Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
348
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e17d8d3eaab252d6a60fc6c/menagih-utang-lewat-instastory-wanita-ini-terancam-hukuman-penjara-kok-bisa-ya
Kali ini Ara hadir dengan berita yang cukup nyelekik. Ya, bagaimana tidak, berita ini mengenai utang-piutang yang berakhir pada pengadilan. Tapi, sebelum lanjut, Ara akan membahas beberapa hal mengenai utang-piutang. Selamat membaca, GanSist.
Lapor Hansip
10-01-2020 08:52

Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Screnshoota Instagram


Assalamualaikum


Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?


Selamat hari jumat, Agan-Sista semuanya. Apa kabar hari ini? Semoga lebih baik dari hari-hari sebelumnya, ya. Aamiin.


Kali ini Ara hadir dengan berita yang cukup nyelekik. Ya, bagaimana tidak, berita ini mengenai utang-piutang yang berakhir pada pengadilan. Tapi, sebelum lanjut, Ara akan membahas beberapa hal mengenai utang-piutang. Selamat membaca, GanSist.

Dalam hidup, ada banyak hal yang terjadi. Mendapat musibah berupa kecelakaan, kehilangan, dan lain sebagainya. Begitu banyak cobaannya. Tidak ada yang berjalan mulus. Parahnya lagi, tidak semua orang di dunia ini hidup berkecukupan, sehingga bebas dari mengutang.

Entah mengutang untuk kebutuhan sekolah anak-anak. Untuk sebuah jabatan, atau keberlangsungan hidup. Alasan mengutang ini bermacam-macam. Bahkan, ada yang berani mengutang demi mengikuti gaya hidup. Duh, orang yang mengutang dengan alasan satu ini jangan pernah ditiru, ya, GanSist. Bahaya!

Utang-piutang merupakan hal biasa dalam hidup. Bahkan, pada jaman Nabi, hal tersebut sudah berlaku. Akan tetapi, pengutang harus konsisten dengan perjanjiannya. Kapan akan dibayar.

Nah, di jaman sekarang, kita menghadapi bermacam jenis pengutang dan pemberi utang.

1. Pengutang Lebih Ganas Dari yang Mengutangi

Jenis pengutang seperti ini, biasanya sangat garang ketika ditagih. Ia akan marah-marah tidak jelas menghadapi penagih utang. Padahal, ia bisa saja berkata lebih lembut dan meminta maaf karena belum bisa melunasi utangnya.


2. Pengutang yang Suka Mengundur-undur Waktu

Yang satu ini tidak kalah membuat kesal. Bagaimana tidak, saat ditagih, ia selalu mencari alasan untuk tidak membayar utang. Bahkan jika ia memiliki uang sekalipun, pengutang macam ini seringkali beralasan ini itu. Sampai akhirnya membuat pemberi utang menyerah dan memilih diam. Merelakan. Namun, ada juga yang tidak cukup sabar. Sehingga memilih berurusan dengan pengadilan.

3. Pengutang yang Memang Niat Bayar, Tapi Belum Punya Uang

Nah, yang ini, nih, harus kita makkumi. Pengutang tipe yag satu ini, biasanya akan sering mengabari dan meminta maaf karena belum bisa melunasi utangnya. Bagi Ara sendiri, tidak mengapa lama, asal ingat dan punya niat untuk membayar tanpa harus ditagih.

Itu dia tiga jenis atau tipe pengutang yang seringkali kita hadapi. Sekarang, beberapa tipe atau jenis pemberi utang.

1. Pemberi Utang Bak Lintah Darat

Agan-Sista pasti paham, dong, seperti apa jenis pemberi utang yang satu ini. Yup, mereka menggadakan uang, dua sampai tiga kali lipat dari yang mereka utangi. Hal seperti ini tentu dilarang dalam Islam. Hukumnya haram dan termasuk dosa besar. Untuk teman-teman yang mungkin pernah atau sedang melakukan hal yang satu ini, baiknya dipikirkan lagi, deh.

2. Pemberi Utang yang Baik dan Kurang Baik

Jenis pemberi utang yang satu ini sangat diharapkan banyak orang. Selain tidak menggadakan uang, mereka sabar menunggu. Akan tetapi, untuk yang kurang baiknya juga banyak, loh. Apa saja, sih, hal yang dilakukan pemberi utang kurang baik untuk yang diutangi?

Pertama, mereka seringkali menagih walau sudah diberi pengertian. Tidak cukup dengan itu, kadang-kadang, mereka akan mengumbarnya di media sosial, dengan memosting sesuatu yang mengarah pada perihal utang-mengutang.

Nah, hal satu inilah yang kerap mengundang perselisahan dan pertengkaran hebat, yang akhirnya berujung ke pengadilan. Seperti halnya yang terjadi pada Febi Nur Amelia, wanita ini menagih utang lewat instastory di acount Instagramnya.

Ia mengaku, sebelumnya menagih utang tersebut lewat DM. Akan tetapi, bukannya mendapat respon baik dari yang bersangkutan. Febi malah diblokir oleh si pengutang. Dari situ, Febi merasa marah, sehingga menagih utang itu lewat instastory. Instastory Febi kemudian dilihat oleh adik si pengutang, dan melaporkannya pada sang kakak. Masalah pun kian runyam. Berikut berita selengkapnya.

Quote:Jaksa penunut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mendakwa Febi dengan Pasal 45 ayat (3) j0 Pasal 27 ayat (3) UU ITE tentang pencemaran nama baik.

"Bahwa terdakwa Febi Nur Amelia dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki penghinaan dan/atau pencemaran nama baik," ujar jaksa Randi Tambunan ketika membacakan dakwaan untuk Febi di PN Medan pada Selasa (07/01/2020).

Jaksa menjelaskan, kejadian bermula pada Selasa (19/02/2019) pukul 21.00 WIB, Febi mengunggah sebuah instastory di akun Instagram pribadinya untuk menagih utang.

"Seketika teringat sama ibu kombes yang belum bayar hutang 70 juta tolong banget donk ibu dibayar hutangnya yg sudah bertahun-tahun @fitri_bakhtiar. Aku sih ya orangnya gk ribet klo lah memang punya hutang ini oran susah banget pastinya aku ikhlaskan tapi berhubung beliau ini kaya raya jadi harus diminta donk berdosa juga klo hutang gk dibayarkan @fitri_bakhtiar. Nah ini yg punya hutang 70 juta ini foto diambil sewaktu dibandar Jakarta horor klo ingat yg beginian mati nanti bakal ditanya lho soal hutang piutang," tulis Febi.

@fitri_bakhtiar yang dimaksud oleh Febi diketahui bernama Fitriani Manurung. Saat itu, unggahan Febi dilihat oleh adik Fitriani.

Sontak saja, adik Fitriani melapor ke kakaknya. Fitriani yang melihat unggahan Febi menilai bahwa itu adalah pencemaran nama baik, langsung melaporkan kasus ini ke polisi hingga berujung ke pengadilan.

Jaksa menyebutkan, 12 Desember 2016, Fitriani meminjam uang Febi sebesar Rp70 juta untuk mempromosikan pekerjaan suaminya. Uang ini diberikan dalam dua tahap, pertama Rp50 juta dan kedua Rp20 juta.

Tahun 2017, Febi lalu menagih uangnya, namun Fitriani belum bisa membayar karena belum memiliki uang. Dua tahun kemudian, Febi kembali menagih utang Fitriani lewat DM Instagram, tapi akun Febi malah diblokir.

Karena merasa kecewa dengan sikap Fitriani, Febi lalu membuat unggahan di instastorynya, berharap Fitriani bisa membayar utangnya.

[Baca berita dan informasi menarik lainnya hanya di www.indozone.id]


sumber berita


Nah, jadi ini yang salah siapa, sih, menurut, GanSist? Jika pengutang ini berniat membayar lunas, harusnya menanggapi Febi dengan baik, ketika diDM. Bukan malah memblokir acount tersebut. Sebagai orang yang memiliki hak atas uang itu, Febi juga tidak salah untuk menagihnya. Apalagi sudah hitungan tahun.

Hanya saja, mungkin cara akhirnya inilah yang salah. Bukannya bisa didatangi rumahnya? Tidak harus membuat instastory. Ah, media sosial memang berbahaya jika kita tidak bijak menggunakannya, GanSist. So, kudu hati-hati, ya. Semoga masalah mereka ini berakhir damai. Karena bagaimanapun juga, pengutang juga bersalah.


Cukup sekian thread dari Ara. Semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua. See you everyone. Jangan lupa rate cendolnya, ya.


Terima kasih sudah mampir dan membaca.

Sumber: Opini pribadi
Referensi: di sini


BIMA, 10 Januari 2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 17
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:41


Quote:Original Posted By sedotninja
cara nyindir di sosmed kayaknya udah jadi pilihan terakhir si ibu, tapi malah blunder emoticon-Cape d...

tapi 70 juta cuy, udah 2 tahun lagi... pasti udah buntu mau pake cara nagih utang apa lagi


Iya bener bgt sih bener2 udh buntu banget nagihnya ituu jd terpaksa di insta story
0 0
0
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:43
bisa di contoh yg lain nih. nagih utang masuk penjara. tapi kalo mau nuntut yg ngutang kena nya perdata. wkwkw
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:45
Gatau diri yg punya utangnya
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan vinobrembo memberi reputasi
2 0
2
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:48
ealah mbak klo hutang diatas 10 juta mah pake surat perjanjian diatas materai plus jaminan jg yg senilai mau temen, kerabat, kluarga namanya duit mah cm bs bkin berantem
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:48
Kalo jadi karbon rampok dengan ancaman dibunuh terus bela diri bunuh yang ngerampok siapa yg salah ?
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:49
gemesh deh sama yg ngutang, pen gw cubit rasanya.
hukumnya juga berat sebelah, harusnya yg ngutang juga di usut.
Udah ngutang, ditagih susah, disindir dikit lapor polisi. Pencemaran nama baik? EMANG MANUSIA BANGS*T MACAM LU PUNYA NAMA BAIK?
emoticon-Marah emoticon-Marah

kesel bet gw
Diubah oleh warkibod
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:53
Hadeh pasal2 gituan emang gampang dimanfaatin boi emoticon-Nohope
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:53
pokoknya jaman sekarang kalau ngasih utang = memberi
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:54
meskipun dipidanakan blm tentu pelapor yg akan menang jg.. toh baru jg dituntut atas pelanggaran uu ite.. misalkan di sidang nanti mbknya yg nagih utang ada bukti² kuat kalo dia gk bersalah.. malah ntar boomerang buat si pelapor jg..
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:54
Sadis ya bisa bgtu
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:54
duh jadi bingung juga yaaaa, kasian si, udah niat baik dipinjemi, tapi malah jadi diginiin, semoga kasusnya segera selesai dan seadil adilnya deh ya
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:56
ane mah ogah dah soal utang piutang klo gak ada jaminan emoticon-Cape d...
itu kasian amat yak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 21:57
Quote:Original Posted By wellsey
Padahal tidak menepati janji untuk membayar juga termasuk penipuan emoticon-Cape deeehh


Quote:Original Posted By hexa06
Gbisa bre g memenuhi delik aduannya
Kecuali kl dia utang ke banyak org dn g bayar (ada minimal Korbannya kl g salah) baru bisa menuhi delik aduan penipuan


Walaupun korbannya banyak, utang ya utang, masuknya tetap ke perdata,
penipuan/pidana itu kalo dia menjanjikan sesuatu dari hasil pinjam itu,misal kayak investasi bodong


Quote:Original Posted By sasechi
Kalo jadi karbon rampok dengan ancaman dibunuh terus bela diri bunuh yang ngerampok siapa yg salah ?

Beda kasus, rampok itu pidana, utang piutang itu perdata
profile-picture
wellsey memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 22:02
Biasanya hidupnya gak bakal tenang...

Klo udah kasus gitu, yg di hutangin bakalan susah buat minjem uang klo lg BU. karena pengaduan dia ke meja hukum.

Meskipun gak boleh percaya, tapi w merasa Karma itu ada.


Naudzubillah semoga hidup kita selalu cukup dan terhindar dari hutang mengutang untuk gaya hidup, Naudzubillah min dzalik
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan liee memberi reputasi
2 0
2
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 22:02
bentar, unsur pencemaran nama baiknya dimana ya? saya jg klo punya utang dan blm bisa bayar jg ga bakal ngeblok dan pasti ngabarin orang yg ngutangin. masa iya mau nagih utang lewat instastory kudu skrinsut perjanjian hitam diatas putih bermaterai gitu?
0 0
0
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 22:03
hati hati mengunggah status di media sosial. sekalipun menurut kita benar.
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 22:03
yg udah2 sih gitu..
apalagi klo nilainya gede.
ditunggu kesadaran sendiri buat balikin ga ada atau nyicil gitu.. ditagih galakan yg minjem
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
0 1
-1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 22:03


Quote:Original Posted By TimTamRez
Klo mau minjemin duit segitu banyak, buat kwitansi Dan ttd diatas materai. Jangan lupa tenggat waktu untuk bayar/ rincian cicilan.

Jadi klo yang minjem ga bisa bayar hutang, lu yang nuntut ke pengadilan bukannya malah dituntut emoticon-Nohope


Bener bangettt sih kalo mau minjemin mulai skrg harus bgt bikin hitam diatas putih apalagi yg nominalnya banyak gapeduli mau temen deket atau gimana biar sama2 enak aja gitu nantinya
0 0
0
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 22:08
hmm kalau si yang kasi utang punya bukti hitam di atas putih soal si pengutang ga usa takut dituntut sih soal pencemaran nama baik...klo ga punya bukti hitam di atas putih dan ga punya kenalan pengacara top....ya jadiin pelajaran hidup aja emoticon-norose
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Menagih Utang Lewat Instastory, Wanita Ini Terancam Hukuman Penjara! Kok, Bisa, Ya?
11-01-2020 22:09
Kombes gitu loh

emoticon-Leh Uga
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia