Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e011f27c9518b70f175a7a6/suka-duka-gw-tinggal-di-perkampungan-deket-pemakaman-keluarga-coyyy
Tapi bukan pemakaman umum melainkan pemakaman keluarga yg paling ga cuma ada beberapa makam aja sih dan ga sering ada makam baru kayak pemakaman umum karena pastinya hanya jika ada pihak keluarga yg meninggal aja baru ada pemakaman baru.
Lapor Hansip
24-12-2019 03:10

Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy


Halo gans, sist kali ini gw mau ceritain suka dukanya gw punya rumah deket pemakaman gans, sist emoticon-Malu

Tapi bukan pemakaman umum melainkan pemakaman keluarga yg paling ga cuma ada beberapa makam aja sih dan ga sering ada makam baru kayak pemakaman umum karena pastinya hanya jika ada pihak keluarga yg meninggal aja baru ada pemakaman baru emoticon-Takut (S)


singkat cerita



DUKANYA


Quote:
Kalo malem susah tidur emoticon-Berduka (S)




Kalo orang denger cerita gw yg susah banget tidur kalo malem pasti bakalan jawab

"Ah lo stress mikirin apa kali makanya ga bisa tidur"

But mau percaya atau ga, suasana kampung gw ini kalo malem ga bisa ketebak. Kadang sepi dan kadang rame kayak pasar malem emoticon-Belo

Kalo lagi rame, gw bisa denger orang pada ngobrol, ketawa² ada juga yg nangis. Dan itu sangat ngeganggu pendengaran gw yg terlalu sensitif karena denger suara sedikit gw pasti ga bisa merem karena merasa keganggu emoticon-Frown

Mungkin sebagian orang nyaman² aja bisa tidur karena udah terbiasa atau cuek atau juga pura² ga terjadi apa² tapi gw yg skeptis dihadapkan dgn kondisi seperti ini udah pasti bikin gw tetap terjaga di malam hari.

Karena gw juga kepo darimana datangnya suara² misterius itu emoticon-Bingung (S)



Quote:
Sering dicancel ojol emoticon-Frown




Laper tengah malem? Jangan harap deh bisa dapet ojol yg mau nganterin sampe depan rumah emoticon-Hammer

Karena pasti bakalan di cancel setelah si driver tau lokasi pengantaran emoticon-Berduka (S)

Alesannya ga jauh dari

"Waduh kak lewat makam itu ya? Ga berani saya, cancel aja ya"

Terkadang kalo udah kelaparan bgt gw sampe harus ngemis² dan rela nambahin berapa aja deh supaya orderan gw di pick up emoticon-Frown

Dan pernah gw order jam 1 malem tapi ojolnya dateng jam setengah 5, selepas adzan subuh dong karena takut emoticon-Cape d... (S)



SUKANYA


Quote:
Melatih mental dan keberanian emoticon-Cool

Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy

sumber foto


Siapa yg ga takut dengan suasana lingkungan sehoror di lingkungan rumah gw?

Yg tiap malem kadang rame kadang sesunyi di kuburan emoticon-Takut (S)

Tapi hal ini justru sangat menguntungkan buat gw karena pada zaman gw sekolah, gw aktif mengikuti kegiatan osis dan paskibra yg otomatis bakalan ditempa mental dengan LDK.

nginep di sekolah dan di gembleng abis²an, di prank setan segala macem dan gw alhamdulilah selalu lulus karena buat gw ga ada yg lebih horor dibandingkan suasana di lingkungan rumah gw sendiri emoticon-Cool



Quote:
Lingkungan lebih aman dan terjaga walau ga ada ronda sekalipun emoticon-army

Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy

sumber foto


Bukan bermaksud sombong atau takabur gans, sist emoticon-Malu
Tapi emang fakta yg terjadi ya begini adanya emoticon-Embarrassment

Dulu selalu ada ronda tapi ga bakalan bertahan lama yg entah apa juga penyebabnya emoticon-Bingung (S)

Lingkungan gw termasuk lingkungan teraman karena emang selain suasananya yg horor kalo malem hari tapi ada beberapa kejadian diluar nalar manusia juga sih yg mungkin bikin kapok para maling² yg niat jahat di kampung gw emoticon-Blue Guy Bata (S)

Quote:
Contohnya : Si maling anehnya ga bisa nemuin jalan keluar dari kampung gw walaupun ia udah berhasil gasak barang² milik salah satu warga kampung.

Atau motor yg dimaling tiba² keabisan bensin yg bikin si maling lebih baik meninggalkan motor curiannya gitu aja emoticon-Hammer (S)


Dan hal seperti ini udah terjadi beberapa kali hingga akhirnya ronda malam bener² ditiadakan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Nah itu dia gans, sist sepenggal kisah suka duka gw tinggal di perkampungan yg deket pemakaman keluarga emoticon-Belo

Ditambah lagi kampung gw dulunya cuma rawa yg dipenuhi pohon² semacem pohon rumbia/kiray dan lain sebagainya.

Amat sangat kental dengan aura mistis bukan? emoticon-Takut (S)

FYI, ada adek kelas gw yg meninggal karena bunuh diri dan di makamin di pemakaman keluarga itu. Ada juga temen seangkatan gw yg meninggal karena melahirkan dan bayinya pun ikut meninggal. Dan ada juga temen kakak gw yg meninggal karena di keroyok geng motor di depan sebuah kampus yg cukup ternama di kota gw.

Sisanya makam² tua yg udah ada dari sejak gw masih bayi mungkin emoticon-Belo

Udah bisa bayanginlah ya gimana horornya kampung gw kalo malem hari emoticon-Big Grin

Btw gw bikin thread ini pun ga lepas dari suara² aneh yg cukup ganggu pendengaran kayak sesuatu yg jatoh berulang kali di depan rumah dan di samping rumah emoticon-Takut (S)



Sekian kisah suka duka gw tinggal di perkampungan deket pemakaman keluarga gans, sist emoticon-Smilie

Makasih sudah berkenan untuk mampir dan semoga berkenan juga untuk memberikan rate 5 dan cendolnya emoticon-Cendol (S)



See you next thread gans, sist emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
machin dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 00:21
hantu nya udah kenal agan dari bayi mungkin males buat nakutin agan
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 00:41
Agak2 horor jga ya....
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 00:51
ane seneng tuu deket rumah kuburan , dan Alhamdulillah di kabulin tuu.. jarak 3 rumah kontrakan ane ada kuburan keluarga gitu dah (ada masjidnya juga disamping). jd klo solat deket, malah sepi ga ada anak2 bocah krn pada takut klo maen deket kuburan hehe
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 01:44
Kenapa gak foto asli aja untuk penampakan makam nya?
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 02:11
gan alangkah baiknya agan dengan segenap hati dan setulus sukma menceritakan seputar pengalaman per-dunia-lain-an agan selama disana, ane yakin pasti ada ane yakin deh, wkwkwk.
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 02:13
Quote:Original Posted By agahigh
Dibikin trit aja gan di SFTH, pengalaman2 horror nyaemoticon-Shakehand2


Pengen sih, tapi gw ga bisa nulis cerita emoticon-Malu
Coming soon deh nongol di SFTH, bikin draftnya dulu mungkin emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By nubipalingnubi
bisa jualan bunga ya


Ga ada yg jualan bunga sih kalo lebaran, ada jg paling bunga beli di orang yg punya kebun aja dket rumah buat skedar takziah doang mah emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By abdirevolusi
Aq lama kerja di daerah cilebut.


Kerja gitu ya?

Quote:Original Posted By goonerettekw
iya gan.. soalnya klo orderan udah selesai chat hilang sih yaa emoticon-Ngakak (S)
aku kalo misal ada chatan yg lucu sering di ss dulu sblm chat ilang emoticon-Leh Uga


Iya, kadang suka lupa ss gitu emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By wbros
banyak yg pada mabok gan pake gitar2 segala emoticon-Leh Uga


Ya dulu ada, skrg bocahnya udah pindah rumah tanpa sebab entah kenapa emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By zavoyan
di kampung kampung banyak itu kuburan petakan....

Kenapa sih ahrus begitu?


Ya mungkin supaya deket aja kali kalo mau takziah emoticon-Belo

Quote:Original Posted By AnggaArthaPutra
Ane aja klo lewat yg tempat2 bgtu sering merinding sendiri bre, apalagi ente yg tinggal disitu. Gk mikir lg dah


Kalo gw auto bilang numpang² anak monyet mau lewat emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By diehard57
kok berani sih......kalo aku minta pindah rumah aja emoticon-Big Grin


Ya abis mau gimana lagi, udah dari kecil disitu dan mau ga mau harus dijalani aja emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rajkapoor
banyak dapet duid kalo musim ziarah


Ah ga juga, wong cuma 10-15 makam kok yg ada disitu bukan pemakaman umum emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By Udinjack
dekt mana min kampung nye
yg kali ciliwung belah mana


Pecahan ciliwunglah pokoknya, ada kali kecil yg baru aja di beresin jadi kerenan dikitlah sama walikotanya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By KeepOn777
Hahahaha kocak


Apanya yg kocak? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By 2V7
dikelola jadi wisata uji nyali aja gan emoticon-Malu


Ga mau ganggu juga sih, sebab walaupun gitu "mereka" cukup jadi satpam kampung tanpa dibayar emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By gushastoko
Hal yg paling ane benci adalah kuburan di desa. Maap... bukan bedain kuburan desa sama kota yak.... ane klo lewat kuburan yg di jakarta malam malam kagak merinding disko gan... meskipun itu makam keluarga org lain. Tp beda klo kuburan di tempat si mbah di kutoarjo, jatingarang. Lor pintu kereta.

Mau pagi mau siang seremnya minta ampun dah. Meskipun rumah si mbah gak deket kuburan gan... tapi klo mau ke pasar kutoarjo harus lewat situ gan. Ada si jalan alternatif tambah jauh 2 km. Wkwkwkkw.

Kuburannya itu ditumbuhi pohon pring, pohon bambu yg menjulang tinggi, dan melengkung gan.... kayak gapura alamiah gitu. Klo siang bolong, jam 12 siang, kuburannya tetep redup, cahaya matahari gak masuk secara langsung, kehalang pohon bambu dan pohon beringin juga.

Suasana lembab, jangkrik pun bersaut sautan beserta suara pohon bambu yg bergesekan, berderit derit. Ampun deh. Paling sebel klo lagi cuacanya agak berangin. Wkwkwkwk.

Memori SD.
Dari jakarta sekeluarga berangkat sore atau malam ane lupa, naik saunggalih bisnis, sampai kutoarjo jam 4 subuh. Selalu subuh. Nah biasanya naik becak tuh dari stasiun. Nyebrang kali jembatan kecil, baru lewat kuburan. Nah pas pohon bambu yg melengkung, ane lewat situ, tiba tiba itu lampu becak mati. Mampus gak tuh. Si tukang becak beloknya ke kuburan, siallll. Hahahhaha. Gw teriak. Trus si bapak becak sadar klo becaknya menuju ke kuburan. Langsung berhenti. Rem. Trus berdoalah kami yg di dalam becak. Setelah kami berdoa, lampu nyala lagi. Wkwkwkkw.

Memori SMP.
Siang hari, jam 12 siang, ane nemenin nyokap beli ember, sama ke pasar. Sama tante juga sih (bulik klo bahasa jawanya) jalan kaki. Nah berangkat, ane cium sesuatu deh tuh, menyan sama bunga kanthil, ane berpikir positif, siapa tau ada yg baru di makamin. Pas pulangnya jam 2 siang. Entah kenapa mata ane itu liatin pohon pohon yg di kuburan, gak ada angin gak ada hujan, itu dahan pohon goyang sendiri, kayak diayun ayun, nah gw panggil bulik, trus bulik liat ada org yg gelayutan, wkwkwkkw, sembari jalan ane nyanyi nyanyi lagu rohani deh tu, sama nyokap. Eh malah dibilang brisik sama kuburannya, ane nyanyi tambah keras. Si dahan pohon yg goyang tadi itu patah. Wkwkwkwk. Katanya si bulik org yg glayutan udah ilang. Terusin aja nyanyi sambil jalan. Berisik berisik deh.

Memori kuliah.

Sore sore jam 4 maen sepeda sampai stasiun, pulang jam 5, rada gelap. Maen sepeda sama kakak sepupu. Nah kakak sepupu ane berhenti mendadak dibatasan kuburan, trus dia nanya ada jalan muter gak? Gak berani lewat kuburan. Ane bilang ada...tp banyak anjing liar, kebetulan kakak sepupu ane agamanya muslim, jadi dia lebih milih lewat kuburan daripada muter, banyak anjing soalnya. *kakak sepupu ane ini tinggal di blora. Ya udah tuh kita balapan sampai rumah si mbah. Si kakak sepupu ane ngebut udah kayak apa. Ane mau ngebut takut kepleset karena sering becek disana. Ya gak pelan pelan juga sih... nah setelah sampai rumah si mbah, kakak sepupu aku bilang, klo aku ngebut banget tp kok sampenya belakangan? Ya ane bilang, kakak sepupu ane yg ngebut kayak setan. Ane ditinggal. Tp yg diliat sama kakak sepupu ane, ane duluan, peetanyaanya siapakah yg diliat kakak sepupuku itu? Sampai sekarang tdk bisa terjawab.

Ish pokoknya malas bgt ke kutoarjo klo sampai sana masih gelap. Mending nunggu terang, terang aja masih di gangguin. Wkwkwkwkwk.ane bukan tipe penakut, tp suka kagetan aja. Hahahahahhaha.
Udah ah ceritanya...serem.

Gan, semangat yak!!!!


Ya, emang ga dipungkiri pemakaman di Desa lebih horor daripada di kota karena medannya juga yg wow banget gitu segala ada rumpun bambu dan pepohonan besar lainnya emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By mister.two
jadi yutuber horor aja


Yg kayak ngarungin kuntilanak gitu? emoticon-Belo
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
1 0
1
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 02:20
Quote:Original Posted By senjasoekarno
Kebanyakan yg punya keluarga bre, di makamin deket rumah. Biar kesannya wlpun dah mati tapi tetep deket

Tetangga gw halaman rumahnya kuburan. Klo lagi maen dirumahnya kita duduk didepan kuburan, agak jiper juga.
Kata dia, pernah temennya maen kerumahnya, orangnya rame pada ketawa pas di blg eh jgn berisik depan lu itu kuburan. Awal gak percaya pas diceritain kronologinya pada diem dan balik
Di liat kasat mata kaya tanah biasa


Banyak kok emang yg kayak gitu, dengan kasat mata sih ya keliatannya kek tanah biasa aja padahal aslinya kuburan emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By Yagami92
Ane juga tinggal deket tanah pekuburan warga gan wkwk
Yaa hal kaya gitu menurut ane wajar sih gan, tapi kita ya harus berani hadepin kaya gitu wkwk
Kadang sosok yg usil sering gangguin, tp ya mau begimana lagi wkwk


Ya mau ga mau harus berani, kadang gw kalo lg sedeng pun tereak aja gitu kalo ngerasa diganggu dan dengan sendirinya yg mau ngeganggu itu bakalan berhenti krn gw yg digangguinnya lagi belaga gilak emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By ayubian
hantu nya udah kenal agan dari bayi mungkin males buat nakutin agan


Ga juga sih, mungkin krn gw terkesan cuek dan gila ngadepin mereka makanya mereka males jg godain gw emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By budi.susanto.
Agak2 horor jga ya....


Bukan agak lagi gan, emang horor emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By dilute_31
ane seneng tuu deket rumah kuburan , dan Alhamdulillah di kabulin tuu.. jarak 3 rumah kontrakan ane ada kuburan keluarga gitu dah (ada masjidnya juga disamping). jd klo solat deket, malah sepi ga ada anak2 bocah krn pada takut klo maen deket kuburan hehe


Enaknya emang bisa khusyu, tapi coy kalo lagi dateng hawa takutnya dicolek dikit aja mungkin gw bisa ngibrit emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By menmax
Kenapa gak foto asli aja untuk penampakan makam nya?


Gw bikin thread tengah malem dan ga mungkin bgt gw bela²in ke makam cuma buat foto² doang emoticon-Belo

Bisa di kepret kali gw emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By lpfd.reboisasi
gan alangkah baiknya agan dengan segenap hati dan setulus sukma menceritakan seputar pengalaman per-dunia-lain-an agan selama disana, ane yakin pasti ada ane yakin deh, wkwkwk.


Ada dan emang banyak banget dong emoticon-Belo

Ntar deh kapan² bikin cerita di SFTH, tapi belajar dulu deh cara membuat cerita yg baik dan benar emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
budi.susanto. memberi reputasi
1 0
1
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 02:21
Quote:Original Posted By papahjahat21
@pakolihakbar terakhir kapan bre utk pemakanan yang disitu?


Sekitar 7-10 tahun yg lalu mungkin, gw juga kurang inget. Ntar kalo lagi balik ke rumah gw sempetin deh buat liat nisan dan liat taun wafatnya emoticon-Belo
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 02:28
Bukan kuburannya yg angker tu mah, tapi memang wilayah perkampungannya yg dulunya tempat komunitas jin. Pinggir sungai, rawa-rawa emoticon-Bingung wajar aja
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 02:46
Kuburan Pondok Kelapa jadi tempat mesum gan
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 05:21
TS termasuk oknum jukir dimusim ziarah juga?? emoticon-Traveller
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 05:51
Quote:Original Posted By goonerettekw
itu chat ojol kayaknya pernah baca dehhhh



_____
kalo pake chatan asli ts bakal lebih kawaii taukk xixixixixixiii


keknya yg paling serem dicancel ojol deh ya gan ..
Ojolnya udh serem duluan mau nganterin makanya dicancel aja ah drpd merinding.. ojolnya gamau nanggung resiko tuh,skrg kan banyak tuh beredaran cerita horor driver ojol kena yg serem2 gt smpe kekuburan ato apalah
profile-picture
goonerettekw memberi reputasi
1 0
1
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 05:53
Quote:Original Posted By Baringbing
Kuburan Pondok Kelapa jadi tempat mesum gan


nah gini nih yg disayangkan pdhl pemakaman itu tempat suci loh klo agan tau..
Karna banyak pemakaman yg gelap makanya dipake mesum gt ya. Pdhl pemakaman gelap gt org malem2 mau kesitu aja males, tp klo orh niatan mesum ya begitu tuh sikat sikat aja dah
profile-picture
goonerettekw memberi reputasi
1 0
1
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 05:56
Quote:Original Posted By Yagami92
Ane juga tinggal deket tanah pekuburan warga gan wkwk
Yaa hal kaya gitu menurut ane wajar sih gan, tapi kita ya harus berani hadepin kaya gitu wkwk
Kadang sosok yg usil sering gangguin, tp ya mau begimana lagi wkwk


mau gak mau ya soalnya rumahnya udh disitu sih. Paling jg nanti seiring adaptasi bisa biasa sendiri gak serem lg..
Klo ane ttep aja serem apalagi klo ada yg baru dimakamin tanahnya masih basah gt. Ah udah ah serem dah tuh gan..
profile-picture
goonerettekw memberi reputasi
1 0
1
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 06:27
Quote:Original Posted By lubangkaca
nah gini nih yg disayangkan pdhl pemakaman itu tempat suci loh klo agan tau..
Karna banyak pemakaman yg gelap makanya dipake mesum gt ya. Pdhl pemakaman gelap gt org malem2 mau kesitu aja males, tp klo orh niatan mesum ya begitu tuh sikat sikat aja dah


Kalau tempat suci ya rumah ibadah gan emoticon-Malu
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 06:57
Banyakan sukanya atau dukanya ya gan emoticon-Big Grin Ane nggak bakalan bisa jika berada dalam kondisi ente gan, ane tipe orang yang penakut, kadang dirumah sendirian aja susah kalau mau tidur, nunggu adzan subuh dulu baru bisa tidur nyenyak.
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 07:17
Wow tiap malam uji nyali dong ganemoticon-Takut
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 07:22
Pastinya kampung agan gak dipake buat remaja mesum buat pacaran di malam hari...
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 07:39
Quote:Original Posted By lubangkaca
mau gak mau ya soalnya rumahnya udh disitu sih. Paling jg nanti seiring adaptasi bisa biasa sendiri gak serem lg..
Klo ane ttep aja serem apalagi klo ada yg baru dimakamin tanahnya masih basah gt. Ah udah ah serem dah tuh gan..


Kalo mitos di pekuburan ane gini gan, jadi kalo malam gitu ada suara burung gagak pasti besoknya ada yg meninggal.
Dan itu bener gan, ane udah buktiin sendiri.
0 0
0
Suka Duka Gw Tinggal Di Perkampungan Deket Pemakaman Keluarga Coyyy
01-01-2020 07:55
hahaha bener, diambil sukanya aja gan. Keadaan sepi enak buat tidur, belajar, dll.

kalau masalah ngeri sih, asal udah biasa dan hati mantep kayaknya ga masalah gan XD
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia