riwidyAvatar border
TS
riwidy
Astaga, Air Putih Ternyata Bukan Cairan Penghidrasi Terbaik Bagi Tubuh Kita Lho!



Welcome to riwidy's thread



Pada suatu hari di saat kondisi kita kehausan, pas udara sangat panas dan kita selesai berolahraga atau jalan-jalan misalnya. Lalu kita menemukan segelas air putih gratis, pasti kita segera meminumnya ya? Rasanya segar, kan? Padahal fakta mengejutkan mengatakan dari hasil penelitian bahwa air putih bukanlah air terbaik untuk menghidrasi tubuh kita loh. Wah!


Dilansir dari CNN (28/9) ternyata H2O atau air putih bukan cairan terbaik untuk meredakan rasa haus dan menghidrasi tubuh. Penelitian yang dilakukan di Universitas St. Andrew di Skotlandia membandingkan hidrasi antara air putih dengan minuman lain.

Para peneliti menemukan fakta mengejutkan dan tak kita sangka bahwa cairan yang bisa menghidrasi tubuh dengan cepat adalah air yang mengandung sedikit gula, lemak atau protein. Selain cepat diserap tubuh, cairan ini juga memberi efek tak cepat haus.Jadi bukan air putih ya, seperti kita yakini selama ini.

Menurut Ronald Maughan, profesor di Sekolah Kedokteran St. Andrew, semakin banyak orang minum maka semakin cepat cairan diserap oleh tubuh dan membuat perut kosong. Saran terbaik adalah minum secukupnya dengan jeda waktu yang bertahap.

Maughan juga mengatakan susu termasuk cairan yang menghidrasi lebih baik dibandingkan air. Kandungan gula laktosa, protein dan lemak pada susu lebih sulit dicerna sehingga mampu menahan tubuh dari rasa haus.

Susu juga megandung natrium yang bekerja seperti spons yang menyerap air lebih banyak serta menghasilkan sedikit urin. Pada penelitian kali ini melibatkan 13 jenis minuman yang umum dikonsumsi sehari-hamem

Menurut Ronald Maughan, profesor di Sekolah Kedokteran St. Andrew, semakin banyak orang minum maka semakin cepat cairan diserap oleh tubuh dan membuat perut kosong. Saran terbaik adalah minum secukupnya dengan jeda waktu yang bertahap. Noted ya.

Semua jenis minuman diujicoba untukmelihat seberapa besar pengaruhnya terhadap tubuh. "Setiap minuman memberi efek yang berbeda-beda. Ada yang cepat menghidrasi namun membuat perut cepat kosong, ada juga yang menghidrasi secara perlahan namun efeknya bisa dirasakan lebih lama. Ada juga beberapa minuman yang mempengaruhi saluran pembuangan," jelas Melissa Majumdar, ahli nutrisi dan dietetika.

Intinya, baik air putih maupun minuman manis seperti jus sama-sama memiliki dampak baik dalam menghidrasi tubuh. Tinggal disesuaikan kapan waktu terbaik mengonsumsinya.

Saat tubuh sangat butuh hidrasi cepat, segera konsumsi air putih namun ketika membutuhkan hidrasi yang lama maka bisa mengandalkan segelas jus buah.Jelas kan GanSist?

Tapi para peneliti tetap mengingatkan kandungan gula dalam jus buah. Meski menghidrasi dengan lebih baik tapi jus buah tak boleh dikonsumsi sepanjang hari layaknya mengasup air putih.




Bagaimana thread ane hari ini? Semoga semakin bijak dalam memilih minumanmu, yah?







Ngawi, 06012020





Sumber tulisan :m.detik.com, cnn indonesia
Sumber gambar : pixabay, detik.com
Diubah oleh riwidy 06-01-2020 17:17
tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 55 lainnya memberi reputasi
50
10.8K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.