• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bagaimana gorong-gorong raksasa Shutoken Gaikaku Hōsuiro bekerja?

Madthink
TS
Madthink
Bagaimana gorong-gorong raksasa Shutoken Gaikaku Hōsuiro bekerja?
Quote:


Shutoken gaikaku hōsuiro adalah nama gorong-gorong raksasa di negara primitif, Jepang. Kenapa primitif? karena air masih dialirkan lewat gorong-gorong. emoticon-Big Grin


Sebelumnya, Jepang dikenal sebagai negara yang rawan bencana, terutama gempa bumi dan topan beserta hujan yang beresiko banjir. Tapi Jepang memiliki manajemen kontrol menghadapi banjir yang baik. 



Spoiler for spoiler:

Gambar atas tampak permukaan beberapa sungai di Tokyo lebih tinggi dari beberapa area di Tokyo sendiri yang menyebabkan Tokyo rawan akan banjir.


Menurut Frans HM van de Ven, seorang ahli Water Management dari Belanda mengatakan bahwa sistem pengelolaan banjir Tokyo, adalah contoh yang baik bagi dunia.


Shutoken gaikaku hōsuiro


Spoiler for G-Cans:


Terletak di pinggiran Tokyo, di belakang sebuah bangunan pemerintah kecil, di bawah lapangan sepak bola dan taman skateboard, ada sistem saluran pembuangan yang sangat besar, dibangun untuk melindungi 13 juta penduduk kota dari hujan deras dan banjir dari badai tropis. Nama resmi dari terowongan bawah tanah yang panjang ini adalah "首都圏外郭放水路Shutoken gaikaku hōsuiro" (Metropolitan Area Outer Underground Discharge Channel), tetapi lebih sering disebut G-Cans. Dibangun tahun 1992-2006, dengan biaya $3 miliar, sistem pengelolaan air bawah tanah yang besar ini terdiri dari 6,4 km terowongan hingga 50 meter di bawah tanah yang menghubungkan 5 silo raksasa, tinggi 65 meter dan lebar 32 meter, ke satu tangki besar - The Temple.

Spoiler for The Temple:

Photo: Michael Johngrist


The "Underground Temple" adalah fitur yang paling mengesankan dari G-Cans, yang telah digunakan sebagai setting berbagai film dan drama. Waduk logam raksasa ini berukuran 25,4 x 177 x 78 meter dan didukung oleh 59 pilar raksasa. Air banjir dari saluran air kota dikumpulkan melalui terowongan dan masuk ke dalam silo. Ketika ini terisi, air dari silo mengalir melalui serangkaian terowongan dan masuk ke "Underground Temple" yang besar. Dari sana, empat turbin yang ditenagai oleh mesin jet, memompa keluar 200 meter kubik atau 53.000 galon air per detik ke Sungai Edo. 



Spoiler for :

Spoiler for Kosong:


Spoiler for Penuh:

Kegunaan dari sistem drainase kolosal seperti itu masih diperdebatkan oleh beberapa orang. Menurut Dewan Manajemen Bencana Pusat Tokyo, jika curah hujan yang mencapai 550 milimeter selama tiga hari menghantam Tokyo, menyebabkan sungai Arakawa meluap, maka 97 stasiun kereta bawah tanah akan kebanjiran. Namun itu adalah peristiwa sekali dalam 200 tahun, tetapi G-Cans akan membantu untuk mengeringkannya. 


Proyek G-Cans adalah prestasi rekayasa yang luar biasa dan juga indah, dan karenanya dijadikan tujuan wisata yang menarik saat tidak banjir, tur dilakukan dua kali sehari, dari Selasa hingga Jumat. Sayangnya, tur ini dilakukan hanya dalam bahasa Jepang. Pastikan untuk membawa penerjemah.



Selain Shutoken gaikaku hōsuiro Jepang juga melakukan beberapa pencegahan, seperti;
-Normalisasi bantaran sungai
Spoiler for spoiler:


-Menaikan ketinggian tanggul untuk pemukiman
Spoiler for spoiler:


-Membuat kolam retensi (Retarding Basin)
Spoiler for spoiler:

Spoiler for spoiler:


-Membuat kanal 
Spoiler for spoiler:

Spoiler for spoiler:


-Membuat kolam penampungan air sementara
Spoiler for spoiler:

Saat kering bisa digunakan buat main tenis, kalau di Indo mungkin lebih laku dijadiin lapangan futsal gratis kali ya emoticon-Hammer (S)
Spoiler for spoiler:

Di apartment atau rusun pun open area nya bisa dijadiin penampungan air. Sengaja.

-Membuat lubang rembesan
Spoiler for spoiler:


Tambahan, kalau di Jakarta bisa dibikin dam di utara, reklamasi..CMIIW
Bikin bendungan kaya Afsluitdijk di Belanda. 
Spoiler for Afsluitdijk:


Spoiler for spoiler:


Agar bisa dikontrol ketinggian air laut di muara
Spoiler for Sea Level Control:


Spoiler for spoiler:


Maaf bukan sok pintar, cuma share informasi aja

Sumur:
Sumur 1
Sumur 2
Sumur 3
Sumur 4
Sumur 5
Sumur 6
Sumur 7
Diubah oleh Madthink 03-01-2020 16:21
oliver28anasabilasebelahblog
sebelahblog dan 76 lainnya memberi reputasi
77
23.3K
189
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.