Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
193
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1837404601cf79fb1a5152/inilah-alasannya--mengapa-lampu-kendaraan-motor-harus-hidup-pada-siang-hari
Aturan untuk menghidupkan lampu pada siang hari hanya di wajibkan bagi pengendara roda dua saja sedangkan kendaraan seperti mobil dan sejenisnya tidak di berlakukan aturan kewajiban untuk menghidupkan lampu pada siang hari.
Lapor Hansip
10-01-2020 15:35

Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari

Selamat Siang Bre..

siapa yang lagi membaca berita hangat beberapa hari ini,terkait gugatan yang di layangkan oleh Kedua Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia  Eliadi Hulu dan Ruben Saputra terkait dengan aturan yang mewajibkan setiap pengendara motor untuk menghidupkan lampu kendaraan tidak hanya pada malam hari namun juga pada saat siang hari.

keduanya lantas mengajukan gugatan terkait dengan aturan tersebut karena di rasa tidak adil dan tidal rasional,apalagi menurut keduanya pada saat mereka terkena pelanggaran tilang oleh kepolisian waktu masih menunjukan jam 09.00 wib yang belum masuk siang hari namun masih pagi hari.

gugatan resmi di layangkan dimana eliadu dan Ruben kompak mendatangi majelis konstitusi pada tanggal 7 januari 2020.

Selain itu sebenarnya menghidupkan lampu pada siang hari memiliki suatu hal positif bagi sang pengendara itu sendiri..cekidot bre,jangan lama-lama.

Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari

aturan untuk menghidupkan lampu pada siang hari hanya di wajibkan bagi pengendara roda dua saja sedangkan kendaraan seperti mobil dan sejenisnya tidak di berlakukan aturan kewajiban untuk menghidupkan lampu pada siang hari.

aturan tersebut mengapa hanya di berlakukan hanya untuk pengendara sepeda motor sebenarnya masih terkait dengan tingginya angka kecelakaan pengendara kendaraan bermotor di indonesia..dimana pengendara motor menempati peringkat satu yang rawan terkena kecelakaan saat sedang menempuh perjalanan.

ternyata menghidupkan lampu kendaraan bermotor pada siang hari dapat menekan angka kecelakaan sebesar 20 hingga 30 persen,bahkan Di kota Surabaya pelaksanaan kewajiban menghidupkan lampu kendaraan bermotor pada siang hari berhasil menekan angka kecelakaan hingga 50 persen.

itu di karenakan di saat kita berkendara dan sedang berhadapan dengan pengendara yang lain,maka pupil mata akan merespon dari cahaya kendaraan tersebut dan memerintahkan kepada otak agar lebih waspada,sehingga pengendara akan memperlambat bahkan merespon dari perintah otak yang di dapatkan dari perhatian pupil mata kita sebagai pengendara.


Sumber:https://www.100kpj.com/motonews/4798-motornya-ditilang-gegara-lampu-mahasiswa-hukum-uki-gugat-ke-mk

sumber:https://otomotif.okezone.com/read/2015/04/09/15/1131804/mengapa-menyalakan-lampu-motor-di-siang-hari-penting

sumber:https://oto.detik.com/motor/d-4289543/seberapa-penting-menyalakan-lampu-motor-di-siang-hari

Banyak yang menganggap aturan menghidupkan menghidupkan lampu merupakan sebuah aturan yang sia-sia..karena selain cahaya matahari yang terang  pada siang hari dan juga menghidupkan lampu motor terus menerus dapat membuat aki menjadi cepat habis,sehingga merugikan para pengendara bermotor.

meskipun aturan yang di buat sebenernya memberikan hal positif bagi keselamatan sang pengendar kendaraan bermotor tersebut.

Menghidupkan lampu pada siang hari atau di sebut juga Daytime Running Light(DRL)merupakan aturan yang sudah di keluarkan sejak tahun 2009,sejak berlakunya aturan tersebut produsen kendaraan bermotor sudah melengkapi setiap kendaraan bermotor dengan fitur Automatic Headlights On sehingga lampu kendaraan akan langsung menyala begitu kendaraan di hidupkan.

bagi yang terkenda denda aturan menghidupkan lampu pada siang hari di wajibkan membayar uang denda sebesar Rp 100.000 atau kurungan penjara selama 15 hari,berdasarkan pasal 293 ayat 2 UU no 22 tahun 2009.

menghidupkan lampu pada siang hari seperti yang saya singgung di atas dapat menekan angka kecelakaan 20 hingga 50 persen,sehingga berdampak positif terhadap pengendara itu sendiri.

sebenarnya aturan ini tidak hanya berlaku untuk indonesia namun juga sudah di terapkan di negara-negara maju seperti amerika serikat bahkan inggris.

Salam Kaskuser Breemoticon-Big Grin.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 15:58
ada benernya juga bray
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:03
pilih mana? sayang aki apa sayang nyawa hayooo ? emoticon-Malu
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:06
Ane setuju lampu wajib nyala dan harusnya bagi motor yang lampunya warna putih led wajib di tilang! Bikin silau malem2 malah bikin bahaya. Jangankan dari arah yang berlawanan, dari belakang trus mancul lewat spion trus kena mata perih gan!
profile-picture
ben.cumberbatch memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:10
kalo lampu mati di tengah jalan gimana ya? dari rumah idup padahal...apa kena tilang juga? 😁
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:14
tetap aja masih ada kecelakaan,contohnya baru2 ini di sawangan depok
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:18
hmmm, baru tau ane kalau ternyata dengan menghidupkan lampu motor di siang hari dapat menekan angka kecelakaan.
dulu sih ane juga mikirnya gitu, kan pas siang juga kalah sama sinar matahari.
tapi motor-motor jaman sekarang udah disetting otomatis idup terus lampunya
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:20
Quote:Original Posted By jip.ajip
Ane setuju lampu wajib nyala dan harusnya bagi motor yang lampunya warna putih led wajib di tilang! Bikin silau malem2 malah bikin bahaya. Jangankan dari arah yang berlawanan, dari belakang trus mancul lewat spion trus kena mata perih gan!


Betul gan, ane setuju. Nyorotnya itulo, bikin ga enak diliat soalnya. Silau banget.
Sekarang sih udah lumayan berkurang. Dulu tuh pas lagi jaman-jamannya, buset dah bukannya keren tapi malah bkin silau di mata
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:21
Quote:Original Posted By yulfianda
korelasi waspada sama lampu itu apa ya? motor udah jelas Segede itu masa kagak bisa keliatan dan nggak waspada


Kalau menurut trit di atas, tentang respon pupil mata melihat cahaya gan. CMIIW
Diubah oleh ben.cumberbatch
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:23
Quote:Original Posted By rajkapoor
ane yakin semua aturan dibuat pasti ada dasarnya... kita ikuti aja laah


Iya sih gan. Pasti ada hal mendasar kenapa dibuat peraturan seperti itu.
Menurut ane, pemerintah juga berkewajiban untuk memberi tahu secara detail kepada masyarakat asal muasal adanya larangan atau anjuran yang dimaksud
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
1 0
1
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:25
kek baru lagir kemarin aje breeee emoticon-Hammer2
profile-picture
EnzoMan memberi reputasi
0 1
-1
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:28
yaelah elu di jakarta pada ribut amat kaga nyalain lampu siang siang, coba ke ungaran dah malem malem juga masih nemu yang gak pake lampu emoticon-Cool
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 16:30
disuruh hemat daya malah aturan pemborosan daya wkwkkwk
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 17:44
Biar lebih aware yah jadi alasannya. Tapi klo knalpot kaleng yg bunyinya udah bikin emosi juga bikin aware malah ga dibolehkan yah.
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 17:59
Motor ane umur udah 5 taun, dari awal beli tiap motor dinyalain lampunya ikut nyala..alhamdulillah akinya masih bagus dan belom pernah ganti emoticon-Big Grin
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 18:23
baru tau ane nice infoo
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 18:32
emoticon-Traveller
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 18:43
Kapan ya aku bisa jadi kek gitu emoticon-Mewek
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 18:51
Aturan ini uwdah lama di eropa. Tapi kebijakannya rada gimana gitu. Klo pas mati tengah jalan ya tetep ketilang. Padahal lampu nyala terus lebih rawan mati. Selama pakai motor uwdah sering ganti lampu. Tapi masih aja kena pas ketilang. Kalau pas inget biasanya lampu ane tabrakin ke mobil sebelum lewat jalan jalan penuh pak pol. Haha

Sebenrnya ada 2 kebijakan yang masih gimana gitu. Soal lampu ini dan pajak yang pakai pengesahan.
Kayak gak guna stnk karena tetep ketilang haha.
0 0
0
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
16-01-2020 19:31
motor skarang udh otomatis paling lebih sering ganti lampu aja
klo aki sih rasa nya ga ngaruh selama pengisian nya masih bagus
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia