• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kasus NMAX Terjang Banjir, Mesin Kena Water Hammer Sampai Setang Piston Bengkok

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Kasus NMAX Terjang Banjir, Mesin Kena Water Hammer Sampai Setang Piston Bengkok
Sakit gak berdarah, itulah kata-kata yang pantas dilayangkan untuk pemilik motor Yamaha NMAX satu ini. 

Belakangan curah hujan yang sangat tinggi mengguyur jalanan ibu kota dalam rentang waktu yang hampir setiap hari ini mengakibatkan sejumlah banjir di beberapa wilayah.

Motor yang nekat menerobos banjir banyak mengalami mogok jika tinggi banjir yang dilibas melebihi lubang knalpot dan box filter udara.

Alhasil bukan hanya merendam setengah motor, air juga bisa masuk sampai ke ruang bakar mesin, Jika kondisi ini diteruskan bahaya water hammer akan merusak komponen jeroan mesin motor yang ada didalamnya. 


Seperti nasib apes yang dialami pemilik Yamaha NMAX. Ia terpaksa harus merogoh gocek dalam-dalam untuk menyelamatkan kondisi motornya yang terlanjur kena efek water hammer.

Andybet Yasnur Supa menyesal telah menerobos banijr yang menyebabkan setang piston motor miliknya bengkok.

Salahnya disini, setelah motornya dipaksa melintas jalanan banjir dan mogok…dirinya langsung memaksa motornya untuk distater dan dihidupkan. Padahal jika motor mogok karena banjir lebih baik jangan langsung dihidupkan, apalagi kalau motor sudah terendam melebihi lubang knalpot dan sampai merembes masuk kedalam box filter udara.

Kemudian motor milik Andy dibawa ke bengkel untuk dibongkar apa masalah yang terjadi di motornya. Pertama motor dibongkar dan dicek jika dynamo masih normal gak ada masalah. Namun yang dikeluhkan adalah kondisi putaran ban agak berat.

Kemudian box CVT dibongkar dan diketahui jika pulley set nempel hingga setang piston sudah dalam kondisi bengkok.


Mekanik bengkel kemudian mengatakan jika biaya perbaikan mencapai Rp 700 ribu sudah termasuk ongkos dan setang piston tapi belum komponen yang lain.

Andy mengaku jika motornya dipaksa melibas jalanan banjir di wilayah kolong Pasar Ciputat, Tangerang Selatan pada Kamis (2/1/2020) kemarin.

Beginilah jika motor setelah terendam banjir dipaksa dihidupkan, dikhawatirkan ada air yang masuk kedalam ruang bakar mesin dan dapat mengakibatkan water hammer. Alhasil jika komponen yang didalamnya rusak, pemilik harus rela merogoh gocek dalam-dalam untuk memperbaikinya.

Referensi : motorplus-online.com(3/1/2020).
cor7
nona212
tien212700
tien212700 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
20.4K
216
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.