mbakendut
TS
mbakendut
5 Fakta Menarik Soal K-Pop, No 3 dan 4 Bikin Leletkan Lidah!


Industri musik Korean Pop a.k.a K-Popselama beberapa dekade terakhir telah merajai dunia musik Asia bahkan hingga Amerika dan Eropa. Tahun 2017-2019 dapat dikatakan sebagai tahun gemilangnya K-Pop karena dapat menembus pasar Amerika Serikat. Ya, pahlawan K-Pop itu ialah BTS, boygroup besutan Big Hit Entertainment yang telah memenangkan banyak penghargaan seperti Billboard dan MTV Music Eropa.

Kesuksesan BTS ini tentunya tak lepas dari dukungan penggemar di seluruh dunia dan pendahulunya yang terlebih dahulu mengenalkan K-Pop di luar Korea Selatan. Ane sebagai salah satu penikmat dan pengamat musik tanpa pandang bulu (eakkkemoticon-Ngakak (S)) merasa kalau memang K-Pop ini punya sisi menarik yang patut diapresiasi.

Nah, pada thread ini kali ini ane bahas beberapa hal menarik seputar K-Pop yang mungkin Agan dan Sista belum tahuemoticon-Kiss (S). Yuk, langsung saja simak penjelasan singkat ane berikut ini!


1. SM Entertainment ialah Agensi K-Pop Pertama (14 Februari 1989)


Agensi yang menaungi boygroupbesar seperti Super Junior dan EXO ini ialah agensi K-Pop pertama. Didirikan oleh Lee Soo Man, seorang penyanyi dan lulusan California University. Belajar di Amerika membuatnya terinspirasi dengan label Motown yang mengorbitkan The King of Pop, Michael Jackson. Pulang ke Korea, ia jadi berinisiatif untuk membentuk suatu industri musik dengan mereplikasi budaya Amerika ke Korea.

Tahun 1996, Lee mengubah nama SM Studio menjadi SM Entertainment. Adapun grup pertama yang ia orbitkan yakni H.O.T kemudian disusul SES, girlgroup pertama SM. Kedua idol besutan SM ini digemari masyarakat dan menginspirasi kemunculan grup-grup sejenis. Awal tahun 2000, diorbitkanlah Super Junior, Girls Generation, BoA, Shinee dan f(x).

Hingga sekarang, SM Entertainment dinobatkan sebagai agensi terbesar di Korea Selatan. Masuk dalam jajaran Big Three bersama JYP Entertainment dan YG Entertainment.


2. Seo Taiji and Boys ialah Pelopor K-Pop Modern


Jika SM ialah agensi pertama, maka Seo Tai Ji and Boys ialah pelopor budaya K-Pop. Grup yang beranggotakan 3 cowok multitalentyakni Seo Taiji, Yan Hyung Suk (pendiri YG Entertainment) dan Lee Juno menggebrak panggung musik pada salah satu acara TV tahun 1992. Boygroup ini beraliran rap, rock, dan techno Amerika. Aliran musik yang mereka bawalah yang menjadi cikal bakal musik K-Pop seperti yang dibawakan oleh Super Junior, Big Bang, EXO dan BTS yang kita kenal sekarang.

Selain itu, fashion style yang dipakai oleh Seo Tai Ji and Boys pada masa itu dapat dikatakan sebagai trendsetter fashion boygroup K-Pop. Kehadiran mereka membawa peralihan budaya yang sangat pesat di Korsel mulai tahun 90-an.


3. Industri K-Pop : Aset Terbesar Korea Selatan


Perhatian pemerintah Korsel pada industri K-Popsangatlah besar. Ketika negara-negara di Asia pada akhir tahun 90-an mengalami krisis ekonomi, Korsel bekerja keras untuk membentuk departemen khusus Industri musik K-Pop dan menghabiskan jutaan dolar untuk membangun perekonomian lewat musik. Contohnya yakni dengan membangun auditorium konser raksasa nan megah, membuat teknologi hologram, dan mengatur bar karaoke untuk pengembangan Industri K-Pop.

Hasilnya dapat negara itu rasakan saat ini. Apalagi ketika kepopuleran BTS di seluruh dunia berdasarkan hasil survei yang dilakukan Hyundai Research Institute menyumbang devisa setidaknya 4,1 triliun won atau setara 3,63 miliar dollar AS dalam kurun waktu setahun (dilansir dari tirto.id).


4. Masa Trainee dan Kontrak Maha Berat


Traineeialah sebutan bagi calon idola K-Pop yang sedang berlatih pada agensi tertentu. Menjadi seorang trainee pun bukanlah hal yang mudah. Sebelum mengikuti audisi, mereka harus berlatih skill dan menyiapkan mental. Jika diterima, mereka bersiap menjalani masa trainee dan kontrak yang berat.

Biasanya para trainee ini akan ditawari kontrak antara 4-5 tahun. Berdasarkan penuturan Jennifer, ex trainee SM Entertaiment asal Indonesia, peraturan-peraturan yang harus dipenuhi trainee dalam kontrak ini misalnya ketentuan dalam sehari beberapa kali latihan tari, nyanyi, dan waktu tidur yang terbatas (dilansir dari cnbcindonesia.com). Selain itu, penampilan fisik juga jadi peraturan mutlak. Maka tak heran, ada beberapa trainee yang menjalani diet ketat demi hal tersebut.

Hal yang menyedihkan dan bikin leletin lidah ialah bahwa meskipun sudah debut menjadi idol K-Pop yang sesungguhnya, mereka harus membayar utang pada agensi yang telah memfasilitasi semasa menjadi trainee. Bahkan tak dibayar sepersen pun hingga utang tersebut lunas.


5. Lightstick Merupakan Simbol Persatuan dan Kekuatan Fandom

[URL=https://seoul2u.idS E N S O Rkorean-drama-movie/12-lightstick-k-pop-paling-menggemaskan-versi-seoul2u-id]Sumber[/URL]


Artis bukanlah siapa-siapa tanpa penggemar, begitupun dengan idol K-Pop. Dalam perkembangannya, lighstickbukanlah sekadar lampu penerangan saat konser, tetapi simbol persatuan dan kekuatan dari para penggemar.

Dikutip dari tirto.id, idol group pertama yang menciptakan lightstick yakni BigBang. Boygroup asuhan YG Entertainment ini memiliki ciri khas lightstick berwarna kuning berbentuk mahkota yang didesain oleh sang leader, G-Dragon. Adanya lightstick membuat kita dapat membedakan para penggemar dari idol group tertentu.

BTS misalnya, mempunyai lightstick official yang dinamakan Army Bomb. Item Army yang mulai diproduksi massal sejak tahun 2015 ini berbentuk bulat berwarna putih dengan pegangan hitam. Army bomb telah dirilis sebanyak 3 kali. Saat ini, lightstick khas Army tersebut telah memiliki desain dan warna yang lebih elegan.

Jadi, kalau kalian ngeliat fans K-Pop bawa-bawa lightstick jangan heran, GanSis!


Referensi :
Tirto.id, cnbcindonesia, hipwee.com, idntimes



Quote:
Diubah oleh mbakendut 25-12-2019 04:44
Enisutriswiitdebbytien212700
tien212700 dan 35 lainnya memberi reputasi
34
8.9K
129
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread•2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.