News
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0d6fcedbf7640a6b4f9850/banjir-jakarta-belasan-meninggal-lebih-dari-31000-warga-ibu-kota-mengungsi
Banjir Jakarta dan sekitarnya: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi sementara puncak hujan baru pertengahan Januari sampai Maret Seorang ibu dievakuasi dari salah satu titik dari 41 wilayah yang tergenang banjir di Jakarta.
Lapor Hansip
02-01-2020 11:21

Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi

Past Hot Thread
Banjir Jakarta dan sekitarnya: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi sementara puncak hujan baru pertengahan Januari sampai Maret


Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
Seorang ibu dievakuasi dari salah satu titik dari 41 wilayah yang tergenang banjir di Jakarta.

Banjir Jakarta dan daerah sekitarnya menyebabkan setidaknya 16 orang meninggal dan lebih dari 31.000 orang mengungsi, sementara puncak hujan diperkirakan oleh BMKG baru akan terjadi pada pertengahan Januari hingga Maret.

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Kamis (2/1) menyebutkan 16 orang korban meninggal termasuk delapan orang di DKI Jakarta, satu orang di Kota Bekasi, tiga orang di Kota Depok, satu orang di Kota Bogor, satu orang di Kabupaten Bogor, satu orang di Kota Tangerang, dan satu orang di Tangerang Selatan.

Kepala BNPB, Doni Monardo menghimbau masyarakat agar segera mengungsi ke tempat aman jika tempat tinggalnya berpotensi mengalami banjir lebih besar.

"Utamakan nyawa selamat terlebih dahulu daripada harta," kata Doni.

Salah seorang korban di Jakarta termasuk seorang remaja pria berusia 16 tahun karena tersengat listrik di Kemayoran dan tiga lainnya karena kedinginan, kata BNPB.

Jenazah anak saya ditutupi dengan koran saat dua anak saya yang lain lewat," kata Farid, yang menyebut diri sebagai ayah dari remaja 16 tahun itu.

"Orang-orang bertanya ada yang kenal dengan korban. Bila anak-anak saya tidak lewat, kami tidak tahu putra saya meninggal," kata Farid seperti dikutip kantor berita AFP.

Korban lain termasuk pasangan lanjut usia yang kedinginan setelah terperangkap di rumah mereka di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, yang terendam air setinggi empat meter, akibat meluapnya sungai.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan Rabu (01/01), "19.079 orang (yang mengungsi) ditangani sepenuhnya oleh Pemprov DKI Jakarta."

Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
Palang Merah Indonesia mengevakuasi balita di Mampang, Jakarta Selatan.
Namun data warga yang mengungsi ini belum termasuk mereka yang tinggal di wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, Perusahaan Listrik Negara, PLN mengatakan mereka memadamkan sementara listrik di 724 wilayah yang terkena banjir, "Demi keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya arus listrik."

Curah hujan "mencapai rekor tertinggi" di sejumlah wilayah ibu kota, termasuk Halim, dan di seputar Taman Mini, Jakarta Timur, menurut Kepala BNPB, Doni Monardo yang meninjau wilayah banjir melalui udara Rabu (01/01).

Kepala Pusat Meteorologi Publik, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, (BMKG), Fachri Radjab, mengatakan puncak hujan "kita perkirakan di pertengahan Januari hingga awal Maret nanti".

Gubernur Jakarta, Anies Baswesdan, mengatakan bahwa pemerintah provinsi mengambil sikap bertanggung jawab atas banjir yang melanda Jakarta.

"Kita hadapi dan kita selesaikan masalah yang ada sekarang ini dengan sebaiknya-baiknya ... semoga kita bisa menanggulangi banjir ini sesegera mungkin," kata Anies kepada para wartawan.

Ia juga meminta agar masyarakat mendapatkan informasi yang valid dan akurat soal banjir, namun ia tidak memerinci lebih jauh.

Menurut BMKG, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang mengguyur Jakarta sejak Selasa (31/12) malam belum merupakan puncak musim hujan.

Sejumlah warga Jakarta berlindung di bawah jembatan layang, di tengah kepungan banjir.
"Puncaknya kita perkirakan di pertengahan Januari hingga awal Maret nanti," ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, kepada BBC News Indonesia.

Hujan tanpa henti yang mengguyur ibu kota Jakarta sejak malam pergantian tahun menyebabkan genangan air setinggi 30 sentimeter hingga satu meter.

"Di Jakarta Timur, di Kampung Arus, itu mungkin yang agak dalam," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Subejo, melalui sambungan telepon (01/01).

Dari data yang dihimpun timnya, Subejo menuturkan bahwa air menggenangi berbagai titik di hampir seluruh wilayah Jakarta dengan ketinggian bervariasi.

"Jakarta Timur ada 10 titik lokasi yang kita lakukan evakuasi dengan perahu karet, kemudian ada di Pangadegan, Pancoran, terus Rawajati juga di Jakarta Selatan," tuturnya.

Selain itu, kawasan Kebon Jeruk dan Tanjung Duren di Jakarta Barat, Kelapa Gading di Jakarta Utara dan Bendungan Hilir di Jakarta Pusat juga terdampak banjir.

Hujan dengan intensitas serupa diperkirakan masih akan terus berlangsung hingga Sabtu (04/01).

Dampak banjir

Sejumlah kawasan permukiman di Jakarta dan sekitarnya terendam banjir dengan ketinggian beragam.

Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
Poll Blue Bird di Kramat Jati, Jakarta Timur, terendam pada pukul 08:00 pagi Rabu, 1 Januari 2020.

Di Perumahan Mahkota Simprug, Tangerang, air menggenangi jalanan hingga masuk ke rumah-rumah warga dengan tinggi sekitar 20-30 sentimeter.

Sementara di Bendungan Hilir, seperti diunggah akun twitter TMC Polda Metro Jaya, banjir menggenang setidaknya 40 sentimeter.

Beberapa ruas jalan ibu kota pun lumpuh untuk sebagian kendaraan, seperti underpass atau terowongan Kuningan yang tak bisa dilalui mobil sedan.

Perjalanan kereta rel listrik (KRL) juga terganggu akibat rel yang digenangi banjir.
Pembicaraan dengan tagar #Banjir sendiri hingga Rabu siang menjadi topik nomor satu di Twitter Indonesia.

Waspada hujan lebat

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, mengatakan curah "hujan di atas Jakartanya sendiri tinggi intensitasnya."

Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi

Fachri mengingatkan bahwa yang patut diantisipasi adalah hujan lebat yang terjadi dalam satu rentang waktu yang panjang.

"Misalnya dalam periode satu hari tapi hujannya lebat sekali, itu yang perlu diwaspadai."

Sementara itu, Kepala BPBD DKI Jakarta, Subejo, menilai penyebab banjir bukan hanya intensitas hujan yang tinggi.

"Tambahan dari luapan Sungai Ciliwung juga ada, sehingga ada beberapa lokasi di Jakarta yang memang tergenang air banjir," katanya.

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan evakuasi warga dan mendata jumlah korban, baik warga maupun tempat tinggal yang terendam banjir.

Warga pun diungsikan ke tempat-tempat pengungsian seperti masjid dan sekolah terdekat.
Ia memastikan bahwa bantuan telah disiapkan karena pihaknya telah mengantisipasi bencana banjir tersebut.

"Otomatis nanti sudah langsung kita drop (turunkan) juga untuk bantuan kebutuhan dasarnya," katanya.

Hujan lebat di hampir seluruh Indonesia

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Publik, BMKG, Fachri Radjab, intensitas hujan sedang-lebat juga mengintai wilayah lain di Indonesia.
"Hampir seluruh wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan," ujarnya.
Beberapa daerah yang menurutnya patut mengantisipasi hujan dengan intensitas tinggi yaitu:
- Sumatera: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung
- Sebagian besar Jawa
- Kalimantan: bagian barat dan utara
- Sulawesi: Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara
- Gorontalo
- Papua bagian tengah
BMKG memprediksi musim hujan baru akan berakhir di penghujung bulan April.

Program normalisasi sungai tak jalan, "tak akan ada perubahan"

Pada akhir April tahun lalu, banjir menyebabkan dua orang meninggal dunia dan lebih dari 2.300 orang mengungsi.

Sementara sepanjang tahun 2018, menurut data dari BPBD Jakarta, dalam 46 kasus banjir, lebih dari 15.600 orang mengungsi.

Saat banjir April 2019, banyak warganet yang mempertanyakan kebijakan Anies Baswedan dalam menanggulangi banjir termasuk dalam normalisasi sungai yang mencakup pembebasan lahan di wilayah bantaran sungai.

Pengamat tata kota Yayat Supriatna mempertanyakan komitmen Anies dalam mengembalikan fungsi sungai Ciliwung sebagai langkah mencegah banjir.

"Kalau Pak Anies tidak mampu melakukan pembebasan tanah terkait berbagai program penanggulangan banjir di Jakarta, jadi tak akan ada perubahan," kata Yayat Rabu (01/01) kepada BBC News Indonesia.
bbc indonesia


Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 20:56
Quote:Original Posted By dhinyzfrn
innalillahi, semoga cepat pulih semuanya.. dan tidak ada lagi korban jiwa


Aminnnn gaannn....doain jugaa semoga ga makin nambah korbaan...ane liat videonya airnya kenceng bgt arusnyaa...mobil sampe kebalik
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 20:57
Quote:Original Posted By juhii99
kalo pas ada bencana-bencana begini salut sama relawan dan petugas-petugas yang membantu evakuasi.
Mau gak mau lebih memikirkan warga daripada diri sendiri dan keluarganya.
Semoga pemerintah lekas punya solusi jitu lah ya buat nanganin banjir


Benerrr gaannn...padahal mungkin mereka juga kena musibah dirumahnyaa...tp lbh mentingin kepentingan bersamaa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 21:16
Kadrun biasanya ngeles pake quotenya JKW : "Kalau saya jadi presiden bla.. bla.." Nah si JKW kan bilang butuh kerjasama sama pemda (tapi dipotong sama kadrun). Masalahnya si Anies ini bisa diajak kerjasama gak sama pemerintah pusat. emoticon-Big Grin
profile-picture
coldblacksnow memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 21:25
Jadi inget tweetnya kadrunwati sebelum banjir tahun baru.

Ngapaen sih heboh banget soal banjir Jakarta.
Kayak ada korban jiwa aja.

Sekarang dah terbukti ada korban jiwa.
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 21:54
Quote:Original Posted By elor68
Masih heran sama yang selalu nyalahin Pemimpin daerah... Dari gw kecil, sampe udah umur 26.. Kalo ngeliat berita banjir di TV udah kayak ngeliat berita Hari Raya, tiap tahun ada.

Sekarang pertanyaannya, kalo Pemimpinnya udah berganti-ganti tapi terus-menerus banjir, YANG SALAH MASYARAKATNYA ATAU PEMIMPINNYA?

ITU MAU BERAPA KALIPUN PEMIMPIN DIGANTI, MAU BERAPA KALIPUN SUNGAI DIKERUK, MAU BERAPA KALIPUN GORONG-GORONG DIPERBAIKI, KALO MASYARAKATNYA MASIH SERING BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, NGGAK SADAR LINGKUNGAN, SAMPE 2020 JUGA BAKAL TERUS-TERUSAN BANJIR.

GOBL

Masyarakat keras hati..
Diubah oleh ariestarbut
profile-picture
elor68 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 22:00
Quote:Original Posted By LaSeixas
aa gym...
kami tunggu tweet berfaedah nya...


emoticon-Ngakak
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 22:08
aku ikut prihatin gan emoticon-norose
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 22:08
Quote:Original Posted By ariestarbut
Masyarakat yang ngga bisa sadar2 diri (misal menjaga kebersihan / buang sampah di tempatnya...akan selalu ada karena kodrat manusia didunia)...perlu bantuan pemerintah, lembaga dan atau perseorangan( yg berkaitan)untuk menyadarkan, dengan kesungguhan hati dalam bentuk perbuatan/ tindakan / pekerjaan nyata.


Akhirnya, ada orang cerdas yang bales komentar saya... melihat masalah dari sudut pandang lainnya, bukan hanya tertuju pada satu titik (nyalahin + maki-maki Pemimpin.)

Saya setuju, memang untuk masyarakat yang bandel perlu adanya bimbingan dari Pemerintah, Lembaga atau perseorangan yang berkaitan..

Memang, Pemerintah terlalu fokus sama perbaikan infrastruktur (semacam perbaikan Gorong-gorong/Bendungan dll) padahal, salah satu penyebab utamanya dari manusianya... perlu adanya seminar/kampanye dari satu kampung ke kampung lain perihal aturan buang sampah ini, yang selama ini tidak ada.. atau jika memang ada, harus lebih diperbanyak lagi (bila perlu sebulan sekali, disetiap RT/RW), terutama wilayah pinggiran sungai (tak terkecuali Perumahan sekalipun)..

Tambahan, mungkin seminar-seminar ini juga bisa untuk pemberitahuan mengenai peraturan Lalu Lintas.. dimana sama halnya dengan buang sampah, peraturan Lalu Lintas pun masih banyak yang belum mengerti.. atau kurangnya kesadaran masing-masing.. (Termasuk saya sendiri).
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 22:17
Quote:Original Posted By lonelylontong
Ya deh, ane doain, moga2 ente jd bebek-nya.

Ente jg donk, doain ane, moga2 ane jd suaminya. Sama2 saling mendoakan, spy keinginan kita sama2 terkabul.

Ente pgn jd bebeknya, ane pgn jd suaminya.

Akur? Akur? Akur?


Wadawemoticon-Cape d... salah sebut ane,,
Siap gan saling mendoa kan agaat cepet surut dah banjir nya biar ga antri di gorong2
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 22:55
udah nasib...selain takdir, memang ada unsur kesalahan manusianya juga yang tak bisa dipingkiri. air itu sangat berjodoh dengan tanah dan tanaman. lalu kenapa air bisa lepas bebas seperti itu?? karena tanah dan tanaman sudah "cerai" dengan air...kok bisa cerai??? ya karena pihak ketiga...siapa pihak ketiga?? siapa lagi dooongg coba????
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
02-01-2020 23:40
ya Allah kasian bahkan sampe ada yg meninggal. ya tuhan semoga segera berakhir bencana banjir ini. aamiin
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 06:08
emoticon-Turut Berduka ... Banjir yang membawa duka ...
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 08:06
entah jika ane jadi beliau pasti sudah sangat malu, dan merasa tidak bisa memberikan rasa aman untuk warga ane sendiri. semoga masalah ini bisa segera di atasi.
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 08:59
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 09:08
aa gym ngetweet dong aaaa....di tunggu pisan tweet na aaa...
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 10:02
percuma mau normalisasi atau apalah , ini semua tergantung keseharian manusianya yang ada disekitar itu
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 10:25
turut berduka cita untuk para korban banjir semoga anggota keluarganya diberikan ketabahan ..
tapi ane mau nanya sedikit, pada disholatin gaberner gak tuh korbannya ?
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 13:25
Tuhan adalah tempat perlindungan kita
Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak bencana di mana-mana, seperti gempa bumi, kelaparan, perang, banjir, kekeringan, dll.Bencana-bencana ini mengancam hidup kita setiap saat, Bagaimana kita menghadapi bencana-bencana ini? Di mana tempat perlindungan kita yang sebenarnya?Alkitab berkata: "Yang dijaga oleh kuasa Tuhan oleh iman kepada keselamatan yang siap untuk dinyatakan pada akhir zaman" (1 Petrus 1:5)
Sekarang Tuhan Yesus telah kembali, adalah Kristus Yang Mahakuasa di akhir zaman. Tuhan yang Mahakuasa telah membawa kita keselamatan di akhir zaman. Hanya ketika kita kembali kepada Tuhan yang Mahakuasa, kita menemukan perlindungan yang sejati.
Tuhan Yang Mahakuasa berfirman: "Semuanya sudah selesai, dan itu semua dikendalikan oleh kamu sekalian, diatur oleh kamu sekalian, karena Aku adalah Bapa kamu sekalian, Aku adalah menara yang kuat bagi kamu sekalian, Aku adalah tempat perlindungan kamu sekalian, Aku adalah pendukung kamu sekalian, dan terlebih lagi Aku adalah Tuhan kamu sekalian Yang Mahakuasa, dan Aku adalah segalanya bagi kamu sekalian! Segalanya ada dalam tangan-Ku, dan segalanya juga ada dalam tangan kamu sekalian."

profile-picture
Irene215 memberi reputasi
1 0
1
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 18:43
semoga gaada korban2 lagii yaaa.. semoa smuanya sehat2... banjir gaada lagi...
0 0
0
Banjir Jakarta: Belasan meninggal, lebih dari 31.000 warga ibu kota mengungsi
03-01-2020 18:50
Gw rasa sangat penting uu otonomi daerah direvisi. Pemerintah pusat mesti punya mekanisme buat mengawasi, evaluasi, dan menindak pemda yang sampah. Ga bisa kita desentralisasi macam US, kualitas pemda dan pemilihnya masih sampah gini
Diubah oleh vangoz
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia