hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Jangan Sepelekan Benda-benda Ini, Di luar negeri Harganya Mahal


Indonesia memang dikenal dengan sumber daya alamnya yang sangat luar biasa. Bahkan keindahan alamnya pun cukup membuat takjub dunia internasional. Negeri ini diciptakan dengan tanah yang begitu subur. Apapun yang ditanam di bumi nusantara seluruhnya bisa tumbuh. Maka dari itu tak sulit mencari bahan-bahan alami yang ada di Indonesia. Namun, hal itu ternyata tidak terjadi di sebagian belahan dunia lain. Penduduk negeri tersebut harus rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk barang-barang yang tak ada di negerinya yang bahkan di Indonesia barang itu sangat mudah didapatkan.

Apa sajakah itu, berikut ulasannya!

1. Daun Pisang



Daun pisang bukanlah hal yang langka di Indonesia. Bahkan daun pisang sangat mudah ditemui di setiap halaman rumah. Kegunaan daun pisang ini juga sangat beragam, bisa untuk membuat lontong, pembungkus kue, hingga wadah makan.

Tapi, tahukan Anda bahwa daun pisang sangat langka dan sulit ditemui di luar negeri. Di Jepang misalnya, daun pisang dihargai dengan harga berkisar antara JPY 376-860, sedangkan di Amerika daun pisang dijual seharg 13-18 dollar. Wowww bisa seharga 1 kilo daging ya.

2. Tempe



Siapa yang tak kenal makanan khas Indonesia ini. Hampir seluruh kalangan, dan usia menyukai tempe. Rasanya yang enak dan bisa diolah dengan berbagai macam olahan membuat tempe menjadi bahan makanan yang mudah ditemui.

Tapi, beda dengan di luar negeri. Keberadaan tempe begitu langka. Di Amerika negeri Paman Sam tempe dijual dengan harga USD 23.10 dengan berat 200 gram. Jika dirupiahkan ditaksir sekitar 54.000 rupiah.

Gimana masih mau menyepelekan tempe?

3. Santan



Santan memang menjadi campuran dalam variasi makanan. Santan yang terbuat dari air parutan kelapa ini dijual seharga 5000 rupiah di pasar Indonesia. Namun, di Amerika sana santan bisa mencapai harga 10-40 dollar yang jika dirupiahkan sekitar 140.000-560.000 rupiah. Hal ini dikarenakan Amerika bukanlah negeri beriklim tropis hingga sulit menemukan pohon kelapa.

4. Daun Pandan



Daun yang memiliki wangi khas ini sering kali menjadi campuran di berbagai aneka makanan. Wanginya yang menggoda membuat daun pandan sering dipakai. Untuk mendapatkannya tidaklah sulit, bahkan bisa ditemui di halaman rumah jika menanamnya.

Lain halnya di Amerika, daun pandan dihargai 18 dollar. Jika membeli satu pohon harganya mencapai 50 dollar. Fantastis!

5. Rempah-rempah



Bahan alami satu ini tak perlu diragukan lagi. Bahkan Indonesia memang dikenal dengan rempah-rempahnya. Itulah yang menjadi salah satu alasan para penjajah dulu menjajah Indonesia. Rempah-rempah sangat mudah ditemui di pasar-pasar tradisional Indonesia dengan harga yang tak terlalu mahal.

Namun, di benua Eropa dan Amerika rempah-rempah menjadi barang yang langka. Maka tak heran jika rempah-rempah ini dijual dengan harga mahal. Rata-rata rempah-rempah dijual dengan harga 25 dollar untuk satu paket atau sekitar 350.000 rupiah.

6. Tas Anyaman



Selain bahan makanan, Indonesia juga dikenal dengan seni dan kreatifitas alaminya. Tentu barang-barang tersebut diambil dari alam. Tas anyaman misalnya, jika di Indonesia kita cukup merogoh kocek 50.000 rupiah saja untuk mendapatkan tas anyaman dengan berbagi motif.

Namun, di negeri Amerika dan Eropa tas anyaman adalah barang yang diangggap mewah. Bagaimana tidak, untuk tas anyaman yang tidak memiliki brand saja menembus harga 20-40 dollar atau sekitar 280.000-560.000 rupiah.

Keren ya.

Itulah mengapa kita harus bersyukur hidup di negeri yang penuh dengan kekayaan alamnya.

Sumber :
Di sini
swiitdebby
sebelahblog
c4punk1950...
c4punk1950... dan 37 lainnya memberi reputasi
38
11.5K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.