Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
233
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e232e5ef4d6951b7e1df21f/penyebab-banjir-jakarta-ditinjau-dari-sisi-teknis
Pada tahun baru 2020, masyarakat khususnya warga DKI Jakarta tertimpa musibah banjir yang cukup parah. Penyebabnya dapat berbagai macam bahkan untuk tiap daerah, penyebab datangnya air bah menuju perumahan warga dapat berbeda-beda.
Lapor Hansip
18-01-2020 23:12

Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pada tahun baru 2020, masyarakat khususnya warga DKI Jakarta tertimpa musibah banjir yang cukup parah. Penyebabnya dapat berbagai macam bahkan untuk tiap daerah, penyebab datangnya air bah menuju perumahan warga dapat berbeda-beda. Tidak ada penyebab spesifik dari musibah banjir Jakarta ini. Namun, yang tidak pernah kita sadari sebelumnya, sejatinya terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan banjir terjadi. Hal-hal tersebut seting kali diabaikan oleh masyarakat sekitar padahal dampaknya cukup signifikan terhadap terjadinya banjir. Faktor-faktor tersebut diantaranya:



1.     Tutup Selokan Lebih Tinggi dari Jalan

Pemasangan tutup selokan besi pada prakteknya banyak sekali kasus yang tidak memperhatikan kondisi dari jalan. Sering kali pemasangan tutup selokan tersebut justru berada di atas dari elevasi jalan sehingga, air yang harusnya dapat dialirkan dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah malah tertahan atau bahkan menggenang di jalan. Jika kondisi tersebut terus berlanjut, potensi banjir datang akan sangat besar terlebih saluran drainase tidak berfungsi dengan baik akibat tutup selokan yang posisinya lebih tinggi dari elevasi jalan.


Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!

Foto: suara.com



2. Pengecoran Tidak Memperhatikan Kemiringan

Dalam praktek pengecoran, baik itu perkerasan kaku menggunakan beton maupun perkerasan lentur menggunakan aspal, jalan harus dibuat sesuai standar yang ada. Di Indonesia sendiri, sering sekali pengecoran dilaksanakan tanpa memperhitungkan kemiringan jalan terutama pengecoran-pengecoran yang dilakukan di perumahan. Padahal, kemiringan jalan tersebut sangat penting sebagai sarana air untuk mengalir. Di dalam standar, kemiringan yang disyaratkan adalah dua persen.


Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!

Foto: polsri.ac.id



3. Kurangnya Daerah Resapan Air
Di kawasan urban seperti kota Jakarta, sangat sulit sekali untuk mencari daerah resapan air yang baik. Pertumbuhan penduduk dan maraknya praktik urbanisasi menuju kota-kota besar seperti Jakarta tentu membuat kebutuhan akan tempat tinggal menjadi meningkat pesat. Oleh karena itu, banyak sekali lahan-lahan yang seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai daerah resapan air malah dibangun menjadi daerah tempat tinggal seperti perumahan, hotel, apartemen, dan lain sebagainya.


Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!

Foto: dprd-kaltimprov.go.id



4. Tata Kota Tidak Sesuai Master Plan

Setiap kota di dunia tentu memiliki master plannya tersendiri tak terkecuali kota sebesar Jakarta. Perencanaan tata kota berbasis master plan sejatinya sangat penting dan krusial agar kota dapat diatur dengan baik. Namun pada kenyataanya, banyak kota-kota di Indonesia terutama Jakarta melakukan pembangunan tanpa memperhatikan master plan kota sehingga daerah-daerah yang seharusnya diperuntukan sebagai daerah


Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
Foto: citragardencity.com


Sumber Tulisan: Pemikiran TS
Sumber Gambar: Google





Diubah oleh kulitkacang10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurusputerkiri dan 36 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 12
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:11
gimana gak banjir, kalo buang sampah masih sembarangan
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:13
Quote:Original Posted By 3770372
masalahnya di nomer 3 sm 4 aja sih...

klo kemiringan paling genangan yg ga seberapa, walau lumayan juga sih emoticon-Hammer (S) tp ga separah faktor 3 sm 4

walau faktor kecil, tapi sangat berpengaruh loh gan. Kalau ga miring, air gabisa mengalir dengan lancar

Quote:Original Posted By greybat
trit nya ngambang, poin terakhir belum selesai
emoticon-Ngakak

Menurut ane yang penting itu daerah resapan air. Pohon terutama, seharusnya walau kota setidaknya ada daerah yang dijadikan hutan gitu. Ya tapi udah terlanjur sih.

iya gan, terlanjur jadi perumahan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By raja1998
menurut ane Kurangnya Daerah Resapan Air udah paling menyebabkan banjir sih karena memang pada faktanya semua lahan di jkt gaada yang ga dimanfaatkan masyarakat. semua lahan dipake perumahan, gedung dll jadi jelas gaada yang ngeresep air sebanyak mungkin yah

yoi gan

Quote:Original Posted By dj2917
wkkaka.untuk point 1 sama 2 kebanyakan proyek jakarta, baru diaspal eh tar di gali pln, bentar lagi digali telkom, blom lagi fo fo vendor lain...dan kebanyakan nutupnya asall,bangke emangg

nah itu juga harusnya ane masukin ke poin ke 5 nih wkwkwkk

Quote:Original Posted By raja1998
ane pernah denger ni dari orang2 tua Pengecoran Tidak Memperhatikan Kemiringan. ada baiknya pemerintah memperhatikan lagi deh proses pengecoran dll, perhatiin lagi apakah caranya sudah benar. jangan asal2an gitulooo

nah hal yg kek gini tuh harus mulai di perhatikan. Ini sih dari pihak supervisinya harus bisa cek elevasi setiap selesai pengecoran
profile-picture
mpasha14 memberi reputasi
1 0
1
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:13
Quote:Original Posted By Smokerr
Di luar negeri kyk di amerika gitu kota nya dikit pohon tp kalau hujan kenapa gak banjir ya? Beda sama jakarta


Karena disana banyak kafir
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
Lapor Hansip
19-01-2020 19:14
Balasan post megatron21
Quote:Original Posted By megatron21
menurut ane lbh ke masalah maintenance bukan teknikal.

kalo salurannya rajin dibersihin (kayak dulu) banjir ga bakalan sampe berhari2. kalo pompa-pompa dirawat, pasti bisa dipakai waktu lagi butuh.

dan semua ini butuh dikerjain, bukan didiskusikan


maintenance juga jadi salah satu langkah preventif banjir sih menurut aneemoticon-Toast
profile-picture
mpasha14 memberi reputasi
1 0
1
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:16
Jakarta itu kota gagal yang dibuat asal jadi. Asal metropolitan, asal rame, dan asal asal lainnya......

Dan yang paling parah, satu wilayah dengan wilayah lainnya tidak terintrgrasi. Sehingga ada satu daerah yang bebas banjir dan mewah sedangkan daerah di sebelahnya justru sebaliknya.....

Gobloknya lagi para insinyur, pakar teknik sipil dan ahli planologi sama sekali gak berguna di Jakarta......

Sebagai contoh intinya gini, kalo daerah Pondok Indah bebas banjir maka bodo amat dengan Fatmawati atau Lebak Bulus....

Dasar kota edan.... emoticon-DP
profile-picture
eggyeol memberi reputasi
1 0
1
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:17
Quote:Original Posted By h.w1994
Karena disana banyak kafir


Bego gak nyambung lu
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:17
Quote:Original Posted By raja1998
nah bener banget tuh gan. tindakan pembersihan saluran aernya aja kurang ye gimana ga kelelep jkt emoticon-Frown


Quote:Original Posted By raja1998
tapi ya kesadaran masyarakat sih ini mau bantu2 dan gotong royong bersihin saluran air sekitar apa engga


kan ada Dinas Kebersihan, dengan pasukan orange nyaemoticon-Amazed

Trus pada kemana tuh orang?emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Lihat 8 balasan
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:17
Sapa pun gubernur jakarta bakalan banjir emoticon-Ngakak

semoga nanti di ibu kota baru bisa lebih aman
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:20
Quote:Original Posted By buthair


Iya gan. Menurut ane juga blm ada yg nerapin plan bner2. Kepala daerah sibuk cari proyek terus dengan alasan investor, pendapatan daerah, dll tapi ngawur2... emoticon-Turut Berduka

iya gan, sejauh ini masih belum ada yang bener bener kerasa. Yang paling baik sejauh ini sih baru ridwan kamil waktu jadi walkot bandung karena beliau juga kebetulan lulusan S2 tata kota.

Quote:Original Posted By trangganu
Resapan air paling utama sih, apalagi masyarakt sana hobi banget buat sampah sembarangan, sungai pun jadi tempat pembuangan sampah oleh oknum yang tinggal di pinggiran sungai.

Ini sih faktor klise tapi tetap jadi salah satu faktor utama penyebab banjir sih. Bahkan setelah banjir surut, banyak warga tetep buang perabot kaya kasur, lemari, dll ke sungai

Quote:Original Posted By buthair
intinya adalah mental para kepala daerah. bukan cuman jakarta sih. kalo bicara belajar dari luar negeri tinggal studi, tapi ane yakin kepala daerah itu pinter dan ngerti, cuman ya itu tinggal mentalnya. kalo udah kena duit lupa sumpahnyaemoticon-Cape d...

dan untuk mewujudkan hal yang kaya gini tuh butus sumber daya yang besar dan tentu aja, harus ngerombak kota dari awal
profile-picture
mpasha14 memberi reputasi
1 0
1
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:21
kalo kata cebong dungu pasti lsg blg gara2 abud,

kalu jaman gabener gorong2, itu semua cuma genangan

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:24
memilih pemimpin berdasarkan keimanan bukan kapabilitasnyaemoticon-Big Grin
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:28
Org indo banyak yg berlindung dibalik kata takdir.
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:29
Quote:Original Posted By Smokerr
Di luar negeri kyk di amerika gitu kota nya dikit pohon tp kalau hujan kenapa gak banjir ya? Beda sama jakarta


ada gorong2 raksasa kayak di batman
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
Lapor Hansip
19-01-2020 19:31
Balasan post Smokerr
karena kita ngga pernah tau mereka banjir apa kagak. kan berita2 begituan jarang ada di media kita. kalau lu cek google mah , banyaaaak kota kayak di new york. 2012 USA rugi 65 billion us$ gara2 banjir di kota2nya.
Diubah oleh CumiGorengManis
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:33
tulisannya belum selesai tuh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:35
belum lengkap apa gmn sih? kok kayanya kepiting eh kepotong
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:37
kadang juga ada tuh gan , proyek galian PLN di got" , padahal tu got nya udah bagus , pas kena proyek galian PLN gak di rapihin lagi , terkesan asal" an ngembaliin got seperti semula nya , jdi gundukan tanah gak rata , bikin air gak ngalir lancar
profile-picture
eggyeol memberi reputasi
1 0
1
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:37
menurutku sih kurangnya daerah resapan air dan drainase yang buruk itu jadi hal yg utama.
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
19-01-2020 19:38
Tata kota tergantung pemimpinya juga gan. Kalau pemimpinya zonk ya bakal nda tereksekusi dengan baik.emoticon-Malu
0 0
0
Penyebab Banjir Jakarta Ditinjau dari Sisi Teknis!
Lapor Hansip
19-01-2020 19:48
Balasan post pinterpijitplus
Quote:Original Posted By pinterpijitplus
serius nanya kapan jakarta ga banjir? jaman belabda jg banjir toh, atau sebenarnya jakarta itu emang tempat air, ga dihuni manusia juga banjir..


londo uda tau batavia sering banjir tpi masi dijadikan kota besar pusat pemerintahan. brarti mnurut para londo tsb kotanya bs diutak atik supaya banjirnya tdk sampe menganggu aktivitas warga terlalu lama.
profile-picture
yunda.me memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia