wisnusatriyaAvatar border
TS
wisnusatriya
COKI VS DZAWIN
Selamat pagi Agan dan Sista yang baik, 

Di pagi hari ketiga ditahun Arsenal MU Arsenal MU (baca = 2020) ini, ane awali bangun pagi dengan rutinitas ala milenial, yaitu kucek mata, cek sosial media sambil rebahan. 

Liat instagram, postingnya masih itu itu aja, Anya Geraldine masih Sexy, dan marion Jola tambah menggoda. 

Beralih ke Twitter, liat trendingnya kaya gini 


Ngeliat trending tropic tersebut perhatian ane langsung tertuju ke #S E N S O R, eh, bukan bukan, maksud ane si dzawin.

Dalam hati ane, "Tumben-tumbenan si dzawin jadi trending topic. Apa dia barusan nyampe ke puncak everest yak ?" 

Ane emang suka ngikutin channel youtube nya si dzawin, yang suka berkelana mendaki gunung lewati lembah. Karena hobi ane juga sama waktu masih ingusan dulu. 

Ternyata si dzawin trending bukan karena naek gunungnya, tapi gegaran balesin twitnya si Coki. Gini nih twitnya.



Nah, ane penasaran dong sama twitnya si Coki, kok dzawin sampe bikin twit thread macem gitu. Nah ternyata twitnya kaya gini.

 
Jadi duduk permasalahan yang ane tangkep, di sini si dzawin kaga terima kalo Coki jadiin musibah banjir yang sedang melanda Jakarta dan berbagai wilayah lainnya dijadiin bahan tertawaan. Menurut si dzawin ini, yang namanya empati harus didahulukan. 

Twit coki ini emang sukses mengundang beragam komentar, ada yang ngebela Coki tapi yang menghujat lebih banyak. Hehehe. 

Di sini ane coba nulis opini pribadi ane mengenai twit si Coki ini. Boleh kan ya, boleh dooong, kan di negara ini kebebasan berpendapat dijamin, selama tidak nabrak UU ITE dan ga ngehina Presiden. 

Jadi gini, ane pribadi sebenernya sebel kalo ada orang yang ngetawain orang lain yang lagi kena musibah parah. Kalo ngetawain temen yg kepleset jatuh sih lain soal ya. Yang jadi masalah, berdasarkan berita yang ane baca, banjir Jakarta kali ini cukup parah. Di beberapa media bahkan dilaporkan sudah jatuh korban jiwa.

Korban Jiwa artinya ada nyawa manusia yang hilang lhoo. Dan menurut ane nyawa manusia hilang itu ga semurah itu buat dijadiin bahan bercandaan. 

Ane juga ga setuju sama over simplifikasi penyebab banjir gara gara azab baik dan mabuk pas tahun baru. Penyebab banjir parah kali ini rasanya lebih kompleks dari itu, mulai dari masalah sampah yang ga selesai-selesai, sungai dan saluran air yang mulai dangkal sampai ke masalah banyaknya hutan yang gundul. 

Sebenernya bukan twit Coki ini aja sih yang jadi maslaah buat ane. Tapi juga orang-orang yang sibuk nyalahin orang lain gegara banjir ini. Nyalahin anis lah, nyalahin Pak Jokowi lah, nyalahin Ahok lah. 

Yang lebih terkutuk, menurut ane adalah orang-orang yang gunain musibah ini buat kepentingan politik. Buat nyerang anis baswedan atau Pak Jokowi secara politik. Eiiits, ane bukan buzzer yak, ane bukan fans Anies Baswedan jugak. 

Point ane di sini, Jakarta Banjir bukan hanya gegara Anies gubernurnya, tapi banyak juga faktor lain. Lagian di masa musibah kaya gini yang perlu diutamakan adalah empati, bantuan dan kebersamaan. Para korban lebih butuh itu daripada nemu siapa yang salah. 

Masalah preventive ke depan jelas perlu dilakukan dan tentu itu jadi PR besar buat Pemprov DKI dan semua pihak yang terkait. 

Sekali lagi, dulukan empati dan bantuan di masa musibah gini. Setelah musibah berlalu dan kondisi sudah pulih, boleh lah saling hujat dan baku hantam dimulai lagi. hehehe..

Akhir kata, terima kasih udah berkenan mampir di thread ane dan sampe jumpa di thread ane selanjutnya gan/sist.

Oiya mampir juga di sini gan
Spoiler for Mampir:






anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 43 lainnya memberi reputasi
44
30.4K
256
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.