AkuSedih
TS
AkuSedih
Sang Penantang Tiba, Akankah N-Max Tetap Menjadi Jawara?


Seakan tidak ingin membiarkan "tahta" skutik premium yang selama ini digenggam oleh Yamaha dengan N-Max, Honda menjawab tantangan dengan mengeluarkan mesin dengan spesifikasi baru, SH150i.

Sebelumnya kita melihat Yamaha bangga dan terus menyuarakan keunggulan mesin 4 katup VVA mereka, Honda mulai bergerak. Pergerakan dimulai dengan memperkenalkan new engine lewat produk terlaris Eropa yakni SH150i yang kini sudah dibekali mesin 4 katup menggantikan 2 katup yang dirasa sudah ketinggalan, meskipun masih cukup mumpuni.


Honda resmi merilis new SH150i dengan mesin baru yakni SOHC 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power) di Eropa. Mesin ini diklaim lebih kencang dengan top speed jauh lebih tinggi namun tetap irit bahan bakar. Honda mengklaim dari testing internal, mesin yang memiliki kubikasi 156.9cc ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menjelajah 43,5 km, juga sudah menjejali fitur Traction control pada SH150i disebut sebagai Honda Selectable Torque Control (HSTC), SH150i Eropa memiliki fitur yang memungkinkan ban belakang terkontrol agar tidak selip. Artinya secara global mesin 150cc skutik yang memiliki traction control tidak hanya NMAX sebab Honda ternyata juga merilis new SH150 dengan HSTC hanya berselang dua hari setelah new NMax dirilis ( NMax 2 Desember, SH150 4 Desember).


Mesin yang secara spek ternyata sukses kalahkan NMax, dengan ledakan power atas yang tembus 11,9KW pada 8500 RPM. Jika kita konversi ke PS jatuhnya adalah 16,1PS. Angka ini lumayan drastis.

Bandingkan dengan power new NMax 155 2020 yang bermain dikisaran 11,3KW pada 8000RPPM. Jika kita konversi ke PS power New NMax 155 berada dikisaran 15,3PS.

Terus gimana dengan torsi?  


Untuk torsi mesin baru 4 katup Honda mampu menghasilkan angka 14.2Nm @6500RPM. Angka ini ternyata juga unggul dari new NMAX 155 yang memiliki torsi sebesar 13,9NM @6500RPM.

Kendati tanpa embel-embel VVA ataupun Vtech pabrikan sayap mengepak sukses menunjukkan tajinya sebagai master dimesin 4 tak. Kenapa ? sebab dengan spek tersebut ternyata SH150i sudah Euro 5.

Kok bisa ya? Padahal Euro 5 terkenal tidak bersahabat untuk performa akibat aturan emisi gas buang yang sangat ketat.


Mesin yang diklaim menggunakan “Low-friction technologies” ini disinyalir akan menjadi basis mesin untuk semua skutik 150cc Honda dimasa depan. Persaingan yang pelan-pelan akan merusak klaim ” 4 katup” sebagai andalan bahasa strategi marketing sebab dimasa depan kedua pabrikan diprediksi akan menganut mesin yang sama.


Akan semakin panas nih kasta skutik berbody agak besar.

Sumber :  di sini

anonymcoy02nona212tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
14
19K
185
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.