Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
187
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1ebd9ec8393a72465e6348/harap-maklum-namanya-juga-negara-kelas-tiga
Beberapa indikator fisik sebuah negara maju bisa dilihat dari pembangunan infrastrukturnya yang sangat baik. Tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dengan perawatan yang berkesinambungan. Termasuk ruang hijau atau ruang publik terbuka yang nyaman, aman, indah dan rapih.
Lapor Hansip
15-01-2020 14:22

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Beberapa indikator fisik sebuah negara maju bisa dilihat dari pembangunan infrastrukturnya yang sangat baik.

Tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dengan perawatan yang berkesinambungan.
Termasuk ruang hijau atau ruang publik terbuka yang nyaman, aman, indah dan rapih.......

Beberapa hal tersebut di atas hanya contoh kecil saja dari sekian banyak ciri-ciri negara yang maju dan modern.

Lalu seperti apa ciri khas atau situasi di sebuah negara berkembang atau negara kelas tiga?

Berikut ini adalah beberapa ciri khas yang biasa terjadi di negara yang boleh dibilang berantakan, kumuh, dan bau......

Lantas apakah Indonesia masuk ke dalam kategori ini? Mari kita lihat faktanya!


1. Transportasi

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Hampir di seluruh negara berkembang selalu saja ada angkutan umum yang buruk.

Termasuk di Indonesia. Dengan mudah kita bisa menemukan yang namanya angkot. Sebuah angkutan umum yang identik dengan segala kebrengsekannya.

Angkot yang selama ini dikenal sebagai salah satu biang kerok kemacetan dimana-mana.

Angkot, sebuah mobil ajaib yang bisa berhenti atau belok seenak jidatnya tanpa harus menggunakan lampu rem dan sein. Sangat ahli mengambil penumpang di tengah jalan dengan cara ngerem mendadak. Tak peduli membahayakan kendaraan lain di belakangnya.....Itulah angkot!

Bahkan sekelas Jakarta yang katanya kota metropolitan saja masih berseliweran Metromini, Kopaja hingga angkot dengan segala kebobrokannya. Dan itu sudah terjadi selama puluhan tahun.

Di Bandung, Semarang, Surabaya, Makasar, Medan, semua sama saja... Sama sama semrawutnya.

Sesuatu yang mustahil bisa ditemukan di banyak negara maju.


2. Pasar dan rumah kumuh

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Sudah jadi rahasia umum, bahwa kebanyakan negara kelas tiga kondisi pasarnya biasanya sangat memprihatinkan. Termasuk juga rumah kumuhnya.......

Becek, kotor, semrawut, dan bau adalah ciri paling mainstream sebuah pasar di negara berkembang. Tak cuma di Indonesia, dibanyak negara berkembang lainnya kondisinya relatif sama saja. Sebut saja seperti kebanyakan pasar di India, Bangladesh, Kamboja, Myanmar, Vietnam, dan lain-lain.

Ada ketimpangan fisik antara ratusan bahkan ribuan rumah kumuh dengan gedung-gedung mewah pencakar langit di sekitarnya.....

Coba lihat di India, Pakistan, Bangladesh, dan tentu saja Jakarta..... emoticon-Wowcantik


3. Sarang preman dan Ormas

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Di Amerika, di Jepang atau di negara-negara di Eropa, banyak juga yang namanya preman atau gangster. Tapi perilaku dan gayanya beda sekali dengan preman atau gangster yang ada di negara berkembang.

Karena ormas atau preman di negara maju tidak ngemis minta sumbangan ke toko-toko, apalagi memaksa minta jatah mingguan dengan dalih untuk uang keamanan.

Begitu juga dengan tukang parkir, di negara maju mustahil rasanya kita bisa menemukan tukang parkir tatoan yang mukanya kusem dan sangar

Tapi di banyak negara berkembang atau di negara kelas tiga, dengan mudah kita bisa menemukan kumpulan ormas atau preman-preman kelas cunguk hampir dimana mana.....


4. Sampah dimana-mana

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Tidak salah juga jika ada yang mengatakan bahwa negara berkembang adalah negara sampah.

Masyarakat di negara berkembang senantiasa hidup berdampingan dengan sampah. Keluar rumah ada sampah, ke pasar banyak sampah, ke terminal juga ada sampah, ke sekolah juga nyampah, ke kali sampah juga, ke laut masih ada sampah.....bahkan ke tempat wisata masih juga terlihat sampah.

Pokoknya selamat datang di negara sampah!

5. Jalan rusak itu biasa

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Namanya juga di negara berkembang jadi ya jangan kaget kalo sering menemui jalanan rusak. Dari yang ringan hingga yang rusak berat.

Tak cuma di Indonesia, hampir di semua negara kelas tiga kondisinya sama saja.

Jangankan di jalan desa, atau di jalan Kabupaten, sekelas jalan provinsi dan jalan tol saja masih banyak yang rusak atau bergelombang.

Tapi ya memang begitulah keadaan di negara berkembang......


6. Fasilitas publik hancur lebur

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Dibuatkan taman tapi bunganya di injak injak, kursinya dicorat coret, kolamnya di isi sampah, dikencingi hingga dihias 'emas batangan'.

Disediakan telepon umum tapi tak bisa dipakai karena kabelnya putus atau slot koinnya rusak...

Dibuatkan halte untuk berteduh malah dicorat coret. Dipakai buat kencing hingga dijadikan markas para copet dan calo

Dibuatkan JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) malah dipakai untuk jualan. Dijadikan sarang pengemis hingga copet.

Disediakan tempat sampah malah dibongkar dan ditendangin. Pokoknya tak ada satupun fasilitas umum yang bebas dari tangan jahil.......

Diberi pedestrian malah dipakai jualan. Malah banyak yang mendirikan warung semi permanen di atas trotoar.

Dan yang paling miris ketika baut rel kereta hingga baut jembatan antar pulau pun diembat juga.....Tapi yang ini bukan terjadi di Indonesia. Tapi di sebelah sononya dikit..... emoticon-Bingung


Itulah beberapa ciri fisik yang secara umum bisa kita temukan di banyak negara berkembang atau di negara kelas tiga (miskin, norak, dan kampungan).

Jika merawat infrastruktur dan fasilitas publik saja terasa mustahil. Apalagi dengan kondisi mental dan prilaku warganya?

Harap maklum namanya juga negara kelas tiga.... emoticon-Ngacir




Oleh : davinof 2020 @kaskus


Source of Pictures : Google Images

Diubah oleh davinof
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eddiesangadjie dan 46 lainnya memberi reputasi
47
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 14:22
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Dalam satu dua tahun terakhir ini, di berbagai media kita kerap mendengar yang namanya "Revolusi Mental". Sebuah istilah atau jargon pemerintah yang pengertiannya saja kadang masih bikin bingung sebagian besar rakyat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di pelosok kampung dan daerah terpencil.

Bahkan orang kota yang katanya mengaku berpendidikan sekalipun terkadang masih keblinger apa sih sesungguhnya definisi, maksud dan tujuan revolusi mental itu sendiri?




Jika mengacu pada website resmi versi pemerintah tentang definisi revolusi mental maka ini adalah artinya :


"Revolusi Mentaladalah gerakan seluruh rakyat Indonesia bersama Pemerintah untuk memperbaiki karakter bangsa menjadi Indonesia yang lebih baik.

Banyak permasalahan yang terjadi di negara kita saat ini, mulai dari rakusnya pejabat yang memperkaya diri sendiri, pelanggaran HAM, hingga perilaku sehari-hari masyarakat seperti tidak mau antre dan kurang peduli terhadap hak orang lain. Namun, perilaku bisa diubah, mental dan karakter bisa dibangun. Karena itu Revolusi Mental bukanlah pilihan, tetapi suatu keharusan, agar bangsa kita bisa berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kita bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik dengan memulai Revolusi Mental dari diri sendiri, sejak saat ini.


Sumber : Source


Di website tersebut dijelaskan berbagai macam penjelasan tentang revolusi mental. Mulai dari 8 prinsip, siapa penggerak revolusi mental, nilai nilai strategis revolusi mental, dan seabrek teori teori lainnya yang menurut gua terlalu ribet dan bikin orang jadi males baca......emoticon-DP



Padahal kalo kita mau berpikir sederhana, untuk mendefiniskan arti, maksud dan tujuan tentang revolusi mental, itu sesungguhnya gampang aja kok.Gak usah ribet pake teori ini dan itu. Rakyat Indonesia yang notabene masih banyak yang berpendidikan rendah pada dasarnya tidak butuh dengan penjelasan yang ngalor ngidul. Apalagi dibumbui oleh istilah istilah asing biar terkesan intelek (sok akademis).

Yaudah bray...Daripada mutar muter gak jelas mendingan langsung aja kita simak seperti apa sih sesungguhnya definisi revolusi mental versi gua? Kaya gimana sih cara mengimplementasikan revolusi mental dalam kehidupan kita sehari hari? Ini dia!


REVOLUSI MENTAL MENURUT VERSI GUA :

REVOLUSI MENTAL ADALAH :



TUJUANNYA APA?



CARA SEDERHANA MENGIMPLEMENTASIKAN REVOLUSI MENTAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI BAGAIMANA?

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

1. Yang tadinya lo suka buang sampah sembarangan sekarang tidak lagi karena sadar bahwa buang sampah sembarangan itu bikin masalah




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

2. Yang tadinya lo suka nyerobot antrian dan gak pernah mau ngantri sekarang enggak lagi karena sadar itu perbuatan norak lagi kampungan. Gak tau aturan dan gak ngerti arti disiplin.



Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

3. Yang tadinya lo males sekolah dan kuliah sekarang jadi lebih giat dan lebih semangat. Karena sekarang lo tau betapa susahnya orang tua kita nyari duit banting tulang demi agar anak anaknya kelak menjadi manusia yang berguna (sukses).




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

4. Yang tadinya lo pada suka tawuran sekarang enggak lagi karena tawuran itu ternyata cuma bikin semua orang celaka. Menang jadi arang kalah jadi abu.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

5. Yang tadinya lo suka petantang petenteng sok jagoan malakin orang, suka keluyuran malem gak jelas, mabok mabokan lalu bikin rusuh. Sekarang enggak lagi karena tau bahwa semua itu perbuatan gak bener.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

6. Yang tadinya lo suka melawan sama orang tua, kerap bertindak kasar seolah tak bermoral, sekarang lo sadar bahwa orang tua adalah manusia manusia hebat yang diciptakan Tuhan untuk dimuliakan dan dijaga harkat dan martabatnya.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

7. Yang tadinya lo hidup dengan prinsip anti sosial, tidak bermasyarakat dan anti gotong royong karena merasa lebih kaya dan terhormat, sekarang tidak lagi karena kita sadar bahwa kita hidup secara bersama sama dan saling membutuhkan.



Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

8. Yang tadinya lo suka berbohong, suka menipu, suka memfitnah, memelihara perasaan dendam, iri dan dengki, sekarang enggak lagi karena sekarang sudah tau bahwa semua itu adalah perbuatan tidak baik yang dibenci Tuhan dan negara.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

9. Yang tadinya lo suka kebut kebutan balapan liar, nyorat nyoret tembok rumah orang, meludah dan kencing sembarangan, sekarang tidak lagi karena tau bahwa perbuatan itu sangat merugikan orang lain.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

10. Yang tadinya suka naik motor tapi males pake helm dan gak pernah punya SIM, sekarang tidak lagi karena sadar sesadar sadarnya bahwa itu berbahaya dan melanggar peraturan.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

11. Yang tadinya PNS kerja males malesan sekarang tidak lagi karena tahu bahwa gaji mereka dibayar oleh keringat rakyat.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

12. Yang tadinya pejabat suka korupsi, kolusi dan nepotisme, sekarang tidak lagi karena sadar bahwa itu perbuatan dosa yang melanggar hukum.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

13. Yang tadinya lo jarang beribadah dan beramal, sekarang enggak lagi karena tahu bahwa kita adalah ciptaan Tuhan, yang cepat atau lambat bakalan mati.




Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

14. Yang tadinya ada begitu banyak oknum polisi yang suka menilang sembarangan, suka memeras rakyat, memperjualbelikan perkara, jadi beking narkoba, prostistusi dan judi, dan seabrek perbuatan kotor lainnya, sekarang tidak lagi. Karena sekarang mereka faham bahwa perbuatan itu bukan hanya mempermalukan citra polisi dan harga dirinya sendiri. Melainkan sadar bahwa suatu saat nanti akan ada hukum pertanggung jawaban dari Tuhan, yang pedih lagi menyakitkan.




Dari sekian banyak contoh bentuk implementasi revolusi mental dalam kehidupan sehari hari intinya adalah :

Bahwa kita pada dasarnya adalah makhluk yang diberi akal dan hati nurani oleh Tuhan. Yang sengaja dibedakan dengan binatang......Agar kita bisa berpikir dan mampu memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik.

LALU APA SUSAHNYA MENJADI ORANG BAIK? MENJADI MANUSIA INDONESIA YANG BERADAB, BERPIKIRAN MAJU, DAN BERKARAKTER.

Katanya kita gak mau disebut sebagai bangsa yang kampungan, norak, dan tidak tau aturan. Tapi kita sendiri masih saja melakukan hal hal bodoh yang menjijikan yang tidak sepatutnya dilakukan oleh manusia yang waras.........

Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga

Ayo buktikan bahwa rakyat Indonesia adalah manusia manusia cerdas yang mau merubah diri, punya sikap, dan berpikir visioner....Kita adalah bangsa besar yang memiliki jiwa besar.

Bukan bangsa kampungan yang katanya masih ketinggalan jaman......MULAI DARI DIRI SENDIRI, BERGERAKLAH SEKARANG JUGA DAN MERDEKA!!!
emoticon-Ngacir2
Diubah oleh davinof
profile-picture
profile-picture
profile-picture
auto.crot dan 26 lainnya memberi reputasi
27 0
27
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 14:22
Reserved buat komentar edan.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 14:35
terus solusi kau seperti apa ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 15:09
Ada juga sebuah kota yang mengaku metropolitan tapi kondisinya jomplang dan memprihatinkan. Tapi itu bukan di Indonesia, agak sebelah sononya dikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 15:12
Quote:Original Posted By melon.lokal
terus solusi kau seperti apa ?


Kenapa tak kau tanya saja sama Camat, Bupati, Gubernur atau langsung ke Presidennya! Atau coba kau tanya sama Ebiet G Ade!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 15:15
Quote:Original Posted By napelogini
Ada juga sebuah kota yang mengaku metropolitan tapi kondisinya jomplang dan memprihatinkan. Tapi itu bukan di Indonesia, agak sebelah sononya dikit


Gak usah pake malu2 sebut saja JAKARTA!

Kota metropolitan tapi pinggirannya kumuh dan bau

Kota metropolitan tapi banyak orang blangsak and kismin

Kota metropolitan tapi banjir terus sampe mampus

Kota metropolitan tapi jadi sarang preman ama ormas brengsek

Kota metropolitan tapi banyak rampok dan bajingan

Kota metropolitan tapi nanggung emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 15:18
Quote:Original Posted By napelogitu
Kenapa tak kau tanya saja sama Camat, Bupati, Gubernur atau langsung ke Presidennya! Atau coba kau tanya sama Ebiet G Ade!


kau bisa kasih akses aku ketemu mereka ?
ku tanya mereka
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 15:22
Indonesia sebetulnya masuk kategori negara apa?

Dibilang maju enggak. Dibilang negara berkembang perasaan dari jaman kapan berkembang terus gak maju maju.

Dibilang negara miskin tapi gak miskin miskin amat meskipun rakyatnya emang banyak yang masih miskin bahkan yang di bawah garis kemiskinan pun banyak

Negara tanggungkah? emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 15:56
maklumin aje gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan davinof memberi reputasi
2 0
2
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 15:58
mending dikampung daripada di kota emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan davinof memberi reputasi
2 0
2
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 16:05
emang gaya preman di luar negeri kek apa?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 16:32
Quote:Original Posted By melon.lokal
terus solusi kau seperti apa ?


Coba kau tanya Dewi Tanjung!

Quote:Original Posted By napelogini
Ada juga sebuah kota yang mengaku metropolitan tapi kondisinya jomplang dan memprihatinkan. Tapi itu bukan di Indonesia, agak sebelah sononya dikit


Quote:Original Posted By joni.beledug
Gak usah pake malu2 sebut saja JAKARTA!

Kota metropolitan tapi pinggirannya kumuh dan bau

Kota metropolitan tapi banyak orang blangsak and kismin

Kota metropolitan tapi banjir terus sampe mampus

Kota metropolitan tapi jadi sarang preman ama ormas brengsek

Kota metropolitan tapi banyak rampok dan bajingan

Kota metropolitan tapi nanggung emoticon-DP


Quote:Original Posted By karina.mariin
Indonesia sebetulnya masuk kategori negara apa?

Dibilang maju enggak. Dibilang negara berkembang perasaan dari jaman kapan berkembang terus gak maju maju.

Dibilang negara miskin tapi gak miskin miskin amat meskipun rakyatnya emang banyak yang masih miskin bahkan yang di bawah garis kemiskinan pun banyak

Negara tanggungkah? emoticon-Thinking


Gua lebih suka menyebutnya dengan negara tanggung.....

Quote:Original Posted By wazza.wr10
maklumin aje gan emoticon-Ngakak


Iya udah gua maklumin dari kapan taon juga maklum mulu..... emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By trdfantasy
mending dikampung daripada di kota emoticon-Cool


Ember.....

Quote:Original Posted By Batawati
emang gaya preman di luar negeri kek apa?


Coba kau tanya Cuk Noris! emoticon-army
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan seinove memberi reputasi
1 1
0
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 16:34
Quote:Original Posted By davinof
Coba kau tanya Dewi Tanjung!







Gua lebih suka menyebutnya dengan negara tanggung.....



Iya udah gua maklumin dari kapan taon juga maklum mulu..... emoticon-Big Grin



Ember.....



Coba kau tanya Cuk Noris! emoticon-army


kau berikan akses ku tanya dia emoticon-Hoax
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 16:44
namanya juga sampah indon, 1000 habibi gak cukup untuk mengimbangi.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan naekii memberi reputasi
1 1
0
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 17:13
baut jembatan, baut jalur kereta juga di copotin,,,, sampah juga buang sembarang,,,,manusia negara berfloweremoticon-Leh Uga
Diubah oleh MrJeffBezos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 17:37
Indonesia itu negara SSGBemoticon-Ngakak
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 17:50
emoticon-Entahlah Gan . Ane juga bingung sama negara yg multikultural ini .
Karena negara ini bisa ane bilang maju iya mundur iya . emoticon-Bingung
Dikasih fasilitas bagus2 mlh jd kena vandal emoticon-Cape d...

Mngkn mesti emoticon-Om Telolet Om! dulu deh org2ny. Wkwk emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 18:09
Quote:Original Posted By davinof
Coba kau tanya Dewi Tanjung!







Gua lebih suka menyebutnya dengan negara tanggung.....



Iya udah gua maklumin dari kapan taon juga maklum mulu..... emoticon-Big Grin



Ember.....



Coba kau tanya Cuk Noris! emoticon-army


Aku tanya kau
Kau suruh tanya yang lain. Apa kau
0 0
0
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 18:39
Quote:Original Posted By napelogitu
Kenapa tak kau tanya saja sama Camat, Bupati, Gubernur atau langsung ke Presidennya! Atau coba kau tanya sama Ebiet G Ade!


Rambut bergoyang kah gan emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan davinof memberi reputasi
2 0
2
Harap Maklum, Namanya Juga Negara Kelas Tiga
15-01-2020 19:03
nice inpoh
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia