Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db8706988b3cb4ba472a4a4/apa-sih-kelebihan-dan-kekurangan-dari-oppo-a9-2020-cari-tahu-yukberbagi-pengalaman
Pabrikan smartphone asal China OPPO baru saja mengeluarkan salah satu produk terbaru mereka OPPO A9 2020. Ponsel ini mengusung teknologi empat kamera belakang.
Lapor Hansip
30-10-2019 00:01

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]sumber
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Hallo sahabat kaskuser semua...!!!!!
Oppo A9 2020 adalah salah satu merek HP terbaru dari Oppo.

Ketika saya sering melihat di berbagai kolom komentar di berbagai macam thread tentang A9 2020 dari Oppo di forum Kaskus, sehingga hal tersebut membuat diri saya menjadi penasaran dan saya berusaha untuk meminjam HP Oppo A9 2020 langsung dari teman saya selama 7 hari pemakaian penuh. Dan akhirnya rasa penasaran saya kini sudah terobati. Ya walaupun saya harus mengeluarkan duit buat beli kopi untuk teman saya sebagai ucapan terimakasih saya (hehehehe).
emoticon-Imlek
Dan pada thread kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya mengenai Oppo A9 2020 menurut yang saya ketahui kepada agan dan sista semua.

emoticon-Recommended Seller
Hem.... tentunya agan dan sista pasti pada penasaran bukan tentang ceritanya...???
Yuk mari langsung simak cerita pengalaman pemakaian HP Oppo A9 2020 yang saya ketahui, yaitu :

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Ketika saya mendengar bahwa nama dari HP A9 2020, saya sempat mengecek kalender di HP saya sendiri dan ternyata sekarang masih tahun 2019. Hem, tapi kenapa ya si Oppo sudah mengeluarkan HP yang tahunnya 2020...??? Mungkin si Oppo mau booking nama dulu kali ya gansis (hehehehe). Atau mungkin biar namanya dijadikan sebagai bahan obrolan dengan berbagai pertanyaan seperti "Kenapa ya namanya 2020? Padahal ini kan masih tahun 2019 nih". Yang membuat jadinya HP-nya di obrolin terus oleh orang-orang. Dan orang yang mendengar juga menjadi penasaran tentang HP apa yang lagi di obrolin. Dan terus jadi viral deh.

Ya mungkin tekniknya seperti itu kali ya gansis. Dan kalau memang bener seperti itu, berarti bisa dibilang para pegawai Oppo ini isinya lulusan S3 marketing Harvest semua nih kayaknya (hehehehe). Dan ketika orang sudah mengecek handphonenya secara langsung, mungkin akan muncul pertanyaan lagi tentang "Kenapa HP ini harganya RP. 3.999.000 akan tetapi resolusi layarnya masih HD+ dan kenapa HP-nya masih pakai Snapdragon 665...???"

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Dan hal itu adalah pertanyaan yang wajar menurut saya sendiri. Karena saya sendiri juga penasaran sih gansis. Soalnya HP dikelas harga segitu biasanya sudah punya resolusi layar Full HD+ dan chipsetnya juga sudah Snapdragon 712 yang lebih tinggi aturannya. Dan semenjak saya menggunakan Oppo A9 2020 ini, saya sempat telusuri dan cek sana-sini. Dan ternyata saya juga menemukan yang namanya beberapa kekurangan dari Oppo A9 2020 ini menurut saya nih gansis.

Yaitu Oppo A9 2020 juga tidak punya fitur NFC. Terus charger bawaan dari Oppo A9 2020 hanya 10 watt saja. Dan layarnya belum AMOLED nih gansis. Dan saya sendiri bisa konfirmasi ke agan sista kalau kelemahan-kelemahan yang saya sebutin barusan itu sepertinya memberikan sedikit pengaruh kepada pengalaman pemakaian saya. Dengan ukuran layarnya yang hanya berukuran 6,5 inchi beserta resolusi HD+ alias 720 * 1600 piksel kerasa ngepas sekali buat saya. Ya memang cukup sih gansis dengan spesifikasi seperti itu. Akan tetapi rasanya pengen punya resolusi yang lebih tinggi biar gambar yang dihasilkan bisa lebih tajam gitu sih.

Kualitas warna yang dihaslikan layarnya Oppo A9 2020 juga kerasa kurang nendang gitu sih gansis menurut saya. Ya tidak sekontras AMOLED. Tapi kualitas warna IPS-nya saja sudah cukup banget sih sebenarnya. Lebih ke resolusinya saja yang saya harapkan kepada Oppo agar bisa dikembangkan lagi. Karena di bagian layar seperti ini beserta chipset Snapdragon 665 yang powernya tidak terlalu garang juga akan memberikan pengaruh kepada pengalaman main game saya nih gansis.

Quote:Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]sumber
Jadi kurang maksimal saja ya gansis. Karena kombinasi settingan grafis yang buat saya paling pas ketika main game PUBG Mobile itu adalah di smooth high. Dan di Oppo A9 2020 belum bisa smooth ultra. Kalau kita mau ngeset kualitas gambar ke high juga pun belum bisa. Jadi lumayan terbatas lah menurut saya. Dan itu kalau agan sista mau kualitas visual yang mantap sih pas main game. Ya kalau soal lancarnya sih ya pasti lancar ya gansis. No problemlah dengan Oppo A9 2020. Karena saya sudah mencoba bermain 3 game di PUBG Mobile dan tidak menemukan adanya lag sama sekali pun. Akan tetapi kalau mau lancar dan gambarnya keren, maka Oppo A9 2020 ini belum bisa ya menurut pengalaman pemakaian saya nih gansis.
emoticon-Bingung
Dan kenapa Oppo berani memasang harga RP 3.999.000...???
emoticon-Imlek
Ya hitungannya pasti ada menurut saya ya gansis. Karena tidak mungkin mereka salah pasang harga. Karena Oppo itu perusahaan yang sudah besar sekali gansis.

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Dan masalah kebanyakan orang-orang komplain tentang harganya itu ya karena yang banyak diomongin dari HP ini cuma tentang chipset dan layarnya saja sih menurut saya. Jadi seperti kekurangannya doang saja sih yang diomongin. Terus bagian positif atau kelebihannya seperti :
● Sistem 48 megapiksel Quad Camera
● RAM-nya yang sudah 8 GB
● Internal yang sudah 128 GB
● Mendukung kartu micro SD karena sudah mengadopsi sistem triple slot
● Speaker ganda alis Dual Speaker yang bisa menjadi Stereo
● Didukung oleh sistem Dolby Atmos
● Kapasitas baterai yang sudah 5000mah
itu semuanya jarang sekali diomongin oleh orang-orang menurut saya gansis.

Ya dan pada thread ini saya berbagi cerita pengalaman saya buat kasih tahu kepada agan sista tentang pendapat yang berimbang di thread ini soal yang positif-positif setelah selama saya pakai. Jadi tidak cuma negatifnya doang kayak di awal tadi ya gansis hehehehe.

Nah... seperti yang saya ketahui dari pengalaman pemakaian saya bahwa :

Quote:Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]sumber
Oppo A9 2020 sudah memiliki sistem 48 megapiksel Quad Camera. Alias HP ini sudah mempunyai 4 buah lensa kamera di bagian belakangnya. Buat kamera utamanya sudah pasti memiliki resolusi 48 megapiksel. Dan untuk masalah Low Light kamera utamanya bisa dibantu menggunakan Ultra Night Mode 2.0 agar gambar yang kurang cahaya itu bisa jadi lebih jelas.

Terus kamera keduanya sudah punya sifat Ultra Wide Angle dengan sudut pandang sebesar 119° yang membuat sudut pemotretan kita lebih ada variasinya lah menurut saya. Karena biasanya kan terbatas jumlah orang tuh atau biasanya kamera tidak bisa rame-rame atau ruangan tidak boleh sempit karena nanti fotografernya harus jalan mundur jauh saat melakukan pemotretan. Tapi kalau pakai kamera Ultra Wide Angle ini bisa dipastikan aman. Dan yang seperti kasus tadi tidak bakal kejadian lah menurut saya gansis. Oh ya... mode ini bisa kita pakai Ultra Night Mode juga ya gansis.

Sementara buat kamera ke tiga sama ke empatnya dipakai untuk membuat foto bokeh atau artistik potret biar jadi lebih rapi lagi blurnya. Buat saya jumlah kamera di HP itu lebih memberi pengaruh ke soal jenis gambar yang bisa kita ambil seperti mau ambil yang biasa juga bisa, mau ambil yang lebar juga bisa, mau ambil yang zoom jauh juga bisa dan mau ambil yang bokeh juga bisa. Jadi ini bikin kita lebih fleksibel pas motret. Kalau buat kualitas fotonya sendiri buat saya sama aja ya alias sebandinglah sama rilisan sebelumnya.

Oppo A9 2020 ini pada Quad Camera itu bisa dibilang kalau 4 kameranya lebih penting dari pada 48 megapikselnya. Ya angka yang lebih besar itu belum tentu lebih bagus ya gansis.

Quote:Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]sumber
Tapi kalau kita ngomongin RAM sama memori internal tambah besar malah tambah asyik gansis. Dan Oppo A9 2020 ini sudah memberi kita RAM sebesar 8 GB sama internal sebesar 128 GB. Ya sudah asyik bangetlah. RAM 8 GB bakal susah bangetlah untuk menjadikan HP lemot karena kebanyakan membuka aplikasi. Terus memori internal 128 GB yang bisa ditambah lagi menggunakan kartu micro sd juga sudah mantaplah menurut saya. Karena bisa menyimpan banyak video download-an di netflix, YouTube dan lagu di spotify. Pokoknya fleksibel sekali kalau punya kapasitas sebesar itu.

Quote:Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]sumber
Ngomong-ngomong soal video sama lagu nih gansis, speaker di Oppo A9 2020 ini sudah ada dua ya yang sama-sama kencang. Di bagian ini sih yang saya rasa masih susah untuk ditemukan di HP lainnya ya. Jadi HP ini lumayan spesial di bagian speaker. Karena mau yang harga 4 juta lebih pun sepertinya masih agak susah untuk bisa menemukan sistem stereo speaker seperti yang ada di Hp Oppo A9 2020 ini. Pokoknya speaker stereo itu kayak sudah wajib lah menurut saya gansis kalau mau pengalaman multimedia kita itu menjadi lebih mantap. Karena suara yang dihasilkan menjadi lebih kencang. Karena speakernya ada 2 jadinya kualitas suaranya juga menjadi kedengaran lebih nyata saja. Karena suaranya itu keluarnya dari atas sama bawah yang sudah didukung oleh software Dolby Atmos. Mantaplah dan asyik ketika saya pakai HP Oppo A9 2020 dalam multimedia. Ya itu menurut saya ya gansis. Tidak tahu kalau menurut agan sista sendiri yang sudah menggunakan HP Oppo A9 2020. Karena pastinya setiap orang pasti berbeda pengalaman hehehehe.

Quote:Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]sumber
Dan semoga agan sista tidak melupakan baterai 5000mah-nya juga yang mantap menurut saya. Bahkan hal ini membuat saya menjadikan sebagai bagian yang paling mantap dari HP ini. Karena untuk menghabiskan baterainya dalam satu hari itu harus berusaha sekali atau susah payah kali rasanya gansis. Untuk bermain game PUBG Mobile saja dalam satu game itu cuma habis 6% saja. Dan itu hampir 30 menit ya. Berarti hitungan gampangnya itu buat habisin baterai Oppo A9 2020 ini dengan bermain game PUBG Mobile nonstop, maka mainnya harus sekitar 16 game atau 8 jam. Hem, bisa-bisa baterai badan kita sendiri yang sudah habis duluan ya gansis hehehehe. Kalau untuk pemakaian normal tidak bermain game, itu bisa sampai 2 hari.

Dan hal ini bisa terjadi menurut saya itu karena 3 faktor utama seperti :
1. Baterainya sudah jumbo ya alias berkapasitas 5.000mah.
2. Resolusi layarnya yang tadi tidak tinggi-tinggi kali. Jadi daya yang dibutuhkan tentu lebih sedikit.
3. Chipsetnya yang lagi-lagi tadi kita sebutkan sebagai kelemahan dan kali ini menjadi keunggulan.
Chipsetnya itu hemat daya sekali karena Snapdragon 665 itu bisa dibilang seperti Snapdragon 660 yang dulu populer karena angka benchmarknya sangat mirip.
Jadi secara performa tidak bisa dibilang jauh lah.
Tapi secara teori yang 665 akan lebih hemat daya karena publikasinya yang lebih efisien.
Ya seperti perbandingan antara 16 nanometer : 11 nanometer.


emoticon-Imlek
Oh ya gansis... karenya kuatnya baterai dari HP Oppo A9 2020 ini, sehingga Oppo sampai kasih fitur Refresh Charging ya. Yang membuat Oppo A9 2020 ini bisa berbagi daya baterai yang dimilikinya ke HP lainnya. Tapi untuk mengaktifkan hal itu harus menggunakan kabel OTG. Dan dipaket penjualannya juga tidak dikasih kabel OTG gansis. Alias agan sista beli sendiri kabel OTG-nya hehehehe.

Quote:Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]sumber
Nah... jadi gitu sih gansis tentang Oppo A9 2020 ini yang bisa saya bagikan sesuai pengalaman saya. Ya kelemahan jelas ada dan keunggulannya pun jelas ada. Karena semua pasti ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Jadi thread kali ini bukan mau merendahkan satu sama lainnya. Tapi karena saya penasaran dengan Oppo A9 2020, sehingga saya berbagi pengalaman pemakaian saya kepada agan sista supaya agan sista juga bisa mengerti tentang HP Oppo A9 2020 ini.

Semoga thread ini bisa bermanfaatdan menghibur agan sista sekalian. Terimakasih.

Warning :
Jangan lupa untuk membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan agan sista masing-masing. Karena setiap smartphone pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing hehehehe.


Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
08-11-2019 06:34
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Pengennya beli gan, tapi apa daya dompetnya belom gendut nih emoticon-Big Grin


Sabar ya gan emoticon-Goyang
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
08-11-2019 11:31
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Kok jadi ketawa gan? emoticon-Big Grin


tertawa sebelum tertawa itu dilarang gan... hehehheh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
09-11-2019 19:11
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Kalo ketawa dilarang, dunia ini bakalan penuh sama kesedihan doang gan emoticon-Big Grin Jangan sampe deh


emoticon-Leh Ugaemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
10-11-2019 05:48
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Terimakasih gan, doain ya semoga dompet ane gendut emoticon-Big Grin


Isi kertas aja gan emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan orgbekasi67 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
10-11-2019 18:35
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Terimakasih gan, doain ya semoga dompet ane gendut emoticon-Big Grin


emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
10-11-2019 18:36
Quote:Original Posted By pabloo
Isi kertas aja gan :goyang:goyang


emoticon-Leh Uga
0 0
0
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
10-11-2019 18:36
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Kan duit juga dari kertas tuh gan, kalo kertasnya duit ane mau. Tapi kalo isinya cuma bon doang jangan deh emoticon-Big Grin


emoticon-Takut
0 0
0
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
30-11-2019 22:07
Quote:Original Posted By indriketaren
sama sama gan


Lanjutkan bree berbagi informasinyaa
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
1 0
1
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
01-12-2019 21:34
Quote:Original Posted By apefras11
Lanjutkan bree berbagi informasinyaa


sippp...
0 0
0
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
10-01-2020 23:24
Quote:Original Posted By indriketaren
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Hallo sahabat kaskuser semua...!!!!!
Oppo A9 2020 adalah salah satu merek HP terbaru dari Oppo.

Ketika saya sering melihat di berbagai kolom komentar di berbagai macam thread tentang A9 2020 dari Oppo di forum Kaskus, sehingga hal tersebut membuat diri saya menjadi penasaran dan saya berusaha untuk meminjam HP Oppo A9 2020 langsung dari teman saya selama 7 hari pemakaian penuh. Dan akhirnya rasa penasaran saya kini sudah terobati. Ya walaupun saya harus mengeluarkan duit buat beli kopi untuk teman saya sebagai ucapan terimakasih saya (hehehehe).
emoticon-Imlek
Dan pada thread kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya mengenai Oppo A9 2020 menurut yang saya ketahui kepada agan dan sista semua.

emoticon-Recommended Seller
Hem.... tentunya agan dan sista pasti pada penasaran bukan tentang ceritanya...???
Yuk mari langsung simak cerita pengalaman pemakaian HP Oppo A9 2020 yang saya ketahui, yaitu :

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Ketika saya mendengar bahwa nama dari HP A9 2020, saya sempat mengecek kalender di HP saya sendiri dan ternyata sekarang masih tahun 2019. Hem, tapi kenapa ya si Oppo sudah mengeluarkan HP yang tahunnya 2020...??? Mungkin si Oppo mau booking nama dulu kali ya gansis (hehehehe). Atau mungkin biar namanya dijadikan sebagai bahan obrolan dengan berbagai pertanyaan seperti "Kenapa ya namanya 2020? Padahal ini kan masih tahun 2019 nih". Yang membuat jadinya HP-nya di obrolin terus oleh orang-orang. Dan orang yang mendengar juga menjadi penasaran tentang HP apa yang lagi di obrolin. Dan terus jadi viral deh.

Ya mungkin tekniknya seperti itu kali ya gansis. Dan kalau memang bener seperti itu, berarti bisa dibilang para pegawai Oppo ini isinya lulusan S3 marketing Harvest semua nih kayaknya (hehehehe). Dan ketika orang sudah mengecek handphonenya secara langsung, mungkin akan muncul pertanyaan lagi tentang "Kenapa HP ini harganya RP. 3.999.000 akan tetapi resolusi layarnya masih HD+ dan kenapa HP-nya masih pakai Snapdragon 665...???"

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Dan hal itu adalah pertanyaan yang wajar menurut saya sendiri. Karena saya sendiri juga penasaran sih gansis. Soalnya HP dikelas harga segitu biasanya sudah punya resolusi layar Full HD+ dan chipsetnya juga sudah Snapdragon 712 yang lebih tinggi aturannya. Dan semenjak saya menggunakan Oppo A9 2020 ini, saya sempat telusuri dan cek sana-sini. Dan ternyata saya juga menemukan yang namanya beberapa kekurangan dari Oppo A9 2020 ini menurut saya nih gansis.

Yaitu Oppo A9 2020 juga tidak punya fitur NFC. Terus charger bawaan dari Oppo A9 2020 hanya 10 watt saja. Dan layarnya belum AMOLED nih gansis. Dan saya sendiri bisa konfirmasi ke agan sista kalau kelemahan-kelemahan yang saya sebutin barusan itu sepertinya memberikan sedikit pengaruh kepada pengalaman pemakaian saya. Dengan ukuran layarnya yang hanya berukuran 6,5 inchi beserta resolusi HD+ alias 720 * 1600 piksel kerasa ngepas sekali buat saya. Ya memang cukup sih gansis dengan spesifikasi seperti itu. Akan tetapi rasanya pengen punya resolusi yang lebih tinggi biar gambar yang dihasilkan bisa lebih tajam gitu sih.

Kualitas warna yang dihaslikan layarnya Oppo A9 2020 juga kerasa kurang nendang gitu sih gansis menurut saya. Ya tidak sekontras AMOLED. Tapi kualitas warna IPS-nya saja sudah cukup banget sih sebenarnya. Lebih ke resolusinya saja yang saya harapkan kepada Oppo agar bisa dikembangkan lagi. Karena di bagian layar seperti ini beserta chipset Snapdragon 665 yang powernya tidak terlalu garang juga akan memberikan pengaruh kepada pengalaman main game saya nih gansis.

Jadi kurang maksimal saja ya gansis. Karena kombinasi settingan grafis yang buat saya paling pas ketika main game PUBG Mobile itu adalah di smooth high. Dan di Oppo A9 2020 belum bisa smooth ultra. Kalau kita mau ngeset kualitas gambar ke high juga pun belum bisa. Jadi lumayan terbatas lah menurut saya. Dan itu kalau agan sista mau kualitas visual yang mantap sih pas main game. Ya kalau soal lancarnya sih ya pasti lancar ya gansis. No problemlah dengan Oppo A9 2020. Karena saya sudah mencoba bermain 3 game di PUBG Mobile dan tidak menemukan adanya lag sama sekali pun. Akan tetapi kalau mau lancar dan gambarnya keren, maka Oppo A9 2020 ini belum bisa ya menurut pengalaman pemakaian saya nih gansis.
emoticon-Bingung
Dan kenapa Oppo berani memasang harga RP 3.999.000...???
emoticon-Imlek
Ya hitungannya pasti ada menurut saya ya gansis. Karena tidak mungkin mereka salah pasang harga. Karena Oppo itu perusahaan yang sudah besar sekali gansis.

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Dan masalah kebanyakan orang-orang komplain tentang harganya itu ya karena yang banyak diomongin dari HP ini cuma tentang chipset dan layarnya saja sih menurut saya. Jadi seperti kekurangannya doang saja sih yang diomongin. Terus bagian positif atau kelebihannya seperti :
● Sistem 48 megapiksel Quad Camera
● RAM-nya yang sudah 8 GB
● Internal yang sudah 128 GB
● Mendukung kartu micro SD karena sudah mengadopsi sistem triple slot
● Speaker ganda alis Dual Speaker yang bisa menjadi Stereo
● Didukung oleh sistem Dolby Atmos
● Kapasitas baterai yang sudah 5000mah
itu semuanya jarang sekali diomongin oleh orang-orang menurut saya gansis.

Ya dan pada thread ini saya berbagi cerita pengalaman saya buat kasih tahu kepada agan sista tentang pendapat yang berimbang di thread ini soal yang positif-positif setelah selama saya pakai. Jadi tidak cuma negatifnya doang kayak di awal tadi ya gansis hehehehe.

Nah... seperti yang saya ketahui dari pengalaman pemakaian saya bahwa :

Oppo A9 2020 sudah memiliki sistem 48 megapiksel Quad Camera. Alias HP ini sudah mempunyai 4 buah lensa kamera di bagian belakangnya. Buat kamera utamanya sudah pasti memiliki resolusi 48 megapiksel. Dan untuk masalah Low Light kamera utamanya bisa dibantu menggunakan Ultra Night Mode 2.0 agar gambar yang kurang cahaya itu bisa jadi lebih jelas.

Terus kamera keduanya sudah punya sifat Ultra Wide Angle dengan sudut pandang sebesar 119° yang membuat sudut pemotretan kita lebih ada variasinya lah menurut saya. Karena biasanya kan terbatas jumlah orang tuh atau biasanya kamera tidak bisa rame-rame atau ruangan tidak boleh sempit karena nanti fotografernya harus jalan mundur jauh saat melakukan pemotretan. Tapi kalau pakai kamera Ultra Wide Angle ini bisa dipastikan aman. Dan yang seperti kasus tadi tidak bakal kejadian lah menurut saya gansis. Oh ya... mode ini bisa kita pakai Ultra Night Mode juga ya gansis.

Sementara buat kamera ke tiga sama ke empatnya dipakai untuk membuat foto bokeh atau artistik potret biar jadi lebih rapi lagi blurnya. Buat saya jumlah kamera di HP itu lebih memberi pengaruh ke soal jenis gambar yang bisa kita ambil seperti mau ambil yang biasa juga bisa, mau ambil yang lebar juga bisa, mau ambil yang zoom jauh juga bisa dan mau ambil yang bokeh juga bisa. Jadi ini bikin kita lebih fleksibel pas motret. Kalau buat kualitas fotonya sendiri buat saya sama aja ya alias sebandinglah sama rilisan sebelumnya.

Oppo A9 2020 ini pada Quad Camera itu bisa dibilang kalau 4 kameranya lebih penting dari pada 48 megapikselnya. Ya angka yang lebih besar itu belum tentu lebih bagus ya gansis.

Tapi kalau kita ngomongin RAM sama memori internal tambah besar malah tambah asyik gansis. Dan Oppo A9 2020 ini sudah memberi kita RAM sebesar 8 GB sama internal sebesar 128 GB. Ya sudah asyik bangetlah. RAM 8 GB bakal susah bangetlah untuk menjadikan HP lemot karena kebanyakan membuka aplikasi. Terus memori internal 128 GB yang bisa ditambah lagi menggunakan kartu micro sd juga sudah mantaplah menurut saya. Karena bisa menyimpan banyak video download-an di netflix, YouTube dan lagu di spotify. Pokoknya fleksibel sekali kalau punya kapasitas sebesar itu.

Ngomong-ngomong soal video sama lagu nih gansis, speaker di Oppo A9 2020 ini sudah ada dua ya yang sama-sama kencang. Di bagian ini sih yang saya rasa masih susah untuk ditemukan di HP lainnya ya. Jadi HP ini lumayan spesial di bagian speaker. Karena mau yang harga 4 juta lebih pun sepertinya masih agak susah untuk bisa menemukan sistem stereo speaker seperti yang ada di Hp Oppo A9 2020 ini. Pokoknya speaker stereo itu kayak sudah wajib lah menurut saya gansis kalau mau pengalaman multimedia kita itu menjadi lebih mantap. Karena suara yang dihasilkan menjadi lebih kencang. Karena speakernya ada 2 jadinya kualitas suaranya juga menjadi kedengaran lebih nyata saja. Karena suaranya itu keluarnya dari atas sama bawah yang sudah didukung oleh software Dolby Atmos. Mantaplah dan asyik ketika saya pakai HP Oppo A9 2020 dalam multimedia. Ya itu menurut saya ya gansis. Tidak tahu kalau menurut agan sista sendiri yang sudah menggunakan HP Oppo A9 2020. Karena pastinya setiap orang pasti berbeda pengalaman hehehehe.

Dan semoga agan sista tidak melupakan baterai 5000mah-nya juga yang mantap menurut saya. Bahkan hal ini membuat saya menjadikan sebagai bagian yang paling mantap dari HP ini. Karena untuk menghabiskan baterainya dalam satu hari itu harus berusaha sekali atau susah payah kali rasanya gansis. Untuk bermain game PUBG Mobile saja dalam satu game itu cuma habis 6% saja. Dan itu hampir 30 menit ya. Berarti hitungan gampangnya itu buat habisin baterai Oppo A9 2020 ini dengan bermain game PUBG Mobile nonstop, maka mainnya harus sekitar 16 game atau 8 jam. Hem, bisa-bisa baterai badan kita sendiri yang sudah habis duluan ya gansis hehehehe. Kalau untuk pemakaian normal tidak bermain game, itu bisa sampai 2 hari.

Dan hal ini bisa terjadi menurut saya itu karena 3 faktor utama seperti :
1. Baterainya sudah jumbo ya alias berkapasitas 5.000mah.
2. Resolusi layarnya yang tadi tidak tinggi-tinggi kali. Jadi daya yang dibutuhkan tentu lebih sedikit.
3. Chipsetnya yang lagi-lagi tadi kita sebutkan sebagai kelemahan dan kali ini menjadi keunggulan.
Chipsetnya itu hemat daya sekali karena Snapdragon 665 itu bisa dibilang seperti Snapdragon 660 yang dulu populer karena angka benchmarknya sangat mirip.
Jadi secara performa tidak bisa dibilang jauh lah.
Tapi secara teori yang 665 akan lebih hemat daya karena publikasinya yang lebih efisien.
Ya seperti perbandingan antara 16 nanometer : 11 nanometer.


emoticon-Imlek
Oh ya gansis... karenya kuatnya baterai dari HP Oppo A9 2020 ini, sehingga Oppo sampai kasih fitur Refresh Charging ya. Yang membuat Oppo A9 2020 ini bisa berbagi daya baterai yang dimilikinya ke HP lainnya. Tapi untuk mengaktifkan hal itu harus menggunakan kabel OTG. Dan dipaket penjualannya juga tidak dikasih kabel OTG gansis. Alias agan sista beli sendiri kabel OTG-nya hehehehe.

Nah... jadi gitu sih gansis tentang Oppo A9 2020 ini yang bisa saya bagikan sesuai pengalaman saya. Ya kelemahan jelas ada dan keunggulannya pun jelas ada. Karena semua pasti ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Jadi thread kali ini bukan mau merendahkan satu sama lainnya. Tapi karena saya penasaran dengan Oppo A9 2020, sehingga saya berbagi pengalaman pemakaian saya kepada agan sista supaya agan sista juga bisa mengerti tentang HP Oppo A9 2020 ini.

Semoga thread ini bisa bermanfaatdan menghibur agan sista sekalian. Terimakasih.

Warning :
Jangan lupa untuk membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan agan sista masing-masing. Karena setiap smartphone pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing hehehehe.


Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]


OppO itu tidak ada kekurangan, OppO cayo
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
1 0
1
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
14-01-2020 05:42
Quote:Original Posted By goldencelljbr
OppO itu tidak ada kekurangan, OppO cayo
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]


emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
27-02-2020 13:15
Quote:Original Posted By indriketaren
sippp...


Mantappp
profile-picture
indriketaren memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
18-06-2020 11:25
Quote:Original Posted By indriketaren
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Hallo sahabat kaskuser semua...!!!!!
Oppo A9 2020 adalah salah satu merek HP terbaru dari Oppo.

Ketika saya sering melihat di berbagai kolom komentar di berbagai macam thread tentang A9 2020 dari Oppo di forum Kaskus, sehingga hal tersebut membuat diri saya menjadi penasaran dan saya berusaha untuk meminjam HP Oppo A9 2020 langsung dari teman saya selama 7 hari pemakaian penuh. Dan akhirnya rasa penasaran saya kini sudah terobati. Ya walaupun saya harus mengeluarkan duit buat beli kopi untuk teman saya sebagai ucapan terimakasih saya (hehehehe).
emoticon-Imlek
Dan pada thread kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya mengenai Oppo A9 2020 menurut yang saya ketahui kepada agan dan sista semua.

emoticon-Recommended Seller
Hem.... tentunya agan dan sista pasti pada penasaran bukan tentang ceritanya...???
Yuk mari langsung simak cerita pengalaman pemakaian HP Oppo A9 2020 yang saya ketahui, yaitu :

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Ketika saya mendengar bahwa nama dari HP A9 2020, saya sempat mengecek kalender di HP saya sendiri dan ternyata sekarang masih tahun 2019. Hem, tapi kenapa ya si Oppo sudah mengeluarkan HP yang tahunnya 2020...??? Mungkin si Oppo mau booking nama dulu kali ya gansis (hehehehe). Atau mungkin biar namanya dijadikan sebagai bahan obrolan dengan berbagai pertanyaan seperti "Kenapa ya namanya 2020? Padahal ini kan masih tahun 2019 nih". Yang membuat jadinya HP-nya di obrolin terus oleh orang-orang. Dan orang yang mendengar juga menjadi penasaran tentang HP apa yang lagi di obrolin. Dan terus jadi viral deh.

Ya mungkin tekniknya seperti itu kali ya gansis. Dan kalau memang bener seperti itu, berarti bisa dibilang para pegawai Oppo ini isinya lulusan S3 marketing Harvest semua nih kayaknya (hehehehe). Dan ketika orang sudah mengecek handphonenya secara langsung, mungkin akan muncul pertanyaan lagi tentang "Kenapa HP ini harganya RP. 3.999.000 akan tetapi resolusi layarnya masih HD+ dan kenapa HP-nya masih pakai Snapdragon 665...???"

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Dan hal itu adalah pertanyaan yang wajar menurut saya sendiri. Karena saya sendiri juga penasaran sih gansis. Soalnya HP dikelas harga segitu biasanya sudah punya resolusi layar Full HD+ dan chipsetnya juga sudah Snapdragon 712 yang lebih tinggi aturannya. Dan semenjak saya menggunakan Oppo A9 2020 ini, saya sempat telusuri dan cek sana-sini. Dan ternyata saya juga menemukan yang namanya beberapa kekurangan dari Oppo A9 2020 ini menurut saya nih gansis.

Yaitu Oppo A9 2020 juga tidak punya fitur NFC. Terus charger bawaan dari Oppo A9 2020 hanya 10 watt saja. Dan layarnya belum AMOLED nih gansis. Dan saya sendiri bisa konfirmasi ke agan sista kalau kelemahan-kelemahan yang saya sebutin barusan itu sepertinya memberikan sedikit pengaruh kepada pengalaman pemakaian saya. Dengan ukuran layarnya yang hanya berukuran 6,5 inchi beserta resolusi HD+ alias 720 * 1600 piksel kerasa ngepas sekali buat saya. Ya memang cukup sih gansis dengan spesifikasi seperti itu. Akan tetapi rasanya pengen punya resolusi yang lebih tinggi biar gambar yang dihasilkan bisa lebih tajam gitu sih.

Kualitas warna yang dihaslikan layarnya Oppo A9 2020 juga kerasa kurang nendang gitu sih gansis menurut saya. Ya tidak sekontras AMOLED. Tapi kualitas warna IPS-nya saja sudah cukup banget sih sebenarnya. Lebih ke resolusinya saja yang saya harapkan kepada Oppo agar bisa dikembangkan lagi. Karena di bagian layar seperti ini beserta chipset Snapdragon 665 yang powernya tidak terlalu garang juga akan memberikan pengaruh kepada pengalaman main game saya nih gansis.

Jadi kurang maksimal saja ya gansis. Karena kombinasi settingan grafis yang buat saya paling pas ketika main game PUBG Mobile itu adalah di smooth high. Dan di Oppo A9 2020 belum bisa smooth ultra. Kalau kita mau ngeset kualitas gambar ke high juga pun belum bisa. Jadi lumayan terbatas lah menurut saya. Dan itu kalau agan sista mau kualitas visual yang mantap sih pas main game. Ya kalau soal lancarnya sih ya pasti lancar ya gansis. No problemlah dengan Oppo A9 2020. Karena saya sudah mencoba bermain 3 game di PUBG Mobile dan tidak menemukan adanya lag sama sekali pun. Akan tetapi kalau mau lancar dan gambarnya keren, maka Oppo A9 2020 ini belum bisa ya menurut pengalaman pemakaian saya nih gansis.
emoticon-Bingung
Dan kenapa Oppo berani memasang harga RP 3.999.000...???
emoticon-Imlek
Ya hitungannya pasti ada menurut saya ya gansis. Karena tidak mungkin mereka salah pasang harga. Karena Oppo itu perusahaan yang sudah besar sekali gansis.

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
Dan masalah kebanyakan orang-orang komplain tentang harganya itu ya karena yang banyak diomongin dari HP ini cuma tentang chipset dan layarnya saja sih menurut saya. Jadi seperti kekurangannya doang saja sih yang diomongin. Terus bagian positif atau kelebihannya seperti :
● Sistem 48 megapiksel Quad Camera
● RAM-nya yang sudah 8 GB
● Internal yang sudah 128 GB
● Mendukung kartu micro SD karena sudah mengadopsi sistem triple slot
● Speaker ganda alis Dual Speaker yang bisa menjadi Stereo
● Didukung oleh sistem Dolby Atmos
● Kapasitas baterai yang sudah 5000mah
itu semuanya jarang sekali diomongin oleh orang-orang menurut saya gansis.

Ya dan pada thread ini saya berbagi cerita pengalaman saya buat kasih tahu kepada agan sista tentang pendapat yang berimbang di thread ini soal yang positif-positif setelah selama saya pakai. Jadi tidak cuma negatifnya doang kayak di awal tadi ya gansis hehehehe.

Nah... seperti yang saya ketahui dari pengalaman pemakaian saya bahwa :

Oppo A9 2020 sudah memiliki sistem 48 megapiksel Quad Camera. Alias HP ini sudah mempunyai 4 buah lensa kamera di bagian belakangnya. Buat kamera utamanya sudah pasti memiliki resolusi 48 megapiksel. Dan untuk masalah Low Light kamera utamanya bisa dibantu menggunakan Ultra Night Mode 2.0 agar gambar yang kurang cahaya itu bisa jadi lebih jelas.

Terus kamera keduanya sudah punya sifat Ultra Wide Angle dengan sudut pandang sebesar 119° yang membuat sudut pemotretan kita lebih ada variasinya lah menurut saya. Karena biasanya kan terbatas jumlah orang tuh atau biasanya kamera tidak bisa rame-rame atau ruangan tidak boleh sempit karena nanti fotografernya harus jalan mundur jauh saat melakukan pemotretan. Tapi kalau pakai kamera Ultra Wide Angle ini bisa dipastikan aman. Dan yang seperti kasus tadi tidak bakal kejadian lah menurut saya gansis. Oh ya... mode ini bisa kita pakai Ultra Night Mode juga ya gansis.

Sementara buat kamera ke tiga sama ke empatnya dipakai untuk membuat foto bokeh atau artistik potret biar jadi lebih rapi lagi blurnya. Buat saya jumlah kamera di HP itu lebih memberi pengaruh ke soal jenis gambar yang bisa kita ambil seperti mau ambil yang biasa juga bisa, mau ambil yang lebar juga bisa, mau ambil yang zoom jauh juga bisa dan mau ambil yang bokeh juga bisa. Jadi ini bikin kita lebih fleksibel pas motret. Kalau buat kualitas fotonya sendiri buat saya sama aja ya alias sebandinglah sama rilisan sebelumnya.

Oppo A9 2020 ini pada Quad Camera itu bisa dibilang kalau 4 kameranya lebih penting dari pada 48 megapikselnya. Ya angka yang lebih besar itu belum tentu lebih bagus ya gansis.

Tapi kalau kita ngomongin RAM sama memori internal tambah besar malah tambah asyik gansis. Dan Oppo A9 2020 ini sudah memberi kita RAM sebesar 8 GB sama internal sebesar 128 GB. Ya sudah asyik bangetlah. RAM 8 GB bakal susah bangetlah untuk menjadikan HP lemot karena kebanyakan membuka aplikasi. Terus memori internal 128 GB yang bisa ditambah lagi menggunakan kartu micro sd juga sudah mantaplah menurut saya. Karena bisa menyimpan banyak video download-an di netflix, YouTube dan lagu di spotify. Pokoknya fleksibel sekali kalau punya kapasitas sebesar itu.

Ngomong-ngomong soal video sama lagu nih gansis, speaker di Oppo A9 2020 ini sudah ada dua ya yang sama-sama kencang. Di bagian ini sih yang saya rasa masih susah untuk ditemukan di HP lainnya ya. Jadi HP ini lumayan spesial di bagian speaker. Karena mau yang harga 4 juta lebih pun sepertinya masih agak susah untuk bisa menemukan sistem stereo speaker seperti yang ada di Hp Oppo A9 2020 ini. Pokoknya speaker stereo itu kayak sudah wajib lah menurut saya gansis kalau mau pengalaman multimedia kita itu menjadi lebih mantap. Karena suara yang dihasilkan menjadi lebih kencang. Karena speakernya ada 2 jadinya kualitas suaranya juga menjadi kedengaran lebih nyata saja. Karena suaranya itu keluarnya dari atas sama bawah yang sudah didukung oleh software Dolby Atmos. Mantaplah dan asyik ketika saya pakai HP Oppo A9 2020 dalam multimedia. Ya itu menurut saya ya gansis. Tidak tahu kalau menurut agan sista sendiri yang sudah menggunakan HP Oppo A9 2020. Karena pastinya setiap orang pasti berbeda pengalaman hehehehe.

Dan semoga agan sista tidak melupakan baterai 5000mah-nya juga yang mantap menurut saya. Bahkan hal ini membuat saya menjadikan sebagai bagian yang paling mantap dari HP ini. Karena untuk menghabiskan baterainya dalam satu hari itu harus berusaha sekali atau susah payah kali rasanya gansis. Untuk bermain game PUBG Mobile saja dalam satu game itu cuma habis 6% saja. Dan itu hampir 30 menit ya. Berarti hitungan gampangnya itu buat habisin baterai Oppo A9 2020 ini dengan bermain game PUBG Mobile nonstop, maka mainnya harus sekitar 16 game atau 8 jam. Hem, bisa-bisa baterai badan kita sendiri yang sudah habis duluan ya gansis hehehehe. Kalau untuk pemakaian normal tidak bermain game, itu bisa sampai 2 hari.

Dan hal ini bisa terjadi menurut saya itu karena 3 faktor utama seperti :
1. Baterainya sudah jumbo ya alias berkapasitas 5.000mah.
2. Resolusi layarnya yang tadi tidak tinggi-tinggi kali. Jadi daya yang dibutuhkan tentu lebih sedikit.
3. Chipsetnya yang lagi-lagi tadi kita sebutkan sebagai kelemahan dan kali ini menjadi keunggulan.
Chipsetnya itu hemat daya sekali karena Snapdragon 665 itu bisa dibilang seperti Snapdragon 660 yang dulu populer karena angka benchmarknya sangat mirip.
Jadi secara performa tidak bisa dibilang jauh lah.
Tapi secara teori yang 665 akan lebih hemat daya karena publikasinya yang lebih efisien.
Ya seperti perbandingan antara 16 nanometer : 11 nanometer.


emoticon-Imlek
Oh ya gansis... karenya kuatnya baterai dari HP Oppo A9 2020 ini, sehingga Oppo sampai kasih fitur Refresh Charging ya. Yang membuat Oppo A9 2020 ini bisa berbagi daya baterai yang dimilikinya ke HP lainnya. Tapi untuk mengaktifkan hal itu harus menggunakan kabel OTG. Dan dipaket penjualannya juga tidak dikasih kabel OTG gansis. Alias agan sista beli sendiri kabel OTG-nya hehehehe.

Nah... jadi gitu sih gansis tentang Oppo A9 2020 ini yang bisa saya bagikan sesuai pengalaman saya. Ya kelemahan jelas ada dan keunggulannya pun jelas ada. Karena semua pasti ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Jadi thread kali ini bukan mau merendahkan satu sama lainnya. Tapi karena saya penasaran dengan Oppo A9 2020, sehingga saya berbagi pengalaman pemakaian saya kepada agan sista supaya agan sista juga bisa mengerti tentang HP Oppo A9 2020 ini.

Semoga thread ini bisa bermanfaatdan menghibur agan sista sekalian. Terimakasih.

Warning :
Jangan lupa untuk membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan agan sista masing-masing. Karena setiap smartphone pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing hehehehe.


Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]


OppO cayo. Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
toko kami skrng (meski lbh kecil, tetap OppO)
Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangan Dari Oppo A9 2020? Cari Tahu Yuk[Berbagi Pengalaman]
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia