News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
212
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e20674f4601cf61fa7d88b8/sinta-nuriyah-jilbab-tak-wajib-bagi-perempuan-muslim
Sinta Nuriyah, istri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengatakan bahwa perempuan muslim tidak wajib untuk memakai jilbab. Ia pun menyadari bahwa masih banyak orang yang keliru mengenai kata jilbab dan hijab.
Lapor Hansip
16-01-2020 20:38

Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim

Past Hot Thread
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim


TEMPO.CO, Jakarta - 
Sinta Nuriyah, istri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengatakan bahwa perempuan muslim tidak wajib untuk memakai jilbab. Ia pun menyadari bahwa masih banyak orang yang keliru mengenai kata jilbab dan hijab.

Menurut dia, hijab tidak sama pengertiannya dengan jilbab. "Hijab itu pembatas dari bahan-bahan yang keras seperti kayu, kalau jilbab bahan-bahan yang tipis seperti kain untuk menutup," kata Sinta di YouTube channel Deddy Corbuzier pada Rabu, 15 Januari 2020.

Ia mengakui bahwa setiap muslimah tidak wajib untuk mengenakan jilbab karena memang begitu adanya yang tertulis di Al Quran jika memaknainya dengan tepat. "Enggak juga (semua muslimah harus memakai jilbab), kalau kita mengartikan ayat dalam Al Quran itu secara benar," kata Sinta. 

Selama ini ia berusaha mengartikan ayat-ayat Al Quran secara kontekstual bukan tekstual. Sinta juga mengakui bahwa kaum muslim banyak yang keliru mengartikan ayat-ayat Al Quran karena sudah melewati banyak terjemahan dari berbagai pihak yang mungkin saja memiliki kepentingan pribadi.

"Dipengaruhi oleh adat budaya setempat, cara berpikir dia juga itu mempengaruhi pemahaman terhadap ayat-ayat agama yang bukan menjadi bahasanya, yang sama bahasanya pun bisa salah juga mengartikannya," kata Sinta.

Anaknya, Inayah Wahid yang berada di sebelahnya pun setuju dengan pendapat Sinta. Menurut dia, penafsir memang harus memiliki berbagai persyaratan untuk mengartikan ayat-ayat Al Quran. "Enggak boleh orang menafsirkan dengan sembarangan," kata Inayah.

Keduanya pun menyadari setelah berkata demikian akan banyak yang tidak setuju dengan pandangannya hingga mendapatkan perisakan oleh netizen. Namun mereka juga tidak ingin memaksakan orang di luar sana untuk setuju dengan mereka.
https://seleb.tempo.co/amp/1295839/s...mpression=true

Salut.. anti menstrem ibu ini
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 43 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
18-01-2020 18:14
Kalau kita mati.. Memangnya istri gusdur mau menolong kita ??

Orang di dunia saja susah menolong kita, bahkan gak mungkin.
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan agusdwikarna memberi reputasi
1 1
0
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
18-01-2020 19:40
Memang sebetulnya gak wajib berjilbab. Cukup berkerudung aja, yang penting rambut wanita tidak terurai. Kalo rambut cuma kelihatan sedikit aja dianggap tidak memancing birahi.. beda dgn rambut yg panjang terurai.

Makanya ane heran lihat pemain voli putri indonesia yang bertanding menggunakan jilbab full tertutup. Kalo masih awal2 pertandingan sih masih segar dan pertandingan bisa unggul atau berimbang. Tapi begitu di akhir2 pertandingan langsung drop nilainya. Bagaimana tidak, pasti rasanya akan engap, panas, gerah dan peluh mengucur deras. Pada akhirnya akan cepat lelah, dan rasa gak nyaman akan membuat malas bergerak. Ini jelas2 merugikan dan menguntungkan lawan.

Baiknya sih kalo lg pertandingan begitu mending cukup kostum tertutup, rambut di ikat, potong pendek atau pake harnet, kalo gak ingin rambutnya terurai berkibar2. Nanti setelah tanding ok lah pake jilbab lg.
profile-picture
setiapmenit memberi reputasi
1 0
1
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
18-01-2020 19:44
menurut ane sih kaga salah jg pendapat beliau.. setau ane, yg diwajibkan itu menutup aurat.. terkhusus perempuan, rambut menjadi salah satu bagiannya..
nahh menutup bukan berarti harus menggunakan jilbab dan menganggap jilbab menjadi satu²nya cara..
nahh yg ane tangkep dr pernyataan beliau sih lebih ke arah medianya bukan ke syariahnya..
profile-picture
setiapmenit memberi reputasi
1 0
1
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
18-01-2020 20:22
kan intinya nutup aurat terserah mau pke jilbab,niqab,kardus,daun,kulit kayu. tinggal muka sm telapak tangan
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
18-01-2020 21:21
Apapun yg berurusan dengan keyakinan psti akan ada pro dan kontranya.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
18-01-2020 22:37
jaman sekarang di indonesia cuman sedikit yang berani berkata begitu
profile-picture
setiapmenit memberi reputasi
1 0
1
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
18-01-2020 23:27
ya memang gak wajib kan memakai jilbab,,
yang wajib kan menutup aurat,
Diubah oleh divoware
0 0
0
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
19-01-2020 00:16
kok aku ngerasa semakin kesini semakin banyak pernyataan dan opini tentang islam dari tokoh tertentu yang membuat masyarakat saling mengeluarkan argumen dan pendapat nya masing2 yang dapat memecah belah umat itu sendiri.
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 48y24rd memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
19-01-2020 00:17
dan sungguh hina suatu kaum apabila melihat seorang wanita memakai pakaian sudah horny, niscaya kaum tersebut sekali celup langsung keluar....
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
1 0
1
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
19-01-2020 04:55
Quote:Original Posted By wismangan
Hormati keyakinan masing..

Yg anggap itu wajib silahkan
Yg anggap ga wajib juga Monggo

Asal jangan ribut kayak bocah


Setuju aje ane brew
0 0
0
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
19-01-2020 08:54
Quote:Original Posted By starcrazy
kangen indonesia dzaman 90's & 2000an awal, sevelum dzaman ketik Aamin, klik "like", bagikan


emoticon-Ngakak
0 0
0
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
19-01-2020 09:00

Hijab, jilbab, khimar, kerudung

Berikut penjelasannya..

https://kask.us/hfgsY
Diubah oleh hukey
0 0
0
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
19-01-2020 09:45
Quote:Original Posted By Jalan Cinta
Di buku buya hamka Ada disebut Tuhan nyuruh wanita berpakaian sopan, masalah potongan Bahan, model, dll, itu terserah manusianya. Bahkan beliau (buya hamka) menyebutkan baju2 ratu inggris (kala itu, tahun 70/80an) yang Mana ratunya masih sama sampe sekarang, bertopi, baju elegan, itu termasuk baju yang sopan.

Mohon diingat, ulama semacam quraish shihab & buya hamka itu ulama tulen & ahli tafsir. Yang ane sebut belakangan Malah sempat dipenjara rezim saat itu, dimana dalam Masa penahanan beliau menyelesaikan tafsir Al Azhar, yang masih menjadi rujukan dinegara2 tetangga, selain sempat mundur dari ketum MUI karna tegas menolak perayaan bersama agama lain, sebab kuatir merusak keimanan. Quraish shihab sendiri sudah menulis tafsir Al mishbah yang populer, Dan Puluhan tahun berdakwah, membumikan Quran dikalangan muslimin. Jadi pendapat2 beliau2 tentu boleh didengar.

Jilboobs, berjilbab tapi ketat & mancing birahi, malah yang imho masuk pakaian tidak islami

Lain2 pendapat boleh Aja, asal Tetap akur.


Jujur ane lebih suka kedua ulama tsb.

Mulanya ane suka bapaknya Najwa itu pas dia dulu isi kultum mau buka puasa. Kultumnya gapernah berbau kebencian dll. Selalu adem. Ane juga gapernah dger statement dia yg menjurus ke kebencian.


Kalo ama buya hamka, ane sukaa sjak baca2 bukunya yg menurut ane, ya udah romansa2 modern, kyk tenggelamnya kapal vam der wijk, terusir, merantau ke deli.

Dibanding habib2 jaman sekarang emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
19-01-2020 11:55
Quote:Original Posted By Jalan Cinta
Waduh gan, pecinta sastra juga tho. Udah Jarang ketemu orang yg pernah baca ke 3 novel yg ente sebut Hari gini. Setuju sama ente emoticon-Betty emoticon-Recommended Seller


Apa enaknya sih gan jadi bebek yg coraknya sama hari gini? Jadi berbeda kan lebih kerenn emoticon-Cool

Iya ketiga buku itu kudu bacalah pokoknya, buah pkiran seorang kyai soal cinta wkwkw emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Jalan Cinta dan 48y24rd memberi reputasi
2 0
2
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
19-01-2020 20:50
Percaya apa yang kita percaya aja gan
profile-picture
setiapmenit memberi reputasi
1 0
1
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
20-01-2020 10:39
udah ntr pas ditanya waktu kiamat jg ketauan bner yg mna..
0 0
0
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
20-01-2020 17:41
Ibuk jangan campur kan akidah islam dengan negara kalau berhijap wajib bagi perempuan yang merasa diri nya itu islam dan bukan islam ktp yang taktahu yang hak dan mana batil ini bukan main main buk ini menyakutharkat dan marwa perenpuan wassalam maap buk jika aku lancang maap ibuk wanita yang mulya itu yang menutupi aurat nya baik lahir maupun batin amiiiiiiim ya allah amiiiiiim


profile-picture
setiapmenit memberi reputasi
0 1
-1
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
01-02-2020 14:22
wah makin nyeleneh aja ibu yang satu ini.. kata Al-Quran Jilbab itu Wajig, Kata Ibu ini Jilbab tidak wajib... silihkan pilih ikut yang mana??
profile-picture
setiapmenit memberi reputasi
0 1
-1
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia