News
Batal
KATEGORI
link has been copied
403
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1f92f365b24d6a2521b02f/elpiji-3-kg-naik-jadi-rp-35000-orang-miskin-bagaimana
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mencabut subsidi Elpiji 3 kilogram (kg). Subsidi tak lagi diberikan per tabung, melainkan langsung ke penerima manfaat.
Lapor Hansip
16-01-2020 05:32

Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?

Past Hot Thread
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?


Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mencabut subsidi Elpiji 3 kilogram (kg). Subsidi tak lagi diberikan per tabung, melainkan langsung ke penerima manfaat.

Nantinya, harga jual 'gas melon' ini akan disesuaikan dengan harga pasar. Jika benar, diperkirakan harganya bisa mencapai Rp 35.000 per tabung.

Kebijakan ini ditargetkan pada pertengahan tahun ini. Diharapkan subsidi Elpiji 3 kg bisa lebih tepat sasaran dengan menyasar langsung kepada penerima manfaatnya yaitu masyarakat miskin.

Namun masyarakat kurang mampu akan tetap mendapatkan harga 'spesial'. Pasalnya, mereka akan tetap mendapatkan subsidi yang diberikan langsung dengan cara ditransfer.

Berdasarkan survei Kementerian ESDM, rata-rata masyarakat miskin menggunakan 2-3 tabung gas Elpiji 3 kg per bulannya. Dengan begitu, nantinya pembelian tabung keempat dan seterusnya oleh masyarakat miskin tak lagi disubsidi.

"Misalnya dia beli 3 tabung subsidi Rp 100.000 dan bank transfer ke nomor ini (penerima). Nanti bisa dicek rata-rata kebutuhan orang miskin 3 tabung. Kalau beli lebih dari 3 tabung bisa kelihatan berhak atau nggak," ujar Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto di kantornya, Jakarta Selatan, seperti ditulis Rabu (15/1/2020).

Sedangkan mereka yang tidak berhak mendapatkan subsidi akan membayar sesuai harga pasar sekitar Rp 35.000 per tabungnya. Diperkirakan konsumsi Elpiji 3 kg bisa berkurang karena masyarakat mampu beralih ke tabung yang lebih besar lagi karena harga per kg yang sama.

Anggaran Subsidi Bisa Dihemat 15%

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengubah skema subsidi Elpiji 3 kilogram (kg) dari tabung ke penerima. Artinya, hanya masyarakat kurang mampu yang bisa menikmati 'gas melon' dengan harga murah.

Elpiji 3 kg pada pertengahan tahun ini akan dijual mengikuti harga pasar. Jika mengikuti acuan Elpiji 12 kg seharga Rp 139.000 per tabung, maka harga jual per kg mencapai Rp 11.583 per kg. Jika begitu, maka harga jual Elpiji 3 kg bisa mencapai Rp 34.749 per tabung.


Masyarakat kurang mampu juga membelinya dengan harga pasar, namun diberikan subsidi langsung ke penerimanya agar lebih tepat sasaran.

"Misalnya direkap beli sebulan 10 tabung. Sebulan 3 tabung 7 tabung nggak kita subsidi," kata Djoko.

Kuota Elpiji 3 kg yang disubsidi tahun ini sebanyak 7 juta metrik ton atau naik tipis dibandingkan tahun lalu 6,84 juta metrik ton. Djoko meyakini, penyaluran subsidi yang menyasar penerima ini berhasil karena harga jual per kg yang sama dengan gas ukuran lain.

"Iya kita yakin 100% akan berkurang dari 7 juta metrik ton di 2020 kalau diterapkan dari awal," ujar Djoko.

Anggaran subsidi Elpiji 3 kg juga bisa dihemat hingga 15%. Namun, jika dijalankan dari awal tahun bisa mencapai 30% anggaran subsidi yang bisa dihemat. Subsidi Elpiji 3 kg tahun ini dialokasikan sebesar Rp 50,6 triliun.

"Kalau Januari katakan tahap awal sekitar 30%. Kalau pertengahan 10-15%," tambahnya.


Sumur: https://m.detik.com/finance/energi/d...in-bagaimana/2


Saya sih setuju setuju aja.
Asal lebih diperjelas dulu kriteria miskin itu seperti apa?
Semoga aja bisa tepat sasaran.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 16
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:12
naek semua kayakny ni makanan... emoticon-Cape d...
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:15
Awal tahun semua serba naik, tidak di iringi dengan gaji yang naik. Mungkin pemerintah bisa menekankan ke perusahaan perusahaan yang belum menerapkan UMK.
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:25
Orang miskin dipelihara negara..

Budidaya ???

0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:29
tukang gorengan, tukang nasgor, tukang bakso, itu semua apa golongan miskin ???
pulkam aja bisa naek pesawat bolak balik emoticon-Leh Uga
semua di gerobaknya pada make tabung ijo 3kg ini emoticon-Cape d...
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:32
orang miskin yg bawaannya hp ya emoticon-Ngakak
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:32
Pake kompor listrik aja sih,,susye bener..ga usah beli gas. emoticon-Marah

btw selamat yg udah milih junjungan,,jaman pilpres dibela2. Nah skrg kerasa ngenes kan?hati kecil mah ga bsa boong nyong.. emoticon-Wakaka
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:40
Negeri ini bisa merdeka karena perjuangan rakyat miskin. Sementara orang kaya hanya cari aman saja.
Sekarang setiap terjadi defisit anggaran maka yang menjadi sasaran adalah orang miskin yang dianggap jadi biang kerok.

Air susu dibalas air tuba.
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:41
ane beli masih 18rb emoticon-Malu
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:46
Quote:Original Posted By atarisholik
Trus klo tukang gorengan.. warung pingir jalan gimana,?
emamg cukup sebulan 3 biji,?
Subsidi di transfer 100rb/bln ke rkening langsung.. trus kena potongan bulanan bank 15k saldo ngendap gk bisa di ambil 50k jadi sisa 35k yg bisa di ambil,!!!
maka nya pak cobain jadi org miskin biar tau gimana rasa nya minta transffer 10k biar duit 40k di atm bisa di ambil..
wkwkkw..


tukang gorengan ditempat ane punya mobil 2, itu termasuk miskin ga sih? emoticon-Bingung
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:51
harga gorengan dipastikan naik
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:51
Quote:Original Posted By Jakban805
Ini om simple yg kkn desa penari bkn?emoticon-Malu


ane jg mikir kesitu gan emoticon-Wakaka
profile-picture
Jakban805 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 15:52
Quote:Original Posted By novembermann
Nasib rakyat gak usah dipikirin. Yg penting wakilnya senang dan makmur sentosa.


doanya cm atu gan, moga tepat sasaran dah gt aja
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 16:00
santuy anak kosan bikin indomie pake rice cooker
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 16:08
semiskin-miskinnya orang indon, pasti nenteng sematpon.
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 16:14
Ya allah serba naik...
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 16:16
cebong edan menggelepar sekarang tereak gas naek mampus lo njing!
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 16:17
kadang ane bingung yg di maksud miskin itu yang gimana ya?
ada yg masih pegang HP android dan full kuota tiap bulan lancar, malah ada yg punya motor pula.
seharusnya kepala RT lebih selektif dengan syarat ketentuan dan menjadi mata dari pemerintah untuk menyalurkan subsidi.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 16:27
Ya semoga penerapannya bisa berjalan lancar, karena agak susah kalo ngasi batasan2. Dulu tetangga gua yang punya rumah cukup besar + punya toko kelontong bisa dapat raskin
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 16:29
feler kuda, subsidi gas di potong, subsidi partaianjing di tambah.
0 0
0
Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp 35.000, Orang Miskin Bagaimana?
16-01-2020 16:34
memang bagusnya subsidi langsung ke yang harusnya terima. saya sih pakai tabung 3 & 5,5kg karena alasan yang 12kg terlalu berat untuk diangkat, risiko cedera besar. tuh di rumah ada 5 tabung 12kg kosong jadi penghuni gudang. cabut aja subsidi yang 3kg, nggak apa2.
0 0
0
Halaman 14 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia