ontasipit
TS
ontasipit
 Anies Sebut Tak Ada yang Bisa Atasi Banjir Termasuk Nabi Nuh
Suara.com - Unggahan soal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak ada orang yang bisa mengatasi banjir, bahkan Nabi Nuh AS sekali pun, kembali beredar di media sosial.

Salah satunya dibagikan oleh akun Facebook Adelia Astuti pada Rabu (18/12/2019). Dalam postingan itu, ditampilkan foto Anies Baswedan ketika diwawancarai awak media. Foto itu kemudian dibubuhi tulisan di bagian bawah yang berbunyi, "Anies: Siapa Yang Bisa Ngatasin Banjir, Nabi Nuh Saja Nyerah..!!".

Sementara, bagian atas foto ditambahkan kalimat bertuliskan: "Ya kita semua harus lebih berhati-hati, sebab tak ada yang bisa mengatasi banjir, sekelas Nabi Nuh aja nyerah, ucapnya sembari menuju mobil dinasnya. 12/12/2019.

Akun Adelia Astuti lalu menambahkan narasi dalam unggahannya, seperti berikut:Masih lebih cerdas jawaban Walkot Samarinda: "Bukan Samarinda aja yang banjir. Kota-kota lain juga sering banjir kok." Paling enggak, jawaban Walkot Samarinda itu enggak bikin Nabi Nuh tersedak batuk gara-gara namanya di-tag di depan wartawan.

Sejak diunggah, postingan Adelia Astuti telah dibagikan 320 kali dan mendapat 43 komentar.

Lantas, benarkah Anies Baswedan mengatakan bahwa tidak ada yang bisa mengatasi banjir termasuk Nabi Nuh?

Penjelasan

Dari hasil penelusuran, artikel tersebut merupakan berita palsu alias hoaks yang kembali disebarluaskan. Artikel serupa beredar dua tahun silam dan pernah diverifikasi oleh turnbackhoax.id -- jaringanSuara.com pada 15 Desember 2017.

Akun Adelia Astuti membagikan ulang tulisan yang sempat dimuat oleh blogReportase3. Blog ini menyusun artikel  yang identik dengan isi pemberitaan situs Tribunnews.com.

Judul "Anies: Siapa yang Bisa Ngatasin Banjir, Nabi Nuh Saja Nyerah" merupakan gubahan dari pemberitaan berjudul "Anies Baswedan: Saya Bertanggunh Jawab atas Banjir Kemarin.

Sementara dalam isi artikel, blogReportase3 menambahkan paragraf baru dan mengambil hampir seluruh isi artikelTribunnews, kecuali paragraf akhir.

Berita berhenti pada paragraf yang berbunyi: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merekap data genangan di Jakarta pada Senin kemarin. Dari lima wilayah kota, daerah yang paling banyak tergenang adalah Jakarta Selatan. Tidak ada satu pun pernyataan Anies bahwa "sebab tak ada yang bisa mengatasi banjir, Nabi Nuh aja nyerah".

Kesimpulan

Unggahan yang dibagikan akun Facebook Adelia Astuti masuk dalam kategori konten menyesatkan. Postingan tersebut sengaja dibagikan untuk menipu.

Faktanya, dalam artikel asli Anies Baswedan tak pernah menyebutkan "sebab tak ada yang bisa mengatasi banjir, Nabi Nuh aja nyerah", seperti yang dituliskan dalam narasi unggahan.

https://www.suara.com/news/2019/12/2...masuk-nabi-nuh
sebelahblog4iinchCahayahalimah
Cahayahalimah dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.7K
56
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.