2754300Avatar border
TS
2754300
Ingat Ryan Jombang? Lebih Sadis dari Reynhard Sinaga, Setubuhi 11 Sesama Pria Lalu
TRIBUNNEWS.COM -  Ingat Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang? Kasus Reynhard Sinaga asal Indonesia yang hebohkan Inggris karena kasus pemerkosaan berantai terhadap 193 pria kembali mengingatkan pada kejahatan seksual Ryan Jombang.
Ryan Jombang tak hanya menyetubuhi 11 korban sesama pria, juga sekaligus menghabisi nyawanya dan menguburkan di belakang rumah orangtuanya.
Kasus Reynhard Sinaga asal Indonesia yang divonis penjara seumur hidup karena merudapaksa 190 pria dalam kondisi tak sadar karena bius dicampur minuman memang sedang menghebohkan Inggris.

Namun jauh sebelum kasus tersebut, Indonesia pernah heboh oleh kasus 'Ryan Jombang, penyuka sesama cowok hingga 11 pria, sekaligus membunuhnya.
Pelakunya, Very Idham Henyansyah atau sering disebut Ryan Jombang
Setahun silam kondisinya Ryan Jombang dikabarkan  berubah total, dari seorang pembunuh kejam menjadi sosok taat beribadah.
Perubahan ini tampak dari keseharian Ryan Jombang yang menjalani vonis penjara karena perbuatannya. 

Nama Ryan, setidaknya di Indonesia, akan dikenang sama kejam dan sama jahatnya dengan Jack the Ripper, Ted Bundy, dan kawan-kawannya, para pembunuh berantai dunia. 
Namun, mengutip psikolog Ratih Ibrahim, seperti pernah ditulis Intisari (grup Surya.co.id) September 2008, upaya untuk memahami Ryan mestinya tidak sebatas mengenal paket lengkap Ryan saja. 
Tak hanya sosoknya, masa kecilnya, kerabatnya, korban-korbannya, kita juga harus mengenali Ryan sebagai anggota kelompok masyarakat berperbuatan dan berkarakter serupa. 
Pendek kata, memahami dinamika Ryan sebagai seorang psikopat atau pembunuh berantai (kalau memang ia bisa digolongkan sebagai pembunuh berantai), jauh lebih penting daripada sekadar mensyukuri hukuman mati (jika itu vonisnya) buat tukang jagal dari Desa Jatiwates, Jombang, Jawa Timur, ini.

Kronologi kasus

Tahun 2008, hampir tiada hari tanpa pemberitaan tentang Verry Idham Henryansah alias Ryan yang kala itu berudia 34 tahun.

Ryan menjadi tersangka pembunuhan 11 orang di Jombang dan Jakarta.

Paling tidak, pemberitaan yang "berlebih" itu telah menguak sedikit siapa sosok Ryan dan siapa saja sosok 11 korban yang "dihabisi" di Jakarta (satu orang) dan di Jombang (10 orang).

Bahkan, motif pembunuhan berantai juga sudah terkuak yakni cemburu dan materi/ekonomi.

Motif cemburu terungkap dalam kasus mutilasi terhadap teman dekatnya Heri Santoso hingga tujuh potongan di Depok, lalu dibuang di Jl Kebagusan, Jakarta (12/7/2008).

Sementara itu, dalam kasus pembunuhan 10 orang di belakang rumah orangtua Ryan di desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, kabupaten Jombang, Jatim, selama kurun 2006-2008 terbukti bermotif materi/ekonomi.
"Motifnya memang keinginan seketika untuk menguasai barang-barang milik korban, tapi Ryan tak selalu lancar mewujudkan keinginan seketika itu," kata Direskrim Polda Jatim Kombes Pol Rusli Nasution kala itu di Surabaya (31/7/2008), seperti dilansir Surya.co.id kantor berita Antara. 
Dalam konferensi pers bersama psikiater Polda Jatim AKBP dr Roni Subagio, Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Rudy Herdisampurno, dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Pudji Astuti, ia menyatakan tiga korban Ryan sempat melawan.

"Ada tiga korban yang sempat berantem dengan Ryan yaitu Vincentius Yudi Priono (Wonogiri, Jateng), Guruh Setio Pramono (Nganjuk, Jatim), dan seseorang yang disebutnya Graddy (marga Tambunan, Manado)," katanya. 

Menurut dia, korban umumnya dikenal Ryan, tapi mereka bertemu di berbagai tempat, kemudian diajaknya ke rumahnya di Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

"Ada yang bertemu di Surabaya, ada yang di Jombang. Hanya satu yang tak dikenal yakni satu korban yang Ryan sendiri tidak hafal namanya, yakni korban yang diduga dibunuh pertama kali pada 2006," katanya.


Dalam proses pembunuhan, katanya, ada korban yang dibunuh malam hingga dinihari, tapi ada juga yang dibunuh siang hari.

"Mereka umumnya mudah dirayu Ryan, karena ada rasa cinta, termasuk ada juga korban wanita yang mencintainya," katanya.
Korban Ryan di Jombang adalah Ariel Somba Sitanggang (Jakarta), Vincentius Yudhi Priono (Wonogiri, Jateng), Guruh Setio Pramono (Nganjuk, Jatim), dan Graddy (marga Tambunan, Manado, namun keluarga belum teridentifikasi). Selain itu, Agustinus alias Wawan (28), Muhammad Akhsoni alias Soni (29), Zainal Abidin alias Jeki (21), Nanik Hidayati (23) dengan anaknya Silvia Ramadani Putri (3), dan seorang lagi tak dikenal (dibunuh pertama kali pada tahun 2006).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ingat Ryan Jombang? Lebih Sadis dari Reynhard Sinaga, Setubuhi 11 Sesama Pria Lalu Menghabisi Nyawa, https://www.tribunnews.com/nasional/...nghabisi-nyawa.

Editor: Agung Budi Santoso





 

doi lulusan pesantren & rajin beribadah lho emoticon-Genit



sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
3.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.