• Beranda
  • ...
  • PC Games
  • Cara Sederhana utk tahu penyebab Main Game Ngelag di PC Laptop Agan

GreenHouseBooksAvatar border
TS
GreenHouseBooks
Cara Sederhana utk tahu penyebab Main Game Ngelag di PC Laptop Agan
Salam kenal buat gan/sis yg baru pertama kali baca tulisan sy, dan salam jumpa lagi buat yg sudah pernah baca Review2 PC sy yg sebelumnya... mungkin antara 2-5 tahun yl ya hehe
Kali ini sy mau nulis2 lagi ttg hal2 terkait PC Gaming, diambil dari pengalaman bbrp tahun buka bengkel workshop kecil yg didasari hobby ngutak-atik komputer dan bermain game jaman masih sekolah dulu. Sebetulnya banyak sekali tip-trik yg sudah bisa jadi kesimpulan, baik yg sengaja dicari maupun yg ngga sengaja ketemu, tapi ngga semua disimpan datanya. Kalaupun disimpan datanya, belum tentu juga ada kesempatan buat men-share. Nah kebetulan sekarang ada trik masih 'hangat' yg bisa di-share di forum ini, kebetulan bisa disusun datanya, bolehlah sy share sedikit tentang sesuatu sesuai dgn judul di atas...

Ini adalah bagian pembuka saja, mudah2an bisa dilengkapi secepatnya sehingga betul2 sesuai dgn judul tulisan (jadi buat yg mau protes karena dianggap koq belum lengkap isinya, tahan dulu ya...hehe)

Main game di PC/laptop memang ngga sesederhana main di konsol.
Kalo agan beli game PS4 dan memainkannya di konsol PS4, sudah bisa dipastikan game tsb bisa jalan lancar dgn frame-rate yg stabil, ngga akan ada yg namanya patah2. Karena game yg dibikin buat PS4 itu sudah disesuaikan dgn kemampuan mesinnya yaitu konsol PS4 yg sudah standar. Konsol lain kayak XBOX juga begitu. Tapi game buat PC ngga begitu, makanya di dalam game PC ada settingan grafis yg bisa kita atur2 "level keindahan & kedetailan grafis"nya sesuai dgn kemampuan PC/laptop kita. Kalo kita paksain setting grafis 'Ultra' padahal Hardware PC/laptop kita kelasnya 'Middle' apalagi 'Low' ya jadilah nge-lag: game berjalan dgn gerakan/animasi yg lambat dan ngga bisa dimaenin dgn nyaman, kalo diukur frame-ratenya bisa di bawah 15 FPS atau bahkan lebih rendah lagi. Sebagai patokan, game mulai enak/nyaman dimaenin kalo FPS berada cukup stabil di kisaran 25-50 FPS. Idealnya sama dgn refresh-rate monitor yg umumnya 60-80 Hz, jadi frame-rate yg ideal adalah 55 FPS ke atas. Beberapa tipe monitor kelas atas punya refresh-rate 144 Hz yg idealnya hanya cocok buat PC dgn spek yg betul2 high-end karena baru akan "nyaman di mata" kalau game2 bisa berjalan dgn frame-rate 144 FPS.

Pada umumnya game2 PC akan mengatur sendiri setting grafis yg optimal saat baru pertama kali dimaenin setelah diinstal, sesuai dgn kemampuan hardware yg terdeteksi oleh game tsb. Biasanya settingan otomatis ini berfungsi dgn bagus, dan selanjutnya bisa kita atur sendiri sedikit2, dinaikin atau diturunin setting grafisnya sesuai dgn rasa nyaman kita setelah mencoba Play. Misalnya kita ingin tampilan grafis yg lebih indah & detail, naikin satu2 option grafisnya lalu coba lagi Play dan cek apa game masih cukup nyaman dimaenin. Atau sebaliknya kalau terasa kurang lancar, kita bisa turunin satu2 option grafisnya lalu coba cek hasilnya. Salah satu opsi grafis yg akan terasa besar pengaruhnya saat kita ubah naik/turun adalah Antialiasing, di opsi ini sebaiknya pilih FXAA kalo tersedia (ngga perlu di-Off sama sekali kecuali gamenya memang dirasa masih terlalu berat).

Apabila kita sudah turunin semua opsi grafisnya ke nilai terendah (umumnya disebut dgn istilah "rata kiri") ternyata game masih juga ngga nyaman dimaenin, berarti ada yg "kurang" pada PC/laptop kita buat main game tsb.
Secara garis besar ada 2 sebab utama game PC ngga bisa dimaenin dgn nyaman:
  1. Hardware PC/laptop yg ngga memenuhi syarat minimal buat main game tsb. Hardware ini bisa salah satu dari VGA, prosesor, memory (RAM) atau bisa juga dua di antaranya bahkan ketiga2nya ngga memenuhi syarat. Sebetulnya belum terlalu banyak judul game yg masuk kategori super-berat sehingga ngga bisa dimaenin dgn cukup lancar di settingan rendah, bahkan sebagian besar judul game masih relatif lancar kalau setting grafisnya dibiarkan apa adanya sesuai kondisi Default dari hasil deteksi otomatis seperti yg disebutin di atas. Tapi memang ada belasan (atau mungkin saat ini sudah lebih) judul game yg ngga bisa dimaenin dgn nyaman pada PC/laptop yg kemampuannya 'ngepas' bahkan ada beberapa judul di antaranya ngga bisa dimaenin sama sekali kalau prosesornya dual-core murni, memori masih 4 GB, atau VGA-nya terlalu jadul...
  2. Software yg kurang bagus, atau dgn kata lain 'kondisi' Windowsnya yg ngga bagus (karena game PC ini khan dimaeninnya di atas sistem operasi Windows). Yaitu adanya aplikasi selain game di dalam Windows yg 'menyita perhatian' dari Hardware sehingga beban kerjanya sudah tinggi bahkan saat sedang ngga dipakai main game sekalipun. Nah saat dipaksain juga buat main game, berakibat jalannya game akan ikut terganggu juga...

Di antara keduanya, Hardware-lah yg paling sering jadi kambing hitam. Kalau memang ngga lancar itu saat main game2 yg kelasnya berat wajar juga menganggap kurang kuatnya Hardware sebagai penyebab, tapi kalau saat main game2 yg agak ringan aja udah ngelag sebaiknya cek dulu kondisi Windows-nya bisa jadi penyebab utamanya bukan Hardware.

Beberapa minggu yl bengkel sy kedatangan PC yg kata pemiliknya ngga kuat lagi buat main game PES terbaru bahkan main The Sims 4 juga udah patah2, padahal sebelumnya pernah bisa. Katanya, kejadian itu dimulai sejak kipas (HSF) prosesornya diganti. Mendengar itu sy langsung coba nyalain PC sambil cek kondisi kipas2 prosesor dan VGA cardnya: ternyata putaran normal, terpasang kuat dan suhu juga masih terdeteksi wajar, stabil ngga ada kenaikan suhu yg cepat seperti yg biasa terjadi kalau pendinginan ngga berfungsi dgn baik. Awalnya sempat curiga VGA cardnya rusak karena adanya info bahwa main gamenya patah2, tapi setelah dicoba ternyata bukan cuma patah2 tapi bahkan sejak awal masuk ke dalam game menampilkan menu2nya juga terasa berat dan lambat. Padahal secara hardware mestinya PC itu sanggup kalo cuma buat main The Sims 4 dan PES terbaru, apalagi kalo cuma utk menampilkan menu2 awal game. Berarti prosesornya yg 'terganggu'...
Betul saja, setelah dicek ternyata saat main game PES itu beban prosesornya mencapai 100%, dan ternyata saat sudah keluar dari game juga beban prosesornya bisa melewati 50%. Setelah dicoba reboot Windows, pada keadaan idle saat ngga ada aplikasi yg sengaja dipanggil, beban prosesornya ada di kisaran 47-50%. Ternyata pada kasus ini memang bukan Hardware biang-keroknya, tapi Software-lah yg jadi penyebab main game ngelag: ada program lain yg sudah membebani prosesornya sejak awal masuk ke Windows dan ikut menyita perhatian prosesor saat si prosesor ini diminta juga buat main game. Ini bisa aktif akibat adanya virus di dalam Windows atau bisa juga akibat aplikasi bukan virus tapi punya cara kerja yg sama jahatnya dgn virus. Program sejenis ini memang banyak dan makin banyak aja jumlahnya tersedia di internet, seringkali sengaja disisipkan samar2 sebagai 'pendamping' oleh aplikasi lain yg memang sengaja kita instal, siap masuk ke komputer kita saat kita lengah dalam ber-internetan atau saat menginstal aplikasi2. Sy menyebutnya sbg BLOATWARE... karena sifatnya yg bisa "bikin sistem operasi PC/laptop kita kembung & mual", seperti program2 sejenis yg juga bisa memenuhi smartphone Android kita.

Kalau begitu, gimana kita bisa tahu ada atau ngga program pengganggu game di Windows PC/laptop kita?
Sederhana koq, ngga perlu aplikasi tambahan... cukup manfaatin TASK MANAGER yg sudah tersedia di Windows. Utk membuka Task Manager, tekan saja [ Ctrl + Alt + Del ] lalu pilih Task Manager. Di bawah Tab Process langsung bisa dilihat program2 apa aja yg sedang aktif dan berapa besar (%) pengaruhnya ke prosesor (CPU) dan memory. Jika baru saja login ke Windows dan belum ada aplikasi yg sengaja kita buka (waktunya kira2 1-3 menit setelah Boot/Startup kalau kondisi Windows bagus), mestinya beban ke CPU stabil di kisaran 0-5% di PC atau 1-9% di laptop, yg pasti ngga melebihi 10%. Sedangkan beban ke Memory tergantung ukuran RAM yg terpasang di PC/laptop kita. Angka di laptop biasanya lebih besar karena seringkali ada aplikasi2 bawaan dari produsen laptop yg sudah terinstal sejak awal pembelian laptop. Makin kecil angka % ini berarti makin enteng beban yg diterima CPU, makin sehat kondisi Windows utk bisa dipakai bermain game.

Spoiler for Contoh kondisi OS yg SEHAT di PC dgn spek standar:


Spoiler for Contoh kondisi Windows 7 yg SEHAT buat Gaming:


Spoiler for Contoh kondisi Windows 10 yg SEHAT buat Gaming:


Spoiler for Contoh kondisi OS di Laptop yg sama sebelum & sesudah instal ulang Windows 7:

Skrinsut yg terakhir di atas ini menunjukkan kasus kondisi yg SAKIT sangat parah, di mana saat baru selesai Boot/Startup aja beban prosesor sudah mencapai 100%. Pada kondisi ini boro2 mau dipakai gaming, buat sekedar membuka explorer dan aplikasi2 aja terasa berat dan lambat luar biasa. Ini adalah contoh kasus akibat yg bisa terjadi kalau kita meremehkan peranan Antivirus yg bagus buat menjaga sistem operasi di PC/laptop kita, seringkali solusi terbaiknya tinggal lakukan instal ulang Windows dan aplikasi2 pentingnya dgn prosedur yg HARUS benar.

Semua data di atas menunjukkan bahwa peran KESEHATAN WINDOWS sangat penting buat keberhasilan kita bermain PC Games dgn lancar, dan ada cara yg sangat sederhana utk tahu gimana kondisi Windows di PC/laptop kita. Jika kita sering terhubung ke internet dan sering menginstal aplikasi & game, ada baiknya secara rutin mengecek kondisi ini sebelum "penyakit" yg masuk ke PC/laptop kita itu (kalau sudah terlanjur masuk) berkembang makin parah. Karena kalau sudah parah, siap2lah direpotin dgn keharusan menginstal ulang Windows.
Pada tulisan yg lain, sy akan ulas juga sedikit tapi detail tentang peranan Software apalagi selain kesehatan Windows yg bisa mempengaruhi keberhasilan kita bermain PC Games dan gimana solusi mengatasi game2 yg gagal dimaenin di PC/laptop kita akibat masalah Software. Dan pada bagian tulisan yg lain juga, akan diulas gimana cara kita mengetahui komponen Hardware mana yg "kurang" yg bisa menjadi penyebab utama gagal atau kurang lancarnya bermain judul game tertentu di PC/laptop kita. Sekarang... sy mau kembali ke rutinitas dulu ya...hehe

Polling
0 suara
Apa Windows yg lebih gan/sis sukai buat main game PC?
Diubah oleh GreenHouseBooks 23-11-2017 10:38
cumicumigoreng
tata604
tata604 dan cumicumigoreng memberi reputasi
0
21.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
PC Games
PC GamesKASKUS Official
11.2KThread5.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.