Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
205
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0ac62568cc951477219c40/mau-nikah-jangan-munafik-lihatlah-bibit-bebet-bobot-nya-supaya-rumah-tangga-damai
Faktanya filosofi jawa kuno ini terbukti mampu menjadi kunci sukses dalam membina rumah tangga. Bagi kalian yang masih single akan susah memahami makna nyata kata "Bibit-Bebet-Bobot" , karna kalian belum merasakan pentingnya ketiga hal ini setelah menikah. Ane adalah saksi dan bukti nyata bahwa ketiga hal ini memang sangat penting.
Lapor Hansip
31-12-2019 10:53

Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Eits jangan emosi dulu ya setelah baca judul. Mari baca isinya dengan hati dan pikiran yang terbuka, pro kontra untuk topik ini pasti ada. Tapi mari kita diskusikan dengan santai. 

Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai

Faktanya filosofi jawa kuno ini terbukti mampu menjadi kunci sukses dalam membina rumah tangga. Bagi kalian yang masih single akan susah memahami makna nyata kata "Bibit-Bebet-Bobot" , karna kalian belum merasakan pentingnya ketiga hal ini setelah menikah. Ane adalah saksi dan bukti nyata bahwa ketiga hal ini memang sangat penting.

Dulu ketika orang tua, keluarga bahkan teman-teman yang sudah menikah mengingatkan akan pentingnya bibit-bebet-bobot dalam mencari pasangan, ane ga pernah setuju. Kenapa? karena prinsip ane dulu, ga masalah dia dari keluarga manapun, pendidikan apa, punya materi atau ga, asal ane cinta diapun cinta udah cukup jadi bekal nikah. Tapi nyatanya apa, BULSHIT NIKAH CUMA MODAL CINTA! Setelah nikah kalo laper apa mau makan cinta? kalo ada masalah apa diselein dengan cinta? Hidup ga se-indah drama korea, yang dengan cinta semuanya selesai.

Ane bukan mau menghasut kalian para wanita untuk menjadi materialistis ketika mencari pasangan, tapi ane mau kalian realistis! Menikah bukan cuma nyatuin 2 orang, tapi 2 keluarga. Dengan berbagai latar belakang, karakteristik dan masalah. Setelah menikah, kalian ga mungkin tutup mata dengan masalah yang ada. Maka dari itu pemilihan "bibit-bebet-bobot" pasangan sangat penting untuk adaptasi diri dan meminimalisir penderitaan setelah menikah. Ga percaya? Buktiin aja sendiri setelah menikah.

Tapi jangan salah pemahaman tentang bibit-bebet-bobot, untuk itu mari dipahami dulu makna ketiga hal tersebut :

- Bibit 
Maksudnya dalam mencari jodoh, sebaiknya cari tau dulu tentang asal usul keluarganya, apakah doi berasal dari keluarga baik-baik atau tidak. Jangan salah langkah, kalian harus pintar mencari trik untuk mengetahui keadaan latar belakang keluarganya dan keluarga besarnya tanpa menyinggung perasaan si doi. Hal ini sangat penting, untuk mengetahui kedok asli doi, jangan sampai kaliann tertipu ternyata doi menikahi kalian cuma mau nipu nguras harta kalian. 

-Bebet
Dipusatkan pada keadaan ekonominya, kemampuan finansialnya. Apakah sekiranya doi mampu memberikan nafkah pada kalian setelah menikah. Ini sangat penting untuk wanita, jangan sampai kalian salah memilih doi yang ternyata malas-malasan tidak mau bekerja, bukanya dinafkahi malah kalian wanita yang menafkahi. Jangan sampai hal itu terjadi, berat sekali jika kalian wanita telah membawa tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga harus dibebani lagi dengan tanggung jawab menafkahi keluarga.

-Bobot
Kualitas pasangan, seperti pendidikanya, akhlaknya, agamanya, perilaku keseharianya terhadap lingkungan dsb-nya dalam artian luas. Ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari setelah berumah tangga.

Ane gatau apakah untuk pria, ketiga hal ini penting ketika mencari calon istri. Yang jelas untuk kaum wanita ketiga hal ini sangat penting. Memang setelah menikah kita harus menerima semua keadaan dan kondisi pasangan kita, untuk masalah bebet dan bobot ane rasa masih bisa diperbaiki dan diusahakan setelah menikah, karena bebet dan bobot hanya menyangkut pasangan yaitu istri dan suami. Masalah Bibit lah yang berat, seperti tanaman saja kalau dari awal bibit tanaman yang dipilih ternyata sudah penuh dengan kutu busuk tinggal menunggu waktu saja kapan tanaman itu mati. Mau hilangin atau bunuh kutu busuk ya ga mungkin karena itu saudara dan keluarga sendiri. 

Tips dari ane buat kalian para wanita yang ingin mencari pasangan agar rumah tangga langgeng, damai dan tentram. Poin utamanya adalah cek keluarganya, karena keluarga bisa menjadi lubang keretakan terbesar. Dengan cara :

1. Ibunya
Cek karakter ibunya, apakah dia merupakan tipe ibu yang posesif terhadap anaknya. Karena jika benar, sudah bisa dipastikan kalian akan kesulitan tinggal bersama ibu mertua, dimana ibu bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh pasanganmu, sedangkan pasanganmu tidak akan pernah melawan ibunya sendiri. Dilema kan nantinya?

2. Saudara Kandung
Saudara kandung yang perlu diwaspadai adalah saudara kandung perempaun, dimana ia akan menjadi kakan ipar atau adik ipar kita. Kebanyakan kasus, jika setelah menikah tinggal dirumah mertua sedangkan disana masih ada kakak ipar/adik ipar perempuan sudah bisa dipastikan akan sering terjadi percekcokan. Kadang pemicu cekcok bukanlah hal besar, tapi hal sepele semisal karna ibu mertua lebih memperhatikan kita ketimbang adik/kaka ipar. 

3. Kerabat
Apakah pasanganmu memiliki kerabat yang usil? dalam artian sering meminta bantuan keuangan pada keluarga pasanganmu dengan dalih, keluarganya sedang kesusahan tidak punya uang, tapi itu terjadi terus menerus, bukan cuma sekali dua kali. Jengah juga kan kalau ada kerabat seperti ini, dibantu tapi lama-lama ga punya malu karena terus mengandalkan bantuan, ga dibantu itu kerabat pasanganmu. Dilema, dilema.

Itu adalah beberapa hal yang menurtut ane perlu diwaspadai ketika kalian memilih pasangan, ane nulis ini 100% karena pengalaman dan hanya ingin membagikan tips agar kalian bisa lebih peka ketika memilih pasangan demi kebahagiaan pernikahan kalian sendiri. Setuju atau ga nya, bagi kalian yang sudah merasakan asam garam kehidupan pernikahan bisa share di komen, siapa tau bisa menjadi pelajaran dini untuk mereka yang belum menikah dan sedang ingin menikah.

sumber : 1,



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gimi96 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 9
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 16:05
Quote:Original Posted By Ay4mK4lkun
bener banget tuh, cari tau karakter pasangan n kluarga nya dlu. trus pekerjaan nya, teman2 nya, sama tempat nya harus tau. berkomitmen dalam keuangan pas gajian nya si calon suami, smua serba terbuka d awal lebih baik.


Nah Ini dia ini diaa, masalah keterbukaan keuangan dan pengelolaan keuangan. Jangan sampe nyesel taunya setelah nikah uang suami masih masuk ke ibu bapaknya, suami cuma dikasih jatah, lah istrinya dapet apa kalo gitu
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 16:08
Quote:Original Posted By sinsin2806
Nah Ini dia ini diaa, masalah keterbukaan keuangan dan pengelolaan keuangan. Jangan sampe nyesel taunya setelah nikah uang suami masih masuk ke ibu bapaknya, suami cuma dikasih jatah, lah istrinya dapet apa kalo gitu


kayak tetangga ane tuh bpk2, adek nya udh nikah pny anak pun tetep dapet jatah duit. giliran anak nya minta duit buat tambahan acara resepsi malah pelit, jangankan k anak ama istri sendiri aja pelit banget. duit lebih banyak d ksh ke keluarga d kampung nya.
profile-picture
profile-picture
realhoax dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 16:09
Quote:Original Posted By sinsin2806
Nah Ini dia ini diaa, masalah keterbukaan keuangan dan pengelolaan keuangan. Jangan sampe nyesel taunya setelah nikah uang suami masih masuk ke ibu bapaknya, suami cuma dikasih jatah, lah istrinya dapet apa kalo gitu


apa salah kalo suami masih suka ngirimin beberapa gajinya buat ortu setelah nikah? kalo menurutku oke2 aja selama saling jujur.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 16:12
Quote:Original Posted By Ay4mK4lkun
kayak tetangga ane tuh bpk2, adek nya udh nikah pny anak pun tetep dapet jatah duit. giliran anak nya minta duit buat tambahan acara resepsi malah pelit, jangankan k anak ama istri sendiri aja pelit banget. duit lebih banyak d ksh ke keluarga d kampung nya.


Kalo cowok emang kewajiban buat berbakti sama orang tua, tapi apakah bakti ke orang tua harus ngalahin tanggung jawab buat nafkahin istri+anaknya?
harusnya utamain tanggung jawab dia buat nafkahin istri anaknya dulu dong, kalo masih ada lebih baru buat bakti ke orang tua, gitu kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
navacuy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 16:14
Quote:Original Posted By demonsboy
apa salah kalo suami masih suka ngirimin beberapa gajinya buat ortu setelah nikah? kalo menurutku oke2 aja selama saling jujur.


Engga salah, selama dia juga udah nyukupin kebutuhan istri sama anaknya.

Tapi kalo posisinya istri sama anak ga dikasih duit, duitnya malah dikasih ke ortu gimana dong.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 16:23
Quote:Original Posted By sinsin2806
Engga salah, selama dia juga udah nyukupin kebutuhan istri sama anaknya.

Tapi kalo posisinya istri sama anak ga dikasih duit, duitnya malah dikasih ke ortu gimana dong.


ohh kalo itu sayaa setuju, saya nangkepnya dri post td si ts seakan ngungkapin argumen kalo suami ngasih gaji ke ortu itu ga pantas wkwk.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 16:26
Kalau ane nggak melihat dari bibit, bebet, dan bobot.
Ane lihat bibik, bebek, dan boboknya.

Bibik -- Apakah dia tante-tante..
Bebek -- Apakah dia naik bebek, atau matic. Jangan, cari yang naik mobil.
Bobok -- Apakah bisa diajak bobok emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 16:46
perjaka tua seperti ane, mungkin sudah tidak 3 point lagi, 1 point saja cukup,

"BIBIT"

wkwkwkwwwk emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 17:00
Bibit bobot bebet buat pria mencari wanita gimana brey
emoticon-Cool
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 17:06
tips tambahan. jangan pinjemin uang ke keluarga. ditagih gak enak gak nagih tapi butuh.
kalau mau nolong bantu aja seadanya. kasih.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 17:28
nunggu curhatan para kaskuser nyang abai soal bibit bebet bobot emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan sinsin2806 memberi reputasi
2 0
2
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 18:07
Wah kalau saya yang penting jadi pria bertanggung jawab, cari pasangannya sesuai dompet perbulan dan bukan kriminal ! emoticon-Cool

Hidup enggak usah muluk2 ikutin aturan dogma2 enggak jelas enggak terbukti mitos2 tahayul dongeng2 sampah !
Yang penting bukan kriminal mokondo mokonba ! emoticon-Najis

Mana ada kali cewe tiap hari makan pizza nikah sama cowo yang makannya rames, dan enggak semua cewe cantik makannya pizza ! (Sarkasme)

FUCK AHLAK !!! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 18:08
ogut setuju karena jatuh cinta bukan sekadar cinta tapi harus pakai logika, jangan sampai cinta menjadi alkohol yang memabukkan.
sebelum menikah, dipikir dulu bibit bobot bebet nya, supaya sesal tidak datang kemudian. supaya hidup juga tenang dan tenteram
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 18:22
Quote:Original Posted By 64m64n9s
penting banget itu. jangan hanya lihat kecantikan fisiknya. karena penyesalan itu pasti datangnya belakangan.

yang terpenting juga sih mereka bisa menerima kondisi agan/sista apa adanya dan tidak menuntut lebih di luar kemampuan agan/sista.


emoticon-Jempol


Ttep lah cari yg lumayan fisiknya, biar enak diliat juga dirumah.. emoticon-Leh Uga

Jadi pas nganu, ga perlu matiin lampu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
sinsin2806 dan monkeydfarly memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 18:27
ternyata gitu ya gan, hadeuh jdi pusing euy lebih baik gak nikah aja mending living together aja
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 18:41
liat bibit bebet bobot untuk calon raja

klo bukan calon raja mah siapa aja boleh, tuh prince harry aja kimpoi meghan markle yg rakyat jelata

prince charles saat jadi calon raja hanya boleh kimpoi lady di, tapi setelah diserahkan ke anaknya, dia baru boleh kimpoi camilaemoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh MrJeffBezos
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
31-12-2019 19:03
Kalo ane lbh ke agamanya minimal sholat 5 waktu, bukan cuma ke calon pasangan tp jg semua anggota keluarga pasangan

Alhamdulillah, skrg ane punya pasangan, mertua & ipar baik2, kami saling percaya & hubungan antar besan jg baik
emoticon-Toast
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
01-01-2020 00:03
-Bebet
Dipusatkan pada keadaan ekonominya, kemampuan finansialnya. Apakah sekiranya doi mampu memberikan nafkah pada kalian setelah menikah. Ini sangat penting untuk wanita, jangan sampai kalian salah memilih doi yang ternyata malas-malasan tidak mau bekerja, bukanya dinafkahi malah kalian wanita yang menafkahi. Jangan sampai hal itu terjadi, berat sekali jika kalian wanita telah membawa tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga harus dibebani lagi dengan tanggung jawab menafkahi keluarga.


Ini hal yang gak akan pernah ada di kalangan pelaut / yang kerja di foreign country. Cari suami liat dari bebetnya emoticon-Big Grin




Di kapal drama yang sering terjadi adalah : ceweknya ngeluh cowoknya melaut melulu - cowoknya udah realistis : biaya hidup banyak - ceweknya bilang gpp sumber keuangan kita turun drastis, yang penting kamu gak jauh jauh dari keluarga - oke, resign begitu kelar kontrak terus pindah gawe didarat - 1-2 minggu kemudian ceweknya ngeluh sumber keuangan turun drastis - cowoknya ngingetin perjanjiannya - ceweknya ngamuk terus cerai deh emoticon-Big Grin

Bos gw ngalamin ama mantan istri dan istri barunya (konon katanya istri ama mantannya gak permasalahin kalo dompet kurang drastis - bos gw gawe didarat - ada yang ngeluh finansial kurang) emoticon-Ngakak (S)

Gw juga kemungkinan bakal kayak gitu

Dikapal 75% kru rata rata begitu kisahnya emoticon-Big Grin



Dilemma emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinsin2806 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
01-01-2020 00:36
Falsafah jawa yg masih konkrit sama jaman sekarang ya gan, tapi kalo ane sih jangan terlalu kaku sih gan sama bibit bebet bobotnya, dibikin luwes aja gan.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
01-01-2020 01:34
cara ngadepin nya yah to the point aja, jangan malu malu, apalagi cuma modal nyindir aja, jelas gak mempan, harus bilang terus terang kalo ente gak suka sama perilaku dia. resiko nya ente cerai atau minimal dibenci sama dia. tapi itu udah resiko, tapi ente pura2 setuju sama semua, padahal prinsip ente menolak semua itu, lebih makan hati lagi nantinya.

2 ipar ane ada yg kek gitu, ngerecokin melulu. akhirnya ane terus terang kalo ane gak suka sama mereka. ane juga bilang ke bini ane soal itu. wow, marah besar bini ane tentu saja. tapi lebih baik begitu, daripada ente pura2 menjadi orang lain, padahal itu bukan diri ente. hasilnya, ipar ane menjauh dari ane, gak berani minta duit langsung ke ane, minta nya ama bini ane, ujung2nya duit ane juga itu yg mengalir ke mereka. tapi mereka ngumpet2 main nya dibelakang ane, tapi at least pesan ane udah nyampe ke mereka, itu yg terpenting.
ane juga udah siap mental sih kalo misal jadi cerai. malah kebetulan sih, karena ane pikir nikah itu ribet, enakan ngejomblo, yg penting ane udah ngerasain nikah itu kayak apa, yg penting ane udah pnya anak penerus keturunan, kalo disuruh nikah lagi, ogah ane, enakan single aja, bebas mau kemana mana, bebas make duit ane sendiri, bukannya nyetor ke ipar kek selama ini.
pantesan di negara2 maju orang mulai males nikah, ane paham benar alasan mereka karena ane ngalamin sendiri.

nikah itu enaknya ente pnya anak penerus keturunan, gak enaknya yah bini dan keluarga di belakang nya itu.

Mau Nikah? Jangan Munafik, Lihatlah Bibit-Bebet-Bobot nya. Supaya Rumah Tangga Damai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoomInIc dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
Kids & Parenting
lika-liku-remaja
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia