hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Suara Auman Anjing Raksasa dari Samudera Pasifik Terdengar di Aceh, Ini Faktanya!
Quote:


Belakangan ini warganet dikejutkan dengan narasi yang menyebut bahwa telah terdengar suara auman anjing yang menyerupai raksasa dari Samudera Pasifik. Menurut informasi yang dibagikan oleh pengguna Facebook bernama “Babang Azan Bochel”, suara tersebut terdengar di Aceh pada pukul 05:00 waktu setempat.

Dalam informasinya, pengguna Facebook tersebut juga menyatakan bahwa fenomena tersebut diartikan sebagai pertanda Dajal yang berusaha naik ke dunia.




Sontak, narasi tersebut menjadi viral di kalangan warganet. Meskipun telah beredar sejak 15 Oktober 2018, narasi mengenai hal tersebut belakangan ini kembali ramai dibagikan oleh warganet.

Lantas, bagaimana kebenaran informasi tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan informasi yang menyebut bahwa suara auman anjing raksasa yang berasal dari Samudera Pasifik dan terdengar di Aceh merupakan narasi yang keliru alias hoax.

Hal tersebut dikarenakan Samudera Pasifik lebih dekat dengan kawasan timur Indonesia. Dan, semakin tidak masuk diakal jika hanya terdengar di Aceh yang berada di wilayah barat Indonesia. Dari sini saja sebenarnya sudah bisa dideteksi unsur hoax dalam narasi tersebut.

Disamping itu, fenomena terdengarnya suara aneh yang berasal dari Samudera Pasifik bisa dijelaskan secara ilmiah. Dilansir dari artikel di situs Merdeka.compada 1 November 2013, suara aneh tersebut sudah pernah terdeteksi oleh ilmuwan pada tahun 1997. Mengingat teknologi pada saat itu belum canggih dan tidak dapat ditemukan informasi apapun terkait suara tersebut, akhirnya banyak yang mengira bahwa suara itu berasal dari monster laut.

Sebenarnya, suara tersebut tidak dapat didengarkan secara langsung oleh manusia karena frekuensinya sangat rendah. Untuk menelitinya, ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) merekam suara itu dengan bantuan penangkap suara khusus.

Misteri mengenai suara yang dikenal dengan nama bloop tersebut baru terpecahkan pada 2013. Dikutip dari Wired, menurut seismolog Robert Dziak, bloop merupakan suara yang ditimbulkan dari pecahnya lempengan es di dasar lautan.

Dziak berani menyimpulkan bahwa bloop bukan suara monster laut, melainkan hanya aktivitas pecahnya gugusan es, karena karakteristik frekuensi dan durasi waktu keluarnya suara tersebut sama persis dengan sinyal pecahnya gugusan es yang pernah direkam di Antartika.


KESIMPULAN
Berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan oleh Hansip Hoax, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan bahwa di Aceh terdengar suara auman anjing raksasa yang berasal dari Samudera Pasifik merupakan informasi yang salah alias hoax. Sebenarnya jika berkaca pada pandangan ahli gempa bumi, suara aneh yang terdengar di Samudera Pasifik merupakan suara pecahnya lempengan es.

Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.


SUMBER
Tempo.co

Diubah oleh hansiphoax 06-01-2020 09:14
sebelahblog
4iinch
junleon
junleon dan 42 lainnya memberi reputasi
39
32.5K
234
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.