News
Batal
KATEGORI
link has been copied
162
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e038d81349d0f15780fd262/kardinal-suharyo-sentil-anies-soal-kunjungan-ke-katedral
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral Jakarta, CNN Indonesia -- Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Kardinal Ignatius Suharyo menyentil kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Katedral, Jakarta Pusat pada malam Misa Natal, Selasa malam (24/12). Menurutnya, Anies 'nyelonong' ke tengah-tengah jamaah saat ibadah sedang berlangsung. Ia mengatakan apa yang disampaikannya mer
Lapor Hansip
25-12-2019 23:25

Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral

icon-verified-thread
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral

Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral

Jakarta, CNN Indonesia -- Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Kardinal Ignatius Suharyo menyentil kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Katedral, Jakarta Pusat pada malam Misa Natal, Selasa malam (24/12). Menurutnya, Anies 'nyelonong' ke tengah-tengah jamaah saat ibadah sedang berlangsung.

Ia mengatakan apa yang disampaikannya merupakan pandangan saat kejadian di dalam Gereja Katolik saja.

"Pak Gubernur datang saat ibadah berjalan. Tuhan menyelenggarakan, saya tidak mengatakan kebetulan. Tuhan menyelenggarakan beliau harusnya datang 21.30 WIB ketika ibadah kedua akan mulai. Tapi beliau datang jam 20.15 WIB," kata Ignatius di Katedral, Jakarta Pusat, Rabu (25/12).

"Menurut pendapat banyak orang, ibadah jangan dipotong di tengah jalan, tapi ini Tuhan menyelenggarakan (Harusnya) jam 20.15 di dalam pedoman ibadah, pastor harus ngomong (khotbah)," ucap Ignatius kemudian.

Kedatangan Anies, menurut Ignatius membuat umat Nasrani 'mengalah'. Sebab, jika harus menunggu hingga jadwal yang ditentukan maka Anies bakal menunggu lama.

"Itu kalau menunggu sampai jam 10 terlalu lama. Maka kalau berkenan silahkan masuk di tengah ibadah ketika pastur harusnya berkhotbah. Yang disampaikan Pak Gubernur kan ya khotbah dalam tanda petik ya," ucap Ignatius.

Namun begitu, Ignatius meyakinkan bila itu bukan sesuatu masalah. Jemaat Katedral, menurut dia juga tidak merasa terganggu hanya karena Anies yang terlalu cepat datang.

"Maka beliau masuk memperkenalkan teman-temannya. Kami semua tenang-tenang saja tidak merasa ibadah Natal Katolik di Katedral terganggu. Sama sekali tidak," kata Ignatius.

Hanya saja, Ignatius merasa sesuatu yang beda saat tokoh muslim lain datang ke Misa Natal hari ini. Tokoh Islam tersebut berasal dari Gusdurian, Caknurian, dan Cahaya Guru.

Ignatius mengatakan mereka masuk ke dalam Katedral setelah ibadah usai. Menurutnya itu entah kebetulan atau memang tidak mau mengganggu jalannya misa berlangsung.

"Tadi Pak Yudi Latief dan teman-teman datang menunggu dari Jam 9. Beliau memilih menunggu tidak masuk pada awal dan memilih menunggu. Dan pas juga.

sumber

☆☆☆☆☆

3x sudah menjalani masa dimana Natal datang dalam jabatannya, tapi ternyata tak juga bisa mengetuk etikanya sebagai pejabat.

Jika ummat muslim mau mengibaratkan kedatangan Anies, maka ini seperti saat Imam tengah menyampaikan khutbah Iedul Fitri, lalu harus berhenti karena Anies datang ingin menyampaikan "khutbah" juga. Dan akhirnya Imam mengalah menyampaikan khutbah sampai anies selesai berbicara. Pantaskah? Pasti tidak. Dan cuma orang tolol yang menganggap bahwa disana pantas disini tidak pantas. Semuanya jelas tidak pantas.

Sikap Anies menunjukan bahwa dirinya ingin dipandang penting, tak peduli saat itu ada peribadatan yang seharusnya tidak dijeda oleh kedatangannya.

Jika dia mempunyai etika, maka seharusnya dia mau menunggu hingga peribadatan usai. Dan itu salahnya. Kenapa dia datang ngaret padahal waktu telah diberikan untuk dia bicara.

Anies jelas kalah etika dibandingkan dengan kelompok Gus Durian, Cak Nurian, dan Cahaya Guru yang rela menunggu hingga peribadatan usai. Mereka nampaknya tahu arti menghargai dan menghormati, lebih tinggi nilainya dibanding nilai sebuah jabatan tinggi sekalipun.

Manakala seseorang selalu ingin memperlihatkan sisi superiornya dihadapan orang lain, jelas itu adalah sebuah kebodohan. Dan kebodohan ini bisa bersumber dari hati, bisa juga karena kebiasaan. Dan ketika tak ada seorangpun yang mau mengingatkan, maka dia akan terus menikmati kebodohannya.

Bolehlah jika dikatakan bahwa Anies mungkin tak paham soal peribadatan ummat Kristiani. Tapi hal ini juga mustahil, sebab selama Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anirs telah mengalami Natal untuk ketiga kalinya. Lantas dimana pembenaran bagi Anies melakukan hal itu?

Jika seorang pemimpin merasa tak bersalah telah mengganggu jalannya ibadah sebuah ummat, bagaimana mungkin dia bisa sadar atas segala kesalahan-kesalahan lain yang mungkin dianggap kecil? Padahal sebuah ibadah adalah ritual yang menjembatani antara manusia dengan Tuhannya. Dan Anies memotongnya, berdiri ditengahnya, seolah dia adalah perantara antara manusia dengan Tuhan.

Sadar tidak Nies? Memalukan sekali.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 53 lainnya memberi reputasi
52
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:28
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 34 lainnya memberi reputasi
35 0
35
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:29
prinsip utama dan yang paling utama kan asas SSGB emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:32
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 17 lainnya memberi reputasi
18 0
18
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:44
SSGB org kota2 gue. . .emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:44
Setiap baca berita,yang jelek mulu dari ni orang wkwkwkwk

Kek gini kualitas junjugan Kadrun emoticon-Busa

Bahkan melihat situasi orang sedang beribadah saja tidak bisa emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:50
Lord anies tak pernah salah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
D7PK dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:55
Dia biasa begitu di agama dia




emoticon-Traveller
Makanya umat agama dia liar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:56
astagfirullah emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:59
Quote:Original Posted By ahmad.c
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral

emoticon-Kiss


obat abis liat abud
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dedekimut dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
25-12-2019 23:59
ya sudah terjadi..
jangankan disentil, ditabok juga gak ngepek..
bapak Kardinal nya juga dah nganggep keanehan ini sebage "rahasia ilahi" yang gak perlu dipermasalahkan..

yang penting jangan terlalu terobsesi mencari segala berita miring tentang Anies..
entah jadi pendengki..
ato malah jadi cinta..

toh yang nyalahin dari rakyat biasa sampe dprd gak ada yang serius berbuat untuk nurunin dia, sekedar gremeng2 saja.. jadi ya pemimpin itu cermin rakyatnya..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 00:04
Jangan sampai hattrick kejadian begini nih tahun depan emoticon-Big Grin
Apa udah hattrick ya? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 00:05
Slonong boy emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 00:10
khotbah seorang Gubernur emang lebih penting dari khotbah seorang Uskup dari Keuskupan Agung emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jejakasedih dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 00:24
Hahahaha ini orang emang gak punya etika apa ya? lagi beribadah malah diganggu lagi. dan masih banyak yang membela buta anies ini emoticon-Big Grin

merasa sok penting ni orang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 00:33
niatnya ngejilat kafir

malah tambah keliatan begonya emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 00:38
ternyata cuma pencitraan semata
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
1 0
1
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 00:49
Kalo di ramein media bakal seru ini.
Udah hasil kerja nggak jelas, masa iya etika jg nggak ada? Yg begini mau maju 2024? Di kasih foto simpang susun semanggi jg udah mingkem lu bud emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 00:49
biar warga Jakarta sadar, untuk mendapat suara,
Kita sesama warga dibenturkan Dengan politik sara. Sekarang seolah kayak gak ada apa-apa dia slonong ke Gereja. Emang enak kena sindir?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 01:15
dear Laskar Kristus.. Selamat Hari Natal yaa.

Kiranya rasa syukur, suka cita, n kasih menaungi hati n pikiran kita, meski dlm kesederhanaan pun cobaan.

Tuk om ts, yaa maklum lah, gorengan media. Hehe
Gw bukan voter pak anies, pun termasuk bawel kritik pak anies.

Klo yg tersirat dr konten berita dg topik yg sama di detik, beliau (kardinal) sepertinya ga enak membuat gubernur nunggu, makanya dipersilakan masuk saat misa masih berlangsung.
Ga ada masalah.

Cuma memang sebagian rekam jejak 'buruk' pak anies ini yg bikin sebagian orang serba bete, sehingga permakluman tulus pihak gereja tetap digoreng seolah2 itu sindiran halus dsb.

Akhirnya, hal yg bisa dimaklumi pun jadi sulit diterima.

Ok lahh, klo gw pribadi, masih bisa maklumi kekesalan publik berujung bawa2 etika or kehadiran gubernur diluar jadwal.

Tapi fyi aja om.
Era gubernur foke pun pernah begitu.
Intinya, acara natal belum selesai, tapi pihak gereja tetap persilakan beliau utk cut acara.
https://www.google.com/amp/s/news.okezone.com/amp/2007/12/24/1/70254/foke-datang-tablo-misa-natal-dihentikan

Ada waktunya gw kritik gubernur yg satu ini, tapi ada waktunya juga masih bisa tolerir selama logis.

Satu hari kunjungi beberapa gereja, sebuah rutinitas para gubernur2 dki sejak dulu setiap momen natal tiba, tentu serba berkejaran dgn waktu.

Well.. ini gw.
Hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nicosuLLivan dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Kardinal Suharyo Sentil Anies Soal Kunjungan ke Katedral
26-12-2019 01:21
Besok2 ga usah dikasih masuk gerbang aja emoticon-Mad (S)
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia