreng..... apakah yang terpendam di dalamnya???? saksiken episode episode selanjutnya....
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:50
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
peninggalan nenek moyang

banyak amat ya candi disini yg terlantar gara2 digusur kadrun


Dari sekian banyak candi yg direstorasi rata2 adalah tertimbun tanah akibat letusan vulkanik atau longsoran tanah atau rusak akibat terbengkalai gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:55
waw yang punya rumah ngalahin arkeologi yang nyari tuh candi bertahun tahun wkwkwkwkwk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 22:01
Waduh bener - bener bahaya tuh kalau kek gitu emoticon-Marah
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 22:30
Quote:Original Posted By herie89
Terus kalo udh ketauan itu candi mau di apain lagi.? buat pamer kalo indonesia kaya.? kaga sadar kita sedang digerogoti pajak dan harga2 semakin melambung tinggi.?


ga ada hubungannye tong
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 22:49
bisa jadi bikin nambah keren rumah budayanya inisih
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 22:49
mantap soul,,harta karun artefak yang terpendam dari era pra sejarah.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 22:49
Wah malah ada penemuan tak terduga, masih banyak sejarah Indonesia yang belum terungkap emoticon-Matabelo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 22:54
objek wisata baru

emoticon-Cool
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 22:56
ya emang indonesia kaya akan bangunan2 seperti itu kok peninggalan nenek moyang kita sejak ratuaan bahkan ribuan tahun lalu...nah ini kan bisa jadi bukti kuat kalau budaya kita memang seperti ini awalnya, bukan budaya seperti yang dicoba dipaksakan oleh sekelompok wannabe wannabe itu...semoga warisan budaya ini bisa dilestarikan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 23:19
hbat y bkinan orang jaman dulu tahun 1200 kbwah
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 23:46
BPCB kudu gerak cepet nih, soalnya peninggalan yg langka juga. harus segera dilakukan penggalian siapa tau nanti luasnya hampir sama kek candi sambisari jogja hahahaha
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 23:53
Kira-kira bakal diketahui enggak ya sejarahnya kayak apa emoticon-Matabelo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 23:58
hal kayak gini gk ada urgensi nya cuma buang2 duit negara kalo dilakukan penelitian lebih
yg urgen itu uu kpk ama omnibus law,biar koruptor ama investor seneng emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jinpari22 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia