Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
466
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e23ccb868cc9539e537e246/viral-tagihan-rumah-makan-hanya-2-ekor-ayam-harganya-rp-800000-ini-penjelasannya
Sudah sering hal ini terjadi tapi terkadang malas bertanya menjadi penyebabnya, begitu juga dengan kisah dari tanah sumatra, tepatnya di Rumah Makan (RM) Napinadar Malau yang berada di Tepi Jalinsum Medan-Sidikalang Km 15, Desa Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.
Lapor Hansip
19-01-2020 10:27

Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya

Banyak sekali harga getok yang sering terjadi ketika kita sedang menikmati kuliner, terlebih lagi di daerah wisata. Harga yang ditawarkan terkadang sangat fantastis bisa dibilang tak masuk akal.

Sudah sering hal ini terjadi tapi terkadang malas bertanya menjadi penyebabnya, begitu juga dengan kisah dari tanah sumatra, tepatnya di Rumah Makan (RM) Napinadar Malau yang berada di Tepi Jalinsum Medan-Sidikalang Km 15, Desa Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya

Sebuah video tersebar luas di Media Sosial ketika seorang pengunjung marah-marah mempertanyakan harga lauk 2 ekor ayam napinadar kuliner khas dari daerah Batak yang dibandrol 800.000.

Sang pengunjung terlihat bertanya pada pemilik warung, dan membandingkan dengan harga warung serupa yang juga menghadirkan lauk khas dari daerah Batak namun harganya jauh dibawah rumah makan tersebut.

Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya

Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya

Namun uniknya pemilik warung alih-alih menurunkan harga, malah kembali menegaskan bahwa harga 2 ekor ayam kampung yang dimakan memang segitu harganya sudah pas. Lalu menyalahkan sang customer siapa suruh makan di warungnya.

Tentu saja amarah sang customer pun berkobar, kenapa sudah dalam perut baru harganya di getok seperti itu? Kenapa tidak menyediakan daftar menu agar customer tak tertipu. Alih-alih merasa bersalah, pemilik warung tetap bersikeras bahwa itu harga yang sudah di tetapkan di rumah makannya.

Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya

Makin gemeslah sang customer hingga membandingkan dengan restoran bintang lima, akhirnya video tersebut pun viral di media sosial.

Disini netizen kepo akan langsung menyalahkan pihak rumah makan, ettt tapi dengar dulu penjelasannya nih gan.

Menurut Lambok Malau (35) anak dari pengusaha RM Malau, harga ayam napidar per potong sebesar Rp 25.000, sedangkan untuk per porsi (termasuk nasi, nasi tambah, potongan timun dan tomat, serta kuah sop) menjadi Rp 35.000. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung, dan satu ekor ayam kampung dapat dibagi menjadi 14 potong daging. Ingat ya itu harga perpotong bukan per ekor, maka untuk 2 ekor ayam bisa menjadi menghasilkan 28 potong daging. 

Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya

Berhubung itu dalam masa Tahun Baru dan harga ayam juga mengalami kenaikan di pasar, dimana harga ayam kampung tembus Rp 120.000. Maka harga per porsi yang tadinya Rp 35.000 mengalami kenaikan menjadi Rp 40.000.

Sedangkan mereka makan dengan jumlah 10 orang, satu porsinya saja di kali 10 sudah 400.000 lalu kalau ada 2 ekor berarti sisa per potong ada 18 potong. Nah bila 18 kali Rp 25.000, hasilnya Rp 450.000. Maka harga seluruhnya Rp 850.000 yang harus mereka bayar.

Pemilik rumah makan memang tak menyediakan daftar menu, karena harga ayam sebagai bahan suka naik turun dan ia juga menyalahkan pembeli yang tak bertanya terlebih dahulu. Namun ia sadar daftar menu akan dibuat tapi untuk situasi yang normal, bukan harga ketika ada musim-musim tertentu seperti tahun baru, dan sebagainya.

Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya



Hmmmm pesan TS kalau makan di pinggir jalan tanya dulu harganya masa punya mulut ga mau nanya sih, kalau punya duit segepok sih ga masalah deh... apa gengsi untuk bertanya? Semoga ga ada lagi kejadian kaya gini, malu-maluin deh, kalau sudah bertanya dirasa cukup mahal kan bisa pulang bikin makanan sendiri di rumah lumayan Rp 800.000 bisa makan berapa ekor ayam tuh.

Salam lur, saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya

GIF





Tanggapan kaskuser


Quote:Original Posted By bowjack99
Saya sudah baca banyak sumber
Opini saya tetap

Rumah makan ini kebangetan parahnya
Alasan
1. Pembeli beli 2-3 ekor ayam bukan per porsi
Kl memang jualan per porsi ya beritau dolo di awal
Lagipula aneh ini ayam kampung sudah kecil dipotong jadi 14 , ini warung atau rumah mkn? Kl rumah mkn idealnya 1 ayam dipotong jd 8 maks ( 2 paha bawah - 2 paha atas - 2 sayap - 2 dada)

Kesimpulan : alasan dibuat buat

2. Harga ayam kampung mahal
Paling mahal 120 ribu kata dia , dimasak jualnya 350 ribu, mahal bgt walau masak susah dll tp ini kelas rumah mkn biasa bkn internasional, ayam itu bahan umum bkn import

3. Tdk mencantumkan harga krn ayam harga tdk tentu
Ini lagi alasan konyol, kita dagang itu mempertimbangkan 2 hal, harga dan ketersediaan barang, harga terlalu tinggi tdk ada yg beli, barang langka harga pasti naik, solusinya ya cari bbrp suplier, bikin pasokan ayam sendiri dll

Kesimpulan
Memang resto niatnya kurang baik, jgn salahkan customer, ok customer hrs membayar makanan yg dimakan tapi tdk ada langganan yg kembali kesana





Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelkawaii dan 50 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 24
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:18
Saya pernah makan berlima kena 673.000 disiantar.memang mahal.tapi menurut orang orang makan disitu memang mahal.iya udah di iklasin aja.uang bisa dicari.klu disesali malah gak jadi sehat nanti makannya
profile-picture
profile-picture
charlottesmothi dan chisaa memberi reputasi
2 0
2
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:19
jadi ingat ama temen yg kena ketok harga baso di monas duluemoticon-Ngakak
profile-picture
zelfrizk memberi reputasi
1 0
1
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:19
Lain kli tanya2 dlu aja dh.... yg mhl biasa yg warung d jalan antar kota.

ane prnh mie telor 15rb hhe... lgsng batal
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:21
Quote:Original Posted By adhiet6
Kalo yang makan ber sepuluh dan satu porsinya 40rb, ya ga heran sih sampe segitu

Ane aja pernah makan bertujuh abisnya 600ribu


Kalo ayamnya dibagi 8, wajar harganya 40 ribu.

Tp ini satu ekor dibagi 14 lho
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:24
1 ayam dipotong jadi 14, kecil2 kali ayamnya,mana la kenyang
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:26
makanya klo makan di pinggir jalan nanya dulu jangan tertipu tampilan, apalagi gak ada daftar harga. gw sendiri pernah ngalamin, untung masih gak parah2 amat dan untungnya lagi gw rame2, jadi masih bisa patungan emoticon-Ngakak
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:29
Quote:Original Posted By vaaviivoo
gue makan berlima pakai lauk ayam kampung di a*am s*nd* cuma abis 165k.

wakak diketok kan, lain kali nanya dulu


Setujuh om. Lagian mana ada 1 ayam kampung bisa jd 14 potong. Berarti 1 potong ntu kecil pake banget. Jelas2 pemerasan itu
Diubah oleh ndeselly
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:32
Klo makan banyak orang sich wajar aja kena segitu.
Apalagi harga per potong ayam nya jga segitu.
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:34
Mending bikin ayam bakar sendiri deh 800rb bisa buat satu RT.

Ane mlm tahun baru beli ayam kampung potong satu ekor di salah satu supermarket harganya cuma 49rb.
Sebagong bagongnya ayam kampung ane bingung masa iya bisa dipotong jd 28? emoticon-Bingung
Ane aja pas beli bikin potong 10 rasanya ukurannya udh kecil itu.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:36
Ajegile mahal bener yakemoticon-Hammer2
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:37
Kalo ane wisata kemana2 gitu, ane lebih suka bawa bekal makan siang/malam + cemilan. Makan di tempat makan deket area wisata mahalnya emang bukan main, mau itu yg terlihat harganya ataupun yg ghoib harganya.
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:40
Nah itu yg jd masalah .lbh baik klo mau makan di restoran baik yg mewah atau sederhana lbh baik liat list harganya dlu klo gk ada tnyakan ke karyawannya ..dri pada di getok harga .niatnya mau makan mlah di kerjai ..
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:40
Sebenernya dagaang itu kan bebas kasih harga. Makanya sebaiknya sebelum makan nanya dulu harga nya
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:41
ttep aja ga masuk akal ah rlah
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
Lapor Hansip
19-01-2020 17:41
Balasan post joachimmihawk
Quote:Original Posted By joachimmihawk
Mending bikin ayam bakar sendiri deh 800rb bisa buat satu RT.

Ane mlm tahun baru beli ayam kampung potong satu ekor di salah satu supermarket harganya cuma 49rb.
Sebagong bagongnya ayam kampung ane bingung masa iya bisa dipotong jd 28? emoticon-Bingung
Ane aja pas beli bikin potong 10 rasanya ukurannya udh kecil itu.


14 potong om, ayam e 2
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:43
Ayam kampus itu, wajar mahal soalnya calon S1
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:44
waduh yang makan disitu ngerasa ketipu banget dong? nggak ada daftar harganya soalnya emoticon-Bingung
harus ati2 kalo mau makan di tempat kayak gitu kudu nanya dulu
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:44
yaudah,bagus kau masak ayam kampung itu dirumah sendiri.
kau jadikab bontot kau dijalan
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:46
Kirain pake ayam cemani emoticon-Takut
0 0
0
Viral Tagihan Rumah Makan, Hanya 2 Ekor Ayam Harganya Rp 800.000, Ini Penjelasannya
19-01-2020 17:49
Konsumen harus cerdas lebih baik menanyakan harga dulu agar tdak terjadi hal tidak kita iginkan. emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Halaman 6 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia