News
Batal
KATEGORI
link has been copied
282
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0434098d9b1742ec633f51/ustaz-abdul-somad-jelaskan-3-konsekuensi-muslim-ucapkan-selamat-natal
Photo VIVA – Suka Cita Natal dirasakan umat Nasrani sejak Selasa 24 Desember 2019. Untuk menghormati saudara dan kerabat yang merayakan Natal, biasanya masyarakat yang beragama muslim ikut menyampaikan ucapan selamat Natal kepada yang merayakan. Namun ternyata hal itu menimbulkan kontroversi tersendiri. Apalagi beberapa tokoh besar seperti presiden, menteri bahkan para ulama turut mengucapkan
Lapor Hansip
26-12-2019 11:16

Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal


Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat NatalPhoto

VIVA – Suka Cita Natal dirasakan umat Nasrani sejak Selasa 24 Desember 2019. Untuk menghormati saudara dan kerabat yang merayakan Natal, biasanya masyarakat yang beragama muslim ikut menyampaikan ucapan selamat Natal kepada yang merayakan.
Namun ternyata hal itu menimbulkan kontroversi tersendiri. Apalagi beberapa tokoh besar seperti presiden, menteri bahkan para ulama turut mengucapkan selamat Natal demi toleransi antar umat beragama.





Namun ada anggapan lain sejumlah ulama yang berbeda pendapat mengenai ucapan selamat Natal. Pangkal perbedaan ulama-ulama tersebut adalah keterkaitan ucapan selamat Natal dengan wilayah muamalah dan tauhid seseorang. 

Ada yang menganggap ucapan selamat Natal masih di ruang muamalah, namun ada juga yang berpendapat sebaliknya.
Ustaz Abdul Somad (UAS) beberapa kali dalam ceramahnya juga pernah mengungkapkan soal bagaimana hukumnya dalam islam mengucapkan 'Selamat Natal' kepada umat Nasrani.
Dalam sebuah video UAS yang diunggah akun Fodamara TV UAS menjawab pertanyaan jemaah soal Natal.

"Sekarang banyak orang-orang islam latah, ikut-ikut ucapkan selamat natal dan tahun baru, baik langsung maupun pakai SMS, Marry Chrismas and Happy New Year. Bagaimana hukumnya pak Usataz?" ujar salah satu jemaah yang ditulis lewat secarik kertas untuk dibacakan UAS.
Lewat pertanyaan itu, UAS tidak langsung menjawab apak boleh atau tidak, namun ia menjelaskan dengan jelas namun tanpa menghakimi.


"Ketika Anda mengucapkan selamat Natal, itu artinya selamat, Allah sudah melahirkan anak, pada tanggal 25 Desember," ujar UAS.

Lebih lanjut UAS menyebut ada 3 konsekuensi dari mengucapkan selamat Natal. 
"Pertama Mengakui kalau Tuhan punya anak, yang kedua meyakini bahwa Tuhan lahir di tanggal 25 Desember. Padahal Nabi Isa lahir musim pada saat musim panas, Nabi Isa lahir bulan Juli. yang ketiga mengakui bahwa Nabi Isa mati di tiang salib," ujarnya.
Padahal, ia mengatakan dalam sejarah Islam, Nabi Isa tidak mati disalib pada hari itu. 


"Lalu siapa yang disalib itu? ada yang diserupakan namanya, dia adalah Judas yang disogok pakai uang emas untuk menunjukkan di mana tempat persembunyian Nabi Isa," ujar UAS


source: https://www.viva.co.id/berita/nasion...puler-widget 

alkisah di pagi hari yang cerah di BUMI PERTIWI INDONESIA

ustadz : HARAM MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL !!! BISA KAFIR ENTE !!!
ane : mengucapkan apa tadz??

ustadz : SELAMAT NATAL
ane : selamat natal juga tad

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan 65 lainnya memberi reputasi
62
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 15
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 09:24
ustad kentod emg emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 09:38
bagi yg ngucapin yaa silah kan ngucapin
krna ada ulama yang memberi fatwa klo mengucapkan natal ntu boleh

dan bagi yg tidak ngucapin,. yaa silahkan
yang jangan kita mengakui klo pendapat lita ntu yg paling benar
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 09:39
Emang ada aja tingkah mereka
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 09:42
Meanwhile in Bethlehem, Palestine...The Place where Jesus was born...
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat NatalUstaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat NatalUstaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat NatalUstaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal

profile-picture
samradler memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 09:49
Quote:Original Posted By cocacolabottle
Dan yg nasrani dan kristen dan yang katolik, nanti pas lagi lebaran juga TIDAK PERLU mengucapkan selamat hari raya kepada yang berhubungan juga yah. Yang penting saling menghormati satu sama lain saja. Ga perlu saling tukar selamat selamatan


Memang ga perlu, yang bilang perlu juga siapa emoticon-Gila
Tapi buat yang mau ngucapin, kita juga TIDAK PERLU melarang emoticon-Smilie

kenapa mesti kelojotan cuman gara2 ucapan selamat hari raya ? emoticon-Confused

ngerayain lahiran orang kok disalahin,, sementara peristiwa percobaan pembunuhan anak oleh bapak kandungnya sendiri malah dirayakan emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 10:05
Somay udah jadi Tuhan sekarang? konsekuensi yg bikin dia, yg ngejudge dia, yg ngafirin dia emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 10:06
Quote:Original Posted By lexarrio
ngeri ya, coba dipikir

di timteng udah susah memang kayak gerakan teror kayak ISIS bangun basisnya, nempel sama eropa

sekarang dipilih indonesia, paling pojok bawah diapit sama samudera hindia dan samudera pasifik

bawahnya cuma ada ngostrali doangan

atasnya malaysia duluan baru ke china, rusia, dkk

terpencil ndiri

kalo ga ditahan, tau-tau udah gede aja basisnya disini emoticon-Takut


sudah waktu nya buat para bacin buat balik ke taiongkok itu. emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 10:07
Quote:Original Posted By jd101
Lebih lanjut UAS menyebut ada 3 konsekuensi dari mengucapkan selamat Natal.
"Pertama Mengakui kalau Tuhan punya anak, yang kedua meyakini bahwa Tuhan lahir di tanggal 25 Desember. Padahal Nabi Isa lahir musim pada saat musim panas, Nabi Isa lahir bulan Juli. yang ketiga mengakui bahwa Nabi Isa mati di tiang salib," ujarnya.

Cacat logika....apa hubungannya mengucap selamat natal bermakna tuhan punya anak atau nabi mati di salib?
Bahkan gak sepatutnya mempermasalahkan benar lahir 25 desember ato gak, krn gak ada yg tau.... kelahiran juli cuma sekedar teori yg punya bobot kebenaran sama dg 25 desember


Tmn gw Orthodox januari natalan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 10:10
kenapa sih hal kaya gini selalu diangkat untuk memeriahkan natal, ane bosan dan muak dengan topik seperti ini, agan te-es mestinya ngangkat trit yang lebiih menarik tentang natal !
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Lapor Hansip
27-12-2019 10:25
Balasan post Semfirdaus
@37sanchi @Semfirdaus aaaah gw ga peduli kafir, Islam Kristen, budha beserta dgn bermacam kitabnya....

Yg penting buat gw adalah menjalani kehidupan sebaik mungkin tanpa menyakiti org lain dlm bentuk fisik atau fisikis.

Juga berusaha menafkahi diri dan keluarga dgn cara yg benar juga menyisihkan utk berbagi dgn sesama.
profile-picture
profile-picture
s2262 dan michele_shaddix memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Lapor Hansip
27-12-2019 10:34
Balasan post nonton.gratis
Quote:Original Posted By nonton.gratis


sudah waktu nya buat para bacin buat balik ke taiongkok itu. emoticon-Smilie


Kasihan sampe sekarang cuma bisa bacot doang sembari mengekspresikan kebencian yang diajarkan agamanya di internet emoticon-Leh Uga


Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 10:44
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Natal diliburkan berarti mengakui yesus itu tuhan ya?

emoticon-Takut (S)
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 10:58
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal

oh iya HARAM, selamat hari natal juga...😁
Diubah oleh topantita
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Lapor Hansip
27-12-2019 11:06
Balasan post Semfirdaus
Quote:Original Posted By Semfirdaus


Yang dijadikan kebenaran dan acuan itu bukan negara gan... INGAT. Sekalipun itu negara mayoritas ISLAM
Tapi pedomannya yaitu Al quran dan Sunnah.


@Semfirdaus sotoi ah...
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 11:52
Quote:Original Posted By lexarrio
Kasihan sampe sekarang cuma bisa bacot doang sembari mengekspresikan kebencian yang diajarkan agamanya di internet emoticon-Leh Uga


Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal

emoticon-Leh Uga


saya punya foto amoy lagi di nganu sama pria2 berambut cepak, kamu mau lihat foto nya nak? pm nomer wa kamu, biar kamu makin trauma dan tambah benci dgn pribumi. emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 1 balasan
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 12:07
Quote:Original Posted By 37sanchi
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal


wajarlah indonesia kan negerinya para kadrun
Diubah oleh pejuang.22
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 12:11
Capek tiap tahun bahasnya ini mulu...

Kapan mau majunya orang indonesia? Gini aja masih dipermasalahkan....
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Lapor Hansip
27-12-2019 12:15
Balasan post nonton.gratis
Quote:Original Posted By nonton.gratis


saya punya foto amoy lagi di nganu sama pria2 berambut cepak, kamu mau lihat foto nya nak? pm nomer wa kamu, biar kamu makin trauma dan tambah benci dgn pribumi. emoticon-Smilie


itu pas nganu teriak password pasti minimal ngomong bismillah sesuai ajarannya lah emoticon-Leh Uga

simpan saja bro biar kamu tetap semangat mencapai cita-cita kamu mengulang 98 sesuai dengan ajaranmu emoticon-2 Jempol
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
Lapor Hansip
27-12-2019 12:40
Balasan post Andrenguik
@garren007 dan selalu dijadikan alasan pembenaran untuk aksi" binatang mereka kaya ngebom, menggal kepala dll wkwkwkwkwkwk. masih heran gw kenapa kaum kaya gini ada di bumi emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Konsekuensi Muslim Ucapkan Selamat Natal
27-12-2019 12:52
negara lain lagi sibuk nyari planet pengganti bumi, endonesa masih aje ngeributin haram atau ga ngucapin natal..


ga ngerti lagi sih gw
0 0
0
Halaman 14 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia