News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0b296510d295721a2177c1/fakta-tanda-hitam-di-jidat-orang-muslim-yang-perlu-dipahami
Liputan6.com, Jakarta Tanda hitam di jidat orang Muslim kerap dimaknai dengan tingkat pendalaman ibadah yang dijalankannya. Meski sebenarnya hal ini tidak bisa dijadikan ukuran. Kondisi jidat hitam di jidat orang Muslim ini kerap terlihat pada seorang laki-laki. Namun, tak jarang perempuan juga memiliki jidat hitam.  Berbicara soal ketaqwaan umat, sebenarnya perlu ditinjau melalui beberapa asp
Lapor Hansip
31-12-2019 17:56

Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami

Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Tanda hitam di jidat orang Muslim kerap dimaknai dengan tingkat pendalaman ibadah yang dijalankannya. Meski sebenarnya hal ini tidak bisa dijadikan ukuran. Kondisi jidat hitam di jidat orang Muslim ini kerap terlihat pada seorang laki-laki. Namun, tak jarang perempuan juga memiliki jidat hitam. 
Berbicara soal ketaqwaan umat, sebenarnya perlu ditinjau melalui beberapa aspek keagamaan. Tanda hitam di jidat orang Muslim tidak bisa dijadikan acuan untuk menilai ketaatan agama atau ibadah umat Muslim khususnya.
Hal inipun juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam QS. Al-Fath. Menilik tanda hitam di jidat orang Muslim lebih jauh, ternyata juga ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan jidat seseorang bisa terjadi.
Untuk itu, perlu memahami dengan baik dan tepat mengenai tanda hitam di jidat orang Muslim agar tidak terjadi riya serta kesalahan pemahaman lainnya yang justru akan mengurangi pahala dalam beribadah.
Berikut fakta tanda hitam di jidat orang Muslim yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/12/2019).


Kepercayaan Orang Terhadap Jidat Hitam
Tanda hitam di jidat orang Muslim merupakan sebuah gesekan yang dihasilkan oleh kontak berulang dari jidat dengan sajadah saat sholat. Beberapa Muslim menganggap keberadaan tanda hitam di jidat orang Muslim ini merupakan dedikasi relijius dan kesholehan. Padahal tidak selalu demikian.

Apabila ibadah sholat dilakukan dengan teguh dan terus menerus dalam jangka waktu yang lama, jidat hitam dapat berkembang. Sebagian Muslim pun menganggap kehadiran jidat hitam orang Muslim adalah sebagai tanda dedikasi terhadap agama dan kesalehan.
Bahkan sebagian Muslim juga percaya bahwa pada hari kiamat, tanda jidat hitam orang Muslim akan memancarkan cahaya putih yang sangat besar.

Bukan Sebatas Penanda Rajin Ibadah
Tanda hitam di jidat orang Muslin kerap dikaitkan dengan rajinnya sholat dan tanda kekhusyu’an mereka menjalankan ibadah sholat. Menurut Al-Qur’an yang telah dijelaskan dalam QS. Al-Fath bahwa orang-orang yang bersama Rasulullah memiliki sikap yang tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi mereka memiliki rasa kasih sayang yang besar terhadap sesama Muslim dan mereka selalu menjalankan ibadah salat dengan khusyuk untuk mencari rida Allah.

Orang-orang ini juga memiliki tanda sujud di wajahnya. Banyak yang menafsirkan tanda sujud di wajah orang-orang yang bersama Rasulullah itu merupakan gambaran tingkah laku mereka, yaitu perilaku baik dan juga perilaku mencerminkan ajaran Islam.

Menafsirkan bahwa tanda hitam di jidat orang Muslim adalah seseorang yang banyak sujud (sholat) tidak sepenuhnya salah. Namun, para ahli tafsir dari kalangan sahabat Nabi dan tabi’in memiliki penafsiran yang berbeda.

Ibnu Abbas mengatakan kalau firman Allah dalam surat Al Fath ayat 29 yang mengungkapkan jika kekhusyukan terlihat dari bekas sujud itu bukanlah tanda hitam di jidat.
Bekas sujud yang dimaksud dari ayat surat tersebut baru akan terlihat di akhirat nanti. Jadi sebenarnya tanda hitam itu tidak mengartikan apapun. Itu terbentuk hanya karena dahi terlalu menekan saat sujud.

Jidat Hitam Juga Ada di Kaum Muslimah

Tanda hitam di jidat orang Muslim ternyata juga terjadi pada golongan lainnya. Ketika banyak orang yang menafsirkan bahwa tanda sujud di wajah adalah orang-orang yang bersama Rasulullah SAW yang secara tidak langsung menggambarkan tingkah laku mereka, yaitu perilaku baik dan juga tabiat yang mencerminkan ajaran Islam.
Faktanya, tanda hitam di jidat orang Muslim bukanlah tanda fisik pada wajah seorang Muslim saja. Jadi, tanda hitam di jidat seseorang bukanlah tanda bahwa orang tersebut telah melaksanakan ibadah sholat dengan rajin dan khusyu.
QS. Al-Fath tersebut menjelaskan kepada seluruh umat Islam bukan hanya kaum Muslim saja yang kerap mendapat tanda hitam di jidat, malainkan Muslimah juga. Selama ini, memang jarang terlihat seorang wanita yang memiliki tanda hitam di jidat.
Padahal tak banyak dari wanita Muslim yang memiliki tingkat keimanan yang lebih tinggi. Banyak juga Muslimah yang telah menjalankan sholat dengan rajin dan khusyu, namun mereka tidak memiliki tanda hitam di jidatnya.

Bukan Ukuran Keshalehan Ibadah
Tanda hitam di jidat orang Muslim bukan semata-mata menandakan keshalehan atau taat ibadahnya. Ukuran kesalehan orang Muslim bukan ditunjukkan dengan adanya tanda hitam di jidat. Kesalehan selalu mengandaikan perilaku, akhlak, dan moralitas yang luhur.
Tanda hitam di jidat orang Muslim sebagai bekas sujud sebagaimana yang terdapat dalam hadits riwayat Abi Darda` RA, ternyata tidak disukai karena dikhawatirkan akan menimbulkan riya pada pemiliknya.
Dimaksudkan bahwa, jika dalam hatinya ada riya maka tidak diperbolehkan atau haram, untuk itu harus dihilangkan. Senada dengan hadits riwayat Abi Darda` ra adalah hadits riwayat Anas bin Malik RA yang menyatakan bahwa Rasulullah saw tidak menyukai seseorang yang memiliki tanda di antara kedua matanya sebagai bekas sujud.


Penyebab Tanda Hitam di Jidat Seseorang
Ada beberapa penyebab tanda hitam di jidat orang Muslim bahkan orang lainnya. Pertama, disebabkan oleh kulit yang sensitif. Bagi sebagian orang, kulit begitu sensitif dengan beberapa kondisi lingkungan. Apabila kulit wajah kamu merupakan kulit yang sangat sensitif, maka kemungkinan besar tanda hitam di jidat bisa muncul.

Kedua, penyebab hitam di jidat bisa dari gesekan keras saat sujud. Apabila kebiasaan ini dilakukan secara berulang, maka dapat menyebabkan tanda hitam di jidat orang Muslim dan orang lainnya.


sumur


emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbahqbul dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
Lapor Hansip
31-12-2019 20:36
Balasan post aceng.fani
Quote:Original Posted By aceng.fani


Makanya gw bilang rata2
Engga kok, bukan buat pengobatan
Emang ada jasa buat itemin jidat
Pake teknik bekam

Parah lah kalo ada orang yang kayak gitu emoticon-Big Grin........

biar dipanggil ustadz, rela melakukan hal hina kayak gitu.................

walau ane yakin juga sih ada juga sebagian yang sengaja sujud lama BUKAN sholat biar jidatnya hitam terus dianggap shaleh
profile-picture
vincentlgunawan memberi reputasi
1 0
1
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 20:38
Gw sendiri bingung gmna sholat bisa bikin jidat gosong kayak gitu emoticon-Bingung (S)
Sekalipun dia sholat 5 waktu + sunah qobliyah/ba'diah + tahajud, witir, dhuha rasanya masih gak percaya emoticon-Big Grin
Kecuali sholatnya di jalan raya pas kena terik mata hari, mungkin bakal sedikit percaya emoticon-Ngakak (S)

Btw, bukannya itu sejenis bekas bekam gitu ya emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vincentlgunawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 20:51
Sholat yg khusuk membekas di akhlak, bukan di jidat emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
liamichelia dan roninthirst memberi reputasi
2 0
2
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 20:55
ane seumur hidup sujud mulu ga item2 gan jidat ane
profile-picture
profile-picture
liamichelia dan roninthirst memberi reputasi
2 0
2
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 20:59
Quote:Original Posted By paman.Laruku
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Tanda hitam di jidat orang Muslim kerap dimaknai dengan tingkat pendalaman ibadah yang dijalankannya. Meski sebenarnya hal ini tidak bisa dijadikan ukuran. Kondisi jidat hitam di jidat orang Muslim ini kerap terlihat pada seorang laki-laki. Namun, tak jarang perempuan juga memiliki jidat hitam. 
Berbicara soal ketaqwaan umat, sebenarnya perlu ditinjau melalui beberapa aspek keagamaan. Tanda hitam di jidat orang Muslim tidak bisa dijadikan acuan untuk menilai ketaatan agama atau ibadah umat Muslim khususnya.
Hal inipun juga telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam QS. Al-Fath. Menilik tanda hitam di jidat orang Muslim lebih jauh, ternyata juga ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan jidat seseorang bisa terjadi.
Untuk itu, perlu memahami dengan baik dan tepat mengenai tanda hitam di jidat orang Muslim agar tidak terjadi riya serta kesalahan pemahaman lainnya yang justru akan mengurangi pahala dalam beribadah.
Berikut fakta tanda hitam di jidat orang Muslim yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/12/2019).


Kepercayaan Orang Terhadap Jidat Hitam
Tanda hitam di jidat orang Muslim merupakan sebuah gesekan yang dihasilkan oleh kontak berulang dari jidat dengan sajadah saat sholat. Beberapa Muslim menganggap keberadaan tanda hitam di jidat orang Muslim ini merupakan dedikasi relijius dan kesholehan. Padahal tidak selalu demikian.

Apabila ibadah sholat dilakukan dengan teguh dan terus menerus dalam jangka waktu yang lama, jidat hitam dapat berkembang. Sebagian Muslim pun menganggap kehadiran jidat hitam orang Muslim adalah sebagai tanda dedikasi terhadap agama dan kesalehan.
Bahkan sebagian Muslim juga percaya bahwa pada hari kiamat, tanda jidat hitam orang Muslim akan memancarkan cahaya putih yang sangat besar.

Bukan Sebatas Penanda Rajin Ibadah
Tanda hitam di jidat orang Muslin kerap dikaitkan dengan rajinnya sholat dan tanda kekhusyu’an mereka menjalankan ibadah sholat. Menurut Al-Qur’an yang telah dijelaskan dalam QS. Al-Fath bahwa orang-orang yang bersama Rasulullah memiliki sikap yang tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi mereka memiliki rasa kasih sayang yang besar terhadap sesama Muslim dan mereka selalu menjalankan ibadah salat dengan khusyuk untuk mencari rida Allah.

Orang-orang ini juga memiliki tanda sujud di wajahnya. Banyak yang menafsirkan tanda sujud di wajah orang-orang yang bersama Rasulullah itu merupakan gambaran tingkah laku mereka, yaitu perilaku baik dan juga perilaku mencerminkan ajaran Islam.

Menafsirkan bahwa tanda hitam di jidat orang Muslim adalah seseorang yang banyak sujud (sholat) tidak sepenuhnya salah. Namun, para ahli tafsir dari kalangan sahabat Nabi dan tabi’in memiliki penafsiran yang berbeda.

Ibnu Abbas mengatakan kalau firman Allah dalam surat Al Fath ayat 29 yang mengungkapkan jika kekhusyukan terlihat dari bekas sujud itu bukanlah tanda hitam di jidat.
Bekas sujud yang dimaksud dari ayat surat tersebut baru akan terlihat di akhirat nanti. Jadi sebenarnya tanda hitam itu tidak mengartikan apapun. Itu terbentuk hanya karena dahi terlalu menekan saat sujud.

Jidat Hitam Juga Ada di Kaum Muslimah

Tanda hitam di jidat orang Muslim ternyata juga terjadi pada golongan lainnya. Ketika banyak orang yang menafsirkan bahwa tanda sujud di wajah adalah orang-orang yang bersama Rasulullah SAW yang secara tidak langsung menggambarkan tingkah laku mereka, yaitu perilaku baik dan juga tabiat yang mencerminkan ajaran Islam.
Faktanya, tanda hitam di jidat orang Muslim bukanlah tanda fisik pada wajah seorang Muslim saja. Jadi, tanda hitam di jidat seseorang bukanlah tanda bahwa orang tersebut telah melaksanakan ibadah sholat dengan rajin dan khusyu.
QS. Al-Fath tersebut menjelaskan kepada seluruh umat Islam bukan hanya kaum Muslim saja yang kerap mendapat tanda hitam di jidat, malainkan Muslimah juga. Selama ini, memang jarang terlihat seorang wanita yang memiliki tanda hitam di jidat.
Padahal tak banyak dari wanita Muslim yang memiliki tingkat keimanan yang lebih tinggi. Banyak juga Muslimah yang telah menjalankan sholat dengan rajin dan khusyu, namun mereka tidak memiliki tanda hitam di jidatnya.

Bukan Ukuran Keshalehan Ibadah
Tanda hitam di jidat orang Muslim bukan semata-mata menandakan keshalehan atau taat ibadahnya. Ukuran kesalehan orang Muslim bukan ditunjukkan dengan adanya tanda hitam di jidat. Kesalehan selalu mengandaikan perilaku, akhlak, dan moralitas yang luhur.
Tanda hitam di jidat orang Muslim sebagai bekas sujud sebagaimana yang terdapat dalam hadits riwayat Abi Darda` RA, ternyata tidak disukai karena dikhawatirkan akan menimbulkan riya pada pemiliknya.
Dimaksudkan bahwa, jika dalam hatinya ada riya maka tidak diperbolehkan atau haram, untuk itu harus dihilangkan. Senada dengan hadits riwayat Abi Darda` ra adalah hadits riwayat Anas bin Malik RA yang menyatakan bahwa Rasulullah saw tidak menyukai seseorang yang memiliki tanda di antara kedua matanya sebagai bekas sujud.


Penyebab Tanda Hitam di Jidat Seseorang
Ada beberapa penyebab tanda hitam di jidat orang Muslim bahkan orang lainnya. Pertama, disebabkan oleh kulit yang sensitif. Bagi sebagian orang, kulit begitu sensitif dengan beberapa kondisi lingkungan. Apabila kulit wajah kamu merupakan kulit yang sangat sensitif, maka kemungkinan besar tanda hitam di jidat bisa muncul.

Kedua, penyebab hitam di jidat bisa dari gesekan keras saat sujud. Apabila kebiasaan ini dilakukan secara berulang, maka dapat menyebabkan tanda hitam di jidat orang Muslim dan orang lainnya.


sumur


emoticon-Leh Uga


makanya, yg sya heran itu, tidak pernah 1 dai pun mengutip, bahwa rasulullah saw keningnya hitam.... kan rasulullah saw ahli sholat.... atau mgk sedulur2 sedoyo ada yg punya hadits nya?
profile-picture
vincentlgunawan memberi reputasi
1 0
1
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
Lapor Hansip
31-12-2019 21:03
Balasan post byebyebye
@kyaimaarufamin @byebyebye uclim negntiau bisanya cuma hubungi agama sama politik terus. Ciri2 cacat abadi
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
Lapor Hansip
31-12-2019 21:09
Balasan post kentutwangi22
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
profile-picture
vincentlgunawan memberi reputasi
1 0
1
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 21:10
Justru ane malah curiga mereka pas sujud sambil digesek" in tuh jidat ke sejadah biar hitam
profile-picture
dennyfw memberi reputasi
1 0
1
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
Lapor Hansip
31-12-2019 21:18
Balasan post monsterbuster
Huss... emoticon-Ngakak
Bedain ..., kalau yang itu mungkin bukan dari hasil 'mbenturin jidat. Tapi dari latihan fokus/kosentrasi, atau karena proses berpikir (secara benar, imbang). Kalau aliran darah ke arah situ lancar, biasanya bisa dirasakan secara langsung dengan adanya denyutan. Begitu pula yang dekat ubun-ubun.
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 21:24
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 21:24
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
temen kul ane juga ada yg jidatnya item tp kemana2 gk lupa bawa kondom emoticon-Ngakak


Karena dia ga ma "jidad bawah" juga hitam. kebanyakan gesekan ma bekasan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 21:25
klo dlu dagu yang digosok2 pake koin, skrg jidat
profile-picture
liamichelia memberi reputasi
1 0
1
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 21:32
Quote:Original Posted By Rocketman133
Parah lah kalo ada orang yang kayak gitu emoticon-Big Grin........

biar dipanggil ustadz, rela melakukan hal hina kayak gitu.................

walau ane yakin juga sih ada juga sebagian yang sengaja sujud lama BUKAN sholat biar jidatnya hitam terus dianggap shaleh


Kalo di kobong (pesantren) gw
Kalo belum item, berarti solat nya kurang

Makanya pada pake jalan pintas, itemin jidat pake bekam

Ga melulu pake bekam sih, kadang kalo yg ga ada duit pake bara atau koin
Diubah oleh aceng.fani
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 21:35
pemeran jidat hitam yang antum perlihatkan apa enggak ada yang lebih damai lagi emoticon-Wakaka
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 21:41
tetangga gue sering banget beli kertas amplas, mungkin ini ada hubungannya sama jidatnya yang gosong emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 21:42
jidat itam, kulit siku tebal, kulit lutut koreng, kulit mata kaki kaya jengkol
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 22:02
Itu mah bagian daki yang sengaja gk dibersihin bertahun2 biar dianggep religius, diampelas juga ilang tar.

Awekwokwok emoticon-Ngakak
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 22:12
besok ane cat jidat ane ah

mumpung di tmpat kerja banyak cat hitamemoticon-Hammer2
Diubah oleh abdirevolusi
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 22:14
Quote:Original Posted By aceng.fani
Kalo di kobong (pesantren) gw
Kalo belum item, berarti solat nya kurang

Makanya pada pake jalan pintas, itemin jidat pake bekam

Ga melulu pake bekam sih, kadang kalo yg ga ada duit pake bara atau koin


Pesantren mana tu??
0 0
0
Fakta Tanda Hitam di Jidat Orang Muslim yang Perlu Dipahami
31-12-2019 22:29
penampilan ngga ada hubungannya sm iman gan.. emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia