• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Subsidi Di Tarik Gaji Tak Naik, Orang Kaya Makmur Orang Miskin Mati?

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Subsidi Di Tarik Gaji Tak Naik, Orang Kaya Makmur Orang Miskin Mati?




Banyak orang berfikir subsidi itu tak baik akan menyusahkan pemerintah ke depannya nanti, lihat Venezuela yang bangkrut akibat kebijakan subsidinya. Itu bukan rekayasa namun fakta nyata bahwa subsidi akan menjadi beban negara di kemudian hari.

Banyaknya subsidi yang memanjakan rakyat tentu saja akan menjadi bumerang ke depannya, apalagi untuk memenuhi kebutuhan subsidi negara harus berhutang Venezuela dan Bolivia adalah 2 negara yang melakukan subsidi dan terkena inflasi, kenapa?





Subsidi akan menjadi beban APBN, dan bila itu tidak terpenuhi maka berhutang akan menjadi persoalan baru untuk negara. Maka jangan heran bila saat ini banyak subsidi yang dicabut kebijakannya oleh pemerintah saat ini. Bahkan LPG gas 3kg pun akan diberikan harga pasar sesuai dengan harga gas dunia.

Pemikiran orang awam, Bila subsidi di cabut maka orang miskin mati, orang kaya makmur, karena harga bahan pangan akan mengalami kenaikan dengan efek domino ketika kebutuhan dasar yang ada di tarik subsidinya. Pengusaha akan mendapatkan keuntungan dari penjualan dimana harga pada naik? Bukankah itu akan memicu inflasi lanjutan.



Eittss ntar dulu itukan pemikiran orang awam, namun pemikiran ekonomi malah terjadi sebaliknya. Masih ingatkan apa yang dilakukan Bolivia untuk mencegah inflasi yaitu mencabut subsidi BBM, ketika subsidi dicabut maka beban negara pun berkurang inilah yang menghentikan laju inflasi. Hiperinflasi yang terjadi di Bolivia akhirnya terhenti pada tahun 1985 karena defisit anggaran tersebut sudah tertutup.

Subsidi itu untuk rakyat Indonesia sebuah kenikmatan yang hakiki, maka ketika di cabut akan ada gejolak bahwa Pemerintah tidak pro rakyat. Maka Subsidi yang diberikan pemerintah harusnya tepat sasaran, untuk harga minyak bumi dan gas atau harga barang tambang lainnya kebijakan subsidi harus dilepas karena beban negara sangat besar dan tak semua warga menikmati hasilnya.



Kalau harga lain ikut merangkak naik bagaimana ketika BBM dan Gas Dicabut subsidinya? Maka Pemerintah akan mengatur ketersediaan barang pokok agar tidak mengakibatkan kelangkaan di pasaran, ketika pihak swasta banyak menjalankan roda ekonomi di sebuah negara otomatis gaji SDM pun merangkak naik.

Maka tak heran BUMN satu persatu lepas ke pihak swasta untuk mencari dana pajak, secara hitungan harusnya pemerintah akan punya uang. Sedangkan untuk rakyatnya yang dibiarkan hidup mandiri, akan bersinggungan dengan hukum alam siapa yang kuat ia akan bertahan dan SDM di bawah akan semakin kreatif dan inovatif. Karena bagi masyarakat yang lemah akan terpinggirkan secara perlahan, terlihat kejam tapi faktanya begitu.



Subsidi nikmat tapi bagai candu, kalau terbiasa di subsidi ketika lepas masyarakat tak bisa mandiri. Hingga inflasi seperti Venezuela bukanlah mimpi tapi fakta nyata, kesalahan sistem negara yang menjadikan subsidi adalah sebuah kewajiban.

Tapi hingga hari ini tetap saja pemikiran kita melihat subsidi di tarik, pengusaha teriak bahan pokok mahal hingga tak ada kenaikan gaji, maka keuntungan pun terus di kejar oleh banyak pedagang mereka pun tambah kaya sedangkan mereka yang miskin pun dibiarkan mati. Bukan tak mungkin akan ada banyak keluarga yang mengurus surat keterangan miskin yang baru, orang miskin di pelihara negara atau hanya sebuah retorika karena hingga hari ini mereka yang mengais rejeki berada di depan lampu merah, tidur di emperan toko, hingga hidup dari sisa-sisa makanan di tong sampah masih terlihat nyata.





Bagaimana cara mengatasinya hanya satu kata 'Subsidi' sungguh dilema sebuah negara yang katanya kaya tapi masyarakatnya tak paham kenapa negara kaya tapi hidup rakyatnya miskin? Mereka pun mengalihkan pandangan ke Brunei yang banyak hidup dari subsidi kerajaannya, hmmm jadi pertanyaannya subsidi itu perlu atau tidak?

Salam lur, saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF




Diubah oleh c4punk1950... 20-01-2020 10:41
anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 31 lainnya memberi reputasi
30
13.6K
179
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.