dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Gokil! Wanita Ini Menciptakan Gelembung Penangkap Sampah


Adakah inovasi terbaru untuk membersihkan sampah di perairan? Jawabannya ada! yaitu Bubble Barriers (Gelembung Penangkap Sampah). Dengan cara ini biaya pembersihan sampah di perairan bisa ditekan karena cara ini dinilai lebih efektif dan efisien.

Bubble Barries sendiri merupakan tembok gelembung yang diciptakan untuk mencegah sampah plastik mengalir hingga ke lautan. Jadi bubble barrier paling cocok dipasang disungai-sungai yang mengalami masalah pencemaran sampah. Dengan cara ini terbukti jumlah sampah yang bisa dibersihkan mencapai 86% dalam uji terhadap Sungai Ijssel di Belanda.



Prinsip yang digunakan sebenarnya cukup sederhana yakni menaruh selang di dasar sungai secara tegak lurus dari sungai dengan sudut kemiringan sebesar 45 derajat. Selang tersebut dihubungkan dengan sejenis Aerator besar/Compressor pump yang akan meniup udara.

Selang harus diberi lubang-lubang yang rapat agar gelembung yang dihasilkan benar-benar padat. Jadi gelembung padat tersebut mencegah sampah melewatinya. Kemudian fungsi diletakan dengan kemiringan 45 derajat yaitu agar sampah bisa mengarah ke tempat sampah terapung. Jadi memungut sampah menjadi sangat mudah.



Pencipta Bubble Barrier yaitu Anne Marieke Eveleens saat ini mendapat tawaran bekerja sama dengan pemerintah Belanda untuk memasang bubble barrier di berbagai sungai di sana. Salah satu contohnya yakni pemasangan di Kanal Westerdok, Amsterdam. Pemandangan unik bisa dijumpai di sana dengan adanya Bubble Barrier. Yakni tampak gelembung pembatas yang membuat sampah bergerak ke dalam kotak penampung sampah yang mengambang


Westerdok Canals, Amsterdam

Sebenarnya teknologi ini sudah eksis dari dulu yaitu dalam pembuatan alat penyisihan tumpahan minyak di laut yang fungsinya mencegah minyak menyebar ke berbagai arah. Teknologi pencegahan kebisingan konstruksi bawah laut juga sudah dari dulu menggunakan prinsip yang sama yaitu membuat gelembung menjadi pembatas.

Spoiler for Anne Marieke Eveleens, dkk:


Namun Anne Marieke Eveleens mampu mempoles teknologi tersebut menjadi lebih baik agar lebih efisien sumberdaya dan bisa diimplementasikan dalam skala kecil seperti pembersihan sampah di sungai ini. Kini tak jarang bila agan berkunjung ke Belanda agan akan melihat gelembung-gelembung udara di sungai-sungai bagaikan fenomena katak yang memijah serempak.



Wah nggak nyangka ternyata gelembung bisa dijadikan solusi untuk mencegah pencemaran sampah di sungai. Brilian banget idenya. Kalau begini kan mungutin sampah lebih gampang dibandingkan memasang jaring atau bendungan yang biaya operasionalnya bakal lebih mahal. Kalo di Indonesia diterapin bakalan work gak ya?? Tulis komentar agan di bawah!


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
sebelahblog
4iinch
valnoval38
valnoval38 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.8K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.