• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Sistem Operasi Ini Gagal Bersaing Dengan Android dan iOS, No 1 Paling Miris

cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Sistem Operasi Ini Gagal Bersaing Dengan Android dan iOS, No 1 Paling Miris
Android dan iOS hingga saat ini terus menjadi sistem operasi perangkat mobile yang mendominasi di seluruh dunia dan belum ada OS lain yang mampu menyainginya. Dominasi Android dalam satu dekade terakhir ini bahkan telah menjangkau milyaran pengguna dan merevolusi teknologi smartphone dan mengubah kebiasaan masyarakat. Jelas jika OS besutan Google ini punya pengaruh besar pada kehidupan umat manusia. Saking besarnya dominasi Android dan iOS, membuat OS lain tak mampu bersaing dan harus mengibarkan bendera putih. Ada beberapa OS yang menyerah karena tak bisa membendung Android dan iOS. Nah, berikut ini adalah lima OS yang harus tumbang karena kalah oleh iOS dan Android.

1. Symbian
OS yang pertama kali tumbang adalah Symbian. Sistem operasi yang dipelopori oleh Symbian Ltd sudah ada sejak 1997 dan sempat menjadi raja OS pada era 2000an terutama pada saat kejayaan Nokia. Symbian memang dikenal canggih pada masanya. Namun memasuki dekade 2010an, Symbian mulai oleng karena dikeroyok oleh segerombolan ponsel Android ditambah dengan iPhone di pasar kelas atas. Pada 2013 Nokia akhirnya mematikan Symbian dan tidak menggunakannya lagi.

2. Firefox OS
Pada 2012, Mozilla mengumumkan akan merilis OS buatan mereka sendiri dengan nama Firefox OS. Saat itu Firefox OS digadang-gadangkan akan menyaingi Android dan iOS dengan harga perangkat yang terjangkau. Namun selain perkembanganya yang tak jelas dan sedikitnya vendor yang mau mengadopsi OS ini, membuat Firefox OS menguap begitu saja dan Mozilla menghentikan proyek ini pada 2016.

3. Blackberry 10
Masa kejayaan Blackberry di bawah bendera RIM memang terbilang singkat. Orang-orang menyadari jika Android dan iOS jauh lebih powerfull dibandingkan dengan BB OS. Apalagi harga perangkat Android yang terjangkau membuat kalangan menengah ke bawah berpindah ke sistem robot hijau tersebut. Blackberry merilis OS Blackberry 10 untuk menyainginya namun mendapatkan sambutan negatif. Selain harganya yang terlalu mahal dari segi performa, BB 10 juga masih kalah oleh dua OS raksasa itu. Blackberry akhirnya berhenti membuat ponsel pintar dan menutup Blackberry OS.

4. Windows Phone
Windows Phone menggantikan Windows Mobile. Nokia menggandeng OS ini untuk menggantikan Symbian. Yang lalu Microsoft mencaplok Nokia. Windows Phone sebenarnya mampu bersaing sebentar namun pada akhirnya mengibarkan bendera putih karena penjualan yang rendah dan dukungan aplikasi yang minim. Sempat merilis Windows 10 Mobile, Microsoft akhirnya keluar dari persaingan smartphone dan menjual nama brand Nokia ke HMD Global.

5. Tizen OS
Inilah sistem operasi besutan Samsung yang sayangnya tak mampu bersaing. Samsung sempat merilis beberapa ponsel Tizen seperti Samsung Z2 namun penjualannya tak sesuai harapan ditambah lagi jumlah aplikasi yang minim. Orang-orang sudah terbiasa dengan Android Samsung yang bisa menginstal aplikasi penting ketimbang membeli Samsung yang Tizen.

apa faktor yang membuat Android begitu Overpowered ya gan? emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh cintadine 02-01-2020 02:33
sebelahblog
4iinch
jerrystreamer1
jerrystreamer1 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
22.5K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.