Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df5dda6facb952d6d500bc2/nobel-peace-prize-dan-beberapa-peritilan-nya-netizen-perusak-kedamaian-masuk-deh
Tepat di tanggal 10 Desember 2019 yang lalu, penghargaan Nobel kembali diberikan untuk orang-orang terpilih yang memberi dedikasi terhadap dunia pada beberapa kategori. Sejak pertama kali diadakan, penghargaan Nobel sudah diberikan kepada 800 orang lebih dan sampai saat sekarang beberapa dari kita belum paham apa sebenernya Nobel Prize itu.
Lapor Hansip
15-12-2019 14:15

Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.

Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



Apa persamaan dari wanita asal Pakistan berumur 70 tahun, penjelah asal Norwegia, pendeta dari Tibet, dan seorang pastor dari Amerika? Jawabannya adalah, jengjengjeng, mereka semua pernah mendapat penghargaan Nobel untuk kategori Perdamaian. Dari beberapa kandidat penyebar kedamaian terbaik di Dunia, orang-orang ini berhasil mendapat penghargaan setelah melalui beberapa proses seleksi yang ketat.

Tepat di tanggal 10 Desember 2019 yang lalu, penghargaan Nobel kembali diberikan untuk orang-orang terpilih yang memberi dedikasi terhadap dunia pada beberapa kategori. Sejak pertama kali diadakan, penghargaan Nobel sudah diberikan kepada 800 orang lebih dan sampai saat sekarang beberapa dari kita belum paham apa sebenernya Nobel Prize itu. Berdasarkan kenyataan itulah sekarang, setelah melewati beberapa pengkajian sumber informasi, gue bakal share apa yang sudah gue pelajari dari "Nobel Prize" beberapa waktu terakhir.

Sejarah perkembangan Nobel Prize

Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.

Bentar-bentar, untuk memahami sejarah perkembangan Nobel Prize, kita balik dulu ke tahun 1800. Di tahun 1800, seorang ahli kimia bernama Alfred Nobel, yang kemudian dikenal sebagai penemu dinamit, berhasil menjadi investor dan businessman tersohor diseluruh dunia. 30 tahun setelahnya, dia memiliki lebih dari 92 pabrik di 20 negara dan memegang 355 paten atas dirinya sendiri. Tetapi dibalik kesuksesan karir Nobel, Nobel tidak pernah menikah dan ya dia gak punya keturunan.

Setelah kematiannya, Nobel meninggalkan surat wasiat yang mengejutkan banyak orang. Dia bilang kalau kekayaan yang ditinggalkannya harus digunakan untuk berdedikasi memberi penghargaan pada orang-orang yang berkontribusi pada bidang FISIKA, KIMIA, LITERATUR, KESEHATAN, dan PERDAMAIAN. Surat wasiat ini merupakan bentuk komitmennya terhadap dunia science dan literatur. Gimana tentang penghargaan dibidang PERDAMAIAN?

karena nama Nobel dikenal sebagai penemu dinamit yang banyak digunakan dalam peperangan, beberapa ahli berpendapat kalau penghargaan dibidang perdamaian ini adalah bentuk penyesalan Nobel telah menemukan Dinamit. Tapi ini semua cuma sekedar spekulasi karena Nobel tidak pernah menjelaskan secara resmi alasan pemberian penghargaan dibidang perdamaian ini. Fakta lainnya juga mendukung kalau penemuan dinamit juga digunakan untuk hal-hal positif yang mendukung pembangunan dunia.

Satu hal yang pasti dibalik alasan pemberian penghargaan dibidang perdamaian ini adalah Nobel dikenal berteman baik dengan salah satu Pastor asal Austria bernama BERTHA VON SUTTNER yang merupakan salah satu pimpinan gerakan perdamaian internasional dan ditahun 1905 setelah kematian Nobel, Bertha mendapat penghargaan nobel kategori perdamaian pertama kali.

Syarat penghargaan Nobel dibidang perdamaian

Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
Foto: Bertha Von Suttner

Nobel menuliskan 3 kriteria utama untuk pemenang penghargaan kategori perdamaian. Kategori perdamaian memiliki perbedaan tempat pemberian penghargaan (Norwegia) dibanding kategori lain yang diberikan di Swedia. Gencatan senjata, kongress perdamaian, dan menjaga hubungan antar negara adalah beberapa syarat dari penghargaan Nobel dibidang perdamaian. Beberapa waktu kemudian standar penghargaan ditingkatkan dengan hubungannya terhadap Hak Asasi Manusia. Penghargaan kategori perdamaian ini tidak harus diberikan kepada satu orang karena hampir sepertiga pemenang kategori perdamaian diberikan kepada lebih dari satu orang. Terus gimana sih proses penominasian dari penghargaan nobel ini sebenernya?

Menurut Nobel Foundation, Nominasi penghargaan dibidang perdamaian dapat diberikan kepada anggota-anggota kongres nasional, anggota pemerintahan, atau anggota pengadilan international. Nominator juga dapat berasal dari rektorat universitas, profesor dari beberapa bidang ilmu (sosial science, sejarah, filosofi, hukum, dan teologi) dan pemenang sebelumnya dari kategori perdamaian. Bisakah kita tau siapa yang dinominasikan untuk tahun tertentu penghargaan Nobel dibidang perdamaian?

Jawabannya bisa, tapi butuh proses yang cukup panjang karena semua informasi yang berhubungan dengan nominasi akan dirahasiakan selama 50 tahun. jadi kalau kita pengen tau siapa aja yang dinominasikan ditahun 2019 ini kita bakal dapet jawabannya ditahun 2069 nanti. Contoh Martin luther Jr yang diketahui ditahun 2014 dinominasikan oleh 6 anggota parlemen Swedia untuk memenangkan penghargaan dibidang perdamaian.

Yang jelas gak ada batasan jumlah berapa kali seseorang atau organisasi dapat dinominasikan untuk penghargaan dibidang perdamaian ini. Jane Addams, yang berkontribusi terhadap pekerja sosial Amerika, di nominasikan selama 69 kali sebelum akhirnya menang. Kehadiran pemenang saat penyerahan penghargaan juga penting karena ditahun 1948 penghargaan nobel dibidang perdamaian ditiadakan karena Mahatma Gandhi wafat sebagai penghargaan terhadap Gandhi yang memenangkan Nobel Perdamaian saat itu.

Proses Seleksi Penghargaan Nobel dibidang Perdamaian

Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.

Proses seleksi penghargaan ini berlangsung selama satu tahun. 5 anggota komite Nobel yang berada di Norwegia (dan gak punya jabatan politik apapun) menyeleksi lebih dari 300 profil setiap tahunnya dan pemenang nominasi (Laureate) dipublikasikan di bulan Oktober. Tanggal 10 Desember setiap tahunnya barulah diadakan ceremonial pemberian penghargaan nobel secara resmi bertepatan dengan tanggal kematian Alfred Nobel. Hadiah dari penghargaan ini berupa medali emas dengan tulisa "PRO PACE ET FRATERNITATE  GENTIUM" yang artinya kedamaian dan persaudaraan manusia dan gelar serta uang (hampir ratusan milyar). Walaupun pemenangnya nanti bisa menggunakan uang hadiah tersebut sesuka hati, beberapa malah mendonasikan uang tersebut untuk kepentingan umum seperti pembangunan sekolah, rumah sakit, dan panti asuhan.

Awalnya sih pemenang Nobel memang rata-rata berasal dari Amerika dan Eropa, tapi semakin berkembangnya zaman, pemenang nobel perdamaian mulai berdatangan dari negara-negara Asia (Tunisia, India, Pakistam Yaman, China). Berapa pemenang diantaranya Desmond Tutu (untuk kampanye anti kekerasan di Afrika Selatan), Jody Williams (untuk campaign hak asasi manusia), Marti Ahtisaari (untuk penyelesaian konflik di beberapa negara Asia), dan Aung San Suu Kyi (untuk kampanye anti kekerasan di Myanmar).

Jadi setelah tahu apa sebenernya penghargaan Nobel dibidang perdamaian, adakah diantara kalian yang pengen dapetin penghargaan tersebut?

Gue pamit, ya.
Source : Youtube dan Google.


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.

Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.

Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.

Diubah oleh rendyprasetyyo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
15-12-2019 14:17
Pemenang penghargaan Nobel Kategori FISIKA 2019:

James Peeble (For theoretical discoveries in physical cosmology)
Michel Mayor (For the discovery of an exoplanet orbiting a solar-type star)
Didier Queloz (For the discovery of an exoplanet orbiting a solar-type star)

Pemenang penghargaan Nobel Kategori KIMIA 2019:

John B. Goodenough (For the development of lithium-ion batteries)
M. Stanley Whittingham (For the development of lithium-ion batteries)
Akira Yoshino (For the development of lithium-ion batteries)

Pemenang penghargaan Nobel Kategori KEDOKTERAN 2019:

William G. Kaelin Jr (For their discoveries of how cells sense and adapt to oxygen availability)
ir Peter J. Ratcliffe (For their discoveries of how cells sense and adapt to oxygen availability)
Gregg L. Semenza (For their discoveries of how cells sense and adapt to oxygen availability)

Pemenang penghargaan Nobel Kategori LITERATUR 2019:

Peter Handke (For an influential work that with linguistic ingenuity has explored the periphery and the specificity of human experience)

Pemenang penghargaan Nobel Kategori PERDAMAIAN 2019:

Abiy Ahmed Ali (For his efforts to achieve peace and international cooperation, and in particular for his decisive initiative to resolve the border conflict with neighbouring Eritrea)

Pemenang penghargaan Nobel Kategori ILMU EKONOMI 2019:

Abhijit Banerjee (For their experimental approach to alleviating global poverty)
Ester Duflo (For their experimental approach to alleviating global poverty)
Michel Kremer (For their experimental approach to alleviating global poverty)
Diubah oleh rendyprasetyyo
profile-picture
profile-picture
FalianAridua dan wanbillion memberi reputasi
2 0
2
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
15-12-2019 20:04
Astaga typo judul
0 0
0
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
15-12-2019 20:09
Quote:Original Posted By rendyprasetyyo
Astaga typo judul


ga ada yg typo kok gan...

Peritilan memang bagus kok...emoticon-Leh Uga
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
17-12-2019 11:13
Selamat pagi para calon pemenang nobel
0 0
0
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 09:36
ngakak baca judulnya, typo ya emoticon-Big Grin
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 09:46
semoga ada anak bangsa dari RI ini yang menang Nobel
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 09:53
pemenang nobel perdamaian di jalan, orang endonesa
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 09:54
Aung san suu kyi diem aja ketika militer junta bantai minoritas rohingya
Obama cuma dicalonin sekali, dapet nobel pas baru 9 bulan dilantik
Eh abis itu malah kirim tentara ke daerah perang

Dan mereka bisa menang nobel perdamaian

Gandhi uda pernah dicalonin sebelum dia mati dari tahun 1937 tapi baru diputusin berhak nerima setelah dia mati
Secara teknis gandhi gapernah menang nobel, karena taun 1948 nobel perdamaian gak diberikan ke siapa2 dgn alasan gak ada yg layak nerima
Alasannya karena gandhi gapunya keturunan/yayasan yang bisa ngewakilin nerima penghargaan dan hadiah duitnya

Uda gabisa dipercaya lagi sih nobel perdamaian
profile-picture
profile-picture
rendyprasetyyo dan wbros memberi reputasi
2 0
2
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 09:54
netijen gara berflower +62 ga masuk? ribut2 terus mereka:goyang
Diubah oleh MrJeffBezos
0 0
0
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 09:56
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rendyprasetyyo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 09:57
yang mulia habib riziek jungjungan ane kok ga dapet bre emoticon-Marah
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 10:01
Wah baru tau ane gan gara gara penyesalan dia yang ngiptain dinamit yang banyak menelan korban jiwq
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 10:10
fokus di topik ini seharusnya di kata "peritilan"

konon, konon (jangan dibalik) kata tersebut adalah benar
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 10:20
Quote:Original Posted By crockoaches
Aung san suu kyi diem aja ketika militer junta bantai minoritas rohingya
Obama cuma dicalonin sekali, dapet nobel pas baru 9 bulan dilantik
Eh abis itu malah kirim tentara ke daerah perang

Dan mereka bisa menang nobel perdamaian

Gandhi uda pernah dicalonin sebelum dia mati dari tahun 1937 tapi baru diputusin berhak nerima setelah dia mati
Secara teknis gandhi gapernah menang nobel, karena taun 1948 nobel perdamaian gak diberikan ke siapa2 dgn alasan gak ada yg layak nerima
Alasannya karena gandhi gapunya keturunan/yayasan yang bisa ngewakilin nerima penghargaan dan hadiah duitnya

Uda gabisa dipercaya lagi sih nobel perdamaian


emoticon-Jempol
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 10:22
Cebong dan Kampret mesri diundang kemari nih gan emoticon-Matabelo
Diubah oleh Xclub
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 10:27
jadi teringat film ahli perhitungan matematika dan fisika yang memenangkan nobel untuk penemuan perhitungan nya lupa judul filmnya apa
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 10:38
Kaga pernah menang kan gus dur
Emang goblok lu dur, kaga diakuin dunia kan lu dur
Lanjut sana rasakan siksa kubur
profile-picture
profile-picture
rendyprasetyyo dan ontacomel memberi reputasi
1 1
0
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 10:45
warisannya sangat berguna sekali.. emoticon-Big Grin

And we danced..in the room..
Grew our heart..a bloom..
I stop..right there!
You've found..a new home..
And I should be happy
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 10:54
Wah netizen mah maha bener gan susah dikasi tau emoticon-Malu (S)
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.
23-12-2019 11:34
Yang mau bata kali... Bukan mau cendol...
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia