• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral Media Sosial, Pemuda Pinrang Lulusan SD Membuat Pesawat dan Menerbangkannya!

masnukho
TS
masnukho 
Viral Media Sosial, Pemuda Pinrang Lulusan SD Membuat Pesawat dan Menerbangkannya!

Chaerul si pembuat pesawat
Lulusan SD dan bekerja sebagai montir
Seperti apa kisahnya?




Indonesia adalah Negara besar yang mempunyai sumber daya alam dan manusia yang mumpuni. Meski kerap dipandang sebelah mata oleh Negara lain sebagai Negara berkembang yang belum tahu arah kemajuannya, namun kita bisa membuktikan bahwa Negara kita bisa bersaing di kancah Internasional. Entah itu dari bidang olahraga, kesenian dan masih banyak lagi.

Mungkin memang untuk kesejahteraan di Indonesia masih dapat dikatakan jauh dari pandangan sejahtera yang sesungguhnya, masih banyak pengangguran, anak putus sekolah, keluarga tidak mampu dan tindakan kriminalitas. Itu semua sebagai bukti bahwa Negara kita masih belum sejahtera.

Namun semuanya butuh proses, semua Negara maju di Dunia mereka pernah mengalami proses melewati masa-masa sulit. Jadi Indonesia juga harus bisa berproses ke arah sana!

Berbicara tentang Sumber Daya Manusia, tentu mulai saat ini kita sudah boleh sedikit bangga. Karena banyak dari orang-orang Indonesia yang mulai menunjukan skill dan keahliannya ke khalayak umum.
Beberapa waktu lalu kita melihat hasil karya anak-anak SMK yang berhasil menciptakan mobil sendiri, anak SMA yang menemukan pohon bajaka sebagai obat kanker, bahkan kaum difabel pun juga sudah terangkat namanya oleh staf Presiden yang juga mempunyai keistimewaan.



Foto: SulsesOnline.com


Kali ini kebanggaan juga datang dari warga daerah Pinrang, Sulawesi Selatan. Salah satu warganya yang bernama Chaerultelah berhasil membuat sebuah pesawat.
Jenis pesawat Ultralight berhasil dia ciptakan dari bahan barang-barang bekas dengan mesin penggerak yaitu mesin motor Kawasaki Ninja RR 150cc.

Uniknya Chaerul ini bukanlah seorang lulusan fakultas ternama atau sekolah tekhnik mesin terkemuka. Dia adalah seorang laki-laki montir, lulusan Sekolah Dasar yang impiannya tinggi dan tidak dibatasi.

Pesawat ciptaannya yang diterbangkan pada tanggal 15 Januari 2020 ini lah bukti kerja kerasnya, meski pun dia pernah dianggap aneh dan mengada-ngada namun bukti nyata yang membuat semua orang tercengang bangga.

Pesawat ultralight ciptaannya diuji coba terbang di salah satu pantai di Pinrang, pada awal percobaan sampai empat kali pesawat tersebut gagal terbang karena belum terbiasa, namun pada percobaan ke lima pesawat tersebut dapat terbang dengan ketinggian sekitar 20meter dan berkeliling sejauh 300meter.

Di bawah ini proses penerbangan pesawat yang dilakukan Chaerul dan ditonton oleh warga dan kepala desa setempat!


Spoiler for Pesawat Chaerul Pinrang:


Kebanggaan tidak hanya dirasakan oleh Chaerul dan warga Pinrang saja. Bahkan pemerintahan setempat juga ikut bangga dengan kemampuan Chaerul dalam menciptakan sebuah pesawat.

Kemarin, tanggal 17 Januari 2020. Chaerul di panggil oleh Wagub Sulawesi Selatan ke kantor pemerintahan
Bapak Andi Sudirman Sulaiman mengucapkan selamat secara khusus dan mengungkapkan kebanggaannya terhadap Chaerul yang berhasil membuat pesawat dan menerbangkannya.

Pada hari Jum'at Chaerul menjadi tamu istimewa pemerintahan Pinrang, banyak pejabat datang untuk memberikan selamat dan berkenalan dengan Chaerul.

Tidak hanya itu, Pemerintahan setempat juga berjanji akan membantu pembiayaan untuk penyempurnaan pesawat ciptaan Chaerul, bahkan kabarnya pemerintah akan memberikan mesin 1000cc untuk mesin pesawat Chaerul.



Foto: Makassar_iinfo


Kita semua sebagai warga Negara Indonesia berhak dan wajib bangga dengan prestasi dan keberhasilan dari Abang Chaerul ini meski pun kita berbeda daerah.

Kemampuan dan keberhasilannya membuktikan bahwa impian tinggi itu bukan halusinasi jika kita berusaha untuk mewujudkannya.
Bahkan dia juga membuktikan, bahwa lulusan tidak membuktikan kesuksesan, namun ilmu dan pengetahuanlah yang bisa memberikan jalan untuk masa depan cerah penuh kebahagiaan.

Ini adalah awal kesuksesan dari Bang Chaerul, kita juga harus mendoakan agar karyanya tidak berhenti di sini. Bila memungkinkan dia wajib melanjutkan perjuangan Eyang BJ Habibie, membuat pesawat dan menunjukan pada Dunia bahwa Indonesia itu bisa lebih dari apa yang mereka kira!

Semoga pencapaian Bang Chaerul ini bisa menginspirasi kita semua, untuk hidup lebih maju, tidak membatasi impian dan mau meperjuangkannya hingga menjadi kenyataan.

Oke, itu lah thread @masnukhopagi ini, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa kita ambil pelajaran dari sebuah bacaan. Terima kasih sudah mampir, jangan lupa jejak dan sampai jumpa di thread yang lain.



Foto: makassar_iinfo


Penulis: @masnukho
Referensi dan gambar
di sini
Diubah oleh masnukho 18-01-2020 04:36
anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 25 lainnya memberi reputasi
26
4.9K
99
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread80.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.