• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Pohon Ter-Wangi Di Dunia, Yang Kehilangan Wanginya Karena Mayat Manusia.

sinsin2806
TS
sinsin2806
Mengenal Pohon Ter-Wangi Di Dunia, Yang Kehilangan Wanginya Karena Mayat Manusia.

Apakah ada yang sudah bisa menebak nama pohonnya saat pertama kali membaca judul thread atau melihat gambar diatas? Ane acungin jempol buat kalian yang langsung bisa nebak nama pohonnya. Berarti kalian termasuk kaskuser yang berpengetahuan luas. Mantap kali wkwkwk!

Bagi yang belum tau, pohon ini bernama Taru Menyan terletak di Bali dan satu-satunya pohon terunik yang konon katanya mempunyai wangi semerbak sampai ke pulau-pulau lain disekitar Bali. Ini bukan hoax ya, walaupun kondisi nyata saat ini pohon Taru Menyan sudah tidak mengeluarkan bau wangi, bukan tanpa sebab pastinya. Ada sejarah panjang dibalik hilangnya wangi pohon ini.

Dulu sewaktu ane masih SD, ane sering didongengin sama almarhumah mbah buyut putri. Katanya dulu itu ada pohon yang wanginya sampai ke daerah ane Kab.Banjarnegara, padahal letak pohonnya diluar Pulau Jawa, tapi semerbak wanginya bisa sampai menyebrangi pulau. Dulu ane berpikir ini cuma mitos. Secara nalar, mana ada si pohon yang wanginya bisa nyebar sampe ribuan km. Apalagi jaman dulu belum ada mbah google, disekolahan ane dulu juga ga ada mapel sejarah yang membahas tentang keberadaan pohon ini, mungkin karena pohon ini ga ada diwilayah ane, jadi ga akan jadi muatan lokal juga.

Tapi seiring dengan berkembangnya teknologi, dan kemudahan akses informasi. Ane mulai menemukan tentang pohon Teru Menyan, dan ternyata dongeng almarhum mbah buyut putri ane dulu nyata, walaupun ga semua ceritanya sesuai wkwk.

Pasti banyak dari kalian jika mendengar pohon Teru Menyan akan langsung teringat pada pemakaman mistis yang ada di Desa Trunyan. Dimana jika ada warga desa yang meninggal mayatnya tidak dikubur dalam tanah, selayaknya mayat pada umumnya, mereka hanya dibaringkan berjejer dibawah pohon Teru Menyan. Sudah hampir 11 abad warga desa menjalankan adat ini. Walaupun mayat hanya dibaringkan begitu saja, tidak akan tercium bau busuk, karena wangi pohon Teru Menyan mampu menetralisir bau busuk peruraian mayat. 





Sebelum pohon Teru Menyan menjadi pohon penetralisir bau peruraian mayat.Wangi pohon ini mampu tersebar ke pelosok pulau Jawa bahkan sampai membuat 4 bersaudara kerajaan Yogyakarta penasaran hingga akhirnya mereka menyusuri daratan pulau jawa sampai menyebrangi pulau kawasan Bali dan akhirnya menemukan Pohon Teru Menyan ini. Saat sampai di desa Trunyan, salah satu saudara terpesona melihat kecantikan penjaga pohon Teru Menyan hingga akhirnya memutuskan untuk menikahi penjaga pohon dan membangun kerajaan di wilayah Trunyan. Namun, seiring berjalannya waktu ada kecemasan dan ketakutan dari raja, jikalau tiba-tiba ada suku lain yang datang dan menyerang dikarenakan bau pohon ini. Raja pun berpikir bagaimana cara agar ia bisa menghilangkan baru pohon Taru Menyan ini. Maka Raja mencoba meletakan satu mayat dibawah Pohon Taru Menyan, dan benar saja wanginya menjadi sedikit pudar. Maka strategi ini pun terus dilakukan, semua mayat dijejerkan di bawah pohon Taru Menyan. Siapa sangka strategi untuk menghilangkan bau tersebut, akan terus dipakai dan dilestarikan sampai saat ini. 

Fakta nyata lainnya, pohon ini sudah pernah dilakukan percobaan untuk dikembangbiakan didaerah lain, dicangkok dan ditanam didaerah lain, tapi sia-sia saja, karena pohon ini hanya bisa tumbuh dikawasan desa Trunyan saja. Entah karena faktor apa, para peneliti juga bingung akan hal itu. 

Tapi karena tradisi pemakaman unik dan mistis ini adalah satu-satunya di Dunia, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal bahkan mancan negara, dan menjadikan desa Trunyan menjadi salah satu desa wisata Mistis dan mendatangkan banyak keuntungan untuk warga sekitar.

Bagi kalian yang penasaran dengan Pohon Taru Menyan dan pemakaman mistis di sana silahkan berkunjung, explore semua tempat, gali ilmu nya dan nikmati pengalamannya. Kalo yang ga punya temen traveling ajak ane juga bisa emoticon-Big Grin


sumber : 12  
anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 46 lainnya memberi reputasi
47
30.3K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.