.Boyo.Avatar border
TS
.Boyo.
Mio Pendahulunya Tapi Beat Yang Laris Manis




Dunia kendaraan roda dua sangat berkembang, tak jarang pabrikan kendaraan roda dua di Indonesia pun bersaing untuk menelurkan produk unggulannya. Yang menarik persaingan antara Yamaha dan Honda dalam berjualan motor matic di Indonesia.

Bisa dibilang pabrikan bersayap mengembang yang sudah punya karakter kuat di Indonesia selalu saja menikung sang lawan dalam hal penjualan, padahal dulu Masyarakat Indonesia saat itu masih susah untuk di ajak beralih ke motor tanpa gigi alias matic. Yamaha berdarah-darah memperkenalkan variant maticnya diawali dari Nouvo dan laris pada Mio pengembangan variant matic sukses di generasi Mio.



Generasi Mio muncul di tahun 2003 ketika itu Honda masih tetap tak bergeming dengan variant Supra yang menjadi andalannya, setelah matic nampak booming dan bukan motor khusus wanita Honda mulai meradang maka di telurkanlah Beat untuk menghadang sepak terjang Mio.

Beat muncul di Indonesia pada tahun 2008, bayangkan selama 5 tahun Honda semedi melihat pasar Indonesia yang mulai goyah pendiriannya, dari motor dengan gigi ke automatis. Tentu saja Beat yang baru lahir tak bisa mengalahkan Mio begitu saja, nama Mio sudah berkibar dan menjadi andalan Yamaha dalam penjualan kendaraan roda dua di Indonesia toh gan-sist.





Hingga akhirnya di tahun 2019 ketika series kedua merk ini berbanding terbalik, Beat menjadi idola masyarakat Indonesia sedangkan Mio tersingkir secara perlahan. Bukan rahasia Honda memang bermain di entry level cukup konstan, generasi Beat pun wara wiri di jalan dengan berbagai variant. Walau Mio melakukan hal serupa tetap tak bisa menggoyang angka penjualan Honda di Indonesia.

Sayang nya Yamaha ikut-ikutan mark up harga dengan Honda kerjasama sistem kartel yang berujung pinalti. Apalagi saat ini harga kedua motor kelas entry level itu cukup tinggi di angka 16 jutaan. Tapi semua itu tak mengubah minat masyarakat untuk membeli kendaraan roda dua, terlihat dari 2015 hingga 2018 Beat telah melewati Mio dalam penjualan walau penghargaan motor berkualitas masih di pegang Yamaha di tahun 2019.





Juara otomotif Awards 2019

Best Cub 150 cc : Yamaha MX King 150

Best Low Skutik : Yamaha Mio S

Best Medium Skutik : Yamaha Lexi

BestRetro Skutik : All New Honda Scoopy

Best Medium Skutik 150 cc : All New Honda PCX Hybrid

Best High Retro Skutik : Vespa GTS 150 i-get

Best High Skutik 200-300 cc : Yamaha XMAX

Best Big Skutik : Yamaha TMAX DX

Best Naked Sport 150cc : Yamaha MT-15

Best Sport Fairing 150 cc : All New Yamaha R15

Best Sport Naked 200-250cc : New KTM Duke 250

Best Sport Naked 300-400cc : KTM Duke 390

Best Sport Fairing 250cc : New Kawasaki Ninja 250

Best High Dual Purpose : Honda CRF250 Rally

Best Low Duel Purpose All New Honda CRF150L

Best Sport Retro Kawasaki W175 Cafe

Best Adventure Big Bike Honda CRF1000L Africa Twin

Best Retro Big Bike BMW R nineT Scrambler

Best Cruiser Big Bike Honda CMX 500 Rebel

Dari otomotif Awards ini menunjukkan kualitas Mio sebenarnya lebih bagus dari Beat, tapi masyarakat memang mudah di goda dengan marketing sales yang luar biasa irit dan gesit, memang selalu menawan hati tak cuma itu saja harga jual kembali menjadi salah satu faktor Honda tetap numero uno. Padahal masalah kualitas Suzuki dan Kawasaki lebih baik dari kedua pabrikan ini, tapi penjualan keok dimana-mana.



Terlihat Honda AHM bikin motor yang build and Qualitynya kurang aja laris manis, apalagi bikin motor dengan kualitas bagus. Problem motor terbaru honda di dunia matic adalah CVT yang geredek, terutama dari variant Vario hingga PCX yang buatan lokal.

Berharap ada motor China yang sanggup mengusik ketenangan dua pabrikan Jepang ini dengan kualitas yang seimbang harga murah meriah seperti Xiaomi. Jadi apa pendapatmu nih gan-sist?

Referensi : klik, klikdan klik
Pic google



Diubah oleh .Boyo. 27-12-2019 09:59
tokyooo
nona212
tien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
24
11.4K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.