others
Batal
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
3222
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b83adab947868ae1e8b4568/clean-anda-bertanya-sufisalik-menjawab---part-2
Tasawuf Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi. Sufi Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan ro
Lapor Hansip
27-08-2018 14:52

[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab

Tasawuf

Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi.


Sufi

Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi [orang suci] akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan rohaniah telah matang dan yang kehidupannya tidak lagi membutuhkan dan melekat kepada dunia dan segala isinya, kecuali untuk kebutuhan dasarnya saja.

Sufi dalam konteks ini diamalkan sebagai cara sejati untuk memurnikan jiwa dan hati, mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada SorgaNya [menjauhi dunia]. Di agama Budha, dikenal sebagai tahap arupadatu [berbeda dengan kamadatu/kamasutra], di agama Nasrani dikenal sebagai biarawan/ biarawati sebagai cara menjalani kehendak Tuhan secara full/penuh dan memerdekakan diri dari budak kesenangan dunia dst.

Salik

Seorang salik adalah seseorang yang menjalani disiplin spiritual dalam menempuh jalan sufisme Islam untuk membersihkan dan memurnikan jiwanya, yang disebut juga dengan jalan suluk. Dengan kata lain, seorang salik adalah seorang penempuh jalan suluk. Seorang salik yang mencapai tahapan makrifat disebut sufi.

Mursyid


Mursyid adalah sebutan untuk seorang guru pembimbing dalam dunia thoriqoh/tarekat, yang telah memperoleh izin dan ijazah dari guru mursyid diatasnya yang terus bersambung sampai kepada guru mursyid Shohibuth Thoriqoh yang musalsal dari Rasulullah SAW untuk mentalqin dzikir/ wirid thoriqoh kepada orang-orang yang datang meminta bimbingannya (murid)

Jiwa yang merdeka dari KHM.Luqman Hakim



Rule
1. Mohon santun dalam berdiskusi
2. Untuk pertanyaan mengenai Fiqih dan kesahihan hadist silahkan ke ABMM
3. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai ayat al-Qur'an silahkan ke ABQM
4. Semua kaskuser baik yang Theist maupun Atheist diterima di sini emoticon-Smilie
5. Mohon maaf jika saya maupun sahabat-sahabat salik/sufi lainnya lama dalam merespon dikarenakan kesibukan di RL
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 103 dari 107
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
14-01-2020 12:13
Sebuah fenomena 2 orang yang pengen diakui sebagai guru (ngibul) emoticon-rainbow

Quote:Original Posted By rimung13
”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian." (HR. Muslim)

”Tidaklah aku mengobati sesuatu yang lebih berat daripada mengobati niatku, sebab ia senantiasa berbolak-balik pada diriku” (Imam Sufyan Ats Tsauri)

Sesuatu yang paling sulit di dunia adalah ikhlas. Aku sudah bersungguh-sungguh untuk menghilangkan riya’ dari hatiku, seolah-olah timbul riya, dengan warna lain.” (Yusuf bin Husain Ar Razi)

Pernah ada orang bertanya kepada Suhail: “ Apakah yang paling berat bagi nafsu manusia?” Ia menjawab,”Ikhlas, sebab nafsu tidak pernah memiliki bagian dari ikhlas”

Ikhlas secara bahasa berarti murni, tiada bercampur, jernih

Imam Ghazali mengatakan bahwa letaknya niat ada di dalam hati.

Sementara amal bergantung kepada niat, jika hati tidak bersih, tidak ikhlas dimana ada noda walau hanya setitik

Niscaya dapat mempengaruhi niat yang mana akan mempengaruhi amal

“Kamu takut (khasyyah) kepada Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, maka jika kamu tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu.”
(HR Muslim)

Salah satu bentuk Ikhlas dalam amal terhadap Allah adalah menyadari pengawasan-Nya dengan menjaga Adab

"Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam." (HR. Bukhari dan Muslim)

"Keridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua”. (HR. Tirmidzi)

Orang yang tidak menjaga perkataannya bahkan menghina orang tua orang lain dengan sebutan hewan berarti sudah tidak takut akan pengawasan Allah

Maaf, kedepannya saya tidak lagi berdiskusi dengan mas

Silahkan mas cari guru dan mulai belajar dari Adab terlebih dahulu emoticon-Smilie


Mung rimung emoticon-Big Grin

Tak ada satupun dalam dalil yang lu bawa ada tentang ADAB keseorang yg ngakunya guru emoticon-Betty (S)

Kecuali defini ADAB yg lu pakai, yaitu:
Menghormati dan mendengarkan apa saja yg dikibulin oleh seorang guru emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Udah ngeyel ngaku sufi lagi...
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Tak bilangin ya...
emoticon-Bingung

Kalau ada orang yang ngafir ngafirin muslim...
Bidnah bidnahin muslim lain...
Musryik musryikin muslim lain..

Trus gw anjing anjingin...
Itu wajar...

Selain menandai orang...
juga supaya pemahaman mereka nggak tambah menyebar...

Rasul pun bilang "anjing" untuk macem orang seperti itu..

“Khawarij adalah anjing-anjing neraka.” (HR.Ibnu Majah:173, dari Ibnu Abi Aufa radhiallahu anhu).

Ngerti nggak ??
emoticon-Bingung

Gurumu siapa mung ??

Internet kah ??
emoticon-Bingung


Pahamilah adab mung..
Biar ente berguna untuk sesama..
Selain bikin trit..

Lihatin muridmu..

Si ody dan si proxy...
Kebingungan...

emoticon-Turut Berduka

#mereka memahami adab dalam artian ramah tamah dan tidak mengumpat doang di posting posting kaskus...

Wuuaduh..
emoticon-Bingung

.


Min samin emoticon-Big Grin

Nabi2 mengumpat bodoh tolol anjing itu sudah biasa.. emoticon-army
Tp dengan alasan yg tepat tentunya.. emoticon-Malu

Jd kalau mau ngumpat rimung, cari dulu alasannya yg sesuai dalil emoticon-rainbow




BERSAMBUNG...







emoticon-Ngakak
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
14-01-2020 12:34
Assalammu'alaikum bang Rimung. emoticon-Smilie

izin bertanya.

1. apakah syekh siti jenar itu pengamal tarekat haqmaliyah ?

2. dalam kitab layang muslimin wal muslimat, terdapat narasi yg menyatakan bahwa org yg mati kecelakaan akan masuk ke alam antara (gentayangan) dan ada sebagian manusia yg bisa menjadi siluman. Bagaiman tanggapan bang rimung ?

3. ada yg bilang bahwa tarekat haqmaliyah banyak yg palsu. Bagaimana membedakannya dgn yg asli bagi org awam yg ingin masuk tarekat haqmaliyah ?

Terima kasih. emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
14-01-2020 15:49
Quote:Original Posted By rimung13


Waalaikum salam mas Proxy emoticon-Smilie

1. Iya mas

2. Maaf karena ini masuk ranah keilmuan dalam jamaah, saya tidak bisa komentar

3. Cara membedakannya adalah Tarekat Haqmaliah tidak pernah mengajarkan ikhwannya agar meninggalkan Syariat


Sama-sama mas emoticon-Smilie



wah sayang sekali no.2 gak bisa ditanggapi, padahal ini bisa jadi bahan pertimbangan utk masuk haqmaliyah.

tapi gapapa, makasih atas jawabannya bang Rimung. emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
14-01-2020 23:32
kadang gw pikir penghuni abssm ini juga nyembah pikirannya sendiri. macem pernah bait sj atau pernah bener2 masuk ke dunia sufisme sj
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
16-01-2020 16:28
Quote:Original Posted By .sarkawi
kadang gw pikir penghuni abssm ini juga nyembah pikirannya sendiri. macem pernah bait sj atau pernah bener2 masuk ke dunia sufisme sj


heng,

Maaf, sebaiknya tidak menggunakan lebih dari satu ID
Karena menciptakan persona baru mungkin terlihat menarik
Tapi dapat menganggu perkembangan jiwa emoticon-Smilie

“Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (QS.Asy-Syams :8-10)

“ Akhlak adalah suatu perangai (watak, tabiat) yang menetap kuat dalam jiwa seseorang dan merupakan sumber timbulnya perbuatan-perbuatan tertentu dari dirinya, secara mudah dan ringan, tanpa perlu dipikirkan atau atau direncanakan sebelumnya.” (Imam Al Ghazali)

Persona dapat diartikan sebagai peran yang dilakukan seseorang dalam kehidupan sehari-harinya.

Seorang pelukis memiliki identitas melalui kuas dan cat minyaknya.

Seorang penempuh jalan spritual memiliki identitas melalui ilmu yang disampaikan.

Dalam dunia maya identitas ini bisa diubah dengan cara mengubah gaya bahasa sehingga memunculkan persona baru.

Memiliki lebih dari satu persona dapat menganggu perkembangan jiwa karena jiwa cenderung menumbuhkan identitas yang terkuat dan menjadikannya sebagai Akhlak.

Maka akan ada pertempuran identitas dalam menentukan identitas utama.

Hal ini dapat menganggu perkembangan jiwa. emoticon-Smilie

( Ilmu Hikmah dari Bang Rimung )
profile-picture
inoakanaufal memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
17-01-2020 11:36
Quote:Original Posted By .sarkawi


pribadi2 itu mau perang? gw kasih perang. krn gw lahir utk itu


wow. memang lu sangat layak jadi pendekar kuchibushido. emoticon-Smilie
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
18-01-2020 06:33
Assalammualaikum..

Mau bertanya, menurut pemahaman Mas Rimung, apakah boleh menggantikan ibadah solat 5 waktu dengan cara yg lain? Terimakasih sebelumnya..
0 0
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
18-01-2020 10:45
Quote:Original Posted By .sarkawi


pribadi2 itu mau perang? gw kasih perang. krn gw lahir utk itu


apa maksud yg ente ketik?


apakah ente dipersiapkan menjadi panglima perang nya imam mahdi?
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
18-01-2020 14:10
Quote:Original Posted By matla.motsu


apa maksud yg ente ketik?


apakah ente dipersiapkan menjadi panglima perang nya imam mahdi?


bicara perang (apapun bentuknya) selama itu diluar diri, itungannya perang kecil. yg besar itu perang melawan hawa nafsu

bicara hawa, itung2an goblok sj, 3 vs 1, bukan perang yg fair. itulah knp kita harus minta pertolongan Tuhan YME

Quote:Original Posted By odysius.

Wilaheng titisan ares sang dewa perangemoticon-Big Grin


ngeliat abssm, menurut gw ada baiknya belajar yg basic dulu spt ushul fiqh (atau itung2an dll) biar pikiran ini punya arah yg jelas mau kemana. menurut elu gmn kualitas abssm skrg od?

nganter les, kebetulan gw bawa laptop makanya bisa komen emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
19-01-2020 23:06
Sy pendatang baru di sini, salam kenal semua,
mohon dikoreksi ya:

Merujuk pada ayat "sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam", apakah itu berarti semua orang adalah Islam termasuk yahudi-nasrani-shobiin yg percaya Allah, hari akhir dan berbuat baik.

Lalu mengapa selepas Rasulullah Islam seolah "dilembagakan" menjadi sebuah lingkaran Islam yg berisi pengikut/percaya pada Rasulullah dan berdiri di sebelah lingkaran lain berisi yahudi-nasrani-shobiin. Bukankah seharusnya lingkaran Islam itu juga mengiris lingkaran di sebelahnya, dimana irisan lingkaran itu berisi yahudi-nasrani-shobiin yg percaya Allah, hari akhir dan berbuat baik. Seolah dengan "dilembagakan" membuat lingkaran Islam itu sendiri lebih sempit dari yg semestinya hingga terkesan ekslusif.

Terimakasih sebelumnya.
Diubah oleh nasbagus
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
20-01-2020 20:31
Quote:Original Posted By nasbagus


Kesimpulannya agama pada sisi Allah adalah yg semata mata berserah diri pada-Nya.

Lalu, meskipun kita tdk bisa melihat isi hati orang lain, bagaimana dengan penganut Islam yg misalkan tidak berserah diri, bagaimana menjelaskannya bahwa dia tetap bisa disebut pemeluk agama Islam.

Ataukah antara Islam dan Pemeluk Agama Islam keduanya memerlukan penjelasan yg berbeda.


maaf, numpang nimbrung. emoticon-Smilie

islam itu metodanya.

pemeluk agama islam itu yg meyakini metodanya. nah, keyakinan ini macam2 tingkatannya.
misal, ada rukun islam dan rukun iman. ada yg meyakini sebagian dan ada yg semuanya. ada yg berusaha menjalankan sebagian dan ada yg semuanya. emoticon-Smilie

Begitupula tingkat penyerahan diri kepada Tuhan.
Sebelum pengen berserah diri kepada Tuhan, ya harus tau dulu Tuhan itu apa ?
Apakah Tuhan itu gabungan yesus, bapa dan roh kudus atau bintang2 atau matahari ?

Kalo kita salah menentukan Tuhan, maka kita tidak bisa disebut berserah diri kpd Tuhan.

Kalo dalam metode islam yg dibawa nabi Muhammad SAW, wujud penyerahan diri kpd Tuhan yg pertama kali / dasar / minimal adalah bersyahadat. Kemudian sholat, zakat, dst.


0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
20-01-2020 22:23
Quote:Original Posted By rimung13


“Mereka tidak mengenal Allah dengan sebenar-benarnya.” (QS. Al-Hajj : 74)


“kecuali hanya (menyembah) AsmaNya yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya.” (QS. Yusuf : 40)


Ada "bahasa" yang berbeda antara seorang yang berserah diri/Islam dan seorang pemeluk agama Islam emoticon-Smilie

baik, makasih atas jawabannya mas rimung

Quote:Original Posted By proxymighty


maaf, numpang nimbrung. emoticon-Smilie

islam itu metodanya.

pemeluk agama islam itu yg meyakini metodanya. nah, keyakinan ini macam2 tingkatannya.
misal, ada rukun islam dan rukun iman. ada yg meyakini sebagian dan ada yg semuanya. ada yg berusaha menjalankan sebagian dan ada yg semuanya. emoticon-Smilie

Begitupula tingkat penyerahan diri kepada Tuhan.
Sebelum pengen berserah diri kepada Tuhan, ya harus tau dulu Tuhan itu apa ?
Apakah Tuhan itu gabungan yesus, bapa dan roh kudus atau bintang2 atau matahari ?

Kalo kita salah menentukan Tuhan, maka kita tidak bisa disebut berserah diri kpd Tuhan.

Kalo dalam metode islam yg dibawa nabi Muhammad SAW, wujud penyerahan diri kpd Tuhan yg pertama kali / dasar / minimal adalah bersyahadat. Kemudian sholat, zakat, dst.



makasih sudah menjawab mas

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
20-01-2020 22:43
Quote:Original Posted By nasbagus

baik, makasih atas jawabannya mas rimung


makasih sudah menjawab mas



sawangsulipun aka sama2 emoticon-Smilie
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
03-02-2020 16:35
IHSAN


Di manakah Saya ?

Fakta menunjukkan bahwa yang ada pada tubuh fisik tidak ada yang bernama Saya.

Yang ada adalah kumpulan dari tangan, kaki, kepala, dada, perut, bahu, dan pinggang.

Kepala pun pada hakikatnya tidak ada karena yang ada adalah bagian-bagian dari kepala yang disebut kening, telinga, mata, mulut, hidung, dagu, rahang, gigi, rambut, alis, kumis, janggut, dan sebagainya.

Lalu, di bagian tubuh manakah Saya berada?

Demikianlah, bahwa segala sesuatu yang tergelar di alam semesta ini pada dasarnya hanya nama-nama yang disepakati keberadaannya, meski hakikat sejatinya nama-nama itu ada karena disepakati ada.

Jika engkau melihat dengan matamu dan kemudian engkau melihat dengan mata hatimu maka segala nama apapun jua pada hakikatnya akan kembali kepada sumbernya yang satu, yakni Dia Yang Wujud dari segala yang maujud.

Dia inti dari segala nama.

Segala sesuatu yang tergelar di alam semesta yang dapat dilihat dengan mata indriawi adalah pengejawantahan dari azh-Zhahiir.

Memang demikian adanya, berarti di balik segala yang maujud yang zhahir ini mesti ada yang bathin.


"Engkau adalah Az-Zhahiir, tidak ada sesuatupun di atas-Mu, Engkau adalah Al-Bathiin, tidak ada sesuatupun yang berada di balik-Mu." (HR. Muslim)

'inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal arha hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin"

Kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah.
Diubah oleh proxymighty
profile-picture
rojopurwo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-02-2020 23:52
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Hujuraat: 1)

emoticon-Smilie
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
06-02-2020 14:25
“Mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.” ( QS. Al Anbiya : 27 )

Rasulullah SAW bersabda, “ Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, seandainya kalian selalu dalam keadaan sebagaimana ketika kalian ada di sisiku dan selalu berdzikir, niscaya :
malaikat akan menjabat tangan kalian di tempat-tempat tidur kalian dan di jalan-jalan kalian.
(HR Muslim).

emoticon-Smilie
Diubah oleh proxymighty
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
08-02-2020 21:56
mkn ndak ngangkat sj... ibarat di level paling bawah negara ini mengakui banyak agama (sama2 mengakui ketuhanan YME) naik dikit yg bukan A dianggap kafir, naik dikit lagi sesama A saling mengkafirkan dst...

ucapan nabi itu wahyu. jangankan urusan ndakik2, urusan kentut sj bisa jd landasan fiqh (bagi yg ngangkat) disaat yg sama bagi yg lain sekedar cerita

tokoh2 sufisme yg gw tau, semuanya ngangkat, jangan sampai generasi dibelakang ndak mencerminkan hal ini
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
13-02-2020 19:34
Permisi rekan2 sufi ane mau nanya. Definisi hati itu sebenernya apa ya kalau dr sudut pandang rekan sufi dimari? Pun juga letak hati itu sesungguhnya dimana? Sekilas ane perhatikan lagu bertema cinta seringkali vokalisnya menunjuk ke arah dada ketika liriknya terdapat kata hati. Mohon pencerahannya terima kasih.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
14-02-2020 21:17
Quote:Original Posted By pippenn2
buah mangga buah kedondong
kagak boleh dong emoticon-Ngakak

Buah nangka buah kedondong,

Nggak bisa jawab, minggir dong.

emoticon-Ngacir
Diubah oleh iselfiawrds
0 0
0
Halaman 103 dari 107
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia