News
Batal
KATEGORI
link has been copied
178
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e13fce8f4d69557480416cc/anies-sebut-kemang-tidak-banjir-faktanya-terendam-2-meter
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim mayoritas wilayah Jakarta tidak tergenang banjir pasca hujan deras pada Rabu (1/1/2020) lalu. Dia menyebut sebanyak 85 persen wilayah Jakarta tidak dilanda banjir, salah satunya wilayah Kemang, Jakarta Selatan.
Lapor Hansip
07-01-2020 10:37

Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter

Past Hot Thread
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter

JAKARTA,KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim mayoritas wilayah Jakarta tidak tergenang banjir pasca hujan deras pada Rabu (1/1/2020) lalu. Dia menyebut sebanyak 85 persen wilayah Jakarta tidak dilanda banjir, salah satunya wilayah Kemang, Jakarta Selatan.

Hal tersebut dikarenakan pompa air di kawasan tersebut bekerja dengan baik. "Hujan yang sedemikian deras, tapi kenapa Kemang tidak banjir, karena pompa mobile kami bekerja di Kemang Raya," kata Anies saat ditemui di Kelurahan Makasar, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020). "Karena itu, alhamdulillah 85 persen wilayah Jakarta aman. Ada 15 persen yang terdampak dan 15 persen itu ada di bawah 1 persen yang ketinggian airnya di atas 1,5 meter. Artinya secara sistem, kesiapan kita alhamdulillah baik," lanjutnya.


Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).(Dokumen pribadi Bambang Soesatyo )



Namun, pernyataan Anies berbeda dengan fakta di lapangan.
Data Kompas.com, banjir sempat melanda kawasan Kemang beberapa saat setelah hujan deras datang. 
Salah satunya Jalan Kemang Timur. Hery selaku warga setempat kala itu menjelaskan bahwa kawasan rumahnya sempat diterjang banjir setinggi 2 meter lebih. Kondisi air setinggi itu terjadi pada Rabu pukul 08.00 WIB. "Dari pukul 03.00 pagi air memang sudah masuk karena hujan deras kan, tapi semakin lama kok semakin tinggi. Pukul 08.00 saya lihat air sudah setinggi 2 meter," ucap dia saat ditemui di lokasi rumahnya, (2/1/2020) Beruntung Hery sudah bergerak cepat untuk memindah barang berharga ke lantai atas. Dia dan kelima anaknya berhasil mengungsi ke permukiman yang lebih tinggi. "Airnya juga deras banget. Saya berenang keluar saja susah," ucap Hery yang tinggal tepat di samping kali Mampang ini. Baca juga: Air Sempat Capai 2 Meter, Banjir di Permukiman Kemang Mulai Surut Hal sama juga dikatakan Ilham.

Salah satu pegawai rumah tangga di salah satu rumah mewah di kawasan tersebut juga mengatakan hal yang sama. Bahkan ruang tamu sempat direndam air setinggi 1 meter lebih. "Sampai segini (sambil menunjuk perutnya). Wah kalau di jalan sampai ke pundak," kata Ilham. "Ini banjir terparah. Terakhir paling parah tahun 2007," ucap dia. Bukan hanya di kawasan Jalan Kemang Timur V, banjir juga terjadi di perkampungan Hongkongbeng RT 003 RW 002 Jalan Kemang X, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Rabu (1/1/2020).

Saat itu, warga setempat berharap adanya bantuan perahu karet untuk evakuasi. "Banjirnya parah, tinggal genteng doang. Warga banyak tidak bisa keluar karena kedalamannya sudah tinggi. Kita butuh bantuan perahu karet," ujar salah satu warga setempat, Taufik (30), kepada Kompas.com ketika ditemui ketika banjir pada Rabu (1/1/2020).
Menurut Taufik, kenaikan air yang terjadi di wilayah tempat tinggalnya sejak pukul 04.00 WIB. "Sebagian warga yang tak sempat mengevakuasi diri terjebak di dalam rumah mereka. Karena lampu dipadamkan jadi enggak bisa keluar rumah," ucap dia.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, Anies sempat mengunjungi dapur posko banjir di kawasan Kemang Utara. Di sana dia sempat menengok kondisi warga yang jadi korban Banjir. "Kita apresiasi masyarakat yang telah secara langsung membantu, mengelola secara swadaya dampak dari kebanjiran ini," ujarnya di Jakarta, Rabu (1/1/2020). Anies berpesan kepada para warga apabila membutuhkan bantuan bisa menghubungi Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi beban korban banjir. "Terkena banjir saja adalah masalah rumit jadi kita ingin mengurangi beban masalah dan malam hari ini saya instruksikan untuk merespons cepat," jelasnya.


Penulis : Walda Marison
Editor : Sandro Gatra


Sumur barokah
--------------------------------------

Menurut Anies, Kemang tidak banjir, karena menurut beliau, itu hanya genangan air, kalo 2.1 meter itu baru disebut banjir

Manis katanya, bahagia warganya



profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewa67 dan 55 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 10
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:35
yang sabar aja hadapi pemimpin kek gitu warga jakarta ya

emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
njir dan rasyahhh memberi reputasi
1 1
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:35
yaaa kan sudah ada predikatnya...
gubernur terbodo*...
saking bodo*nya...
itu aer 2 meter kagak keliatan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:36
Quote:Original Posted By 37sanchi
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter


Anjay emoticon-Wkwkwk


Aamiin in gak neh emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
njir dan rasyahhh memberi reputasi
1 1
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
Lapor Hansip
08-01-2020 11:39
Balasan post 37sanchi
Amin ya Allah
Diubah oleh mandatini
profile-picture
profile-picture
njir dan rasyahhh memberi reputasi
1 1
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:41
ini seriusan yg kena cuma 15%?
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:41
jakarta itu mau di bikin waterworld..


cebong mana paham..

emoticon-Jangan ribut disini

emoticon-Malu

Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:45
orang bekas pecatan krn krj nya gak bener lalu dipilih lg ya, hasil nya ga bakal bener..
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:45
kebayang deh dampak korban tahun ini.. ikut prihati
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:46
hahaha ga abis2 bahas manusia satu ini
Diubah oleh lingkarusak
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:46
bahagia warganya

kata2 diatas kok selalu bikin ane antara sedih + ketawa ya, maap2 nih emoticon-Big Grin
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:46
matanya ketutupan taik emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1 0
1
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:47
Yg gw heran.

Udah tahu kondisi jakarta lagi kena musibah.
Kok masih belum ada wacana pelantikan wagub baru.

Padahal kalo ada wagub baru seenggaknya spotlight pemberitaan media bakal terbagi 2.

Yg satu nyalahin gubernur
Yg satu nyalahin wagub.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
gojira48 memberi reputasi
1 0
1
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:48
ini kayanya cara dia deh biar makin disorot media terus buat pilpres 24 emoticon-Big Grin
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:51
Wan Abud wan Abud. 😅😂🤣 ngelucu mulu kau.

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:54
Quote:Original Posted By 37sanchi
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter


waduh emoticon-Ngakak
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:58
Quote:Original Posted By 37sanchi
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter


Ikut aminin..
Amin Ya Allah..
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:58
emoticon-Wkwkwk lebih seru baca komenannya ketimbang isi tritnya hahaha
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 11:59
emang ngga banjir, itu hanya genangan air saja
profile-picture
putramahesa memberi reputasi
0 1
-1
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 12:00
abis gitu, apa sih komen "gabener rasa presiden" ini?

meralat atau masih ngeles lagi?

gila, warga Kemang bilang banjir, si kepala daerah bilang santuyy, no water-water kececeran
Diubah oleh njie89
0 0
0
Anies Sebut Kemang Tidak Banjir, Faktanya Terendam 2 Meter
08-01-2020 12:03
Yang begini mau jadi pleciden? Ane yakin banget dia tau persis kalo kemang banjir, tapi dia lebih milih untuk lari dari kenyataan. Mana ada bakal pleciden yg punya attitude buruk kayak gitu? Beneran bubar ini indo kalo punya pleciden cem wan aibon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Halaman 3 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia