extreme78Avatar border
TS
extreme78
Angka Kemiskinan Aceh Tinggi, Pemprov: Warga Harus Manfaatkan Peluang Kerja


Aceh merilis angka kemiskinan di Tanah Rencong yaitu 15,01 persen atau masih tertinggi di Sumatera. Pemerintah Aceh meminta masyarakat memanfaatkan peluang kerja yang tersedia.

"Kemiskinan itu selalu berkorelasi dengan misalnya pengangguran. Seseorang yang ada kesempatan kerja di proyek pemerintah ya melibatkan diri kemudian juga ada proyek swasta bisa mengembangkan diri," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdul Gani kepada wartawan, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, saat ini ada fenomena menarik yang terjadi di Aceh yaitu peluang kerja banyak dimanfaatkan oleh warga luar Tanah Rencong. Dia mencontohkan pekerja di proyek pemerintah yang menggunakan anggaran APBA ataupun APBN.


"Sementara banyak putra Aceh di sekitar proyek itu tidak terlibat di dalamnya. Setelah kita dalami memang skill-nya tidak cukup makanya mereka tidak diterima. Ada juga pekerjaan yang bisa dikerjakan tapi mereka (warga Aceh) tidak melibatkan diri," jelasnya.

"Jadi saya kira angka kemiskinan cepat turun di samping memang program Pemerintah Aceh yang harus tepat sasaran, penerima manfaat dan masyarakat yang memanfaatkan peluang itu," ujar Saifullah.

Seperti diketahui, Provinsi Aceh masih termiskin di Sumatera dengan jumlah penduduk miskin mencapai 810 ribu orang atau 15,01 persen. Meski demikian, penurunan angka kemiskinan di Tanah Rencong termasuk tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, jumlah penduduk miskin di Serambi Mekah pada September 2019 berkurang sembilan ribu orang dibanding Maret yang mencapai 819 ribu orang atau 15,32 persen. Dari jumlah itu, angka kemiskinan Aceh turun 0,31 persen.

"Penurunan angka kemiskinan Aceh nomor 7 terbesar di Indonesia. Tapi posisi kita karena provinsi lain juga sama-sama ingin supaya angka kemiskinan terus mengalami penurunan, ya kita tetap masih nomor enam secara nasional dan nomor satu di Sumatera. Masih tertinggi di Sumatera," kata Kepala BPS Aceh Wahyudin kepada wartawan dalam konferensi pers di Kantor BPS Aceh, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, angka kemiskinan nomor dua di Sumatera yaitu Bengkulu dengan presentase 14,99 persen. "Jadi masih ada sedikit perbedaan dengan Bengkulu di 2019 ini," sebutnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...eluang-kerja/2

Apakah ane salah kamar tritnya emoticon-Salah Kamar

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Proloque
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 31 lainnya memberi reputasi
32
8.3K
178
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.