• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.

rendyprasetyyo
TS
rendyprasetyyo
Nobel Peace Prize dan beberapa peritilan-nya. Netizen perusak kedamaian masuk deh.




Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



Apa persamaan dari wanita asal Pakistan berumur 70 tahun, penjelah asal Norwegia, pendeta dari Tibet, dan seorang pastor dari Amerika? Jawabannya adalah, jengjengjeng, mereka semua pernah mendapat penghargaan Nobel untuk kategori Perdamaian. Dari beberapa kandidat penyebar kedamaian terbaik di Dunia, orang-orang ini berhasil mendapat penghargaan setelah melalui beberapa proses seleksi yang ketat.

Tepat di tanggal 10 Desember 2019 yang lalu, penghargaan Nobel kembali diberikan untuk orang-orang terpilih yang memberi dedikasi terhadap dunia pada beberapa kategori. Sejak pertama kali diadakan, penghargaan Nobel sudah diberikan kepada 800 orang lebih dan sampai saat sekarang beberapa dari kita belum paham apa sebenernya Nobel Prize itu. Berdasarkan kenyataan itulah sekarang, setelah melewati beberapa pengkajian sumber informasi, gue bakal share apa yang sudah gue pelajari dari "Nobel Prize" beberapa waktu terakhir.

Sejarah perkembangan Nobel Prize



Bentar-bentar, untuk memahami sejarah perkembangan Nobel Prize, kita balik dulu ke tahun 1800. Di tahun 1800, seorang ahli kimia bernama Alfred Nobel, yang kemudian dikenal sebagai penemu dinamit, berhasil menjadi investor dan businessman tersohor diseluruh dunia. 30 tahun setelahnya, dia memiliki lebih dari 92 pabrik di 20 negara dan memegang 355 paten atas dirinya sendiri. Tetapi dibalik kesuksesan karir Nobel, Nobel tidak pernah menikah dan ya dia gak punya keturunan.

Setelah kematiannya, Nobel meninggalkan surat wasiat yang mengejutkan banyak orang. Dia bilang kalau kekayaan yang ditinggalkannya harus digunakan untuk berdedikasi memberi penghargaan pada orang-orang yang berkontribusi pada bidang FISIKA, KIMIA, LITERATUR, KESEHATAN, dan PERDAMAIAN. Surat wasiat ini merupakan bentuk komitmennya terhadap dunia science dan literatur. Gimana tentang penghargaan dibidang PERDAMAIAN?

karena nama Nobel dikenal sebagai penemu dinamit yang banyak digunakan dalam peperangan, beberapa ahli berpendapat kalau penghargaan dibidang perdamaian ini adalah bentuk penyesalan Nobel telah menemukan Dinamit. Tapi ini semua cuma sekedar spekulasi karena Nobel tidak pernah menjelaskan secara resmi alasan pemberian penghargaan dibidang perdamaian ini. Fakta lainnya juga mendukung kalau penemuan dinamit juga digunakan untuk hal-hal positif yang mendukung pembangunan dunia.

Satu hal yang pasti dibalik alasan pemberian penghargaan dibidang perdamaian ini adalah Nobel dikenal berteman baik dengan salah satu Pastor asal Austria bernama BERTHA VON SUTTNER yang merupakan salah satu pimpinan gerakan perdamaian internasional dan ditahun 1905 setelah kematian Nobel, Bertha mendapat penghargaan nobel kategori perdamaian pertama kali.

Syarat penghargaan Nobel dibidang perdamaian


Foto: Bertha Von Suttner

Nobel menuliskan 3 kriteria utama untuk pemenang penghargaan kategori perdamaian. Kategori perdamaian memiliki perbedaan tempat pemberian penghargaan (Norwegia) dibanding kategori lain yang diberikan di Swedia. Gencatan senjata, kongress perdamaian, dan menjaga hubungan antar negara adalah beberapa syarat dari penghargaan Nobel dibidang perdamaian. Beberapa waktu kemudian standar penghargaan ditingkatkan dengan hubungannya terhadap Hak Asasi Manusia. Penghargaan kategori perdamaian ini tidak harus diberikan kepada satu orang karena hampir sepertiga pemenang kategori perdamaian diberikan kepada lebih dari satu orang. Terus gimana sih proses penominasian dari penghargaan nobel ini sebenernya?

Menurut Nobel Foundation, Nominasi penghargaan dibidang perdamaian dapat diberikan kepada anggota-anggota kongres nasional, anggota pemerintahan, atau anggota pengadilan international. Nominator juga dapat berasal dari rektorat universitas, profesor dari beberapa bidang ilmu (sosial science, sejarah, filosofi, hukum, dan teologi) dan pemenang sebelumnya dari kategori perdamaian. Bisakah kita tau siapa yang dinominasikan untuk tahun tertentu penghargaan Nobel dibidang perdamaian?

Jawabannya bisa, tapi butuh proses yang cukup panjang karena semua informasi yang berhubungan dengan nominasi akan dirahasiakan selama 50 tahun. jadi kalau kita pengen tau siapa aja yang dinominasikan ditahun 2019 ini kita bakal dapet jawabannya ditahun 2069 nanti. Contoh Martin luther Jr yang diketahui ditahun 2014 dinominasikan oleh 6 anggota parlemen Swedia untuk memenangkan penghargaan dibidang perdamaian.

Yang jelas gak ada batasan jumlah berapa kali seseorang atau organisasi dapat dinominasikan untuk penghargaan dibidang perdamaian ini. Jane Addams, yang berkontribusi terhadap pekerja sosial Amerika, di nominasikan selama 69 kali sebelum akhirnya menang. Kehadiran pemenang saat penyerahan penghargaan juga penting karena ditahun 1948 penghargaan nobel dibidang perdamaian ditiadakan karena Mahatma Gandhi wafat sebagai penghargaan terhadap Gandhi yang memenangkan Nobel Perdamaian saat itu.

Proses Seleksi Penghargaan Nobel dibidang Perdamaian



Proses seleksi penghargaan ini berlangsung selama satu tahun. 5 anggota komite Nobel yang berada di Norwegia (dan gak punya jabatan politik apapun) menyeleksi lebih dari 300 profil setiap tahunnya dan pemenang nominasi (Laureate) dipublikasikan di bulan Oktober. Tanggal 10 Desember setiap tahunnya barulah diadakan ceremonial pemberian penghargaan nobel secara resmi bertepatan dengan tanggal kematian Alfred Nobel. Hadiah dari penghargaan ini berupa medali emas dengan tulisa "PRO PACE ET FRATERNITATE  GENTIUM" yang artinya kedamaian dan persaudaraan manusia dan gelar serta uang (hampir ratusan milyar). Walaupun pemenangnya nanti bisa menggunakan uang hadiah tersebut sesuka hati, beberapa malah mendonasikan uang tersebut untuk kepentingan umum seperti pembangunan sekolah, rumah sakit, dan panti asuhan.

Awalnya sih pemenang Nobel memang rata-rata berasal dari Amerika dan Eropa, tapi semakin berkembangnya zaman, pemenang nobel perdamaian mulai berdatangan dari negara-negara Asia (Tunisia, India, Pakistam Yaman, China). Berapa pemenang diantaranya Desmond Tutu (untuk kampanye anti kekerasan di Afrika Selatan), Jody Williams (untuk campaign hak asasi manusia), Marti Ahtisaari (untuk penyelesaian konflik di beberapa negara Asia), dan Aung San Suu Kyi (untuk kampanye anti kekerasan di Myanmar).

Jadi setelah tahu apa sebenernya penghargaan Nobel dibidang perdamaian, adakah diantara kalian yang pengen dapetin penghargaan tersebut?

Gue pamit, ya.
Source : Youtube dan Google.


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :








Diubah oleh rendyprasetyyo 06-06-2020 06:55
anasabila4iinchsebelahblog
sebelahblog dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.7K
44
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.