others
Batal
link has been copied
3340
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b83adab947868ae1e8b4568/clean-anda-bertanya-sufisalik-menjawab---part-2
Tasawuf Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi. Sufi Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan ro
Lapor Hansip
27-08-2018 14:52

[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab

Tasawuf

Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi.


Sufi

Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi [orang suci] akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan rohaniah telah matang dan yang kehidupannya tidak lagi membutuhkan dan melekat kepada dunia dan segala isinya, kecuali untuk kebutuhan dasarnya saja.

Sufi dalam konteks ini diamalkan sebagai cara sejati untuk memurnikan jiwa dan hati, mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada SorgaNya [menjauhi dunia]. Di agama Budha, dikenal sebagai tahap arupadatu [berbeda dengan kamadatu/kamasutra], di agama Nasrani dikenal sebagai biarawan/ biarawati sebagai cara menjalani kehendak Tuhan secara full/penuh dan memerdekakan diri dari budak kesenangan dunia dst.

Salik

Seorang salik adalah seseorang yang menjalani disiplin spiritual dalam menempuh jalan sufisme Islam untuk membersihkan dan memurnikan jiwanya, yang disebut juga dengan jalan suluk. Dengan kata lain, seorang salik adalah seorang penempuh jalan suluk. Seorang salik yang mencapai tahapan makrifat disebut sufi.

Mursyid


Mursyid adalah sebutan untuk seorang guru pembimbing dalam dunia thoriqoh/tarekat, yang telah memperoleh izin dan ijazah dari guru mursyid diatasnya yang terus bersambung sampai kepada guru mursyid Shohibuth Thoriqoh yang musalsal dari Rasulullah SAW untuk mentalqin dzikir/ wirid thoriqoh kepada orang-orang yang datang meminta bimbingannya (murid)

Jiwa yang merdeka dari KHM.Luqman Hakim



Rule
1. Mohon santun dalam berdiskusi
2. Untuk pertanyaan mengenai Fiqih dan kesahihan hadist silahkan ke ABMM
3. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai ayat al-Qur'an silahkan ke ABQM
4. Semua kaskuser baik yang Theist maupun Atheist diterima di sini emoticon-Smilie
5. Mohon maaf jika saya maupun sahabat-sahabat salik/sufi lainnya lama dalam merespon dikarenakan kesibukan di RL
profile-picture
profile-picture
anakjahanam721 dan culajava memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 102 dari 111
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 11:38
Quote:Original Posted By exzca
Mas rimung kebencian / kemarahan etc... itu berasal dari source yg sama? Terima kasih


iseng jwb.

beda.

sama2
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 12:28
Quote:Original Posted By odysius.

Mana berani saya pdkt, karena mereka milik haji.nganemoticon-Leh Uga

Mereka?emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By proxymighty


iseng jwb.

beda.

sama2


emoticon-Smilie
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 12:56
Quote:Original Posted By odysius.
Umar bin khatab pernah menangis tersedu2 dan sangat keras saat sholat membaca ayat AQ yg mengisahkan kesedihan yaqub atas hilangnya yusuf

https://islam.nu.or.id/post/read/877...ar-bin-khattab

Ada beberapa hadis juga bikin saya terharu
Ndak sampe nangis sesunggukan sih tapi air mata keluar aja


Sy prnh nangis pas baca ayat cm itu pas lg sedih dan tau2 tiba2 pas baca suatu ayat merasa dkt sm Allah, trs prnh ngerasa "deggg" baca suatu ayat itu biasanya krn merasa pas Allah jawab prtanyaan sy pdhl ayatnya siy kaya mainstream aja yg suka dibaca cm ya suka gitu kdg bs jd jwban masalah yg ga bs sy merasa puas dpt jwbn dr manusia2...entah klo "degg"itu sama ga dgn "syuuur " hati bergetar ga ya...emoticon-linux2 beda lah ya, satu deg satu syur..emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By odysius.
Mana berani saya pdkt, karena mereka milik haji.nganemoticon-Leh Uga


Ngakak jadinya emoticon-Leh Uga
Diubah oleh AnakCucuAdamAs
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 13:13
Quote:Original Posted By exzca
Mereka?emoticon-Bingung (S)

Pasti dikira selfi aja yg cewe ya..emoticon-Big Grin
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 15:09
kayanya seru, ninggalin jejak dulu
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 18:52
Quote:Original Posted By True.s4m1ns

Ya cukup lahh..
emoticon-Matabelo

_
hasil itu tergantung awal..
Amal pun tergantung niat...

