• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Peringatan: Jangan Simpan Power Bank di Dalam Mobil, Bisa Meledak!

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Peringatan: Jangan Simpan Power Bank di Dalam Mobil, Bisa Meledak!

Mungkin thread atau artikel tentang ini sudah sering dibikin, tapi terkadang masih ada aja orang tetap ngelakuin hal yang cukup beresiko ini. Udah banyak kejadian power bank meledak di dalam mobil yang diparkir. Baru – baru ini, power bank meledak di mobil terjadi di Malaysia. Sebuah mobil di Universitas Awam Malaysia terbakar karena power bank yang disimpan di mobil tersebut meledak.


Kejadian ini terjadi pada siang hari, tepatnya pada pukul 13.40 waktu setempat. Waktu dimana matahari lagi panas – panasnya. Inilah pointnya GanSis. Suhu kabin mobil yang diparkir di luar ruangan menjadi pemicu terjadinya ledakan power bank GanSis.

Sama – sama kita tahu, mobil yang terparkir di luar ruangan alias kena matahari langsung, akan memiliki suku kabin yang cukup tinggi. Selain karena faktor cahaya matahari, kaca mobil yang tidak menggunakan kaca film dan kondisi kabin yang pengap juga menjadi faktor meningkatnya suhu di kabin mobil.

Kualitas casing dari power bank juga bisa jadi faktor pemantik terjadinya ledakan. Pada saat suhu kabin panas, casing power bank tadi pelan – pelan akan mengalami retak atau bocor. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya kontak langsung antara lithium (material baterai) dengan udara atau oksigen.


Kontak langsung antara lithium dan udara inilah yang rawan memunculkan percikan api yang menyebabkan terjadinya ledakan.

Tuh GanSis, kira – kira kayak gitulah proses terjadinya ledakan kalau nyimpen power di dalam mobil. Kalau saran Ane sih mending pas turun dari mobil, power banknya langsung dibawa juga GanSis. Atau mungkin lebih baik lagi gak usah pake power bank buat ngecas handphone, soalnya gak bagus juga baterai handphone kedepannya GanSis...hehe


ewaneyla99
nona212
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.