Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
301
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e14f66a8012ae01f2039c79/tni-diremehkan-kaskuser-ngetop-dalam-kasus-natuna
Awalnya adalah pembahasan soal Natuna. Beberapa waktu ini, publik terpecah perhatiannya antara musibah banjir yang menghantam ibukota Jakarta serta wilayah lain di Indonesia dengan letupan kecil di Natuna.
Lapor Hansip
08-01-2020 04:21

TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?

TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?

TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?

TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?

Miris. Itu kata yang terlintas pertama kali saat TS membaca threadnya yang berisi tentang ketidakmengertian dan kurangnya wawasan dirinya. Threadnya menjadi HT. Bagus. Dengan begitu artinya makin banyak yang membaca isi kepalanya.

Dan thread ini bukan dimaksudkan sebagai thread tandingan. Tetapi thread ini sedikit meluruskan ketidakmengertian dia yang ditumpahkan tanpa berpikir ulang lagi dengan apa semua yang dia tulis.

Konflik Kecil Natuna

Awalnya adalah pembahasan soal Natuna. Beberapa waktu ini, publik terpecah perhatiannya antara musibah banjir yang menghantam ibukota Jakarta serta wilayah lain di Indonesia dengan letupan kecil di Natuna.

Kenapa TS mengatakan bahwa permasalahan Natuna saat ini terbilang kecil? Begini. Kasus pencurian ikan oleh nelayan negara lain yang dikawal oleh penjaga pantai negara tetangga bukan hanya sekali ini. Banyak kasus yang sebenarnya terjadi dan sudah diketahui publik, bahkan tensinya justru lebih panas dibandingkan sekarang. Kasus penangkapan kapal nelayan Vietnam hingga kapal Bakamla bersinggungan dengan kapal penjaga pantai negara Vietnam contohnya. Dan yang lebih dramatis lagi adalah provokasi kapal-kapal penjaga pantai negara Malaysia beserta helikopternya, padahal Malaysia selalu membawa istilah negara serumpun dan negara dengan mayoritas muslim setiap kali bersinggungan dengan Indonesia.

Lantas kenapa gaungnya tidak sebesar sekarang? Karena mereka bukan negara China. Dan kita harus jujur bahwa isu China adalah isu yang sering sekali dimainkan oleh para provokator untuk menghina WNI keturunan dan pemerintah Indonesia sendiri. Seolah-olah apapun yang berbau isu China layak jual dan layak goreng.

Kembali ke sub judul diatas, kenapa soal Natuna dianggap TS sebagai konflik kecil? Ini yang harus dipahami. Yang hadir disana mewakili negara China adalah Coast Guard. Yang ada disana adalah kapal penjaga pantai layaknya kapal Bakamla kita. Dan Coast Guard bukanlah institusi militer. Jadi selayaknya yang kita hadirkan disana juga adalah kapal yang sederajat dengan mereka. Jika kita menghadirkan kapal yang jauh ukuran dan fungsinya, itu bisa dianggap sebagai provokasi dan tantangan perang.

Apa lantas kita siap berperang? Ini jadi pertanyaan yang harus benar-benar kita pikirkan. Urusan perang bukan hanya urusan nyali. Ibarat kata jika kita berkelahi dengan seseorang yang punya persenjataan lengkap, tak mungkin kita maju hanya dengan senjata alakadarnya.

Satu hal yang tak terpikir oleh kita mungkin, bahwa bisa saja dibawah lautan Natuna sebenarnya telah hadir kapal selam-kapal selam kita. Dan bisa juga kapal selam-kapal selam yang lebih canggih milik negara China telah hadir disana.

Ini masalah pencurian ikan, bukan masalah ajakan berperang. Laknatlah mereka yang memprovokasi seolah-olah ini adalah genderang perang yang sedang ditabuh.

David vs Goliath

Bangsa Indonesia terlalu dibuai oleh cerita masa perjuangan yang mengatakan bahwa kita mampu mengusir penjajah hanya dengan bambu runcing. Ini penyesatan sejarah. Padahal senjata diplomasi para diplomat kita, para pendiri bangsa inilah yang menjadi tameng Indonesia untuk melawan kesewenang-wenangan penjajah. Jadi bukan hanya perjuangan bersenjata. Ketika sebagian para pahlawan kita berjuang mengangkat senjata, sebagian pahlawan kita yang lain berdebat di meja perundingan untuk menekan penjajah.

Sehubungan dengan masalah angkat senjata, kita harus sadar diri, bahwa alutsista negara Indonesia sangat jauh perbedaannya dengan yang dimiliki oleh negara China. Apa yang tak mereka punya? Pesawat pembom antar benua. Peluru kendali antar benua berhulu ledak nuklir. Berpuluh-puluh skuadron jet tempur siluman. Jajaran armada kapal perang dengan 2 kapal induk dan belasan kapal selam. Terakhir, struktur angkatan perang mereka didukung lebih dari 1 juta anggota militer. Logikanya, tanpa harus menjejakkan kaki di tanah air kita, negara China sanggup meluluhlantakan seluruh wilayah Indonesia.

Kita adalah David. Dan mereka telah menjelma menjadi Goliath, negara dengan kemampuan militer nomor 3 di dunia setelah Amerika Serikat dan Rusia. Negara China harus kita akui bukanlah lawan sepadan untuk Indonesia.

Jadi, perang bukan hanya urusan nyali. Sadari itu wahai kaskuser ngetop! Perang bukanlah ajang PUBG atau PB yang bisa hidup berkali-kali setelah kena headshoot.

Hilangnya Sipadan-Ligitan dan Timor-Timur

Bodoh. Itu yang terlintas di hati TS untuk menilai sang kaskuser ngetop tersebut. Tidak paham sejarah tapi seolah tahu segalanya.

Sipadan-Ligitan adalah kasus perseteruan wilayah sejak era Suharto. Saat Suharto berkuasa, mungkin Malaysia jengah. Tapi urusan perang bukanlah urusan senjata semata-mata. Meja perundingan dan meja pengadilan adalah medan perang dalam bentuk lain.

Kita bangsa Indonesia terbiasa mengabaikan apa yang kita punya. Ketika apa yang kita miliki pada akhirnya terlepas dari kita, baru kita sadar. Begitu pula dengan Sipadan-Ligitan.

Tapi, Sipadan-Ligitan menurut sejarah kepemilikannya bukanlah milik kolonial Belanda. Jejak kaki sejarah disana, Sipadan-Ligitan adalah milik kolonial Inggris. Padahal hasil perjanjian kita dengan kolonial Belanda adalah, bahwa seluruh wilayah jajahan Belanda adalah milik Indonesia, tanah air Indonesia. Lantas bagaimana mungkin kita mau mengakui apa yang bukan milik kita?

Satu hal yang membuat kita seharusnya malu, Sipadan-Ligitan telah lama dikelola oleh masyarakat Malaysia dengan menjadikan penangkaran habitat penyu dan pariwisata. Mereka yang mengelola, dan selama itu kita diam saja. Dan Megawati harus ketiban sial, karena keputusan badan abitrase internasional memutuskan bahwa Malaysia lebih berhak atas Sipadan-Ligitan.

Pertanyaannya, jika kita mengakui ZEE adalah wilayah kita berdasar keputusan lembaga internasional, kenapa kita tak mau menerima keputusan lembaga internasional soal Sipadan-Ligitan? Pikir pakai logika.

Soal Timor-Timur. Bahwa Indonesia hanya diperalat oleh Amerika Serikat untuk membendung paham komunis yang mulai kuat di Timor-Timur, wilayah jajahan yang ditinggal begitu saja oleh Portugal. Maka dari itu, Amerika Serikat mempersilakan Suharto mengirim tentara kesana untuk menganeksasi wilayah tak bertuan tersebut. Tapi ketika kita sudah mati-matian membangun wilayah tersebut, dengan kurang ajarnya Indonesia dipaksa harus keluar. Apa benar Timor-Timur adalah komunis? Baca sejarah Fretilin. Jadi, jangan mengkambinghitamkan Habibie atas lepasnya Timor-Timor, wilayah sampah yang kini menjadi negara kere. Paham wahai kaskuser ngetop?

Apa itu Zona Ekonomi Eksklusif?

Zona Ekonomi Elsklusif atau biasa disingkat ZEE adalah wilayah ekonomi khusus yang dimiliki oleh Indonesia berdasar garis batas wilayah terluar pantai sebuah pulau milik Indonesia sejauh 200 mil laut. Dan ZEE bukanlah teritorial mutlak. Berbeda dengan wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia, ZEE ibarat ladang diluar rumah kita yang kita kelola sebagai harta kekayaan kita.

Lantas bagaimana dengan wilayah teritorial negara Indonesia? Batas teritorial negara Indonesia adalah sejauh 12 mil laut dari garis pantai terluar Indonesia. Itu adalah garis demarkasi yang wajib dijaga habis-habisan. Jika ada kapal perang negara lain masuk wilayah kita tanpa ijin, maka kita berhak mengusir dengan jalan kekerasan. Paham wahai kaskuser ngetop?

Kita Memang Bukan Macan. Kita Adalah Garuda

Bahwa bangsa Indonesia, yang melekat didalam dirinya adalah seekor Garuda, burung perkasa yang sanggup menyerang Rahwana. Kita bukanlah bangsa Harimau atau Macan. Kedua hewan ini sudah melekat pada negara tetangga Malaysia.

Jika TNI sebagai garda terdepan dianggap sebagai macan ompong, itu salah kaprah. Apalagi jika alasannya adalah banyaknya konten berlebihan di dunia maya khususnya Youtube. Harap diingat, bahwa Youtube tidak hanya diisi oleh orang-orang cerdas yang mengedepankan nalar dan logika. Disana juga banyak generasi alay yang berlebihan demi mengejar viewer. Dengan konten-konten yang berlebihan itulah mereka mencari uang. Meskipun jujur kita terkadang malu sekaligus tertawa melihatnya, akan tetapi pada dasarnya mereka mempunyai rasa cinta pada TNI. Dan jika orang mencintai secara berlebihan, maka yang terjadi kadang diluar nalar dan logika, bahkan cenderung tidak rasional dan mendekati 'gila'. Itulah yang terjadi.

Jadi, Youtube tidak bisa dijadikan ukuran bahwa gembar-gembor kehebatan TNI kita adalah sesumbar kosong buatan para prajurit TNI.

Begitulah. Semoga kaskuser yang tersentil disini bisa memahami isi thread ini.

TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?

Narasi adalah tulisan TS.
Foto header diambil dari Google.
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 126 lainnya memberi reputasi
119
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 16
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 02:13
gw pake logika aja ye,, mudah mudahan ente ente bisa liat sudut pandang gw.

logikanya. jika seandainya cina sama indo bakalan pecah tu perang cuma gara gara zona ekonomi, cina bakalan rugi besar juga di sektor ekonomi, sebab orang indo konsumen terbesar produk cina, jadi gak mungkin cina berani nanggepin orang indo, jadi jangan sok jadi warior pengen perang deh, lu idup di indo aja udah yang paling enak, orang begok aja bisa idup makmur di indo, bandingin ama orang cina sana, mereka kalo gak pinter gak bakalan bisa idup di negarannya,, jadi bersyukurlah dan banggalah jadi orang indonesia.
Diubah oleh ronnie158
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
Lapor Hansip
09-01-2020 02:24
Balasan post SainteElme
Quote:Original Posted By SainteElme










Izin quote bray, sebagai seorang yang terlahir di ind, prioritas kita simpel.
3. Nasionalis.
2. Overproud
1. Kang Bohong/Munafik/1000 alasan.

Ngomong pinter tentang nasionalisme (yang terdengar chavunist) saat ditantang saya pingin damai, ngomong pinter tentang kepimimpinan yang benar saat lihat duit langsung ambil, ngomong gak boleh mencuri ah tapi gak masalah kalo udah berkali-kali, ngomong pinter tentang keadilan tetapi melihat semuanya secara bias, ngomong pinter tentang regime ternyata dibayar. emoticon-Hammer


Poto yang bikin jengkel tetangga


lagi ane gak baca tritnya ts, ane pengen liat trit ini kebakaran(rame) aja, dan supaya ts bales semua postingan ente-ente sekalian. emoticon-Big Grin



With utmost respect we call our beloved ts...
@i.am.legend.
om ane pengen liat counter ente. emoticon-Stick Out Tongue


Yang mana yang mesti ane counter gan?
emoticon-Big Grin

Dari post2 yang agan quote, 1 post justru menegaskan soal kekuatan militer kita dibanding China. Gak sebanding.

1 post sampah dari id sampah.
emoticon-Big Grin

2 post katanya katanya anak2 formil. Kalau emang cuma ajang iseng, masa sampai harus maksa ngebongkar SS.

1 post soal kelakuan prajurit indisipliner. Di negara2 lain juga sering seperti itu koq.

Soal Spratly, itu gak ada urusannya sama Indonesia gan. Itu urusannya sama negara ASEAN lainnya. Biarin aja. Toh Malaysia yang sama2 negara ASEAN aja suka ngelunjak sama Indonesia, contohnya di Karang Unarang. Dan itu tentara Malaysia lho. Kalau aja ada perintah tembak, udah ditembak semua itu tentara Malaysia. Padahal tangan Marinir udah gatel buat narik pelatuk.

Soal Spratly juga AS cuma berani caper disana.
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 04:01
gmna dah gwa jg g tau mau tidur ini
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 06:02
Quote:Original Posted By andretarina
Sabar bang, mungkin doi kebanyakan maen Call of Duty emoticon-Malu (S)

btw penjelasannya manteb juga sih.

bukan gimana2, kalo mau ngikut perang ya kita bakal mikir juga. China kan selevel Rusia sama Amrik, kita emang TNI jajarannya kuat2, tapi kalau engga di dukung sama war tech yang mumpuni ya bakalan susah juga.

di hadepin pake pala dingin dulu sih. emoticon-Malu (S)


Bener, jalur diplomasi adalah langkah yg musti dikedepankan. provokasi konfllik wilayah ZEE tdk hanya dialami bangsa ini. bahkan antar negara tetangga yg juga sama2 anggota ASEAN pun kadang terjadi.
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan budyglory memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 08:08
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 08:12
nonton di pojokkan ah
emoticon-linux2

datanglah wahai Pangeran Kegelapan
Diubah oleh night.fury95
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 08:32
kaskuser yg ngetop apa nih?ngetop user atau kreator? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan arisentris. memberi reputasi
2 0
2
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 08:32
Quote:Original Posted By ronnie158
gw pake logika aja ye,, mudah mudahan ente ente bisa liat sudut pandang gw.

logikanya. jika seandainya cina sama indo bakalan pecah tu perang cuma gara gara zona ekonomi, cina bakalan rugi besar juga di sektor ekonomi, sebab orang indo konsumen terbesar produk cina, jadi gak mungkin cina berani nanggepin orang indo, jadi jangan sok jadi warior pengen perang deh, lu idup di indo aja udah yang paling enak, orang begok aja bisa idup makmur di indo, bandingin ama orang cina sana, mereka kalo gak pinter gak bakalan bisa idup di negarannya,, jadi bersyukurlah dan banggalah jadi orang indonesia.


Di sini belajar studi gender, sastra, dll bisa kaya dan mendapat gelar kehormatan jadi dosen, penelitian sana sini. Di china kalau nggak ambil engineering nggak diakui sebagai pria sejati
emoticon-Betty
Diubah oleh maverick4ever
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 08:40
Quote:Original Posted By i.am.legend.
Perasaan gw yang berjejer di id lu itu bata deh. Kenapa jadi cendol ya?
Apa gw kemarin2 salah liat?

emoticon-Hammer2

Sorry, berarti kalau gw salah lempar itu bukan karena sengaja.

emoticon-Ngakak


Gpp. Lempar aja dewakere sama bata gan. Saya jg sering ke dia...emoticon-Leh Uga


Btw, ulasannya bagusemoticon-2 Jempol
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 09:02
mgkn indonesia butuh sekutu yg kuat, biar ada yg bantuin klo ada masalah internasional. malaysia biasanya dibantu inggris krn dulu jajahannya, dan inggris sekutunya as.
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 09:29
Thread sebelah malah cenderung memprovokasi ya gan
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
Lapor Hansip
09-01-2020 09:35
Balasan post malaikatrindu
Quote:Original Posted By malaikatrindu
Nyimak aja dulu ah, terlalu banyak data masuk ke otak dengan info berbeda-beda membuat database yang gak seberapa ini angus emoticon-Smilie


Ya memang itu, makanya kita harus crosscheck lagi apa yg dibaca. Kalo orang Indonesia terlalu biasa baca dari satu sumber, atau asal setuju aja karena orang yg diliat berani, ya wajar aja warga +62 ini gampang terprovokasi emoticon-Big Grin
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 09:36
Coba muncul dong kaskuser ngetopnya, biar langsung perang di thread ini emoticon-Ngakak
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
Lapor Hansip
09-01-2020 10:18
Balasan post gitakemeh
ho oh. batangnya warna ijo. malah ngusirnya udah sekelas penajajah bukan perampok lagi emoticon-Embarrassment
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 11:02
Quote:Original Posted By SainteElme
Izin quote bray, sebagai seorang yang terlahir di ind, prioritas kita simpel.
3. Nasionalis.
2. Overproud
1. Kang Bohong/Munafik/1000 alasan.

Ngomong pinter tentang nasionalisme (yang terdengar chavunist) saat ditantang saya pingin damai, ngomong pinter tentang kepimimpinan yang benar saat lihat duit langsung ambil, ngomong gak boleh mencuri ah tapi gak masalah kalo udah berkali-kali, ngomong pinter tentang keadilan tetapi melihat semuanya secara bias, ngomong pinter tentang regime ternyata dibayar. emoticon-Hammer


Poto yang bikin jengkel tetangga


lagi ane gak baca tritnya ts, ane pengen liat trit ini kebakaran(rame) aja, dan supaya ts bales semua postingan ente-ente sekalian. emoticon-Big Grin



With utmost respect we call our beloved ts...
@i.am.legend.
om ane pengen liat counter ente. emoticon-Stick Out Tongue


Quote:Original Posted By i.am.legend.
Yang mana yang mesti ane counter gan?
emoticon-Big Grin

Dari post2 yang agan quote, 1 post justru menegaskan soal kekuatan militer kita dibanding China. Gak sebanding.

1 post sampah dari id sampah.
emoticon-Big Grin

2 post katanya katanya anak2 formil. Kalau emang cuma ajang iseng, masa sampai harus maksa ngebongkar SS.

1 post soal kelakuan prajurit indisipliner. Di negara2 lain juga sering seperti itu koq.

Soal Spratly, itu gak ada urusannya sama Indonesia gan. Itu urusannya sama negara ASEAN lainnya. Biarin aja. Toh Malaysia yang sama2 negara ASEAN aja suka ngelunjak sama Indonesia, contohnya di Karang Unarang. Dan itu tentara Malaysia lho. Kalau aja ada perintah tembak, udah ditembak semua itu tentara Malaysia. Padahal tangan Marinir udah gatel buat narik pelatuk.

Soal Spratly juga AS cuma berani caper disana.


Numpang nyimeng....

Bakal seru inih... emoticon-linux2
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
Lapor Hansip
09-01-2020 11:04
Balasan post tanah.liat
Quote:Original Posted By tanah.liat




Numpang nyimeng....

Bakal seru inih... emoticon-linux2


Gw nunggu ente masuk.
Lama amir.

emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SainteElme dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 11:43
Quote:Original Posted By i.am.legend.
Gw nunggu ente masuk.
Lama amir.

emoticon-Cape d... (S)


Gimana ya kong...
Kita emang bukan macan ompong... tapi garuda...
Cuman lawan kita itu F16.... emoticon-Malu
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 11:50
menurut gw si thread ini bukan masuk kategori FAKTA ya...yang gw sebel gw diarahin sama TSnya biar gw sepemahaman sama opini dia

sama sekali ga ngebuka wawasan gw
wahahaha

karena gw tipe orang yang selalu belajar
Diubah oleh budyglory
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
TNI Diremehkan Kaskuser Ngetop Dalam Kasus Natuna?
09-01-2020 11:51
TS nya kan klon davinof, eh.... emoticon-Big Grin
Diubah oleh co.id.
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Halaman 13 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia