missforget21
TS
missforget21
Catatan Pribadi(Pengalaman)tentang depresi
   
Catatan Pribadi(Pengalaman)tentang depresi

 

Entah, apa yang harus saya katakan pada tulisan saya kali ini. Yang saya tahu, banyak sekali orang yang mengatakan "Ingin Mati" dengan begitu mudah, mereka mengatakan bahwa kematian jauh lebih baik dari kehidupan yang mereka jalani sekarang.

 

               Banyak yang akhirnya jatuh dan putus asa. Memilih mengakhiri cerita yang bahkan belum setengah jalan. Memilih mengakhiri kisah yang nyatanya masih bisa di perbaiki. Saya percaya, bahwa semua kisah itu berakhir bahagia. Walau terkadang beberapa penulis membuat kisah yang menggantung, termasuk saya pribadi. tapi tahukan kalian, kenapa beberapa kisah dibuat menggantung...???,  kisah yang menggantung itu selalu memancing rasa penasaran pembacanya. tidak jarang, setelah membaca kisah yang menggantung,kita mengatakan "Kok gantung sih..?, sayang banget..," "Kok gini sih..??, ngak jelas..,, ". Lalu bagaimana..?, bukankah kita selalu penasaran dengan akhirnya..?, apakah akan bahagia..?, apakah akan terus menderita..?, apa lagi kejutan yang ada di depan..?, bukankah itu yang selalu terjadi setelah membaca kisah yang menggantung..?,

       

               Yah,..., sama seperti kisah yang menggantung itu. Jika keputusan singkat yang kita ambil dengan melalui jalan yang salah, dengan cara mengakhiri kisah yang masih panjang jalannya, apakah rasa penasaran itu tidak ada..?, lalu bagaimana dengan ending yang harusnya bahagia..?, harus kita buang..?.Tidak.., kita masih harus berjuang dan melihat akhir dari sebuah kisah. Percaya bahwa kisah dengan “Happy Ending” itu berlaku pula untuk kita.

 

                        Mungkin akan ada yang mengatakan bahwa aku, yang menulis ini terlalu meremehkan masalah kalian. Aku terlalu mudah berkata karena aku tidak tahu apa masalah kalian.,, aku tidak mengerti perasaan kalian.., bahkan aku tidak mengenal kalian. Tapi percayalah, setiap manusia memiliki problemnya masing-masing. Mungkin benar, aku tidak tahu masalah kalian, sakit kalian, luka kalian, derita kalian.. Benar, aku tidak tahu, dan begitu pula kalian. Kalian tidak pernah tahu apa saja yang telah terjadi dalam hidupku, pukulan apa saja yang membekas, luka apa saja yang tidak bisa sembuh,. Masing-masing dari kita pasti punya masalah dalam hidup, Berat dan ringannya, sulit dan mudahnya, itu hanya kita yang tahu,. Hanya kita.., selaku pemeran utama dalam cerita berjudul “AKU”, dimana dirikita adalah Tokoh utama dalam masing-masing kisah kita.

 

            Bagaimana rasanya sebuah Cerita tanpa Problem..?, Menarik..?, tentu tidak. Begitu pula dengan hidup. Hidup tidak pernah selalu mulus dan mudah. Hidup tidak pernah begitu nyaman. Akan ada masa-masa dimana kita merasa terpuruk dan lemah. Masalah dan beban akan mencoba menjatuhkanmu saat itu. Dan dari masa itulah, kita sadar bahwa hidup ini tidak mudah. Kita selalu butuh bantuan tokoh lain untuk membantu kita membuat kisah yang menarik. Kita selalu butuh tokoh lain untuk menemani kita sampai di ujung cerita.

 

“Aku tidak punya siapa-siapa..”.

 

            Mungkin ada yang akan mengatakan hal semacam itu ketika dia terpuruk. Banyak..?, tentu, aku pun pernah. Meras terpuruk dan sendiri. Seperti terkunci dalam gudang tanpa jendela dan ventilasi udara. Sesak. Tangismu pun tidak terdengar oleh siapapun karena kau terkunci sendirian. Sementara orang diluar gudang Nampak sangat bahagia dengan hidup yang mereka jalani. Saat itu, kita akan merasa paling gagal dan paling menyedihkan.

            Padahal kenyataannya tidak. Tidak.., kita tidak pernah sendiri.., selalu ada Tuhan yang merangkul kita disetiap kondisi kita. Saat orang lain tidak perduli bahkan ketika kau teriak, tapi Tuhan selalu menyertai kita. Hanya saja kita menutup mata dan hati kita untuknya.

 

            Kita buta dan Tuli. Tidak bisa menemukan Seruan tuhan dari balik tangis kita. Yang ada di kepala kita, hanyalah ingin Mati.. bunuh diri.., Kabur.., dan semacamnya.

Oh Please…!!!, jangan katakana itu lagi.

 

            Siapa yang mengatakan padamu bahwa kematian menyelesaikan semuanya..?, siapa yang mengatakan bahwa setelah mati semua jauh lebih baik..,,, Siapa..?, siapa..?,. Apakah dia sudah pernah mati lebih dulu..?, apakah dia sudah pernah bertemua malaikat di kuburnya..?, tanyakan itu padanya. Apa pengalaman setelah kematian yang dapat dia bagi ke kita dan di jadikan pengalaman. Tidak ada, tidak ada kecuali penyesalan.

 

            Percayalah, bunuh diri adalah jalan yang salah. Sangat salah. Dariman aku tahu..?,

Aku adalah satu dari banyaknya orang bodoh yang mencoba mengakhiri hidupnya.

 

Lebih dari 3 x aku melakukan percobaan bunuh diri. Mulai dari memakan racun serangga, menenggelamkan diri, bahkan sampai meminum obat dengan dosis tinggi. Tapi aku masih juga bernafas.  Kematian tidak datang dan memberi kenyamanan. Yang datang hanyalah luka tambahan pada setiap sudutnya. Setiap inci dari tubuhku.

           

Penyesalan berlapis rasa malu itu tidak pernah bisa hilang sepenuhnya.  Dan kini aku sadar, bahwa Tuhan, belum menginginkan aku untuk pulang. Mungkin Tuhan telah menyiapkan akhir yang selama ini aku igninkan. Tuhan telah menyiapkan cerita yang indah untukku, oleh karena itu, Tuhan melarangku untuk pulang lebih dulu.  

 

            Kini, apapun masalahku, aku tidak lagi berfikir untuk mengakhiri hidup, bahkan setelah saat ini aku merantau, jauh dari keluarga, makan tidak makan tidak menjadi beban.

 

Masalah…??, beban…?, Depresi..?, pasti ada. Manusia tidak pernah bisa lepas sepenuhnya dari itu. Tapi bagaimana cara kita yang menjalani, menghadapi, itulah kuncinya.

 

Aku Percaya, Tuhan memberikan kita masalah, begitu pula dengan solusinya. Jalan keluar itu pasti ada. Tuhan telah menyiapkan itu semua. Tinggal kita saja yang mencari tahu, dimana jalan itu berada.

 

Seseorang pernah berkata padaku, bahwa “Bahagia itu, adalah ketika Senang dan Susah Hampir sama..”

 

Percayalah, Bunuh diri, Mati.., bukanlah Solusi. Bukan jalan keluar. Itu hanya bisikan Iblis saat kau merasa terpuruk. Terkdang kita lebih mendekatkan diri dengan Iblis ketimbang Tuhan saat sedang dalam masalah. Padahal Solusi dari segala masalah adalah Berserah Pada-Nya,

NadarNadznona212scorpiolama
scorpiolama dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.4K
170
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.5KThread26.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.