Trus..
Emang kalau ngumpat ama bibit kawarij udah mule ilang di DC...

Apa gunanya lagee..
emoticon-Bingung

Hadist ama alfatehah kan bisa ente gugling sendiri... !!!
Bisa baca sendri !!!
emoticon-Marah
==
Okay..

Yg gw liat..
dan masih rada mengganjal.. sih
Disini..

Dan sulit diterangkan..
emoticon-Bingung

Cuma ada kesalah pahaman kecil tentang thariqat... disini..

Tariqat itu sebenernya bukan ilmu..
Bukan amalan yg bisa diterangkan...
Atau proses laen laen ibadah "maqdoh".. dan semacamnya..

Kalok Yg bisa diterangkan macem macem itu ya... sekedar "amalan tariqat"..

Aqirnya...
emoticon-Bingung
Banyak juga akhirnya terjebak pada menuhankan aqlak.. menuhankan dzikir.. menuhankan amalan..dll...


==

Tariqat itu sebenernya ya.. bisa dikatakan "maqam" lah..
Sekedar awal perjalanan...

Awalnya tariqat... ya "berbaiat" mengikuti jalan Rasul... seperti yg ditempuhi tabiin.. tabiut tabiin.. dst.. sampai pada guru kita..

Maka carilah guru yg bersanad...

Kok harus..??
emoticon-Bingung

Karena memang ada bagaian dari agama yg tidak bisa dipelajari...
tidak bisa dilogika...

Setelah berbaiat pada guru.. yang gurunya dulu berbaiat pada gurunya dan melalui proses.. terus.. dan terus... bersambung...
sampai orang orang yg dibaiat oleh Rasul sendri..

Kalau udah ngerti niatnya untuk apa... paham.. dan bersungguh sungguh berbaiat mengikuti jalan para penghulu agama....

Habis itu orang tersebut "digenggam" oleh Tuhan....
(Kalau baiatnya iklas.. niatnya bersih (mencari ridho Tuhan) dan diterima...)

Melalui Berjalan kehidupan... berproses.. di uji dan dicoba.. seberat kemampuanya..

Melalui itu dia akan dikaruniakan "hikmah" tentang dien..

Kalau pengertianya.. pengetahuan nya... sih..
emoticon-Bingung
Bisa ente cari di internet.. baca buku.. atau tanya orang.. (pengetian/pengetahuan tentang agama.. saja)
_
Melalui itu semua... (perjalanan)
Dia Dibersihkan.. semua kekotoran.. dosa dan keburukanya akan di timpakan sebagai ujian dan cobaan... kepedihan..
Supaya sadar dan kembali...

Disitulah yg namanya "iman" (percaya) itu turun...

Barulah dia menangkap hikmah..
(Dan Kumpulan hikmah hikmah itu namanya hakekat)

Naek hah orang itu ke maqom hakekat.. dengan proses laen lagi..

Dan itu oleh Tuhan..
Bukan karena usaha...
==

Kalau kita ber islam..
beraqlak baik.. sholat.. puasa dll (menjalankan syariat)..
itu aselinya ya baru "tunduk"..

Selanjutnya...
Iman.. itu di karuniakan..
Melalui proses.. melalui ujian... dll

Proses seperti itu ya melalui tasawuf..

Dan itu hanya berlaku pada orang orang yg dikehendaki Nya..

Bukan tergantung amal usaha..
Apalagi pengakuan ..

Okay ??
Tapi bagaimanapun thariqat hakekat maqrifat itu sepertunya ndak bisa diterangkan...

Itu saja yg masih mengganjal..
Ane katakan .

Dan mustinya banyak yg protes..
Sesuai kapasitas masing masing..
___



#banyakan menurut gw masih "kopong" sih..

Sekedar ikut amalan amalan..
Trus banyak baca di internet.. atau medsos...!
Denger dari orang... atau merasa meliat "yg aneh aneh" nya saja..

Trus menarik kesimpulan...
Wanabe nya banyak sekali...
emoticon-Bingung

Jarang jarang yv pernah ngelalui "perjalanan"..

Okay..
Selanjutnya Tanyakan rahdewa..
Dia aselinya ngerti..
Cuma rada aneh bahasanya..

Dia bukan sembarang..

Aselinya...

#bingung gw cara neranginya...
Lagian banyak yg perotes.. ya karena "kapasitas" nya

Elo sendri protes kagak ??

Bolott !!
emoticon-Marah

===
Baca ini... (liat judul !)
Sedikit panduan hikmah !!!

Biar mendapat gambaran hikmah kalau nanti mengalaminya sendri.. !!
emoticon-Marah

[CLEAN] Anda bertanya SufiSalik menjawab - Part 2






Wow, Tuan Guru SBK merapat ke rahdewa aka betmenluck.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 19:06
Quote:Original Posted By iselfiawrds
Hati bersih itu yg kek gimana mas?


Quote:Original Posted By rimung13
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Rad : 28)


"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal." (QS. Al an fal : 2)

Hati yang tentram ketika mengingat-Nya dan bergetar ketika disebut Nama-Nya : )


Puh, maaf jd hati yg bersih itu hati org yg beriman( mukmin ) ? Entah knp yg terbesit di sy adalah lbh kpd hati seorang yg ikhlas(mukhlis) ? 🙏 mhn masukannya ya puh..🙏terima kasih
0 0
0
Lihat 9 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 19:22
Quote:Original Posted By odysius.

SBK singkatan apa prox?emoticon-Big Grin


Tuan Guru : Samin Babas Kenthir


emoticon-Traveller
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 19:40
Quote:Original Posted By proxymighty
Tuan Guru : Samin Babas Kenthir


emoticon-Traveller


Maaf mbah mohon jangan bawa2 nama saya.

Terima kasih.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 20:08
Quote:Original Posted By pangeran.babas


Maaf mbah mohon jangan bawa2 nama saya.

Terima kasih.


waduh, maaf pangeran babas.

pangeran udah tobat gak maki2 org lagi ?
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
04-01-2020 23:30
Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Hati bersih ??

Ciri ciri orang hati bersih itu..

Takut kepada Allah (bertakwa)..

Suci hatinya...

Tidak ada kedurhakaan dan dosa didalam hati nya...

Tidak ada dendam dan hasad pada dirinya..


Refferensi : hadist, ibnu majah


Makasiy puh..emoticon-Smilie🙏
Btw..avatarnya pjg bgt emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rimung13
Ikhlas secara bahasa berarti murni, tiada bercampur, jernih

Hati yang ikhlas tentulah hati yang bersih

Sama-sama mbak emoticon-Smilie

Makasiy puh emoticon-Smilie🙏
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 11:16
Jika disini ada banyak orang yang menafsirkan orang yg "ramah tamah"...

Absolutly sebagai orang yg ber "aqlak baik.:..

Dengarkan nasehat orang dibawah ini..

[CLEAN] Anda bertanya SufiSalik menjawab - Part 2

Diubah oleh True.s4m1ns
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 13:26
Quote:Original Posted By proxymighty
waduh, maaf pangeran babas.

pangeran udah tobat gak maki2 org lagi ?


Saya bukan samin gan, saya pangeran babas.


Terima kasih.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 15:59
Waduuhh....
emoticon-Matabelo

Si rimung ini sombong..
Merasa dirinya sudah tinggi..

Dan beradab..
Mengajarkan tentang adab..

Tapi nggak ngerti...
emoticon-Bingung

Jadi udah sulit mau menerima dan mau memahami...
emoticon-Turut Berduka


#bener nggak mung ??

Jangan naek darah mung..

Ane biasa jujur...

Diubah oleh True.s4m1ns
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 16:40
Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Waduuhh....
emoticon-Matabelo

Si rimung ini sombong..
Merasa dirinya sudah tinggi..

Dan beradab..
Mengajarkan tentang adab..

Tapi nggak ngerti...
emoticon-Bingung

Jadi udah sulit mau menerima dan mau memahami...
emoticon-Turut Berduka


#bener nggak mung ??

Jangan naek darah mung..

Ane biasa jujur...


Saya ga liat kesombongan rimung, sombongnya dimana sih?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 17:00
Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Tahu nggak sombong itu apa ??


Sombong menurut standart apa? Al Qur'an merasa lebih hebat dari yang lain.

Jadi sombongnya dimana?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 17:03
Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Sombong itu...

Menolak kebenaran dan meremehkan orang lain....


Kalau itu versi hadis.

Jadi dimana sombongnya rimung?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 17:06
Quote:Original Posted By wise.ly
Kalau itu versi hadis.

Jadi dimana sombongnya rimung?


Bukanya om juga pernah berkata demikian dalam bentuk suggest kepada yang lain? Om sombong dong, nabi Muhammad juga sombong dong.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 17:08
Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Dari mana mau kemana ?

emoticon-Salaman


Fix om samin sombong nabi muhammad juga sombong emoticon-shakehand
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
05-01-2020 17:11
Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Silahkan bahagia..
emoticon-Salaman


Makasih emoticon-Angel
0 0
0
Halaman 102 dari 111
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia