Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Pertolongan Pertama Pada Mobil yang Terendam Banjir

Awal tahun 2020 ini diawali dengan bencana banjir yang menimpa beberapa daerah di Indonesia, khususnya daerah sekitar Jabodetabek. Hujan deras yang mengguyur daerah tersebut hampir seharian penuh, mulai dari malam tahun baru hingga hari pertama di tahun 2020. Tingginya air membuat akses jalan menjadi terhambat dan beberapa kendaraan juga ikut terbawa arus. 

Salah satu kejadian yang cukup viral adalah sebuah mobil sedan BMW kebawa arus, yang kemudian mobil tersebut tersangkut di sebuah pohon. Ini terjadi karena tinggi dan derasnya arus banjir yang melanda daerah tersebut. Genangan air ini tentunya akan berdampak buruk pada mobil. Oleh karena itu, untuk menghindari dampak tersebut, pertolongan pertama bisa dilakukan oleh si pemilik:

Matikan atau putuskan sistem kelistrikan pada mobil
Pertolongan Pertama Pada Mobil yang Terendam Banjir

Sama halnya pada pemukiman yang terkena banjir, hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta PLN untuk memutuskan arus listrik di daerah tersebut. Tujuannya adalah untuk menghindari adanya korsleting atau adanya arus yang mengalir lewat genangan air. Ini pun juga berlaku pada mobil yang tergenang air. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutus atau melepaskan penghubung kabel plus dan minus pada aki mobil. Ditakutkan nantinya air naik sampai ke bagian mesin atau aki. Ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya korsleting.

Sebisa mungkin foto mobil yang lagi tergenang air

Jika kondisi memungkinkan, upayakan untuk mengambil gambar mobil dari berbagai sisi. Ini berguna sebagai alat untuk penguat ketika pemilik hendak mengajukan klaim kerusakan akibat banjir ke pihak asuransi. Ini juga bisa jadi gambaran bagi orang bengkel ketika mobil tersebut hendak diperbaiki atau di service.

Lepaskan rem tangan
Pertolongan Pertama Pada Mobil yang Terendam Banjir

Pada saat mobil lagi tergenang air, hendaklah segera melepaskan rem tangan pada mobil. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kampas rem yang menempel dengan plat tromol atau cakram. Sebagai gantinya, pemiliki mobil bisa memasukkan gigi 1 untuk mobil manual atau posisikan transmisi pada P untuk mobil matic.

Jangan coba – coba nyalain mesin hingga mobil benar – benar kering
Pertolongan Pertama Pada Mobil yang Terendam Banjir

Jika mobil terendam hampir seluruh bagian bodi dan air sudah sampai ke bagian dashboard, maka jangan sesekali langsung nyalain mesin mobil. Tunggu dulu kondisi mobil hingga kering. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya water hammer yang bisa membuat mesin mobil jebol. Water hammer adalah kondisi dimana adanya air yang masuk lewat lubang asupan udara ke dalam ruang bakar. Pada saat mobil langsung dinyalakan, maka piston akan memukul air tersebut dan mengakibatkan tekanan di ruang bakar mejadi besar. Ini akan membuat setang piston menjadi bengkok dan mesin mobil akan jebol

Cek pelumas
Pertolongan Pertama Pada Mobil yang Terendam Banjir

Selanjutnya cek kondisi pelumas mesin melalui dipstick. Pengecekan ini dilakukan untuk melihat jejak air pada sistem lubrikasi. Jika pelumas udah tercampur dengan air, maka jangan coba – coba untuk menyalakan mesin. Jika menemukan warna pelumas masih berwarna kuning kehitaman, maka pelumas tersebut tidak tercampur dengan air, namun jika warnanya putih dan berbusa, maka lebih baik segeralah ganti pelumas dengan yang baru.



agusn6778
nona212
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.