Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
194
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1be697facb957d17698406/mengenang-pager-gadget-yang-membuat-generasi-z-bingung
Sebelum ada SMS, ada salah satu teknologi yang masa kejayaannya begitu singkat namun cukup populer di masanya. Ya, teknologi itu berupa perangkat atau gadget yang diberi nama "PAGER".
Lapor Hansip
13-01-2020 10:40

Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Selamat datang kembali di thread ane.

Di jaman sekarang berkirim pesan jarak jauh memang sangat mudah. Aplikasi pesan instan semisal Whatsapp, Telegram, dan LINE kini menjadi pilihan banyak orang dengan menggunakan perangkan smartphone mereka. Sebelum internet merata seperti sekarang, orang-orang menggunakan SMS untuk berkomunikasi berbasis teks jarak jauh. Akan tetapi sebelum ada SMS ada salah satu teknologi yang masa kejayaannya begitu singkat namun cukup populer di masanya. Ya, teknologi itu berupa perangkat atau gadget yang diberi nama "PAGER". Bagi generasi Z, mungkin akan sedikit kebingungan mendengar nama gadget jadul ini. Tapi bagi para generasi X dan milenial mungkin pernah mendengarnya di masa lalu atau bahkan pernah memilikinya. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai pager.

1. Dikembangkan Sejak 1950an
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
Radio panggil mulai dikembangkan sejak era 1950an dengan teknologi yang masih sederhana. Diketahui ditemuian oleb Multutone Electronic di rumah sakit St. Thomae, London. Digunakan untuk para dokter yang bertugas dalam situasi tertentu. Sejak saat itu teknologi radio panggil terus dikembangkan untuk keperluan komunikasi jarak jauh. Radii panggil ini tak cuma jadi cikal bakal pager namun juga menjadi awal mula lahirnya telepon seluler alias hape. Seperti yang diketahui ponsel generasi pertama,1G, masih bersifat analog.

2. Cara Mengirimkan Pesan Ke Pager

Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
Pager adalah perangkat komunikasi jarak jauh yang memungkinkan penggunanya menerima pesan singkat berupa teks lewat sinyal frekuensi radio. Namun jumlah karakter yang bisa diterima dalam sekali menerima pesan terbatas, mirip dengan SMS. Cara mengirimkan pesan ke orang yang memiliki pager adalah dengan cara menelepon operator atau provider pager tersebut. Operator akan menanyakan ID pager dan si pengirim tinggal menyebutkan pesan apa yang akan dikirimkan. Selanjutnya operator akan langsung mengirimkan isi pesan dalam bentuk teks.

3. Jenis Pager

Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
Terdapat beberapa jenis pager. Yang pertama adalah pager numeri, tipe ini hanya memiliki tombol berupa angka untuk melakukan panggilan. Kedua, tipe alfanumerik yaitu peger yang memiliki tombol angka dan huruf yang bisa digunakan untuk membuat tulisan. Yang ketiga adalah tipe alfanumerik dua arah dengan menggunakan tombol yang kecil kita bisa mengirimkan pesan teks. Metode pengiriman menggunakan jaringan satelit.

4. Cukup Populer Namun SingkatMengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
Di era 1990an pager cukup populer. Namun perangkat radio panggil ini harganya relatif mahal dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu. Memiliki pager saat itu adalah suatu kebanggaan. Namun kejayaan pager tidak begitu lama, di 90an GSM sudah ditemukan. Ponsel sudah mempunyai SMS yang lebih canggih dan mudah digunakan. Pengguna pager menurun dan ponsel mulai menjamur.

5. Pager Jaman SekarangMengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
Seperti yang dijelaskan di atas, jika pager kini sudah jadul dan orang-orang sudah menggunakan smartphone yang sangat canggih. Akan tetapi pager belum sepenuhnya menghilang. Akan tetapi penggunaannya terbatas, yaitu digunakan oleh tim penyelamat dan pemadam dalam kondisi tertentu seperti dalam keadaan darurat dan medan yang sulit.

Adakah di sini kaskuser veteran yang pernah punya pager? emoticon-Ngakak

Quote:Referensi:
https://www.viva.co.id/digital/tekno...tuk-komunikasi
Diubah oleh cintadine
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 20 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 10
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 11:15
sempet ngalamin abang ane make pager
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 11:23
lucu aja kalo inget kirim pesan sayang2an sama pacar tapi disampaikannya ke operator pager... haha.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 11:35
gimana si pake pagger gan ane gk tau cara pake na.. akun ane 2010 nick 2015 udah brp tahun yaemoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 11:43
Gadget jadul buat manggil kapten Marvel nih
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 11:50
Gw pernah punya pager. Baternya pake alkaline. Sungguh kenikmatan hqq.
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 11:52
gen Z tahunya ini ada di film Avengers: Infinity War haha. Sayang ya pager ini cuma bertahan sebentar soalnya langsung ada teknologi HP yang masuk
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 11:56
di rumah ane ada pager gan emoticon-Malu
dipasang di perbatasan tanah

emoticon-Ngacir
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:01
gw masii ada itu dirumah...
Aman rapi dan tersimpan sebagai bukti gw pernah melewati masa itu..

emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:02
ga pernah megang
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:05
Pager..

Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:09
Jaman ane kecil udah penasaran sama pager punya bokap. Pas mau pinjem dibilang "Bukan buat anak kecil" emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:12
jaman ane dulu nih emoticon-Ngakak sayangnya ane blm sempet punya udh kegilas duluan.

kadang ngebayangin, gimana ya kalo ngirim pesan ke gebetan tapi mesti nelpon dulu.

CS : "selamat siang, bisa disebutkan pesannya"
gue : "jangan lupa makan yank, love you"
emoticon-DP
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:21
pernah punya, uniknya kita kirimin pesan hrs lewat operator (biasanya cewe) dan kita ucapin kata2 sevulgar apapun bakal diakomodir n disampein sama tuh operator emoticon-Malu
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:33
sekarang cari pager di mana ya?
pengen aja buat koleksi emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:43
aahahha...
jadi ga enak gan ketauan operator pager isi komunikasinya
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:47
wah masih ada yg jual gak ya, pager?
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:49
tidit pejerku berbunyi
tidit tidit begitu bunyinya

emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 12:55
dulu pake motorola.... emoticon-Malu (S)
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 13:10
Tidit pajerku berbunyi
Tidit tidit begitu bunyinya
Kadang punya pajer bikin senang
Kadang bikin resah, kadang bikin marah
0 0
0
Mengenang Pager, Gadget Yang Membuat Generasi Z Bingung
15-01-2020 13:17
th 199l4-1997 keren banget nih
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
1 0
1
Halaman 7 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia