News
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0fc89dc9518b4e966798ff/soal-banjir-jakarta-anies-siap-tantang-debat-jokowi
Jokowi sempat menyalahkan masalah ekologi dan sampah sebagai penyebab banjir Jakarta awal tahun ini. Hal itu pun dibantah oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, Bandara Halim yang tidak memiliki banyak sampah pun ikut terendam banjir. Sampah sering disalahkan sebagai penyebab terjadinya banjir. Pun demikian dengan Presiden Joko Widodo saat mengomentari banjir yang terjadi di Jakarta pad
Lapor Hansip
04-01-2020 06:05

Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi

Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi

Jokowi sempat menyalahkan masalah ekologi dan sampah sebagai penyebab banjir Jakarta awal tahun ini. Hal itu pun dibantah oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, Bandara Halim yang tidak memiliki banyak sampah pun ikut terendam banjir.

Sampah sering disalahkan sebagai penyebab terjadinya banjir. Pun demikian dengan Presiden Joko Widodo saat mengomentari banjir yang terjadi di Jakarta pada awal tahun 2020 ini. Menurut Presiden Joko Widodo, penanganan banjir yang menerjang beberapa wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya harus dikerjakan bersama-sama oleh pemerintah pusat serta daerah, baik provinsi, kabupaten, maupun kota.

Jokowi menyebut salah satu penyebab banjir di awal tahun baru 2020 ini karena kerusakan ekosistem dan ekologi. Selain itu, kata Jokowi, masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Karena ada yang disebabkan kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada. Tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana. Banyak hal,” kata Jokowi kepada CNN Indonesia, Kamis (2/1).

Namun, pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta 2012-2014 itu dibantah oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta saat ini.

Saat ditanya wartawan soal pernyataan Jokowi itu, Anies membandingkan lokasi titik banjir dengan titik curah hujan tinggi berdasarkan data BMKG. Menurutnya, data itu sesuai. Namun di lokasi-lokasi itu tidak banyak tumpukan sampah.

Mungkin kita harus cek lagi (apakah banjir di Jakarta karena sampah), seperti apa kondisi per wilayah yang di situ ada banjir,” ucap Anies di lokasi banjir Kampung Pulo, Jakarta Timur, seperti dikutip dari Detikcom, Kamis (2/1).

Karena, kalau kita lihat, titik-titik banjir dengan titik-titik ramalan (hujan) BMKG mungkin simetris. Di tempat-tempat yang BMKG menunjukkan volume air hujan yang tinggi, di situ ada banjir yang ekstrem. Paling, setahu saya tidak banyak sampah,” imbuh dia.

Anies lalu menyinggung banjir di Bandara Halim Perdanakusuma. Banjir sempat menyebabkan penerbangan di Halim dialihkan.

Tapi kemarin bandaranya tidak bisa berfungsi. Apakah ada sampah di bandara? Rasanya tidak. Tapi Bandara Halim kemarin tidak bisa digunakan,” kata Anies dikutip dari CNBC Indonesia.

Anies menegaskan bahwa masalah banjir Jakarta tidak bisa diurut per variabel saja. Menurut dia, ada cakupan lebih kompleks yang harus disikapi bersama secara menyeluruh.

Kita harus cek lagi, kita kumpulkan data lengkap lalu berbicara objektif. Apa saja faktor berkontribusi, karena kontributornya bervariasi bukan single variable, ini multiple variable,” jelas Anies.

Karenanya, Anies enggan sepaham bila hanya menyebut sampah sebagai penyebab banjir di Jakarta. Namun demikian, Anies menyatakan saat ini bukan waktunya memperdebatkan soal penyebab banjir Jakarta.

Anies
(Kiri ke kanan) Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno, dalam upacara pelantikan mereka bersama Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana. (Foto: Kompas.com)

Mantan Mendikbud ini menegaskan, faktor yang lebih utama saat ini adalah bagaimana cara menyelamatkan warga dan membuat mereka aman dan nyaman kembali ke rumahnya seperti sediakala.

Saya selalu katakan, kita fokus pada penyelamatan warga, fokus pada evakuasi warga. Kemudian Jakarta fokus pada rehabilitasi seluruh fasilitas umum,” Anies menandasi.

Tak hanya itu, Anies menyebut siap berdebat dan berdiskusi penyebab banjir setelah penanganan selesai. Kalau mau debat masalah sebab, nanti setelah ini selesai. Nanti kita siap berdiskusi. Sekarang kita pikirkan warga yang memerlukan (evakuasi),” ucap Anies Baswedan kepada Detik.com di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Kamis (2/1).

Dikutip Suara,com, Korban banjir di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok, dan Banten bertambah. Sampai Jumat (3/1) pukul 09.00 WIB, jumlah korban tewas karena banjir sampai 43 orang.

Berikut data lengkap yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB):

Jakarta Pusat: 1
Jakarta Barat: 1
Jakarta Timur: 7
Kota Depok : 3
Kota Bekasi: 3
Kota Bogor: 1
Kota Tangerang: 1
Kota Tangerang Selatan: 1
Kabupaten Bogor: 16
Kabupaten Bekasi: 1
Kabupaten Lebak: 8 (tambahan)
Adapun kasus penyebab meninggalnya para korban tersebut antara lain:

Hilang : 1 orang
Hipotermia: 3 orang
Terseret Arus Banjir: 17 orang
Tersengat Listrik: 5 orang
Tertimbun Tanah Longsor: 12 orang
Dalam Pendataan: 5 oran 


Anies Tantang Debat Jokowi

Si Anies PD banget tantang debat presiden. Giliran dipanggil PUPR NGACIR !!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:11
wartawan : Gimana solusi banjir

wan aibonz : gini, nanti seluruh variabel kita rumuskan, kita diskusikan dan terakhir kita rapatkan....
setelah itu kita formulakan dan hasilnya menunggu musim kemarau....
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nu_w4rr10r dan 24 lainnya memberi reputasi
24 1
23
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:14
kayaknya karir die sebentar lagi nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:17
Kasihan yg di Lebak dan Bogor lokasi terparah kurang perhatian malah jkt mulu
profile-picture
bukan_hp_nokia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:19
apa yang mau didebat, wan? ente ga ngapa2in kok.. mau adu teori? atau mau uji teori orang? ga jadi dosen penguji aja apa ente, wan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:24
Quote:Original Posted By magelys
Kasihan yg di Lebak dan Bogor lokasi terparah kurang perhatian malah jkt mulu


Maksudnya perhatian apa nih gan? Menurut teman ane disana cepat dapat perhatian pemerintah. Mungkin maksudnya kurang diekspose media kali


Debat muluuu, pemilu kan udah kelar..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:26
pantes g ngerjain apa2 si abud

mampunya debat kusir doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:32
Analogi bodoh...asli heran masih ada aja yg belain si abud
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:35
Jakarta banjir akibat sampah maknanya sangat dalam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azirma.ayrus dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:35


detik 00:40 :curah hujan diluar kendali kita, tapi dampak dari curah hujan kita harus bisa mengendalikan

dengan cara :

Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi

orang ini jahat, mengorbankan rakyatnya demi pencitraan emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:38
kegoblokan ente gak perlu diperdebatkan lg deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:42
Pak Jokowi itu juga ngomong nya multiple variable kamvretttt
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Salah satunya sampahhhh
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Yang ngomong Penyebab banjir (hanya) dikarenakan sampah doank siapaaaa
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:46
Orang dongok...


Bukannya mikir kedepan nya mau berbuat apa malah ngajakin debat...


Dah miring dia kena banjir...


emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:50
Ada baiknya kalo debat itu ttg masalah yg Anda kuasai, bukan sebaliknya.

Lagipula debat ga akan menyelesaikan masalah banjir. Mending Anda buruan kerja nyata.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 06:51
delete
Diubah oleh 123qwerty123
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 07:03
Memalukan.
0 0
0
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 07:40
malah ngajak adu bacot

emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 07:50
Masalahnya banjir di bandara itu hasil "kiriman" dari daerah sekitarnya yg banjir akibat sampah atau bkn? Si anies bisa mikir sejauh ini nda atau cm mikir cetek saja?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 07:59
Memang beda, orang yg dididik hanya untuk berbicara dan berdebat dengan orang yang dididik untuk utk berpikir dan bekerja. Jokowi pasti kalah telak kalau soal bicara sama anies.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 08:00
Yah emang kemapuannya sebatas bacot doank... klo kerja ya gak bisa.... khan dulu staf di kementrian sudah pernah ada yg omongin kalo onta satu ini emang gak bisa kerja cuman bisanya bacot.... kelasnya dia mentok pengamat doank...
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan gikogaza memberi reputasi
2 0
2
Soal Banjir Jakarta, Anies Siap Tantang Debat Jokowi
04-01-2020 08:04
Emang bisanya debat doang.. kalo tau diri sih mundur harusnya, cuma kan mahluk satu ini urat malunya putus semua.
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lutju.bingitz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia