Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
206
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0ac62568cc951477219c40/mau-nikah-jangan-munafik-lihatlah-bibit-bebet-bobot-nya-supaya-rumah-tangga-damai
Faktanya filosofi jawa kuno ini terbukti mampu menjadi kunci sukses dalam membina rumah tangga. Bagi kalian yang masih single akan susah memahami makna nyata kata "Bibit-Bebet-Bobot" , karna kalian belum merasakan pentingnya ketiga hal ini setelah menikah. Ane adalah saksi dan bukti nyata bahwa ketiga hal ini memang sangat penting.
Lapor Hansip
31-12-2019 10:53

Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Eits jangan emosi dulu ya setelah baca judul. Mari baca isinya dengan hati dan pikiran yang terbuka, pro kontra untuk topik ini pasti ada. Tapi mari kita diskusikan dengan santai. 

Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai

Faktanya filosofi jawa kuno ini terbukti mampu menjadi kunci sukses dalam membina rumah tangga. Bagi kalian yang masih single akan susah memahami makna nyata kata "Bibit-Bebet-Bobot" , karna kalian belum merasakan pentingnya ketiga hal ini setelah menikah. Ane adalah saksi dan bukti nyata bahwa ketiga hal ini memang sangat penting.

Dulu ketika orang tua, keluarga bahkan teman-teman yang sudah menikah mengingatkan akan pentingnya bibit-bebet-bobot dalam mencari pasangan, ane ga pernah setuju. Kenapa? karena prinsip ane dulu, ga masalah dia dari keluarga manapun, pendidikan apa, punya materi atau ga, asal ane cinta diapun cinta udah cukup jadi bekal nikah. Tapi nyatanya apa, BULSHIT NIKAH CUMA MODAL CINTA! Setelah nikah kalo laper apa mau makan cinta? kalo ada masalah apa diselein dengan cinta? Hidup ga se-indah drama korea, yang dengan cinta semuanya selesai.

Ane bukan mau menghasut kalian para wanita untuk menjadi materialistis ketika mencari pasangan, tapi ane mau kalian realistis! Menikah bukan cuma nyatuin 2 orang, tapi 2 keluarga. Dengan berbagai latar belakang, karakteristik dan masalah. Setelah menikah, kalian ga mungkin tutup mata dengan masalah yang ada. Maka dari itu pemilihan "bibit-bebet-bobot" pasangan sangat penting untuk adaptasi diri dan meminimalisir penderitaan setelah menikah. Ga percaya? Buktiin aja sendiri setelah menikah.

Tapi jangan salah pemahaman tentang bibit-bebet-bobot, untuk itu mari dipahami dulu makna ketiga hal tersebut :

- Bibit 
Maksudnya dalam mencari jodoh, sebaiknya cari tau dulu tentang asal usul keluarganya, apakah doi berasal dari keluarga baik-baik atau tidak. Jangan salah langkah, kalian harus pintar mencari trik untuk mengetahui keadaan latar belakang keluarganya dan keluarga besarnya tanpa menyinggung perasaan si doi. Hal ini sangat penting, untuk mengetahui kedok asli doi, jangan sampai kaliann tertipu ternyata doi menikahi kalian cuma mau nipu nguras harta kalian. 

-Bebet
Dipusatkan pada keadaan ekonominya, kemampuan finansialnya. Apakah sekiranya doi mampu memberikan nafkah pada kalian setelah menikah. Ini sangat penting untuk wanita, jangan sampai kalian salah memilih doi yang ternyata malas-malasan tidak mau bekerja, bukanya dinafkahi malah kalian wanita yang menafkahi. Jangan sampai hal itu terjadi, berat sekali jika kalian wanita telah membawa tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga harus dibebani lagi dengan tanggung jawab menafkahi keluarga.

-Bobot
Kualitas pasangan, seperti pendidikanya, akhlaknya, agamanya, perilaku keseharianya terhadap lingkungan dsb-nya dalam artian luas. Ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari setelah berumah tangga.

Ane gatau apakah untuk pria, ketiga hal ini penting ketika mencari calon istri. Yang jelas untuk kaum wanita ketiga hal ini sangat penting. Memang setelah menikah kita harus menerima semua keadaan dan kondisi pasangan kita, untuk masalah bebet dan bobot ane rasa masih bisa diperbaiki dan diusahakan setelah menikah, karena bebet dan bobot hanya menyangkut pasangan yaitu istri dan suami. Masalah Bibit lah yang berat, seperti tanaman saja kalau dari awal bibit tanaman yang dipilih ternyata sudah penuh dengan kutu busuk tinggal menunggu waktu saja kapan tanaman itu mati. Mau hilangin atau bunuh kutu busuk ya ga mungkin karena itu saudara dan keluarga sendiri. 

Tips dari ane buat kalian para wanita yang ingin mencari pasangan agar rumah tangga langgeng, damai dan tentram. Poin utamanya adalah cek keluarganya, karena keluarga bisa menjadi lubang keretakan terbesar. Dengan cara :

1. Ibunya
Cek karakter ibunya, apakah dia merupakan tipe ibu yang posesif terhadap anaknya. Karena jika benar, sudah bisa dipastikan kalian akan kesulitan tinggal bersama ibu mertua, dimana ibu bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh pasanganmu, sedangkan pasanganmu tidak akan pernah melawan ibunya sendiri. Dilema kan nantinya?

2. Saudara Kandung
Saudara kandung yang perlu diwaspadai adalah saudara kandung perempaun, dimana ia akan menjadi kakan ipar atau adik ipar kita. Kebanyakan kasus, jika setelah menikah tinggal dirumah mertua sedangkan disana masih ada kakak ipar/adik ipar perempuan sudah bisa dipastikan akan sering terjadi percekcokan. Kadang pemicu cekcok bukanlah hal besar, tapi hal sepele semisal karna ibu mertua lebih memperhatikan kita ketimbang adik/kaka ipar. 

3. Kerabat
Apakah pasanganmu memiliki kerabat yang usil? dalam artian sering meminta bantuan keuangan pada keluarga pasanganmu dengan dalih, keluarganya sedang kesusahan tidak punya uang, tapi itu terjadi terus menerus, bukan cuma sekali dua kali. Jengah juga kan kalau ada kerabat seperti ini, dibantu tapi lama-lama ga punya malu karena terus mengandalkan bantuan, ga dibantu itu kerabat pasanganmu. Dilema, dilema.

Itu adalah beberapa hal yang menurtut ane perlu diwaspadai ketika kalian memilih pasangan, ane nulis ini 100% karena pengalaman dan hanya ingin membagikan tips agar kalian bisa lebih peka ketika memilih pasangan demi kebahagiaan pernikahan kalian sendiri. Setuju atau ga nya, bagi kalian yang sudah merasakan asam garam kehidupan pernikahan bisa share di komen, siapa tau bisa menjadi pelajaran dini untuk mereka yang belum menikah dan sedang ingin menikah.

sumber : 1,



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gimi96 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 10
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
02-01-2020 20:38
ya perkara-perkara inilah yang menjadi faktor utama munculnya keraguan di hati para calon pengantin, apalagi mempelai wanita.
belum nanti kalo makan ati sama ibu mertua, diserang adik atau kakak cewekkk
kenapa harus ada budaya itu sih di Indonesia
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
02-01-2020 21:06
Quote:Original Posted By orgasmax
Kalo anak gw sih nanti ceweknya harus :

1. Anak dokter, notaris, pengacara, pejabat ASN/Militer.
2. Kuliah di kampus bergengsi. Kampus abal2 mohon maaf.
3. Memiliki SIM A dan kendaraan roda empat lebih diutamakan.
4. IPK diatas 3
5. Pake hijab
6. Cantik dan proporsional.
7. Tidak ada turunan PKI/radikal
8. TOEFL diatas 500
9. Pernah ikut olimpiade sains
10. Siap ikut suami ke LN.

Itu mau gw sih....

Tapi nantinya ya terserah anak gw...asal beda jenis kelamin dan baik aja lah....


Itu cari calon karyawan apa mantu atau mantu yang bisa dikaryakan? emoticon-Ngakak
Diubah oleh leenet
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
02-01-2020 21:08
Quote:Original Posted By Abc..Z
didaerah gw banyak model gituan bray, agamis kerdus (kerudung dusta) emoticon-Big Grin

rejeki di tangan Allah, kita tinggal tungguin aja - 1 bulan nganggur aja udah nyalahin jokowi yang pro tka,

ada juga yang kalo gak punya pegangan maki maki lakinya,

ada juga yang kalo liat tetangganya karirnya lancar iri dan dinyinyirin "pasti pacaran ama bosnya" - kalo yang ini suka dibalikin "katanya yang penting seagama, sesuku. kok liat rumput tetangga lebih hijau nyinyir?" - endingnya pasti bakal keluar ayat ayat spektakuler emoticon-Leh Uga









makanya gw skeptis ketemu orang agamis, didaerah gw aja yang kayak gitu taunya kerdus emoticon-Ngakak (S)








kalo gw agak negatif mohon dimaklumi, kelamaan tinggal di sarang kadrun tolol yah bikin gw jadi skeptis emoticon-Big Grin


Ane setuju sama agan. Makanya ane nyari pasangan hidup pun ga yg terlalu agamis. Biar bisa melihat realita kehidupan. Biar ga terlalu mengotori agama yg ane anut. Yg agamis kaebanyakan bagus di ritual ibadahnya aja. Ga sampe ke sikap / akhlaknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zenithera dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
02-01-2020 21:32
Nitip lapak dulu.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
02-01-2020 21:38
nice thread gan
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 04:40
Ini lebih dikhususkan untuk sista yaa
profile-picture
profile-picture
kurapbadak dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 10:36


Quote:Original Posted By ronin1969
@hen93 kalo emang tetap kebelet pengen nikah, cari yang sederajat status sosial nya, jangan diatas, jangan dibawah. tidak menghilangkan, tapi bisa meminimalkan kejadian makan hati kek kejadian diatas. tapi tetap ada gak enaknya, ente kudu nyembah sama mertua selama ia masih hidup. karena biar gimana juga ia pasti ikut campur urusan ente dan pasangan ente. bohong kalo dibilang gak ikut campur. disitulah ente akan makan ati seumur hidup. makanya jangan heran pasangan ente diam diam sebenarnya seneng banget kalo mertua nya meninggal dunia. didepan ente aja dia pasang muka sedih, sebenarnya hati nya sorak sorai kegirangan joged joged diatas kuburan mertua nya. ente juga sama, bakal seneng kalo mertua ente meninggal, lumayan hilang satu orang yg paling nyusahin ente selama ini.

penderitaan belum usai. kakak sulung biasanya akan gantikan posisi mertua tuh,, mulai sok sok ngatur ente juga kelak. nunggu matinya jelas lama banget karena usia nya gak se tua mertua ente.

penderitaan ente akan nambah kalo pasangan ente lebih belain keluarga ny daripada ente, dan biasanya kek gitu. hari hari ente di rumah akan di isi pertengkaran terus. bawaan nya pengen bacok pasangan ente aja jadinya.

kalo cuma pengen ngent0t doank mah gak perlu nikah segala, ribet urusannya.
percayalah, enakan ngejomblo daripada nikah. kalo cuma pengen anak, mending angkat anak aja. soal ngent0t mah tinggal ke pijat plus2 yg bagusan dikit sebulan sekali juga udah cukup kok.



SETUJU GAN emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
sinsin2806 dan hen93 memberi reputasi
2 0
2
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 10:59
Bisa nih dipelajari bagi yang belum menikah agar mendapatkan jodoh yang sesuai......
profile-picture
profile-picture
ningdidien dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 13:07
tridnya kece nih, kalo keluarga ane ma suami ga ada yg aneh2, cmn ada mata duitan adek ipar sok mo ganti rmh mertua pake namanya, pdhal rmh mertua hsl kerja suami, untungnya jauh jd ga tahu, cuek bebek aja, duit bisa dicari emoticon-Toast emoticon-Traveller
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 15:01
Quote:Original Posted By hen93
@ronin1969
wah THanks nih tanggapannya gan,
ane cuma berfikir dan pengen seperti yang ada di video2 gan, seperti pasangan yang sudah berumur terus masih mesra gitu gan, dan juga perbandingan tentu jadi cara ane untuk mencoba berkeluarga gan, klo orang lain bisa pasti ane juga bisa dong gan.

cuma memang zaman sekarang itu ane cukup takut untuk berkeluarga, dari segitu sosmed gitu gan, sosmed banyak ngubah pikiran orang, (ane ga main sosmed gan), karena ane sadar ketika maen sosmed, kita menjadi membanding2kn hidup kita dengan orang lain yang terlihat bahagia dari kita.

nyambung yang sosmed, takutnya pasangan ane maen sosmed, jadinya membandingkan hidup dia dengan orang lain gan, takutnya pasangan ga dasar gitu klo sosmed berdampang buruk ke pikiran dia,

orientasi ane INGIN berkeluarga cuma pengen hidup yang normal aja gitu gan, seperti kebanyakan manusia pada umumnya, dan ane pengen punya anak juga, HIDUP NORMAL , itu aja point nya gan.

mohon advice nya lagi gan.


Saya berkeluarga, normal-normal aja. Ya emang ga bisa mulus banget, friksi pasti selalu ada.
Kalo menurut saya, selama kitanya mandiri, bertanggung jawab atas hidup sendiri, ya orang lain mah ga akan bisa ngatur sampe segimananya.

Ah saya juga main sosmed, tapi masih bisa mikir waraslah. Apa yg ditampilin org lain ri sosmed, wajar kalo kita kepingin juga. Tapi ya balik lagi ke penilaian, pengendalian diri sendiri.

Intinya khawatir itu wajar, tp ga perlu takut berlebihan. Kalo kamu normal, pilih pasangan yg normal juga, ya mestinya bisa survive lah.
profile-picture
profile-picture
ningdidien dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 15:09
Usahakan kalo cari cewek yg pantatnya gede...

Kalo cowok yg semangatnya gede....

Ampir lupa deh.....
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 21:18
Quote:Original Posted By orgasmax
Wah.... waspadalah de


Sdh kaya gan biarin biar dibawa mati emoticon-Ngakak
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 21:47
Quote:Original Posted By orgasmax
Hmmm... gitu ya mom...


Iya ngapain mati bawa amal kita baik ya pasti kayalah dgn cara baik pula, cmn ngurusin harta buat apa, yg penting amal emoticon-Toast emoticon-Traveller
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 23:27
Quote:Original Posted By Abc..Z
Saran : jangan bergaul ama orang yang usia pernikahannya 40-50 tahun keatas, yang ada lu bakal selalu diperlakuin kayak newly wed selamanya dan apapun yang lo omonging dianggap nggak relevan

Kisah nyata sodara gw soalnya

Lebih enjoy wirausaha - ini para lingkungan nyinyir aja sodara gw nggak punya karir - endingnya yah sodara gw dibilang nggak bisa bina rumah tangga, istrinya kena social anxiety disorder - akhirnya sempet gawe 4 tahunan biar omongan miring lingkungan mereda - ternyata yang nyinyirin sodara gw kebanyakan anaknya putus sekolah, gak lulus kuliah, , DO, pengacara senior (nganggurnya bisa sampe 3 tahunan) begitu sodara gw tau dilabrak lah terus disarkasin "gw udah ngarepin yang nyinyirin gw keluarga jadi dan sukses taunya keluarga gak jelas" - sodara gw dimaki makilah "lu itu belum selama gue ngebina rumah tangga, diem aja dan ikutin nasehat senior yang udah puluhan tahun berumah tangga" (lucunya, sodara gw yang udah 14 tahunan bina rumah tangga masih diperlakuin kayak newly wed ama para "senior")


Saya yakin kaskus akan semakin jaya klo org kek agan selalu ada dan berbagi seperti ini.

Ane umur 26 gan, dan memang sesuai perkiraan agan, ane temennya 40an ke atas, karna ane kerjanya berinteraksi dengan orang2 yang senior, dari situ belajar hidup orang yang lain, dari yang gagal sampai dengan yang masi harmonis dalam berkeluarga.

Yang gagal ane pelajari kenapa gagalnya, yg harmonis ane pelajari jg caranya, tapi kembali lagi kepribadi masing2 pasangan.

Keresahan hati kadang menyelimuti gan, apalagi untuk memulai berumah tangga, ane selalu gan, selalu berfikir untuk tidak mau berkeluarga karna dari segi pasangan yang pasti akan berubah sifatnya klo sudah kenal lama,

Bukan masalah biaya hidupnya, karna ane yakin, ane akan bercukupan, tidak akan kekurangan klo dari segi materi, krna ane type yang takut miskin, jdi hard worker.

Tapi yang utama takut pasangan yang akan berubah sifatnya, pikirannya, apalagi klo liat lawan jenis yg lain yang lebih menarik. Karna ane cuma pgen pasangan yang akan ane perjuangkan sampai napas ini berhenti gan. Tapi utamanya takut itu di sia- sia kan.

Advice agan sangat dinanti.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
03-01-2020 23:32
Quote:Original Posted By .hades
Saya berkeluarga, normal-normal aja. Ya emang ga bisa mulus banget, friksi pasti selalu ada.
Kalo menurut saya, selama kitanya mandiri, bertanggung jawab atas hidup sendiri, ya orang lain mah ga akan bisa ngatur sampe segimananya.

Ah saya juga main sosmed, tapi masih bisa mikir waraslah. Apa yg ditampilin org lain ri sosmed, wajar kalo kita kepingin juga. Tapi ya balik lagi ke penilaian, pengendalian diri sendiri.

Intinya khawatir itu wajar, tp ga perlu takut berlebihan. Kalo kamu normal, pilih pasangan yg normal juga, ya mestinya bisa survive lah.


Thanks tanggapannya gan, sangat senang sekali klo bisa berbagi kisah seperti ini.
Semoga keluarga agan selalu berbahagia dan sehat selalu.

Mudah2an agan perna baca atau sedikit mendengar, untuk tingkat perceraian di era sekarang ini sangat tinggi, saya ga tau masalah utamanya,
Tapi ane punya lingkungan, dari keluarga atau sepupu contohnya, banyak sekali yang cerai gan, INI yang bikin ane khawatir.

Sekali lagi ane cuma pengen punya pasangan yang akan ane perjuangkan dan bahagiakan sampai dengan nafas ane berhenti gan, tapi sangat takut itu disia-siakan.

Advice agan akan selalu dinanti sama junior ini.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
04-01-2020 15:37

Quote:Original Posted By karyanakbangs4
Lihat b3 itu hanya berlaku buat orang orang normal. Sedangkan di dunia ini mayoritas termasuk yg gak normal, terutama soal karir gak jelas pendidikan rendah dan kekayaan miskin.


iya gan, kmrbali lagi ke penyesuaian masing2 orang, liat kondisi juga. sekarang hidup emang harus flexible emoticon-Jempol
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
10-01-2020 19:05
Semuanya baik tp ternyata pasangan kita yg gak baik gimana dong 🧐
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
14-01-2020 21:07
Jasa Detektif Swasta Perselingkuhan Konsultasi Gratis dan Di Jamin Ter-Murah
Melayani :
- Pengintaian Perselingkuhan
- Pengintaian Rekan Bisnis
- Pencarian Latar Belakang
- Pencocokan DNA
- Pencarian Orang Hilang
- Pengamanan Perusahaan
- Bodyguard
- IT System
Pelayanan Seluruh Indonesia dan Luar Negeri
Jasa detektif perselingkuhan
Phone Only : 082171021939
Whatsapp 1: 082177066110
#jasadetektifswasta
#detektifperselingkuhan #detektifswasta #jasadetektif #jasadetektifswasta #pibinor #pelakor #selingkuhan #selingkuh
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
04-02-2020 14:53
Quote:Original Posted By Richy211
nikah modal cinta apakah biaya hidup tidak dimodali wkwkwk


Wkwkwkw makan tuh cinta..
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
04-02-2020 14:54
Quote:Original Posted By karyanakbangs4
Tapi mungkin kah pernikahan langgeng yg semuanya ada tersedia, sama sama kaya raya tapi tanpa cinta?


Sedikit pula kemungkinannya kalau rumah tangga tanpa cinta.. hehehe tapi balik lagi pada mereka yg menjalaninya sih..
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia