• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Etika Berkendara yang Sering Dilanggar, Nomor 4 Paling Menyesatkan!

king.aslan
TS
king.aslan
Etika Berkendara yang Sering Dilanggar, Nomor 4 Paling Menyesatkan!
Beberapa waktu lalu viral video seorang pengendara sepeda motor yang merokok dan ditegur oleh pengendara lain namun sayangnya, respon terhadap teguran tersebut tidak dilakukan dengan maksimal. Merokok saat berkendara merupakan tindakan yang melanggar etika, bahkan melanggar hukum.

Sebenarnya, masih banyak hal yang melanggar etika berkendara yang sering dilakukan oleh orang Indonesia, apa saja? Langsung saja:

1. Merokok pada saat berkendara
Spoiler for ilustrasi:

Poin pertama ini masih sangat sering dilakukan di Indonesia, bahkan oleh polisi sekalipun! Memang di kota besar sepertinya jarang, tetapi di kota ane bahkan seorang polisi yang sedang berhenti di depan ane saat lampu merah nalah sambilan merokok! Ane tidak habis pikir bagaimana bila pengendara yang ada di belakang perokok terkena abu/bara dari rokoknya. Ingin ditegur salah, tidak ditegur juga salah. Apalagi biasanya justru yang ditegur yang malah marah.
FYI, menurut permenhub no. 12 tahun 2009 pasal 6c menyatakan bahwa "Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor." Oleh karena itu, sudah jelas jika ada yang membantah dan ingin minta ditunjukkan hukum apa yang mengatur mengenai etika merokok saat mengendarai kendaraan, katakan saja soal permenhub no. 12 tahun 201.

2. Menyalakan lampu jauh tidak tahu tempat
Spoiler for ilustrasi:

Poin kedua juga masih sering dilakukan oleh berbagai pengendara pada malam hari, yakni tetap menggunakan lampu jauhnya meskipun ada orang yang berlawanan arah dengannya. Hal ini sangat mengganggu pandangan orang di depannya bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan. Oleh karena itu, jika masih melewati gang-gang sempit atau berada di area perkotaan yang belum benar-benar sepi, sebaiknya jangan dihidupkan. Atau, jika sedang menghidupkannya, segera matikan mode lampu jauh saat ada pengendara lain yang berlawanan arah.

3. Membuang sampah saat di atas kendaraan
Spoiler for ilustrasi:

Jujur, di kota ane orang yang membuang sampah sudah jarang, namun tetap saja pasti ada yang dengan enaknya melemparkan sampah permen atau bungkus snackdari atas kendaraannya. Tindakan yang satu ini memang mengotori jalan maka sebaiknya simpanlah sampah dan buanglah saat sudah menemukan tempat sampah.

4. Menyalakan lampu sein namun arah beloknya berbeda
Spoiler for ilustrasi:

Permasalahan umum yang tidak pantas dilakukan tetapi sering terulang hingga sekarang. Kalau kata orang, pelakunya biasanya "emak-emak" tetapi tidak menutup kemungkinan "bapak-bapak" juga melakukannya, meskipun sedikit. Kesalahan arah lampu sein bisa membuang orang celaka, seperti yang dialami oleh abangnya teman ane, di mana saat itu dia mengira ibu ibu itu akan berbelok tetapi malah lurus, dan dia jatuh dari motor dalam keadaan kaki patah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mematikan lampu sein jika sudah selesai berbelok.

Mungkin itu saja hal-hal melanggar etika yang masih sering dilakukan oleh orang Indonesia, agan di sini ada yang mau menambahkan? Silakan ditambahkan di kolom komentar, ya!

Quote:



Edit:
Ada orang aneh yang membata reply/post ane habis-habisan dalam waktu yang hampir bersamaan entah karena apa emoticon-Big Grin
Dilihat dari nicknya dan beberapa postingannya, sepertinya dia suka membahas masalah politik. Tapi tunggu, thread dan reply ane tidak membahas sedikit pun tentang politik, Bro. emoticon-Big Grin


Buat pembata, jangan bata dengan beberapa akun fake, ya emoticon-Big Grin ane aja memberikan cendol kepada seluruh komentator di thread ane emoticon-Big Grin kalau agan kekurangan bata/cendol, sini ane spam dah, gak usah spam bata ane juga ya emoticon-Big Grin
Diubah oleh king.aslan 06-01-2020 13:38
tikamjmbsustien212700
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
36
11.3K
176
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.