mbakendutAvatar border
TS
mbakendut
Kepoin Istilah Unik K-Popers? Ada yang Bikin Geleng-Geleng!


Penggemar K-Poppunya istilah-istilah khusus yang cuma kalangan mereka saja yang tau. Bagi non K-Popers, mungkin bakal melongo nggak ngerti, soalnya emang istilah mereka mayoritas berbahasa Korea dan berbahasa Inggris. Jadi, buat yang bener-bener nggak update soal K-Pop, nggak bakal ngeh.

Emang rada nggak penting sihemoticon-Ngakak (S), tapi ini bisa jadi pengetahuan umum buat Agan dan Sista biar nggak kudet-kudet amat. So, nggak ada salahnya, kan? Soalnya kita juga bisa belajar bahasa dari istilah-istilah ini.

Berikut ane rangkum beberapa istilah yang secara umum sering terlontar dari mulut K-Popers.

1. Fandom dan Lightstick


Fandomsebenarnya sama saja dengan fansclub. Semua artis di dunia ini tentunya punya fansclub atau basis penggemar masing-masing. Misal kalian nanya sama salah satu K-Popers, "Kamu dari fandom apa?" Mereka bakal jawab sesuai dengan nama fandom dari grup idola masing-masing. Misal ARMY, fandom dari BTS atau BLINK, fandom dari Blackpink.

Nah, agar tiap-tiap fandom mudah dikenali, diciptakanlah lightstick. Biasanya lightstick dirilis official dari idol atau pihak agensi yang bersangkutan. Jika ada fans yang berinisiatif untuk membuat sendiri juga tak masalah, asal tau caranyaemoticon-Big Grin.



Lightstickbagi K-Popers ialah alat yang wajib dibawa ketika idol mereka konser, fansign, atau live performance.

2. Bias dan Ultimate Bias


"Siapa biasmu?"Itulah pertanyaan yang biasa diajukan oleh K-Popers ke sesama mereka. Nah, bias ialah orang yang digemari dari suatu grup idola K-Pop. Ada juga istilah ultimate bias yakni idola utama. K-Popers memang biasanya punya banyak idola tapi cuma satu yang paling utama. Misalnya mengidolakan Baekhyun EXO dan V BTS. Namun, cuma satu yang paling diutamakan, yakni V BTS.

3. Maknae


Maknaeadalah anggota termuda dari suatu idolgroup. Menariknya, maknae itu biasanya memiliki kemampuan yang lebih baik dari anggota yang lebih tua darinya. Misal Jungkook BTS yang dijuluki Golden Maknae karena kemampuan yang dimilikinya alias multitalent.

Ada juga istilah maknae line yang merujuk pada anggota-anggota termuda dari suatu grup. Misal Blackpink punya Lisa dan Rose di maknae line.

4. Sasaeng


Faktanya, hampir semua idola K-Poppunya sasaeng atau penggemar garis keras. Apakah para idol tersebut respect pada sasaeng mereka? Jawabannya tidak. Dapat dikatakan jika sasaeng adalah orang atau sekelompok orang yang mampu mengganggu ketenangan dan kehidupan pribadi sang idola.

Sasaeng sangat suka mengikuti aktivitas si artis dan bisa menganggu. Misal baru-baru ini, V BTS sempat dibuat ketakutan karena ulah sasaeng yang sengaja memesan tempat duduk di sampingnya ketika naik pesawat. Dapat dikatakan, sasaeng sangat terobsesi hingga rela melakukan apa saja demi dekat dengan sang idolaemoticon-Hammer (S).

5. Shipper dan Fujoshi


Nge-shipatau memasangkan adalah salah satu aktivitas mengasyikkan bagi fans tertentu. Entah sejak kapan istilah tersebut ini tercipta, tapi shipper, istilah khusus bagi mereka yang masangin idola tertentu cukup mewabah di kalangan K-Popers. Imajinasi yang luar biasa ini emang bikin geleng-gelengemoticon-Ngakak (S).

Misal, shipper yang cukup terkenal saat ini adalah Taerin Shipper, sebutan untuk mereka yang memasangkan Taehyung/V BTS dengan Irene Red Velvet. Padahal di kehidupan nyata, V dan Irene tidak dekat. Ship yang lagi naik daun dan punya shipper sejati yakni Lizkook alias Lisa Blackpink dan Jungkook BTS. Lagi-lagi di kehidupan nyata, 2 maknae tidak dekat sama sekali.



Faktanya, shipperjuga punya fujoshi yang cukup meresahkan. Fujoshi termasuk penganut yaoi shipper, yakni menyukai jika 2 idola cowok mereka yang mesra-mesraan layaknya gay dan mengharapkan hubungan mereka lebih dari sekadar temanemoticon-Hammer (S). Padahal, skinship di Korsel apalagi artisnya merupakan hal lumrah atau istilahnya bromance.


Itulah beberapa istilah yang sering dipakai oleh kalangan K-Popers. Sebenarnya masih banyak, tapi ane cuma ngulas beberapa yang umum digunakan. Bagaimana menurut Agan dan Sista? Silakan berkomentaremoticon-Kiss (S).


Referensi:
Narasi pribadi, kapanlagi.com, today.line
swiitdebby
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3.1K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.