News
Batal
KATEGORI
link has been copied
125
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e25485df4d69571bf764da1/kagetnya-warga-dieng-bikin-septic-tank-eh-nemu-bangunan-diduga-candi
Temuan struktur bangunan yang diduga candi di Dieng mengagetkan warga. Struktur bangunan ini ditemukan saat Alif Fauzi, warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara saat akan membuat septic tank.
Lapor Hansip
20-01-2020 13:27

Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi

Past Hot Thread
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
Temuan bangunan diduga candi di Dieng (Foto: Istimewa)

Banjarnegara - Temuan struktur bangunan yang diduga candi di Dieng mengagetkan warga. Struktur bangunan ini ditemukan saat Alif Fauzi, warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara saat akan membuat septic tank.

Alif mengatakan pihaknya berencana untuk membuat rumah budaya di Dieng. Struktur bangunan mirip candi itu ditemukan saat dia melakukan penggalian.

"Awalnya kami tengah membuat rumah budaya, dan pada saat membuat septic tank, kan ada penggalian tanah, saat itu menemukan batuan kecil. Saat digali lagi ternyata berbentuk struktur bangunan," terang Alif saat dihubungi detikcom, Senin (20/1/2020).

Alif menyebut lokasi penemuan tumpukan batuan diduga candi ini merupakan bekas kebun kentang. Namun, saat masih digarap untuk tanaman kentang, meski beberapa kali mencangkul tidak ditemukan tanda-tanda terdapat susunan batu.

"Dulu dicangkul beberapa kali tidak pernah nemu ada susunan batu seperti ini. Mungkin karena saat mencangkul paling sampai kedalaman 50 sentimeter. Kalau sekarang penggalian sampai 1 meter dan ditemukan susunan batu," ujar Ketua Pokdarwis Dieng ini.

Dia menuturkan warga Dieng kerap melihat potongan batu yang digunakan untuk bangunan candi, khususnya di lereng sebelah utara. Namun, baru kali ini menemukan susunan batu yang rapi dan rapat.

"Sebenarnya kalau potongan-potongan batu, warga di sini sering menemukan terutama di lereng utara. Bisa jadi dulu itu sisa potongan-potongan batu yang akan digunakan untuk membuat candi. Tetapi kalau yang baru ditemukan ini susunannya rapi dan rapat," jelasnya.

Dia kemudian menyerahkan temuan ini kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti. Termasuk apakah akan dipindah atau tetap berada di lokasi saat ini.

"Kami serahkan kepada BPCB untuk tindaklanjutinya seperti apa. Misalnya untuk penelitian apakah itu candi atau bukan, atau ke depannya mau seperti apa," ujarnya.

Dia berharap susunan batu tersebut bisa tetap berada di lokasi ini. Sehingga bangunan diduga candi itu bisa mendukung proyek rumah budaya Dieng yang sedang dibangun.

"Kalau harapan kami bisa tetap di sini untuk mendukung rumah budaya. Tetapi semuanya kami serahkan ke pihak BPCB," tuturnya.

Untuk keamanan, Alif menuturkan, pihaknya terus mengawasi lokasi tersebut. Apalagi, saat ini sudah ada yang menempati rumah budaya tersebut.

"Rumah budaya ini sudah ada yang menempati, jadi sekaligus untuk menjaga lokasi temuan susunan batu.
Sekarang memang sudah mulai ada yang datang untuk melihat, makanya perlu ada pengawasan," jelas Alif.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-t...diduga-candi/2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 20:34
Gak cuma di dieng, di arab juga ada tuh yoni
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 20:45
Quote:Original Posted By pakedongotak
Mungkin nyang lo temuin itu Septi Teng juga, Septi Teng candi bor emoticon-Cool


Masuk akal. Tempat pipis dan eek keluarga kerajaan mungkin emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 20:48
Quote:Original Posted By Papa.T.Bob
sekedar fun fact:
orang semeru logatnya ngapak tp bahasanya jawa timuran. coincidence?


Masyarakat sana sejarahnya kan emang pelarian dari majapahit waktu ancur gan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Papa.T.Bob dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 20:51
Quote:Original Posted By vasilizaitsev
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
Temuan bangunan diduga candi di Dieng (Foto: Istimewa)

Banjarnegara - Temuan struktur bangunan yang diduga candi di Dieng mengagetkan warga. Struktur bangunan ini ditemukan saat Alif Fauzi, warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara saat akan membuat septic tank.

Alif mengatakan pihaknya berencana untuk membuat rumah budaya di Dieng. Struktur bangunan mirip candi itu ditemukan saat dia melakukan penggalian.

"Awalnya kami tengah membuat rumah budaya, dan pada saat membuat septic tank, kan ada penggalian tanah, saat itu menemukan batuan kecil. Saat digali lagi ternyata berbentuk struktur bangunan," terang Alif saat dihubungi detikcom, Senin (20/1/2020).

Alif menyebut lokasi penemuan tumpukan batuan diduga candi ini merupakan bekas kebun kentang. Namun, saat masih digarap untuk tanaman kentang, meski beberapa kali mencangkul tidak ditemukan tanda-tanda terdapat susunan batu.

"Dulu dicangkul beberapa kali tidak pernah nemu ada susunan batu seperti ini. Mungkin karena saat mencangkul paling sampai kedalaman 50 sentimeter. Kalau sekarang penggalian sampai 1 meter dan ditemukan susunan batu," ujar Ketua Pokdarwis Dieng ini.

Dia menuturkan warga Dieng kerap melihat potongan batu yang digunakan untuk bangunan candi, khususnya di lereng sebelah utara. Namun, baru kali ini menemukan susunan batu yang rapi dan rapat.

"Sebenarnya kalau potongan-potongan batu, warga di sini sering menemukan terutama di lereng utara. Bisa jadi dulu itu sisa potongan-potongan batu yang akan digunakan untuk membuat candi. Tetapi kalau yang baru ditemukan ini susunannya rapi dan rapat," jelasnya.

Dia kemudian menyerahkan temuan ini kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti. Termasuk apakah akan dipindah atau tetap berada di lokasi saat ini.

"Kami serahkan kepada BPCB untuk tindaklanjutinya seperti apa. Misalnya untuk penelitian apakah itu candi atau bukan, atau ke depannya mau seperti apa," ujarnya.

Dia berharap susunan batu tersebut bisa tetap berada di lokasi ini. Sehingga bangunan diduga candi itu bisa mendukung proyek rumah budaya Dieng yang sedang dibangun.

"Kalau harapan kami bisa tetap di sini untuk mendukung rumah budaya. Tetapi semuanya kami serahkan ke pihak BPCB," tuturnya.

Untuk keamanan, Alif menuturkan, pihaknya terus mengawasi lokasi tersebut. Apalagi, saat ini sudah ada yang menempati rumah budaya tersebut.

"Rumah budaya ini sudah ada yang menempati, jadi sekaligus untuk menjaga lokasi temuan susunan batu.
Sekarang memang sudah mulai ada yang datang untuk melihat, makanya perlu ada pengawasan," jelas Alif.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-t...diduga-candi/2


ane bingung nya dengan candi2 ini ampe terpendam 1 meter itu karena apa ya?.. pergerakan tanah?.. abu gunung?.. kalo tulang dino itu khan ngerti lah ya udah jutaan tahun..
emoticon-Bingung
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 20:52
Quote:Original Posted By herie89
Alhamdulilah semoga barokah. Tapi kalo ane mah mending tanemin pisang gan.


Gan...
Plis deh
emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
Lapor Hansip
21-01-2020 20:55
Balasan post brewclaw
di arab antropologi dilarang, penggalian dilarang
dulu pernah main disekitaran khobar
gali gali ketemu koin emas zaman khilafah
en btw rumah nabi aja dihancurin kok
arab emg spesialis ngancurin budaya, tradisi, dan peninggalan
bener tuh untung kafir belanda yg ketemu borobudur
coba arab, ya hancur emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 20:57
lu kira cuma cinta yang bisa terpendam.. candi juga bisa..emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Jakban805 memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:06
Quote:Original Posted By music9000
di arab antropologi dilarang, penggalian dilarang
dulu pernah main disekitaran khobar
gali gali ketemu koin emas zaman khilafah
en btw rumah nabi aja dihancurin kok
arab emg spesialis ngancurin budaya, tradisi, dan peninggalan
bener tuh untung kafir belanda yg ketemu borobudur
coba arab, ya hancur emoticon-Ngakak


Jangankan budaya. Makamnya nabi pun mau di gusur waktu itu sm Arab. Yg mendukung biar gak di gusur ulama di mari. Parah emang itu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
Lapor Hansip
21-01-2020 21:11
Balasan post andrikfk
dulu sih gue tanya arab sono
supaya ga syirik, langsung lari ke tuhan
siapa juga yg jadiiin itu materi syirik
arab bahlool emoticon-Ngakak
jadilah bangsa yg ga pny jati diri
dikit dikit bunuh ya ada kaitannya dgn itu
emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:12
wah nambah lagi nih koleksi candi di indonesia. kira-kira candi peninggalan mana ya
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan eja2112 memberi reputasi
2 0
2
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:14
Quote:Original Posted By music9000
dulu sih gue tanya arab sono
supaya ga syirik, langsung lari ke tuhan
siapa juga yg jadiiin itu materi syirik
arab bahlool emoticon-Ngakak
jadilah bangsa yg ga pny jati diri
dikit dikit bunuh ya ada kaitannya dgn itu
emoticon-Ngakak


Wahaby parah emang dah soal gusur2an. Nomer 1
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:15
mari kita bikin kerajaan dieng empire emoticon-army
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Jakban805 memberi reputasi
2 0
2
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:18
Semoga bakal ada penelitian lebih lanjut mengenai temuan itu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan raafirastania26 memberi reputasi
2 0
2
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:34
jreng... jreng..... apakah yang terpendam di dalamnya???? saksiken episode episode selanjutnya....
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:50
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
peninggalan nenek moyang

banyak amat ya candi disini yg terlantar gara2 digusur kadrun


Dari sekian banyak candi yg direstorasi rata2 adalah tertimbun tanah akibat letusan vulkanik atau longsoran tanah atau rusak akibat terbengkalai gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 21:55
waw yang punya rumah ngalahin arkeologi yang nyari tuh candi bertahun tahun wkwkwkwkwk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
21-01-2020 22:01
Waduh bener - bener bahaya tuh kalau kek gitu emoticon-Marah
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia