C4lyps0Avatar border
TS
C4lyps0
DR. Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia



Tersiar kabar bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia. Kabar itu menyebar di media sosial, terutama Facebook.
 
Akun Facebook Almukor Robin membagikan kabar tersebut dengan mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Anies sedang melakukan sesi foto bersama pejabat dunia lainnya. Pada foto, terdapat narasi bertuliskan:
 
"DR. Anies Rasyid Baswedan dinobatkan mnjadi Gubernur terbaik dunia. Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figur pemimpin terbaik di Indonesia".
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Pula, pemilik akun nenambahkan keterangan foto bertuliskan: "Dikelilingi oleh para pemimpin terbaik dunia, pak Anis biasa2 aja mendapatkan prestasi demi prestasi, diam namun berkarya, klo yg lain itu banyak bacot aja, kerja nol besar.....".


Penelusuran:

Tim Cek Fakta Medcom.id menelusuri sumber asli daripada foto yang dibagikan akun Almukor Robin. Melalui teknik reverse image, ditemukan foto identik di beberapa situs.
 
Hasilnya, pada Sabtu 13 Juli 2019, SINDOnews.com menurunkan foto yang sama melalui artikel berjudul "Hebat..! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Wali Kota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019".




Artikel ini menjelaskan bahwa Wali Kota Jambi Syarif Fasha termasuk dalam 74 pemimpin kota terpilih yang diundang dalam pertemuanWorld Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019 yang berlangsung di Medellin, Kolombia, dari tanggal 10 hingga 14 Juli 2019. 

Masih dikutip dari bontangpost.id, ada lima pemimpin kota di Indonesia yang diundang dalam forum tersebut. Yakni Surabaya, Jakarta, Jambi, Semarang, dan Bontang. Tak hanya Anies yang mewakili Indonesia.

Kesimpulan:

Klaim pada foto bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia adalah salah. Faktanya, Anies menajadi salah satu dari lima pemimpin kota di Indonesia yang diundang untuk memaparkan konsep pembangunan kota berkelanjutan pada forum World Cities Summit 2019di Kolombia.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis false context (konteks keliru).
False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada. 


Sabilillah

Sungguh beruntung sekali warga DKI pny gubernur pilihan ummah jawara dgn segudang prestasi ya akhi

Masya Allah

emoticon-Inggris
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 53 lainnya memberi reputasi
50
10.2K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.