• Beranda
  • ...
  • Mamalia
  • Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!

rarirureror
TS
rarirureror
Jangan Salah! Kumis Anjing Ternyata Punya Fungsi yang Sangat Penting Loh!


Agan Sista!

Kalian paling suka hewan apa?
Apa kalian memelihara hewan?
Hewan apa yang kalian pelihara?

Salah satu hewan yang sangat banyak dijadikan peliharaan adalah anjing. Kalian termasuk orang yang memelihara anjing bukan? Kalau kalian memelihara anjing, pasti kalian sering memerhatikan anjingmu kan? Pernah ga sih kalian memerhatikan fusngsi dari setiap bagian tubuh anjingmu? Misalnya saja, fungsi dari rambut kaku yang terdapat pada sekitar hidung anjing atau yang sering kita sebut sebagai kumis. Bahkan kalau diperhatikan, kumis anjing ini letaknya sangat tidak beraturan loh, misalnya ada pada daerah atas mata dan di bawah dagu. Jadi itu kumis atau jenggot, atau apa ya?

Hmm, apapun itu, mending kita balik lagi ke pertanyaan awal deh.
Kalian pernah berpikir ga sih apa fungsi dari kumis anjing?



Alat Komunikasi



Pasti Agan dan Sista tau kan kalau seekor anjing dengan anjing yang lainnya akan berkomunikasi melalui ekor dan telinganya. Nah, ternyata mereka tidak hanya berkomunikasi melalui ekor dan telinga aja loh. Anjing juga bisa berkomunikasi melalui kumisnya yang dapat memberitau tentang emosi yang sedang mereka rasakan. Misalnya saja jika mereka merasa terancam, kumis pada anjing-anjing yang terancam ini akan secara refleks mengarah ke depan wajahnya. Bahkan kumis anjing juga berfungsi sebagai pertahanan mereka loh. Oh iya, tak hanya saat marah atau tegang saja, GanSis, ekspresi senang anjing juga bisa terlihat melalui kumis yang ada di bagian atas mata yang akan secara refleks terangkat.


Penerima Sensasi



Agan Sista tau ga kalau ternyata pada bagian kulit dari masing-masing helai kumis anjing ini merupakan saraf yang bersifat sangat sensitif terhadap sentuhan loh. Hal ini akan membuat sang anjing mengirimkan pesan ke otak setiap kali ada sentuhan pada kumis anjing. Selain kulit pada setiap helai kumis, saraf penerima sensasi juga ada pada daerah mulut dan moncong anjing. Pada daerah ini terdapat banyak sel Merkel (yang ada pada bagian bawah lapisan epidermis) yaitu sel yang merupakan reseptor kulit yang berhubungan dengan saraf sehingga berfungsi sebagai reseptor sentuhan.


Mendeteksi Perubahan Arah Mata Angin



Agan dan Sista tau kan kalau kumis kucing memiliki fungsi untuk mendeteksi perubahan arah mata angin yang terjadi? Nah, ternyata fungsi ini juga didapatkan pada kumis anjing loh. Anjing akan secara refleks melakukan kedipan untuk melindungi matanya, hal ini terjadi ketika kumis anjing tertekuk. Ga percaya? Coba aja sentuh kumis anjingmu, pasti dia langsung mengedip.


Memperkirakan Luas Suatu Tempat



Selain mendeteksi perubahan mata angin dan arus air, fungsi yang sama antara kumis kucing dan kumis anjing adalah kemampuan mereka menggunakan kumisnya untuk memperkirakan luasan suatu area tertentu, GanSis. Panjang kumis anjing yang sama dengan lebar badan anjing dapat mendeteksi apakah ruangan tersebut dapat dilewati oleh si anjing atau tidak.



Itu dia beberapa fungsi dari kumis seekor anjing, GanSis. Walaupun terkadang membuat penampilannya berantakan karena bentuknya tak rapih, tapi kalian jangan pernah memotong, menggunting, atau mencabutnya ya. Karena hal tersebut malah akan menimbulkan masalah untuk anjingmu.



SUMBER
tata604rykenpblina.wh
lina.wh dan 6 lainnya memberi reputasi
7
5.2K
29
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
Mamalia
icon
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.